JADECS
ISSN : -     EISSN : 25486543
JADECS (Journal of Arts, Design, Art Education and Culture Studies) contains scientific articles of research, conceptual ideas, assessment, creation, learning, related to art, design, multimedia, and culture. The published articles prioritize the analysis of the results of the research, including: the results of study or art creation, educational studies and art learning, or socio-cultural studies linked to art, design and multimedia.
Articles 28 Documents
PERBINCANGAN DI SALON SEBAGAI MUASAL KRITIK SENI DAN KURATORIAL SENI MODERN Indrawati, Lilik
JADECS Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.566 KB)

Abstract

Perbincangan tentang sejarah kehadiran aktivitas kritik seni dan aktivitas kuratorial dalam aktivitas seni, tidak bisa terlepas dari peran dan perkembangan seni modern di Perancis dengan salonnya. Salon atau sering disebut boudoir adalah semacam tempat berdandan atau kamar rias bagi wanita-wanita Perancis. Pada abad 18 tercatat dalam sejarah bahwa kaum wanita di Perancis memerintah suatu bangsa secara penuh. Para bangsawan dan kaum terpelajar berbaur di salon. Yang satu melengkapi yang lain, dan hasilnya akan menjadi inti peradaban.
INFOGRAFIS KOMPETENSI MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS DI PROVINSI JAWA TIMUR Yahya, Saiful; Wibawa, Mahendra; Afandi, Surya
JADECS Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.429 KB)

Abstract

Infografis merupakan bentuk penyajian visual berdasarkan data-data untuk memudahkan pemahaman pembacaan data yang disampaikan. Jawa timur sebagai salah satu provinsi yang memiliki 9 suku bangsa yang memiliki keragaman budaya mulai dari budaya Osing di ujung timur provinsi hingga budaya Mataraman di ujung barat.  Penelitian Kompetensi multimedia dan desain grafis angkatan muda kerja pada 5 kota Jawa Timur sebagai data sampling.  Tahapan penelitian diawali dengan analisa data kompetensi, pengolahan hasil analisa data menjadi data visual.  Pengolahan data menjadi data visual melalui tahapan, penggalian data visual yang berhubungan dengan data, penyederhanaan bentuk data visual, pengkomposisian data visual dan finalisasi visual.
DESAIN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS WEB PADA MATAKULIAH BAHASA PEMROGRAMAN UNTUK GAME Wardhana, Mitra Istiar
JADECS Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.26 KB)

Abstract

Dalam pembuatan aplikasi game, ada tiga elemen penting yang menjadi dasar pembuatan game yaitu init, event dan method atau dapat disingkat menjadi Invento. Ketiganya secara bersinergi membentuk sebuah kerangka program yang dapat digunakan untuk membuat program game mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.Selama ini penggunaan metode invento belum secara maksimal diterapkan dalam pembuatan program game di matakuliah Bahasa Pemrograman. Dengan membuat bahan ajar elektronik berbasis metode Invento maka materi invento dapat disampaikan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan kelebihan media elektronik berbasis jaringan internet.Hasil dari implementasi metode invento adalah sebuah bahan ajar elektronik yang dapat diakses dalam jaringan internet. Hasil pengujian pada produk bahan ajar mendapatkan hasil sebesar 74,14% sehingga masuk dalam kategori valid.
PERBINCANGAN DI SALON SEBAGAI MUASAL KRITIK SENI DAN KURATORIAL SENI MODERN Indrawati, Lilik
JADECS Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbincangan tentang sejarah kehadiran aktivitas kritik seni dan aktivitas kuratorial dalam aktivitas seni, tidak bisa terlepas dari peran dan perkembangan seni modern di Perancis dengan salonnya. Salon atau sering disebut boudoir adalah semacam tempat berdandan atau kamar rias bagi wanita-wanita Perancis. Pada abad 18 tercatat dalam sejarah bahwa kaum wanita di Perancis memerintah suatu bangsa secara penuh. Para bangsawan dan kaum terpelajar berbaur di salon. Yang satu melengkapi yang lain, dan hasilnya akan menjadi inti peradaban.
PERANCANGAN NOVEL GRAFIS ADAPTASI BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN BAGI MAHASISWA Suriyanto, Suriyanto
JADECS Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.338 KB)

Abstract

Catatan Seorang Demonstran” merupakan buku non-fiksi yang berisi catatan kejadian milik Soe Hok Gie (1942 - 1969), seorang aktivis yang hidup di era orde lama. Sosok Gie adalah seorang mahasiswa warga keturunan Tionghoa. Gie memiliki sifat tegas, berani dan jujur, namun juga memiliki sisi melankolis dan humanis selayaknya pemuda pada umumnya. Perancangan ini mengadopsi buku “Catatan Seorang Demonstran” ke dalam bentuk novel grafis yang diharapkan lebih menarik dan mudah tersampaikan dibandingkan dengan buku versi tekstualnya, agar pembaca (mahasiswa 18-24 tahun) mampu meneladani sosok Soe Hok Gie dalam hal nasionalisme dan semangat kepemudaannya. Sistematika dan model perancangannya merujuk pada sistematikadan model prosedural milik Bruce Acher. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari kepustakaan dan data lapangan. Hasil perancangan ini berupa novel grafis dengan genre graphic memoir berjudul “Memento Mori”. Naskah cerita dikutip dari naskah “Catatan Seorang Demonstran” disertai ilustrasi digital bergaya ekspresionis. Novel grafis ini dibagi menjadi enam chapter untuk memudahkan pembagian jalan cerita.
ANALISIS IKLAN TELEVISI SAMPOERNA HIJAU VERSI “ES KACANG IJO” DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES Haryadi, Toto
JADECS Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.088 KB)

Abstract

Di era ketatnya persaingan dunia marketing mendorong setiap perusahaanmembuat iklan secara efektif dan kreatif sesuai dengan perundangan yangberlaku. Khususnya iklan rokok, adanya regulasi yang melarangditampilkannya produk serta hal-hal yang menjurus ke kegiatan merokokmendorong biro agen dan perusahaan menciptakan iklan yang unik, kreatif,dan terkadang “nyleneh”. Salah satunya yaitu iklan televisi Sampoerna Hijauversi “Es Kacang Ijo” memiliki konsep yang berbeda dengan biasanya, yaknimengandung banyak simbol yang melibatkan brand lain yang ditampilkanmelalui elemen audio, teks, maupun visual. Guna menemukan pesan tersiratdidalamnya, perlu dilakukan breakdown iklan dengan mengambil beberapascreenshot. Studi pustaka terkait tema dan pengamatan beberapa iklan rokokdari brand lain merupakan langkah awal sebelum menganalisis iklan ini.Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthesyang bertujuan untuk menemukan makna denotasi, konotasi, serta mitos didalam iklan Sampoerna Hijau versi “Es Kacang Ijo”.
CITY BRANDING : SEBUAH TINJAUAN METODOLOGIS DENGAN PENDEKATAN ELABORATIF, PRAKTIS, DAN ILMIAH Sukmaraga, Ayyub Ashari; Nirwana, Aditya
JADECS Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.646 KB)

Abstract

City branding is a one way to establish the city competitiveness, and currently, the main focus and the most pressing needs. The need for a regional/city brand, will make the the region has a strong positioning, especially in the field of global tourism. With elaborative approach to the theories of branding, marketing management, semiotics and aesthetics, this paper aims to describe a handy and scientific method of city branding. From these elaborative approach, it can be concluded a city branding method that consists of 5 stages: 1) Determine the citys core brand value by first outlining potential values owned by the city, with involving internal stakeholders; 2) Determine the citys core brand message, by the way look at the gap between the perception of the city with the reality of the city, which is carried out with the involvement of external stakeholders; 3) Determine the personality of the city, with the potential to describe the personality of the city, and then determine the personality core, this is done by engaging internal stakeholders; 4) Determine the brand icon of the city, consisting of two approaches, there is formal approaches (aesthetic), and the semiotic approach centered on the content; and the last is 5) Designing brand roadmap.
PERBEDAAN VISUALISASI ATRIBUT DAN STRUKTUR TUBUH WAYANG KULIT PURWA PADA TOKOH ANTAREJA GAYA YOGYAKARTA DENGAN GAYA SURAKARTA Prisandy, Nanang; Indrawati, Lilik; Ratnawati, Ike
JADECS Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.379 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan perbedakan visualisasi atribut dan struktur tubuh pada tokoh Antareja Yogyakarta dengan Surakarta. Sumber data utamanya adalah wayang kulit Antareja Yogyakarta dan Surakarta. hasil dari penelitian ini adalah perbedakan atribut dan struktur tubuh (sanggul, jamang , sumping, garuda mungkur, dewala, ulur-ulur, kelat bahu, gelang tangan, praba, sabuk/paningset, pending , badong, kampuh, uncal wastra, uncal kencana, kunca, seluar terluar, seluar panjang, krocong, muka, mata, mulut, hidung, badan, tangan, kaki) pada Antareja Yogyakarta dengan Antareja Surakarta.
M-LEARNING TEORI MUSIK DALAM APLIKASI SMARTPHONE ANDROID Rahmawati, Arin Pradikasetya; Pratamawati, Endang Wara Suprihatin Dyah; Zandra, Rully Aprilia
JADECS Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.786 KB)

Abstract

Perkembangan perangkat komunikasi dapat dimanfaatkan menjadi alat untuk memperoleh informasi baik sederhana maupun kompleks, contohnya android. Android dapat dimanfaatkan sebagai alat belajar praktis yang menampung berbagai materi di dalamnya. Tujuan penggunaaan basis m-learning dalam aplikasi android ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran teori musik dengan perangkat yang mudah ditemui. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dimodifikasi dari Sugiyono dalam 11 langkah yakni menemukan masalah dan potensi, pengumpulan data, rancangan produk, pembuatan produk, validasi I, revisi I, validasi II, revisi II, uji coba I kelompok kecil, uji coba II kelompok besar, dan distribusi atau produksi masal. Nilai akhir yang diperoleh adalah 93,75% dari validator materi dan 78,75% dari validator media. Rata-rata dalam uji coba I kelompok kecil adalah 71,2 dan 77,03 pada uji coba II kelompok besar. Proses distribusi media dilakukan setelah media telah melalui rangkaian uji coba. Distribusi dilakukan dengan mangunggah media pada layanan konten digital Google Play  Store. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa  media yang dihasilkan adalah berupa aplikasi yang memuat materi tentang teori musik dan dapat diperoleh pada layanan konten digital android yakni Google Play Store. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah merinci dan menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan tentang teori musik agar aplikasi dapat memenuhi kebutuhan pengetahuan teori musik.
ESTETIKA TEKNIK MARBLING DAN DRAWING DALAM KARYA SENI LUKIS SEMI ABSTRAK Suasmiati, Regreat
JADECS Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (973.313 KB)

Abstract

Mix media antara marbling dan drawing sebagai ide penciptaan seni lukis semi abstrak. Hasil lukisan memiliki nilai estetis yang berbeda dengan karya 2 dimensi yang lain dan dapat digolongkan dalam kelompok seni murni. Estetika yang terdapat dalam lukisan ini adalah dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa akan suatu keindahan. Bagi pencipta karya lukis mix media ini dapat bebas menuangkan ide kreatif yang diinginkan, karena memiliki  kebebasan pula dalam menuangkan warna dalam air (teknik marbling) dan mengisi dengan obyek yang diinginkan dengan teknik drawing. Hasil karya lukisnya adalah semi abstrak yang memiliki arti gambaran imej sebenarnya yang diubah dan dipermudah tetapi  masih bisa dikenali ciri-ciri dari obyek yang digambarkan. Dalam kegiatan pameran bersama yang dilakukan peneliti dengan mahasiswa ISI Surakarta, dapat diperoleh masukan bahwa banyak audien yang mengagumi karena teknik marbling dan drawing  ini dianggap lama tapi baru dimunculkan kembali dan hasilnya begitu estetis. Tujuan penelitian mix media ini selain memiliki sifat estetis bagi penikmat seni saja diharapkan juga dapat dipakai sebagai obyek penciptaan kriya seni.

Page 1 of 3 | Total Record : 28