cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jendela Olahraga
ISSN : 25279580     EISSN : 25797662     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Jendela Olahraga merupakan terbitan ilmiah berkala nasional yang memuat artikel penelitian (research article) dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Juurnal Jendela Olahraga diharapkan dapat menjadi media untuk menyampaikan temuan dan inovasi ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga kepada para praktisi pendidikan, praktisi olahraga dan masyarakat. Journal Jendela Olahraga Upgris dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Semarang yang diterbitkan 2 kali dalam satu tahun (bulan Januari dan Juli).
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019" : 11 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan putri, okti nauli; Hudah, Maftukin
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.4005

Abstract

     Latar belakang dari penelitian ini adalah, adanya fenomena  dimana nilai karekter merupakan suatu hal yang penting, hal ini terlihat dari adanya proses penanaman karakter pada siswa di sekolah, sementara kenyataannya dari hasil observasi, masih banyak siswa yang menunjukan perilaku yang tidak sesuai, maka perlu adanya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter secara efektif. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan.     Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan disain penelitian Quasi Experimental Desig, dimana terdapat kelas experiment dan contro. Populasinya adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan, sempelnya adalah siswa kelas VIII E. Variable bebas penelitian adalah role playing, dan terikat karakter siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket.     Hasil penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran role playing materi bola basket terhadap pembentukan karakter siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Hasil penelitian ke dua mendapat skor maksimal,religious 88%, jujur   75%, toleransi 66%, disiplin 66%, kerja keras 72%, kreatif 63%, mandiri 63%, demonstrasi 63%,rasa ingin tahu 47%, semangat kebangsaan 56%, cinta tanah air 53%, menghargai prestasi 53%, bersahabat / komunilatif 66%, cinta damai 56%, gemar membaca 63%, peduli lingkungan 63%, peduli social 63%, dan tanggung jawab 69%.     Simpulan dari penelitian adalah, terdapat pengaruh role playing terhadap peningkatan karakter pada siswa, terdapat nilai karakter yang paling menonjol yaitu religious dan jujur. Peneliti menyarankan kepada pendidik agar Pendidik maupun calon pendidik bisa lebih tegas pada siswa, dan lebih bisa mengerti pentingnya menanamkan nilai karakter pada siswa, dan menggunakan berbagai macam  model pembelajaran saat mengajar di sekolah agar siswa tidak jenuh dan senantiasa memperhatikan pelajaran.
Indeks Massa Tubuh Anak Yang Aktif Bermain Game Online dan Anak Yang Tidak Aktif Bermain Game Online haeril, haeril
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks massa tubuh anak yag aktif bermain game online dan anak yang tidak aktif bermain game online. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode observational dengan desain penelitian yang digunakan adalah crossectional dengan jumlah sampel 60 anak yang berusia 13-14 tahun. 30 anak yang aktif bermain game online dan 30 anak yang tidak aktif bermain game online. penilaian indeks massa tubuh dilakukan dengan cara pengukuran antropometri yaitu pengukuran berat badan dan tinggi badan. Nilai rerata dan standar deviasi indeks massa tubuh kelompok anak yang aktif bermain game online adalah 17,00±4,27 (kategori kurus) sedangkan nilai rerata dan standar deviasi indeks massa tubuh kelompok anak yang tidak aktif bermain game online adalah 18,89±3,39 (kategori normal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks massa tubuh anak yang aktif bermain game online dan anak yang tidak aktif bermain game online terdapat perbedaan yang signifikan dengan menggunakan uji mann whitney melihat hasil dari nilai asymp.sig. (2-tailed) dengan nilai P< 0,05. Indeks massa tubuh anak yang tidak aktif bermain game online lebih baik dibandingkan dengan anak yang aktif bermain game online. Kata Kunci: indeks massa tubuh, game online
Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Senam Lantai Melalui Permainan Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi Nugraheni, Wening; supena, gilang hergiwa
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3926

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran penjas materi senam lantai dengan bentuk-bentuk permainan dalam senam lantai pada siswa kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrumen penelitian adalah angket minat siswa, lembar observasi dan catatan lapangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil angket minat siswa menunjukkan bahwa minat siswa dalam pembelajaran penjas materi senam lantai setelah diberikan tindakan yaitu pembelajaran menggunakan bentuk-bentuk permainan dalam senam lantai adalah sebanyak 12,55% minat siswa dalam kategori suka sekali (SS), 42,16% minat siswa dalam kategori suka (S), 32,35% minat siswa dalam kategori kurang suka (KS), 8,43% minat siswa dalam kategori tidak suka (TS) dan 2,74% minat siswa dalam kategori sangat tidak suka (STS). Selain hasil dari angket minat siswa, hasil ini juga didukung dengan lembar observasi dan catatan lapangan selama satu siklus penelitian tindakan kelas sebanya tiga kali pertemuan.Kata Kunci: Minat, bentuk permainan, Senam Lantai, Penelitian Tindakan Kelas.
Referee’s Signal Sebagai Media Belajar Pada Mata Kuliah Bola Basket Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UNSOED febriani, ayu rizky; Hidayat, Rohman; Budi, Didik Rilastiyo
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3841

Abstract

Kemampuan pemahaman dalam menerima penjelasan gerakan perwasitan yang kompleks yang disampaikan kepada mahasiswa yang baru saja mempelajari materi tersebut tentu saja mendapat kendala dalam memahami pola gerakan dan bahasa yang disampaikan oleh dosen mengingat dalam permainan bola basket banyak menggunakan istilah kata berbahasa asing (Inggris). Penjelasan yang dosen sampaikan tidak bisa dibayangkan maupun divisualisasikan oleh mahasiswa mengingat terlalu kompleks gerakan perwasitan. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengembangkan sarana pembelajaran berupa media video dan buku tentang gerakan perwasitan dalam permainan bola basket sebagai referensi belajar mahasiswa. Rancangan penelitian reaserch and development dengan prosedur yang dilakukan dalam pengembangan ini meliputi analisis, desain, developmen, implementasi dan evaluasi. Nilai rata-rata1 pemahaman mahasiswa adalah 25,14 referee’s signal  sedangkan untuk nilai rata-rata2 adalah 78,79. Media pembelajaran dalam bentuk video gerakan-gerakan referee’s signal  lebih mudah diingat dan dipahami oleh mahasiswa karena selain dapat ditayangkan berkali-kali merupakan serangkaian referensi tontonan yang efektif dalam memahami gerakan-gerakan untuk mengetahui gerakan perwasitan yang ada dalam permainan bola basket. Kata Kunci: Media, pembelajaran, referee, signal, bola basket
Pengembangan Model Servis Pembelajaran Tenis Lapangan Mahasiswa PJKR IKIP Budi Utomo Setyawan, Trinovandhi; irwansyah, irwansyah
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3725

Abstract

AbstrakHasil penyebaran angket 22 November 2018 yakni, 92% mahasiswa sulit melakukan servis, permasalah ini perlu di carikan solusi agar pembelajaran berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini menghasilkan model pembelajaran servis tenis bagi dosen/mahasiswa sebagai alat bantu proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Pengembangan dari Brog dan Gall, Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PJKR angkatan 2016. Menguji kefektivitas pengembangan model servis pembelajaran tenis lapangan dapat dilihat pada data angket. Tingkat kesulitan melakukan servis sebelum mengembangkan model pembelajaran servis sebesar 92% artinya 8% mahasiswa yang bisa melakukan servis dengan benar. Hasil analisis uji ahli terhadap model pemebelajaran servis tenis lapangan diperoleh persentase 80%, uji kelompok kecil diperoleh persentase 85 %, dan uji kelompok besar diperoleh persentase 92% sehingga produk hasil penelitian dapat digunakan sebagai model servis pembelajaran tenis lapangan. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji kelompok menunjukkan bahwa: (1) produk pengembangan model servis tenis lapangan dapat digunakan pada mahasiswa PJKR IKIP Budi Utomo Malang, (2) model servis tenis lapangan dapat meningkatkan kemampuan melakukan servis, (3) model pembelajaran ini lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran.  Kata Kunci : model pembelajaran, servis, tenis lapangan
Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun Rahayu, Ervin Dwi; Firmansyah, Guntur
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3611

Abstract

Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk membuat permainan tradisional lompat tali yang menarik, aman dan mudah dimainkan serta diharapkan bisa membantu untuk meningkatkan kinestetic intelegency pada anak usia 11-12 tahun. Metode yang digunakan adalah model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg dan Gall. Hasil dari evaluasi ahli diperoleh data ahli pembelajaran 88,3 % dan ahli permainan tradisional 79,2 % sedangkan pada tahapan ujicoba diperoleh data pada ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh data 80,83% dan 83,33 %. Kesimpulannya pengembangan permainan tradisional lompat tali untuk meningkatkan kinestetic intelegency  pada anak usia 1-12 tahun bermanfaat, menarik, mudah, aman, efektif serhingga dapat diartikan dapat digunakan.
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Strategi Pembelajaran Kontekstual Mata Kuliah Psikologi Olahraga Gustian, Uray
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3062

Abstract

The study was conducted as an effort to find a learning method to improve student learning achievement which refers to the Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Based on it, the development of textbooks that encourage students to construct knowledge and improve their ability to master theoretical concepts and problem solving research using research and development (R & D) methods. The stages in R & D research are modified (simplified) according to the research objectives. The stages of research and development used are 1) preliminary stage, 2) development phase, and 3 stages of dissemination. Participants consisted of 25 students at the time of the trial and 30 at the t test of effectiveness. The instruments used were questionnaires, questionnaires, questionnaires, and rubric ratings. Limited trial results obtained 76 (good), extensive trials 75 (good), and textbooks are feasible to use. The operational test shows that 23% of students are in the excellent category and 54% are in the good category. These results show that effective teaching materials improve student learning outcomes from previously 60% scored below the good category. The increase occurs because students are encouraged to be actively involved in finding material, finding the relationship between the material being studied and the actual conditions. Based on this, CTL-based textbooks are declared feasible and effective to be used in sports psychology courses
Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Games, Education, and Visualisation (GEV) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Festiawan, Rifqi; Ngadiman, Ngadiman; Kusuma, Indra Jati; Nurcahyo, Panuwun Joko; Kusnandar, Kusnandar
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3678

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa yang layak dan efektif untuk digunakan dan dapat digunakan sebagai solusi pembelajaran Pendidikan Jasmani khususnya pada materi kesehatan reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: 1) studi pendahuluan, 2) analisis terhadap informasi, 3) Menyusun draft awal, 4) validasi ahli 5) Revisi Draft, 6) uji coba terbatas, 7) uji coba skala besar, 8) Revisi Produk Akhir, 9) Uji Efektivitas dan 10) diseminasi produk hasil pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Purwokerto berjumlah 28 siswa. Uji coba skala besar dilakukan pada siswa kelas 8 SMP Negeri 1, 2 dan 8 Purwokerto berjumlah 90 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan metode pembelajaran meliputi 1) Studi Kasus, 2) Edukasi dan 3) Visualisasi. Berdasarkan penilaian beberapa ahli yaitu materi, media dan bahasa serta ahli pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani yang dihasilkan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji efektivitas disimpulkan bahwa model yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang kesehatan reproduksi. Kata Kunci: pengembangan, model pembelajaran, pendidikan jasmani, kesehatan reproduksi  Abstract This study aims to produce physical education learning models for students that are feasible and effective to use and can be used as learning solutions for Physical Education especially on reproductive health material. The research method used is Research and Development (RnD) with the following research steps: 1) preliminary study, 2) analysis of information, 3) Preparing initial drafts, 4) expert validation 5) Revised Draft, 6) limited trials , 7) large scale trials, 8) Final Product Revisions, 9) Effectiveness Tests and 10) dissemination of products resulting from development. Limited trials were conducted on 8th grade students of Junior High School 2 Purwokerto totaling 28 students. Large scale trials were conducted on 8th grade students of Junior High School 1, 2 and 8 Purwokerto totaling 90 students. The data analysis technique uses quantitative descriptive analysis. This study produced a learning model consisting of three stages of learning methods including 1) Case Study, 2) Education and 3) Visualization. Based on the assessment of several experts, namely material, media and language and learning experts, it can be concluded that the physical education learning model produced is feasible to be used in the learning process. Based on the results of the effectiveness test, it was concluded that the model developed was effective in increasing students 'knowledge and could increase students' awareness of reproductive health. Keywords: Development, learning models, physical education, reproductive health
Pengaruh Struktur Tubuh dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Atlet Voli Kota Makassar syafruddin, muhammad akbar
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3778

Abstract

AbstrakPenelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur tubuh dan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli atlet voli kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan atlet voli kota Makassar. Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan teknik Purposive Sampling atau penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linear. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan struktur tubuh terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli (α = 0,001 <  0,05) dan sumbangan determinasi sebesar 22,2%. (2) Ada pengaruh yang signifikan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli (α = 0,000 < 0,05) dan sumbangan determinasi sebesar 38,9%. (3)  Ada kontribusi yang signifikan struktur tubuh dan koordinasi mata tangan secara bersama-sama terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli (α = 0,000 < 0,05) dan sumbangan determinasi sebesar 46,7%. Kata Kunci: Struktur Tubuh, Koordinasi Mata Tangan ,Kemampuan Passing Bawah.
Pembinaan Prestasi Tim Sepak Takraw Putri Jawa Tengah Menuju PON XVIII Tahun 2012 di Riau Hidayat, Rohman; Febriani, Ayu Rizky; Budi, Didik Rilastiyo; Listiandi, Arfin Deri
Jendela Olahraga Vol 4, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jo.v4i2.3815

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembinaan prestasi tim PON XVIII sepak takraw putri di Jawa Tengah. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data penelitian adalah 12 atlet tim PON XVIII putri sepak takraw Jawa Tengah, 2 orang sebagai pelatih tim putri sepak takraw Jawa Tengah, 1 orang pengurus. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat komponen yang saling berinteraksi yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian mengenai proses pembinaan prestasi tim PON XVIII sepak takraw putri Jawa Tengah tahun 2012 adalah 1) Keadaan organisasi cukup baik 2) Kualitas atletnya sudah baik 3) Sarana dan prasarana yang dimiliki belum lengkap dan belum mempunyai gedung olahraga sendiri..4) Pelatih yang menangani tim sepak takraw Jawa Tengah sudah mempunyai lisensi pelatih. 5) Pelaksanaan program pembinaan telah berjalan sesuai dengan program yang direncanakan. 6) Prestasi yang dicapai sampai saat ini sangat baik dan selalu mengalami kemajuan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11