Pedagogi Hayati
ISSN : 25030752     EISSN : 25794132
Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati mempublikasikan artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pendidikan biologi: pembelajaran, evaluasi, media dan bahan ajar, kurikulum, pengembangan profesi dan kompetensi guru, etnopedagogi dan etnosains biologi, serta literasi terkait.
Articles
14
Articles
KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK

Harfian, Binar Azwar Anas

Pedagogi Hayati Vol 2 No 1 (2018): Pedagogi Hayati Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi : Literasi dan kearifan Lokal d
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.406 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru biologi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolah ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMA Negeri Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel lima orang guru dari populasi sebanyak tujuh orang guru. Teknik pengambilan sampelnya dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitiannya adalah tingkat kemampuan guru biologi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMA Negeri Kabupaten Sleman yaitu satu orang guru dengan kategori sangat mampu, tiga orang guru dengan kategori mampu, serta satu orang guru dengan kategori cukup mampu.

EFEKTIVITAS BUKU AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS POTENSI LOKAL TARAKAN

ilma, silfia

Pedagogi Hayati Vol 2 No 1 (2018): Pedagogi Hayati Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi : Literasi dan kearifan Lokal d
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.623 KB)

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of Environmental Education Learning Book (PLH) based on Local Potential of Tarakan city. The research method used in this research is classroom action research. Subjects in this study is a class A1 Department of Biology education FKIP University of Borneo Tarakan. The instruments used in this research are test and observation sheet. Analysis of test result data is done descriptively quantitative with percentage technique. The results showed that the use of textbooks based on local potential of Tarakan can improve learning outcomes in the form of students understanding of biodiversity and natural resource management in the city of Tarakan. Student learning outcomes in cycle 1 of 33.33% and on the second cycle of 94.44%. So it can be concluded the use of local potency-based textbook effective in improving learning outcomes.This study aims to determine the effectiveness of Environmental Education Learning Book (PLH) based on Local Potential of Tarakan city. The research method used in this research is classroom action research. Subjects in this study is a class A1 Department of Biology education FKIP University of Borneo Tarakan. The instruments used in this research are test and observation sheet. Analysis of test result data is done descriptively quantitative with percentage technique. The results showed that the use of textbooks based on local potential of Tarakan can improve learning outcomes in the form of students understanding of biodiversity and natural resource management in the city of Tarakan. Student learning outcomes in cycle 1 of 33.33% and on the second cycle of 94.44%. So it can be concluded the use of local potency-based textbook effective in improving learning outcomes.

RESPON MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MODUL BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATAKULIAH TEKNIK DAN MANAJEMEN LABORATORIUM BIOLOGI

putri, azza nuzullah

Pedagogi Hayati Vol 2 No 1 (2018): Pedagogi Hayati Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi : Literasi dan kearifan Lokal d
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.565 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktikalitas modul melalui respon mahasiswa terhadap modul berbasis guided inquiry yang telah dikembangkan untuk dapat digunakan dalam pembelajaran pada matakuliah teknik dan manajemen laboratorium biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang meliputi tahap: need assess, design, and development/implementation dimana pada tiap tahapnya dilakukan evaluasi dan revisi. Data yang didapatkan meliputi hasil praktikalitas melalui respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar angket respon mahasiswa. Hasil penelitian di dapatkan bahwa modul yang  dikembangkan mendpatkan respon yang sangat positif dari seluruh responden (mahasiswa). Pada seluruh aspek di dapatkan kategori sangat praktis dengan rata-rata persentase 93% untuk dapat digunakan pada matakuliah teknik dan manajemen laboratorium biologi oleh mahasiswa.

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH BIOLOGI SEL: KAJIAN DARI ASPEK VALIDITAS

Asikin, Nurul

Pedagogi Hayati Vol 2 No 1 (2018): Pedagogi Hayati Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi : Literasi dan kearifan Lokal d
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.959 KB)

Abstract

KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP EKOSISTEM MELALUI OUTDOOR LEARNING DAN POST TO POST DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP

aulia, kurnia tiara

Pedagogi Hayati Vol 2 No 1 (2018): Pedagogi Hayati Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi : Literasi dan kearifan Lokal d
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.438 KB)

Abstract

ANALISIS LITERASI DIGITAL MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI MELALUI PROYEK VIDEO AMATIR BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATA KULIAH EKOLOGI TUMBUHAN

Kahar, Adi Pasah

Pedagogi Hayati Vol 2 No 1 (2018): Pedagogi Hayati Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi : Literasi dan kearifan Lokal d
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.186 KB)

Abstract

The purpose of this study to know the degree of digital literacy of the students teacher towards video project based on local potency in West Borneo. This study uses descriptive qualitative methods. The subjects of the study was taken by using systematic sampling technic. The technic of collecting data uses the indirect communication, observation, and direct communication. Collecting data uses observation sheet, and dialogue sheet. The technic of data analysis uses descriptive statistical analysis. The result of the study shows that the degree of the digital literacy of the students is high. It means that the students can use computer (71%) and the ability to use internet (63%). The degree of the digital literacy of the students is moderate. It means that the percentage of the students who can use internet to find biology information only (61%), the percentage of reading biology books via internet only (58%), and to spread and to criticize biological information (58%). The degree of digital literacy is regarded low. This can be seen from having social net to inform about biology (8%) and to distinguish the sources eithen valid or invalid (8%), the ability to find information about biology (3%), and the ability to produce media to spread information of biology (5%). Based on the result get, can be concluded that the degree of digital literacy of students are medium level.  

Framework Literasi Kelautan Sebagai Acuan Pembelajaran Sains di Negara Maritim

Irawan, Bony

Pedagogi Hayati Vol 2 No 1 (2018): Pedagogi Hayati Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi : Literasi dan kearifan Lokal d
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.072 KB)

Abstract

Pembangunan kemaritiman nasional yang sedang digalang di Indonesia harus didukung oleh sistem pendidikan yang menjalankan fungsinya dalam mendidik calon warga negara. Agar pembangunan kemaritiman itu berhasil, siswa harus dididik secara sistematis pada bangku sekolah untuk memiliki literasi kelautan yang baik. Selama ini pengetahuan tentang kelautan tidak menjadi fokus dan hanya mendapat porsi kecil pada kurikulum pendidikan nasional. Akibatnya siswa Indonesia tidak memiliki pengetahuan, sikap, dan persepsi yang positif terhadap laut. Standar kurikulum yang berlaku di Indonesia tidak memiliki mata pelajaran khusus tentang ilmu kelautan. Materi dan pengetahuan penting tentang laut yang harus dimiliki calon warga negara ini dapat diintegrasikan kedalam mata pelajaran terkait, terutama biologi. Agar integrasi ini berjalan baik, diperlukan adanya standar isi pengetahuan kelautan yang dapat diacu oleh guru dalam mengembangkan prses pembelajaran. Penulis merumuskan sebuah framework literasi kelautan yang memuat pengetahuan esensial yang harus dikuasai siswa pada jenjang sekolah menengah. Framework literasi kelautan ini dirumuskan dengan mempertimbangkan standar ocean literacy yang berlaku secara internasional, dengan memperhatikan kondisi dan kearifan lokal Indonesia. Terdapat tujuh prinsip penting yang dirinci oleh 45 konsep dasar. Framework ini merangkum wawasan kelautan yang esensial untuk diintegrasikan kedalam pembelajaran yang terkait di sekolah. Selain itu framework ini juga dapat dijadikan acuan oleh pengelola akuarium dan taman, science park, dan pusat informasi informal lain. Diharapkan framework ini dapat memudahkan tugas guru dalam mengintegrasikan pengetahuan kelautan kedalam pembelajaran

Pembelajaran Biologi Berpendekatan Saintifik Model Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Asikin, Nurul, Irawati, Mimien Henie, Syamsuri, Istamar

Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.003 KB)

Abstract

Abstrak: Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam prosespembelajaran pada semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berpendekatan saintifik menggunakan model Sains Tekonoogi Masyarakat (STM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I materi pencemaran lingkungan, sedangkan siklus II materi limbah. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil belajar sikap peduli lingkungan berdasarkan nilai rata-rata tes siklus I sebesar 73,4 dan siklus II sebesar 84,6, hasil belajar kognitif berdasarkan nilai rata-rata tes siklus I sebesar 67,7 dan siklus II sebesar 83,3, serta hasil tes keterampilan proses sains berdasarkan nilai rata-rata tes siklus I sebesar 80,0 dan siklus II sebesar 82,2.

Potensi Serapan Karbon Pada 3 Lokasi Ekosistem Disekitar Daerah Lembah Harau Sumatera Barat

Muhartati, Erda

Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.645 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi serapan karbon pada 3 lokasi ekosistem yaitu di ladang, hutan sekunder dan hutan terbakar disekitar daerah Lembah Harau. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode destruktif pendugaan biomassa dengan plot sampling. Dengan pengukuran biomassa yang diambil pada vegetasi permukaan tiga lokasi yang berbeda yaitu pada tanah ladang, tanah bekas hutan terbakar, dan tanah hutan sekunder. Potensi serapan karbon yang akan diukur yaitu pada pohon hidup, nekromas, dan sampel destruktif dengan menghitung berat kering dan biomassa. Pengukuran karbon biomassa, hutan terbakar memiliki nilai yang paling tinggi yaitu 7029,59 kg dan besarnya cadangan karbon total yang diserap di permukaan tanah dipengaruhi oleh vegetasi yang tumbuh di atasnya, nekromass dan jatuhan (serasah). Pengukuran biomassa pohon, hutan sekunder memiliki nilai yang paling tinggi yaitu 1,431 kg m-2  dan terendah pada ladang yaitu 1861,40 kgm-2. Pada pengukuran biomassa nekromass, hutan sekunder memiliki nilai yang paling tinggi yaitu 0,64 kg dan terendah pada ladang yaitu 0,017 kgm-2.

Desain Pembelajaran Berbasis Pedagogi Hijau Bagi Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Riau

LN, Firdaus, Wulandari, Sri, ., Nursal, Ahmad, Darmadi

Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.719 KB)

Abstract

Abstrak: Telah dilaksanakan penelitian pengembangan desainpembelajaran berbasispedagogi hijau bagimahasiswa calon guru biologi FKIP Universitas Riau pada bulan Maret-Desember tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain muatan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan model asesmen berbasis pedagogi hijau untuk mahasiswa calon guru biologi FKIP Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan eevaluasi). Untuk mengintegrasikan aspek pedagogi hijau ke dalam sistem pembelajaran dengan menggunakan model Burn yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Content, Perspectives, Process, Context dan Design. Data hasildianalisis secara deskriptif maupun dalam bentuk perhitungan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) Muatan pembelajaran berbasis pedagogi hijau, berupa modul dengan judul “PEMBELAJARAN BERBASISI PEDAGOGI HIJAU” (2) Rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis pedagogi hijau (3) Metode pembelajaran berbasis pedagogi hijau, yaitu metode partisipatif (4) Media pembelajaran berbasis pedagogi hijau, berupa website yang diberi nama “Pedagogi Hijau” dengan alamat www.pedagogihijau.wordpress.com(5) Model asesmen pembelajaran berbasis pedagogi hijau, perangkat penilaian yang dihasilkan yaitu penilaian tertulis, penilaian diri, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian sikap dan penilaian unjuk kerja. Secara keseluruhan produk hasil pengembangan dikategorikan valid berdasarkan penilaian validator dan telah bisa di implementasikan dalam skala lapangan.