cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 23551925     EISSN : 25808915     DOI : -
Core Subject : Education,
TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wishes to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at madrasah ibtidaiyah / elementary schools. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals.
Arjuna Subject : -
Articles 213 Documents
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA INTEGRATIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BUJURI, DIAN ANDESTA; BAITI, MASNUN
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5, No 2 (2018): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/terampil.v5i2.3173

Abstract

Teaching materials used so far are less integrative and contextual in learning, so that the impact on the achievement of learning outcomes that are not optimal is not even rare for students to obtain learning outcomes below the standard set. The purpose of this research is to make contextual approach-based development of integrative science teaching material in MI Nurul Haromain Kulon Progo. The method of this research is research and development. The research steps are potential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, and final product. The subject of this reserach is fifteen students of fourth level students. The percentage of students’s learning success from the final product trial was obtained on the affective aspect 80% satisfying, on the cognitive aspects 86.66% satisfying, and on the skill aspects 83.33% satisfying. According to the research result, the researcher concluded that contextual approach-based development of integrative science teaching material be able to create active, effective, pleasent, meaningful, and functional learning which had an impact on students' satisfied learning success.
MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN PUTRANYA KE SEKOLAH SEPAKBOLA SELABORA DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ERFAYLIANA, YUDESTA
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5, No 2 (2018): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/terampil.v5i2.3449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi orang tua memasukkan putranya ke sekolah sepakbola Selabora di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan satu variabel, yaitu motivasi orang tua. Metode yang digunakan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua atau wali murid dari siswa di sekolah sepakbola selabora FIK UNY. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 84 orang tua atau wali murid dari siswa di sekolah sepakbola selabora FIK UNY dari sampel yang diambil secara sampling insidental. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata yang diperoleh sebesar 139,37 yang berada pada interval 133,69 s.d 144,78. Dengan hasil keseluruhan sebanyak 9 orang  (10,71%) orang tua masuk katagori sangat tinggi, sebanyak 15 orang (17,86%) orang tua masuk katagori tinggi, sebanyak 36 orang (42,86%) orang tua masuk katagori sedang, sebanyak 18 orang (21,43%) orang tua masuk katagori rendah dan sebanyak 6 orang (7,14%) orang tua masuk katagori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa  motivasi orang tua memasukkan putranya ke sekolah sepakbola Selabora di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta berada dalam kategori sedang sebanyak 36 orang tua (42,86%).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS IV MI TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG HANDAYANI, RISKA DEWI; YANTI, YULI
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4, No 2 (2017): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa antara kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharedengan kelompok yang diajarkan model pembelajaran guided note taking. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Design dengan teknik pengambilan sampel Sampling Jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 siswa. Desain penelitian mengambil dua kelompok subjek dari populasi meliputi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dimana kelas IV Thoriq bin Ziyad sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Zaid bin Tsabit sebagai kelas kontrol. Pada kelompok kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Guided Note Taking. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif (pretest-posttest) dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, dengan uji prasyarat analisisnya menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program IBM SPSS Statistics v.20  for Windows yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test, menunjukkan bahwa nilai sig =  0.011 < 0.025. Dengan demikian nilai sig.(2-tailed) < α pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima, dengan perbandingan ratarata dikelas eksperimen 78,81 dan rata-rata kelas kontrol 69,25 ini berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.  Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, Hasil belajar Pkn siswa.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENGEMBANGAN MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MARDIYAH, MARDIYAH
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4, No 2 (2017): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/terampil.v4i2.2216

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) nilai- nilai pendidikan karakter yang ada dalam pengembangan materi ajar Bahasa Indonesia (2)Klasifikasi isi buku pengembanga materi ajar bahasa Indonesia yang mengandung nilai-nilai pendidikan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Objek yang diteliti adalah buku  pengembanganmateri ajar BahasaIndonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) yang digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa: (1) Nilai- nilai pendidikan karakteryang ada dalam pengembangan materi ajar bahasa Indonesia antara lain nilai karakter religius, nilai karakter pribadi yang baik,nilai karakter kepedulian sosial, nilai karakter kejujuran, nilai karakter kerja keras,dan nilai karakter cinta lingkungan; (2) Klasifikasi isi buku pengembanga materi ajar bahasaIndonesia yang mengandungnilai-nilai pendidikan adalah: 1) Ideologi; disiplin, hukum dan tata tertib, mecintai tanah air, demokrasi, mendahulukan kepentingan umum, berani, setiakawan/solidaritas, rasa kebangsaan, patriotik, warga negara produktif, martabat/harga diri, setia/bela negara, 2) Agama; iman kepada tuhan yme, taatpada perintah tuhan yme, cinta agama, patuh pada ajaran agama, berakhlak,berbuat kebajikan, suka menolong dan bermanfaat bagi orang lain, berdoa danbertawakal, peduli terhadap sesame, berperikemanusiaan, adil, bermoral danbijaksana, 3) Budaya; toleransi dan itikad baik, baik hati, empati, tata cara dan etiket, sopan santun, bahagia/gembira, sehat, dermawan, persahabatan, pengakuan, menghormati, berterima kasih.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Buku Materi Ajar
MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR HIDAYATI, ARINI ULFAH
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4, No 2 (2017): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pembelajaran di era sekarang ini tidak lagi memandang siswa sebagai gelas kosong yang merupakan hanya sebatas target untuk memenuhi kewajiban pengajaran. Pembelajaran yang ditargetkan pada abad ke-21 adalah pembelajaran yang bisa merangsang siswa menjadi pembelajar yang aktif, kreatif, kritis serta menyenangkan sehingga akan tercipta pembelajaran bermakna. Pembelajaran di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik diduga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun kendala yang diperoleh selama ini sangat sulit sekali bagaimana melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu dilatih bukan hanya pada siswa tingkat lanjutan namun harus dilatih sejak dini seperti pada siswa sekolah dasar. Oleh karena itu sebagai pendidik harus mempunyai terobosan supaya siswa terlatih berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi ada 6 keterampilan berpikir siswa yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Yang merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Pada pendekatan saintifik siswa dapat dilatih untuk berpikir tingkat tinggi dengan cara seperti pada kegiatan menanya guru dapat memberikan pertanyaan pancingan seperti What if ... (bagaimana jika ....?), what’s wrong ... (Apa yang salah ...?), what would you do ...( Apa yang akan kamu lakukan....?), dan what another ways ... (adakah cara lain...?). Keempat kata tanya ini dapat menjadi kunci untuk mengawali siswa bertanya pada tingkat yang advance sehingga dapat melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, pendekatan saintifik, pembelajaran matematika sekolah dasar
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MIND MAPPING DAN PICTURE MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NUREVA, NUREVA; CITRA, AULIA GUSTINA
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4, No 2 (2017): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMind mapping dan picture mapping adalah salah satu media atau alat bantu pembelajaran, yang berfungsi untuk menggali kreativitas anak untuk berfikir tentang suatu materi. Mind mapping atau pemetaan pikiran dan picture mapping atau pemetaan melalui gambar, adalah salah satu pendekatan alat bantu dalam pembelajaran IPA, dan diharapkan setelah anak merasa bahwa belajar IPA itu adalah menyenangkan, mereka akan menyukainya, dan diharapkan hasil belajarnya akan meningkat. Alat peraga yang digunakan dalam penelitian ini adalah mind mapping dan picture mapping. Mind mapping sendiri adalah suatu penggambaran atau penuangan ide atau gagasan tentang sesuatu melalui kerangka alur berpikir dari konsep yang umum menuju yang khusus, sedangkan picture mapping sendiri adalah penggambaran ide atau gagasan tidak hanya dengan kata-kata tapi juga dikolaborasikan dengan gambar-gambar baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Pada penelitian ini pembelajaran IPA yang akan dipelajarai adalah materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian yang membahas tentang “Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping dan picture mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar” ini merupakan penelitian eksperimen, untuk membuktikan sejauh mana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Kata Kunci : inkuiri, mind mapping, picture mapping, hasil belajar
EKSISTENSI GAMOLAN DI MASAYARAK KOTA BANDAR LAMPUNG MELALUI INTERNALISASI DAN SOSIALISASI Trihasnanto, Anton
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3, No 2 (2016): TERAMPIL
Publisher : Institut Agama Islam Negeri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gamolan adalah alat musik tradisional dari kebudayaan masyarakat lampung, yang termasuk jenis alat musik Xylophone. Alat musik Gamolan dalam sejarah kebudayaan masyarakat Lampung adalah sebuah akulturasi dari kebudayaan asing yang tinggal dan hidup di Propinsi Lampung. Dilihat dari perspektif kebudayaan tentang proses pembelajaran kebudayaan dalam konteks kesenian tradisional, Gamolan  menjadi sebuah media pembelajaran dalam proses pewarisan atau penularan kesenian tradisional yang dilakukan melalui proses internalisasi, sosialisasi. Secara perkembangannya, Gamolan mengalami proses difusi yaitu perpindahan kebudayaan (migrasi) dan mengalami proses inovasi dan pembaruan. Proses internalisasi dan inovasi ini merupakan bentuk wujud pembelajaran Gamolan dalam rangka melestarikan nilai-nilai tradisional kebudayaan masyarakat Lampung khsusnya nilai-nilai kesenian tradisional Gamolan.
PARADIGMA KONTEMPORER SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEGURUAN MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) Asiah, Nur
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3, No 2 (2016): TERAMPIL
Publisher : Institut Agama Islam Negeri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masih kuatnya paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered learning) menyebabkan pembelajaran menjadi tidak menarik, monoton, dan tidak memberikan tantangan bagi peserta didik sebagai calon guru. Pembelajaran konstruksionisme memberikan pencerahan bahwa satu-satunya alat atau sarana yang tersedia bagi seseorang untuk mengetahui sesuatu adalah indranya. Seseorang berinteraksi dengan objek dan lingkungan dengan melihat, mendengar, menjamah, mencium, dan merasakannya. Dari sentuhan indrawi itu seseorang membangun gambaran dunianya. Pembelajaran akan berhasil jika peserta didik terlibat langsung dalam mengolah, mencerna, memahami, mengalami, merasakan, dan mempraktikkan. Pembelajaran yang demikian adalah pembelajaran  yang berfokus pada perlibatan peserta didik secara total, baik fisik maupun mental. Diakui atau tidak, ternyata tidak semua perguruan tinggi pencetak calon guru telah menerapkan pembelajaran aktif dalam setiap proses perkuliahan. Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri yang memerlukan pemecahan secara cepat dan tepat. Oleh karena itu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan calon-calon guru seharusnya mempersiapkan mahasiswanya agar memiliki keterampilan menerapkan pembelajaran aktif selama masa perkuliahan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa calon guru dalam menerapkan pembelajaran aktif adalah dengan menerapkan strategi MEI yang meliputi: 1) modelling, menjadikan dosen sebagai model dalam menerapkan pembelajaran aktif dalam perkuliahan; 2) engaging, melibatkan mahasiswa secara nyata dalam pembelajaran aktif di setiap perkuliahan, rencana, proses, dan evaluasi perkuliahan oleh dosen harus mencerminkan terlaksananya pembelajaran aktif; 3) integrating, mengintegrasikan pembelajaran aktif dalam semua mata kuliah kependidikan baik secara teoritis maupun praktis, seperti pada mata kuliah strategi belajar mengajar, desain/perencanaan pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan mata kuliah yang menjadi ciri khas program studi Pendidikan Kerguruan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN SSP(SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY) TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MENANAMKAN TANGGUNG JAWAB, KERJA KERAS, DAN KEJUJURAN Purwanti, Eri
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3, No 2 (2016): TERAMPIL
Publisher : Institut Agama Islam Negeri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe and interpret the implementation of SSP thematic integrative use to instill responsibility, hard work and honesty in social studies. The subjects were teachers grade II and grade II SD. Data collected by the techniques of documentation, interviews, and observation and analyzed by data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study are as follows. (1) The teacher already understand thematic learning, but still there are two teachers who do not understand it. (2) Teachers are already planning a thematic learning by using SSP in instilling responsibility, hard work and honesty (3) teaching method applied to the teachers in the implementation of thematic learning the method of lecture and cooperative. (4) The use of SSP can instill responsibility, hard work and honesty on students in social studies.
KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA MELALUI KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN STRUKTUR PARAGRAF (Studi pada Mahasiswa Jurusan Matematika Semester Genap Angkatan Tahun 2015 Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung) Mardiyah, Mardiyah
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3, No 2 (2016): TERAMPIL
Publisher : Institut Agama Islam Negeri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran kemampuan mengembangkan struktur paragraf yang menekankan pada terampil berlatih dapat menghasilkan mahasiswa yang mempunyai motivasitinggi sesuai hasil ketercapainya dari kegiatan keterampilan menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh hasil proses pembelajaran sebagai berikut: (1) adanya peningkatan hasil belajar terhadap materi pembalajaran jika dilihat dari kondisi awal, hasil pembelajaran pada siklus 1 yang mencapai 52% dan pembelajaran dalam siklus 2 semakin meningkat dapat mencapai ketuntasan pembelajaran hingga mencapai 82%. Ketuntasan/kelulusan ini dapat dicapai karena dari sifat mengulang dalam proses pembelajarannya atau dikenal tindakan kelas berbentuk siklus, sehingga peserta didik akan mendapatkan kemudahan dan cepat dalam menguasai materi; (2) Peserta didik aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih mudah dalam menguasai materi.

Page 1 of 22 | Total Record : 213