cover
Contact Name
Siti Maryam Munjiat
Contact Email
sitimaryammunjiat@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sitimaryammunjiat@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Al Tarbawi Al Haditsah
ISSN : 24076805     EISSN : 25806505     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik Pembelajaran, media dan desain pembelajaran hingga materi dan kurikulum pembelajaran pendidikan agama islam. AL-TARBAWI AL-HADITSAH menganut standar publikasi berkala ilmiah nasional.
Arjuna Subject : -
Articles 69 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PROGRAM PREZI PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH Astuti, Sri Andri
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2019): Inovasi Pembelajaran PAI di Era Digital
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.487 KB)

Abstract

This study aims to produce learning media of Al Qur’an Hadis by using a valid and effective. This is a research and development by using Hannafin and Peck development model with stages of requirement analysis, design, and development. This research was conducted at MAN 1 Metro Lampung. The subjects were class XI IPS students consisting of 2 experimental classes and 2 control classes. Data collection techniques were questionnaires for material experts, linguists, media experts, and learners as well as observation and test of learning outcomes. The data were analyzed by descriptive statistic and inferential statistic, i.e t-test which previously conducted prerequisite test in the form of normality and homogeneity test. The results showed that the products developed were in accordance with the procedures of development of Hannafin and Peck. This media product is declared valid, and effective. Thus, it can be concluded that the media developed has been feasible to be used and developed in the learning process of Islamic Religious Education in Islamic Senior High School. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Al Qur’an Hadis  menggunakan program prezi yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Lampung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Teknik pengumpul data menggunakan angket untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan peserta didik serta observasi dan tes hasil belajar. Data tersebut dianalisis dengan  statistik deskriptif dan statistik inferensial, yaitu uji t yang sebelumnya dilakukan pengujian prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sudah sesuai dengan prosedur pengembangan Hannafin dan Peck. Produk media ini dinyatakan valid, dan efektif. Dengan demikian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah. KATA KUNCI: Media Pembelajaran Al Qur’an Hadis, program Prezi
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 BATANG Santinah, Santinah
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.193 KB)

Abstract

            Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajari .Berdasarkan studi yang dilakukan di SMP N 5 Batang bahwa dalam pembelajaran guru lebih banyak mengunakan metode ceramah khususnya pada mata pelajaran PAI, sehingga siswa merasa cepat bosan. Seorang guru seharusnya mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran langsung.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan eksperimen  Control Group Pretest-Posttest Design . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang , melalui cluster sample maka terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional (ceramah). Tekhnik penelitian yang digunakan adalah pelaksanaan strategi pembelajaran langsung dan angket. Analisa data yang digunakan adalah dengan uji t (Paired Samples T Test).Hasil paired samples statistics  menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberlakukannya strategi pembelajaran langsung pada kelas eksperimen yang ditunjukan dengan hasil rerata motivasi belajar sebesar 70,00 sebelum diberi  perlakuan menjadi 75,94 setelah diberi perlakuan; 2) Melalui uji perbedaan Paired Samples Test  diketahui t hitung  = -5,661 dan signifikansi 0,000,  standar deviasi 6,11972, rata-rata antara nilai pre-test dan post-test sebesar -5,94118. Jika melihat dari signifikansi maka Ho ditolak karena signifikansi 0,000 <0,05 artinya terdapat pengaruh strategi  pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Batang. Dari hasil Paired Samples Correlation  diketahui korelasi 0,493 dan signifikansi 0,003. Artinya strategi pembelajaran langsung memberi pengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Batang dalam kategori sedang.Kata kunci: Strategi Pembelajaran langsung, Motivasi Belajar, Pembelajaran Konvensional (ceramah).
PENGARUH PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS MULTIMEDIA FLASH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL MASHOLEH KOTA CIREBON Tahun Ajaran 2017/2018 Ghozali, M Munawir; Ridwan, Wawan Ahmad; ., Suteja
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.658 KB)

Abstract

ABSTRAKMadrasah Aliyah Darul Masholeh merupakan sekolah swasta yang berada di Kota Cirebon, Dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada ilmu tajwid masih mengandalkan media buku sehingga pemahaman siswa dalam mempelajari ilmu tajwid masih belum optimal, hal itu terlihat dari sebagian siswa yang belum bisa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari hasil pembelajaran ilmu tajwid yang hanya menggunakan media pembelajaran buku. Multimedia ini adalah suatu kombinasi berbagai tipe media (teks, gambar, audio, grafik, video, animasi dan lain sebagainya) yang disajikan, digabungkan menggunakan alat bantu (tool) dan koneksi (link), dan dikemas menjadi satu file digital (komputerisasi) yang bertujuan untuk menyampaikan, menghantarkan, dan menerima pesan atau informasi kepada pengguna atau publik.Oleh karena itu, Peneliti bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran tajwid menggunakan multimedia flash di Madrasah Aliyah Darul Masholeh Kota Cirebon terhadap Motivasi belajar siswa sehingga bisa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik : tes, observasi, wawancara, angket, postes dan pretes. Kemudian data di analisis dengan korelasi uji normalitas dan uji homogenitas.Dari hasil analisis terhadap nilai motivasi belajar pada kelas eksperimen, dapat disimpulkan bahwa nilai tertinggi 83 dan nilai yang paling kecil 49. Sedangkan secara keseluruhan dari hasil analisis terhadap motivasi belajar 915 dengan nilai rata-rata keseluruhan 61.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Multimedia Flash, Media Pembelajaran.  ABSTRACT Madrasah Aliyah Darul Masholeh is a private school located in Cirebon City, in Teaching and Learning Activities in science of tajwid still rely on book media so that students' understanding in learning science tajwid still not optimal, it can be seen from some students who have not fulfilled the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM ) from learning result of science of tajwid which only use instructional media of book. Multimedia is a combination of various types of media (text, images, audio, graphics, video, animation and so on) presented, combined using tools and links, and packaged into a digital file to convey, deliver, and receive messages or information to users or the public.This study aims to determine the application of learning media tajwid using flash multimedia in Madrasah Aliyah Darul Masholeh Cirebon City on student motivation so that it can meet the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM).This data collection uses techniques: test, observation, interview, questionnaire, postes and pretes. Then the data in the analysis with the correlation test normality and homogeneity test.From the results of the analysis of the value of learning motivation in the experimental class. It can be concluded that the highest score is 83 And the smallest score is 49. Overall the analysis of learning motivation is 915 and the overall average is 61.Keywords: Learning Motivation, Flash Multimedia, Learning Media.
PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANAK KELUARGA PENGEPUL BARANG BEKAS USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI DESA LEMAHTAMBA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON Mukhlisin, Ibnu Zaelani
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.712 KB)

Abstract

Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Anak Keluarga Pengepul Barang Bekas Usia Sekolah Menengah Pertama(SMP) Di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Perkembangan zaman sangatlah berjalan dengan cepat begitu juga dalam kehidupan sosial ekonomi di Desa Lemahtamba, mayoritas penduduk desa bermata pencaharian sebagai Pengepul barang bekas. Omset atau pendapatan yang didapat sangat menguntungkan.Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, dimana remaja seakan-akan kehilangan masa-masa dimana seharusnya mereka tengah mengalami prestasi pendidikan yang baik, hal ini tercermin dari kurangnya interaksi di kalangan remaja baik dengan teman, masyarakat terutama orang tua, kurangnya dorongan orang tuasebagai pengepul barang bekas terhadap anaknya dalam kegiatan-kegiatan belajar yang ada di lingkungan sekitar, bahkan mereka kurang memperhatikan pendidikan bagi anaknya, karena sibuk akan pekerjaan yang digelutinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Prestasi belajar anak keluarga pengepul barang bekas di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon.2. Pendapatan penghasilan Orang Tua Sebagai Pengepul Barang Bekas. 3. Hubungan orang tua pengepul barang bekas dengan anak usia sekolah menengah pertama (SMP) di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Prestasi belajar anak akan terwujud jika terdapat dorongan atau rangsangan yang bisa juga dinamakan dengan motivasi yang ditimbul dari dalam diri individu itu sendiri atau dari luar baik dari teman, lingkungan masyarakat terutama orang tua itu sendiri..Pendapatan orang tua tidak menentu, dilihat dari hasil wawancara dari beberapa orang tua yang bekerja sebagai pengepul barang bekas mereka mengatakan bahwa pendapatan atau penghasilan yang didapat itu banyak atau sedikitnya tergantung jumblah dan jenis barang yang di dapatkan. Adapun kategori barang yang bagus dan harga jualnyapun mahal ataupun sebaliknya.Fenomena yang terjadi di Desa Lemahtamba dari hasil analisin data yang terkumpul mayoritas para orang tua yang orang tuanya sebagai pengepul barang bekas mereka kurang dalam memperhatikan anak-anaknya terutama tentang pendidikan dengan alasan mereka sibuk akan pekerjaannya yang dilakukan semenjak pagi hari hingga malam hari.Kata Kunci : Prestasi Belajar, PAI
PERAN NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM BIDANG PENDIDIKAN KARAKTER Fatihah, Imroatul
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2: Pendidikan Karakter
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.018 KB)

Abstract

AbstrakArtikel ilmiah ini menegaskan bahwa peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam membangun dan mempertahankan karakter bangsa yang berlandaskan al-akhlaq al-karimah. Meski isu pendidikan karakter ramai baru-baru ini, namun sejatinya peran NU dalam mengimplementasikan pendidikan karakter sudah dibangun jauh sejak NU berdiri. Konsep pendidikan NU berbeda dengan konsep Barat. Bagi NU pendidikan karakter tidak hanya mengatur hubungan sesama manusia an sich. Namun juga pendidikan karakter ialah memiliki dimensi kemanusiaan dan dimensi ketuhanan. Thus, pendidikan karakter ala NU ini dapat disimpulkan pendidikan akhlak sebagaimana telah lama dipraktikkan oleh Rasulullah SAW.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nahdlatul Ulama, Akhlak, IslamAbstractThis scientific article confirms that the role of Nahdlatul Ulama (NU) in building and maintaining national character based on al-akhlaq al-karimah. Although the issue of character education was crowded recently, the true role of NU in implementing character education has been built long since NU was established. The concept of NU education is different from Western concepts. For NU character education does not only regulate human relations as well as the West. But also character education is having a human dimension and divine dimension. Thus, this NU-style character education can be inferred as moral education as has long been practiced by the Prophet Muhammad peace be upon him.Keywords: Character Education, Nahdlatul Ulama, Morals, Islam
Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Sosial Siswa SMP Negeri 2 Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Utami, Rizqi Dian; Zaenuddin, Aen; ., Nurlela
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.388 KB)

Abstract

Abstrak Dalam mengelola kegiatan pembelajaran, salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional ialah menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada siswa seperti model pembelajaran koopearif learning. Model pembelajaran kooperatif learning dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berinteraksi dengan anggota kelompoknya agar dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, mengetahui akhlak sosial siswa SMP Negeri 2 Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dan mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap akhlak sosial siswa SMP Negeri 2 Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembelajaran pendidikan agama islam dikelas VIII SMP Negeri 2 Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes masuk dalam katagori baik, dengan persentase rata-rata sebesar 81,5%. Tingkat akhlak sosial siswa masuk dalam katagori cukup, dengan persentase rata-rata sebesar 74,5%. Pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki korelasi atau pengaruh dengan akhlak sosial siswa walaupun tergolong cukup tinggi yaitu dengan nilai kolerasi sebesar 0,544. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis pembelajaran pendidikan agama islam berpengaruh terhadap akhlak sosial siswa dengan hasil thitung 4,52. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Akhlak Sosial
PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI Ridwan, Wawan A.; ., Suteja
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2: Pendidikan Karakter
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.076 KB)

Abstract

ABSTRAK Pembentukan kepribadian menurut Imam Al-Ghazali dilatar belakangi oleh adanya dekadensi moral yang hari ini terjadi pada sebagian penerus bangsa baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Banyak orang yang telah mengabaikan pembentukan kepribadian (akhlak), masalah kepribadian dianggap remeh padahal pembentukan kepribadian ini merupakan kunci perubahan individu, sosial, kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Fokus pembahasan peneliyian ini hanya pada kitab Ayyuha al-Walad.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperluas wawasan mengenai konsep pembentukan kepribadian Imam Al-Ghazali yanng hari ini banyak terjadi dekadensi moral.Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kepustakaan. Adapun penelitian yang relevan terdahulu diantaranya: Penelitian yang dilakukan oleh Gumiandari, Septi. 2010. Kepribadian Manusia dalam Perspektif Psikologi Islam. Laporan Penelitian.  Cirebon: IAIN Syekh Nurjati. Fokus penelitian pada ilmu psikologis. Penelitian yang dilakukan oleh Rodhiyah. 2011. Pembentukan Kepribadian Muslim Menurut Imam al-Ghazali. Cilacap: IAIIG Cilacap. Fokus penelitian pada kitab ihya’ulumuddin.Kesimpulan penelitian ini: Konsep pembentukan kepribadian Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad setidaknya dapat ditinjau dari empat hal. Keempat konsep tersebut saling berkaitan satu sama lain yang dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian. Relevansi pembentukan kepribadian dalam kitab Ayyuha al-Walad karya Imam Al-Ghazali dengan pendidikan di Indonesia terdapat pada beberapa aspek, tujuan pendidikan Akhlak, Subjek Pendidikan Akhlak, Materi Pendidikan Akhlak, Metode Pendidikan Akhlak. ABSTRACTThe formation of personality according to Imam Al-Ghazali is motivated by the existence of moral decadence which today occurs to some successors of the nation both in rural and urban areas. Many people have ignored the formation of personality (morals), personality problems are underestimated even though the formation of personality is the key to individual, social, welfare and happiness changes. The focus of this research discussion is only on the Ayyuha al-Walad book.The purpose of this research is to broaden the horizon of the concept of the formation of Imam Al-Ghazali's personality which today has a lot of moral decadence.The research that the writer did was including library research. As for previous relevant research including: Research conducted by Gumiandari, Septi. 2010. Human Personality in the Perspective of Islamic Psychology. Research Report. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Focus on research on psychological science. Research conducted by Rodhiyah. 2011. Establishment of Muslim Personality According to Imam al-Ghazali. Cilacap: IAIIG Cilacap. Research focus on the book ihya'ulumuddin.Conclusion of this study: The concept of the formation of Imam Al-Ghazali's personality in the book of Ayyuha al-Walad can at least be reviewed in four respects. The four concepts are interrelated with each other which can influence the formation of personality. The relevance of personality formation in the book Ayyuha al-Walad by Imam Al-Ghazali with education in Indonesia is found in several aspects, the goals of moral education, the subject of moral education, moral education material, moral education methods.
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI PAI SISWA KELAS X DI SMA MA’ARIF BULAKAMBA KABUPATEN BREBES Faillah, Muhammad; zuhri, saefudin; ., Iwan
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.787 KB)

Abstract

ABSTRAKKepribadian adalah sebuah kata yang menandakan ciri pembawaan dan pola kelakuan seseorang yang khas bagi peribadi itu sendiri. Kepribadian melipti tingkah laku, cara berfikir, perasaan, gerak hati, usaha, aksi, tanggapan terhadap kesempatan, tekanan dan cara sehari-hari dalam berintraksi dengan orang lain. Jika unsur-unsur kepribadian ini menyatakan diri dalam kombinasi yang berulang-ulang secara khas dan dinamis maka hal demikian dikenal dengan nama gaya kepribadian. Keberhasilan sebuah pendidikan tidak terlepas dari kepribadian guru yang akan berdampak pada motivasi belajar siswa. Karena guru sebagai suri teladan bagi siswa. Akan tetapi pada kenyataanya masih banyak siswa yang belum sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Memperoleh tentang kepribadian guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif Bulakamba Kabupaten Brebes. 2) Memperoleh tentang motivasi belajar siswa di SMA Ma’arif Bulakamba kabupaten Brebes. 3) Memperoleh bagaimana kompetensi kepribadian guru dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar bidang studi PAI siswa kelas X di SMA Ma’arif Bulakamba Kabupaten Brebes.Penelitian ini berawal dari kerangka pemikiran bahwa kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar saling mempengaruhi antara pendidik dan peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar bidang studi PAI di SMA Ma’arif Bulakamba Kabupaten Brebes.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dan uji korelasi.Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu, kompetensi kepribadian guru di SMA Ma’arif Bulakamba Kabupaten Brebes, memperoleh  rata-ratanya 2289  termasuk dalam wilayah kadang-kadang dengan nilai 67%. Motivasi belajar SMA Ma’arif Buakamba Kabupaten Brebes, memperoleh rata-ratanya 1575 termasuk dalam wilayah Kadang Kadang dengan nilai 58%. Hubungan kompetensi kepribadian guru dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar menunjukkan nilai korelasi yang mencapai % yang menunjukkan pada korelasi yang lemah atau rendah karena berada pada interval 0,40-0,70 dan nilai kontribusi determinasi  yaitu dengan nilai prosentase sebesar 0,25% sedangkan sisanya sebesar 99,75% dipengaruhi faktor lain.  Kata Kunci: Kepribadian dan Motivasi Belajar
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH BERBASIS BLENDED LEARNING Majid, Dhea Abdul
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2019): Inovasi Pembelajaran PAI di Era Digital
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.731 KB)

Abstract

ABSTRAKPerkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berlangsung begitu pesat, sehingga sudah sewajarnya para ahli/pakar menyebut hal ini sebagai suatu revolosi. Perubahan-perubahan yang akan dan sedang terjadi, terutama disebabkan oleh potensi dan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (relationship) dan memenuhi kebutuhan mereka akan informasi hampir tanpa batas. Beberapa batasan yang dulu dalami manusia dalam berhubungan satu sama lainnya, seperti faktor jarak, waktu, jumlah, kapasitas, kecepatan dan lain-lain, kini dapat diatasi dengan dikembangkannya berbagai teknologi informasi dan komunikasi mutakhir.Jika kita kaitkan dengan pembelajaran PAI, sudah sepatutnya perlu dilakukan inovasi pembelajaran, yang di mana, inovasi tersebut mampu mengubah paradigma peserta didik, yang biasanya menganggap pembelajaran agama hanya duduk, diam, dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan. Untuk itulah, perlunya kesadaran dari guru PAI sendiri bahwasanya peserta didik zaman sekarang tidaklah sama dengan peserta didik zaman dulu.Kata Kunci:Inovasi, Pembelajaran PAI, Blended Learning
FLEKSIBILITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: UPAYA MENCIPTAKAN BUDAYA SEKOLAH YANG BERKARAKTER Ghofar, Abdul
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.346 KB)

Abstract

Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membina, membimbing, melatih, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum dengan maksud agar manusia sebagai bagian dari organisasi mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan dirinya sendiri maupun organisasi secara efektif dan efisien. Dalam konteks nilai dan norma sosial, tugas pemimpin adalah membuat organisasi sebagai suatu sistem sosial yang menyenangkan bagi anggota organisasinya, organisasi menjadi satu tempat berinteraksi dan aktualisasi diri bagi anggotanya. Dalam konteks lembaga pendidikan, peran kepemimpinan dilaksanakan oleh kepala sekolah. Sehingga kepemimpinan pendidikan adalah proses mempengaruhi semua personel yang mendukung pelaksanaan aktivitas pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Kepemimpinan pendidikan adalah segenap kegiatan dalam usaha mempegaruhi personal di lingkungan pendidikan pada situasi tertentu agar mereka melalui usaha kerjasama, mau bekerja dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.Kata Kunci : Kepemimpinan Pendidikan, Budaya Berkarakter