cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
ISSN : 25411462     EISSN : 25491717     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and August.
Arjuna Subject : -
Articles 63 Documents
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN TERNAK AYAM BROILER DALAM MENINGKATKAN WIRAUSAHA DI PKBM ABDI PERTIWI KELURAHAN PIPITAN KECAMATAN WALANTAKA KOTA SERANG Nasmawati, Desi
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN TERNAK AYAM BROILER DALAM MENINGKATKAN WIRAUSAHA DI PKBM ABDI PERTIWI KELURAHAN PIPITAN KECAMATAN WALANTAKA KOTA SERANG Desi NasmawatiUniversitas Sultan Ageng TirtayasaABSTRAK                       Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat kita yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Pelatihan adalah sebuah proses mengajarkan pengetahuan dan keahlian tertentu serta sikap agar semakin terampil dan mampu dalam melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik sesuai dengan standar. Pelatihan dapat membantu membangun masyarakat. Penelitian ini akan meneliti pertama pelaksanaan pelatihan ternak ayam broiler?kedua dampak pelatihan ternak ayam broiler? dan faktor pendukung dan penghambat pelatihan ternak ayam broiler?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan ternak ayam broiler, untuk mengetahui dampak pelatihan ternak ayam broiler dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelatihan ternak ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Abdi Pertiwi Kelurahan pipitan Kecamatan Pipitan Kota serang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini, pertama, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan ternak ayam broiler di PKBM Abdi Pertiwi yaitu dengan menyusun perencanaan dengan melakukan identifikassi, merencanakan tujuan, menetapkan sasaran, pengadaan sumber dana, penetapan waktu kegiatan, perekrutan peserta pelatihan dan penyususunan struktur organisasi. menyusun pelaksanaan kegiatan dengan mempersiapkan tahapan kegiatan pada saat kegiatan pelatihan akan dimulai, menentukan metode yang sesuai dengan pelatihan yang akan diselenggarakan, mempersiapkan media pembelajaran, melakukan pengawasan, dan melakukan evaluasi kegiatan,kedua dampak pelatihan ternak ayam broiler menambah ilmu  pengetahuan tentang ternak ayam broiler dari awal ternak ayam dimulai sampai pemanenan dan terciptanya sikap dan prilaku masyarakat untuk mengembangkan dan meningkatkan usahanya,  dapat dikembangkan menjadi usaha, dapat meningkatkan penghasilan ekonomi masyarakat, dan dapat dijadikan sebagai modal usaha. Dapat dilihat dari pembahasan penelitian yang berhasil mengembangkan usaha melalui ternak ayam broiler terdapat 5 orang.Ketigafaktor pendukung meliputi sarana prasarana, lokasi strategis, dan penguasaan instrutur terhadap materi ternak ayam broiler. Faktor penghamabt permodalan awal dan motivasi peserta pelatihan kurang. Kata kunci: Pemberdayaan masyrakat, pelatihan, ternak ayam broiler
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENGATASI KESULITAN MENULIS PUISI PADA WARGA BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN PANDEGLANG. Nurhalenawati, Liana
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENGATASI KESULITAN MENULIS PUISI PADA WARGA BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN PANDEGLANG. LIANA NURHALENAWATIJurusan Pendidikan Luar SekolahUniversitas Sultan Ageng TirtayasaABSTRAKLatar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan dan tes awal yang menunjukan bahwa kemampuan warga belajar dalam menulis puisi masih sangat rendah dan tutor masih menggunakan metode ceramah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana aktivitas warga belajar saat diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)  dalam mengatasi kesulitan menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar warga belajar setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)  dalam menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang? Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan aktivitas warga belajar saat diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam mengatasi kesulitan menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang. 2) meningkatan hasil belajar warga belajar setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan dalam penelitian meliputi perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran CTL dapat mengatasi kesulitan warga belajar dalam menulis puisi terbukti pada pra siklus nilai rata-rata yaitu 38.5, siklus I 49.5, siklus II meningkat menjadi 73.8 dan siklus III mencapai 85.8. Aktivitas belajar warga belajar juga meningkat, siklus I rata-rata 39.6%, siklus II 61.7% dan siklus III meningkat menjadi 85.2%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat mengatasi kesulitan menulis puisi pada warga belajar kesetaraan paket C. Kata kunci: model pembelajaran CTL, puisi
USAHA TRANSFORMASI ANAK JALANAN KELUAR DARI POSISI ANAK JALANAN (STUDI PERILAU SOSIAL ANAK JALANAN DI PROVINSI BANTEN) Fauzi, Ahmad
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

USAHA TRANSFORMASI ANAK JALANAN KELUAR DARI POSISI ANAK JALANAN(STUDI PERILAU SOSIAL ANAK JALANAN DI PROVINSI BANTEN) Ahmad FauziEmail: fauziyuwh@gmail.com ABSTRAKHakikat penelitian ini yaitu pemecahan masalah keberadaan anak jalanan dalam usaha merumahkan anak jalanan melalui konsep edukatif Rumah Singgah di Provinsi Banten. Yaitu suatu proses penanganan anak jalanan yang dilakukan dengan cara menampung anak jalanan dan merumahkannya. Melalui usaha merumahkan anak jalanan melalui konsep edukatif  Rumah Singgah ini anak jalanan diberikan bimbingan, pengarahan, pelatihan dan keterampilan.Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan data secara langsung kondisi obkektif anak jalanan serta peran dari Dinas Sosial Provinsi Banten dalam mengatasi permasalahan anak jalanan di Provinsi Banten dalam usaha merumahkan anak jalanan melalui konsep edukatif Rumah Singgah serta manfaat yang dapat dirasakan anak jalanan melalui Rumah Singgah dan untuk mengetahui sistem yang dibangun Pemerintah Provinsi Banten dalam usaha transformasi anak jalanan keluar dari posisi anak jalanan.Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih sebagai upaya memperoleh gambaran hasil nyata mengenai usaha transformasi anak jalanan melalui studi perilaku sosial anak jalanan di Provinsi Banten. mendapatkan informasi atau data secara langsung dari latar alami yang dimilki subyek penelitian yang memiliki karakteristik yang berbeda (heterogen) dilihat dari sisi pengalaman, pengetahuan, sikap, perilaku, dan hasil yang diharapkan berupa rumusan atau gagasan yang memungkinkan aplikasinya mendapat dukungan alami dari kondisi empirik.Hasil temuan dalam penelitian ini mengetahui kondisi objektif anak jalanan di Provinsi Banten, analisis lembaga sosial dalam menangani masalah keberadaan anak jalanan, upaya edukatif dalam merumahkan anak jalanan melalui rumah singgah, dan sistem yang dibangun oleh pemerintah Provinsi Banten dalam menangani masalah kesejahteraan sosial. dan Rekomendasi ditujukan kepada Dinas Sosial sebagai pelaksana dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial harus mampu mendorong keberlangsungan Rumah Singgah sebagai solusi konkrit menangani kasus keberadaan anak jalanan melalui upaya merumahkan anak jalanan di Provinsi Banten. Kata kunci: anak jalanan, transformasi dan Rumah Singgah
EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PERBENGKELAN MOBIL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEKANIK PADA PESERTA PELATIHAN DI BPPNF PROVINSI BANTEN Febriyanti, Wulan
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PERBENGKELAN MOBIL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEKANIK PADA PESERTA PELATIHAN DI BPPNF PROVINSI BANTENWulan FebriyantiJurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng TirtayasaABSTRAKPenelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui (1) Pengelolaan pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provinsi Banten, (2) Efektivitas pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provisi Banten, (3) Faktor pendukung dan penghambat pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provisi Banten.                Metode penelitian yang digunakan penulis dalam pelatihan ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: (1) observasi, (2) wawancara (3) studi dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data, dan verifikasi.                Sebagai akhir pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut: (1) Pengelolaan dalam pelatihan perbengkelan mobil ini menggunakan teori POAC. Pertama yaitu perencanaan, terdapat identifikasi masalah, tujuan pelatihan, pemilihan tutor, membuat kurikulum, penyusunan materi, pembuatan sumber belajar, menyiapkan sumber dana dan persyaratan peserta. Kedua adalah pengorganisasian, yaitu pembentukan panitia pelaksana kegiatan. Ketiga adalah pelaksanaan yang dilakukan dengan pengiriman surat, pendaftaran peserta, susunan acara pelatihan, upacara pembukaan dan penutupan dan keempat adalah evaluasi yang dilakukan dengan memberikan pre-test, post-test dan ujian akhir. (2) Efektivitas pada pelatihan dalam meningkatkan keterampilan mekanik ada lima unsur pertama yaitu ketepatan penentuan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan dalam pengukuran, ketepatan menentukan tujuan dan ketepatan sasaran. Hasil akhir yang didapat dari peserta pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik sebesar 6 orang berhasil dan sisanya 4 orang bisa dikatakan tidak sesuai harapan dan dari kelima unsur tersebut, empat diantaranya sudah terpenuhi, maka pelatihan perbengkelan mobil ini bisa dikatakan efektif. (3) Faktor pendukung dalam pelatihan ini adalah tutor/instruktur yang dipilih dalam pelatihan ini sudah ahli dan berpengalaman dibidang perbengkelan, sarana dan prasarana pada pelatihan ini cukup memadai dan biaya dalam pelaksanaan pelatihan perbengkelan ini sudah terjamin, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan motivasi peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dikarenakan kurang tepatnya dalam pemilihan sasaran.Kata Kunci : Efektivitas, Perbengkelan Mobil.
PERANAN KELUARGA DALAM MENCEGAH TINDAK TUNA SOSIAL OLEH REMAJA DI DESA CADASARI KEC. CADASARI KAB. PANDEGLANG Siregar, Herlina
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

PERANAN KELUARGA DALAM MENCEGAHTINDAK TUNA SOSIAL OLEH REMAJADI DESA CADASARI KEC. CADASARI KAB. PANDEGLANG Herlina Siregar nanaeerlailivina@gmail.comUniversity of Sultan Ageng Tirtayasa Abstrak Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang bersifat informal yaitu pendidikan yang tidak mempunyai program yang jelas dan resmi, selain itu keluarga jug merupakan lembaga yang bersifat kodrati, karena terdapatnya hubungan darah antara pendidik dan anak didiknya. Keluarga adalah lingkungan yang pertama kali di kenal anak, berarti lingkungan ini yang terdekat dengan anak. Di sini peran orang tua sangat menonjol di bandingkan dengan yang lain. Tujuan penelitian ini mengkaji tentang: 1. faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak tuna sosial oleh remaja di Desa Cadasari 2. peranan keluarga dalam men-cegah tindak tuna sosial oleh remaja di desa Cadasari Kecamatan Cadasari Kata Kunci : Keluarga, Tindak Tuna Sosial, Remaja
EFEKTIVITAS PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP MODIFIKASI KERUDUNG DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN PANDEGLANG. Megawati, Irma
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

EFEKTIVITAS PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP MODIFIKASI KERUDUNG DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN PANDEGLANG. Irma MegawatiJurusan Pendidikan Luar Sekolah  Universitas Sultan Ageng TirtayasaABSTRAKPenelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui (1) Bagaimana efektivitas pelatihan kecakapan hidup modifikasi kerudung dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan warga belajar di SKB Kabupaten Pandeglang? (2) Bagaimana pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup modifikasi kerudung  dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan warga belajar di SKB Kabupaten Pandeglang? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelatihan kecakapan hidup modifikasi kerudung dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan warga belajar di SKB Kabupaten Pandeglang? Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya mengenai efektivitas pelatihan modifikasi kerudung. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya menyeleksi data, menganalisis data, dan verifikasi. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut : (1) Efektivitas pelatihan kecakapan hidup modifikasi kerudung dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan warga belajar di SKB Kabupaten Pandeglang kurang efektif dilaksanakan dengan kurangnya kedisplinan warga belajar dan warga belajar yang  dapat menjalankan dan mampu mengembangkan hasil pelatihan tersebut tersebut yaitu hanya 2 orang dari 20 warga belajarhal ini berdasarkan jawaban wawancara pada pelaku kegiatan (2) pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup modifikasi kerudung  dilaksanakan dengan melewati berbagai tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi (3) Faktor pendukung dan penghambat guna mengetahui hal-hal pendukung dan penghambat yang terjadi dalam proses pelatihan.Kata Kunci: Kompetensi Kewirausahaan,  Pelatihan Kecakapan Hidup Modifikasi
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DIALOGIS PAULO FREIRE PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KALIBENING, SALATIGA, JAWA TENGAH Meilya, Ika Rizqi
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DIALOGIS PAULO FREIREPADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KALIBENING, SALATIGA, JAWA TENGAH Ika Rizqi Meilya, M.Pd.ikarizqimeilya1@gmail.com AbstrakTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) faktor-faktor pendorong dan penghambat pengelolaan pembelajaran dialogis Paulo Freire pada program kesetaraan paket B di sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan: (1) Proses perencanaan pembelajaran menggunakan istilah Student Learning Center, artinya semua pembelajaran berjalan berdasarkan keinginan anak. Anak ingin belajar apa dan bagaimana semua dikembalikan sesuai dengan kesepakatan kelasnya masing-masing; (2) Pelaksanaan proses pembelajaran direalisasikan menggunakan metode problem-solving (hadap masalah) melalui tahapan problematik, inquiry/discovery, brainstorming, dan sharring; (3) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk self-evaluating atau evaluasi diri, yaitu pandangan dan sikap anak terhadap dirinya untuk menentukan dan mengarahkan konsep diri dalam mengenal bakat, kelemahan, kepandaian dan kegagalannya; dan (4) Faktor pendorong pembelajaran berasal dari kemauan, motivasi dan kemandirian yang tinggi dari anak dengan segala keterbatasan, serta suasana yang menyenangkan diselimuti rasa persahabatan dan kekeluargaan, bebas dari ancaman dalam segala aspek, menjadikan pengelolaan  pembelajaran berjalan begitu dinamis. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran adalah kebijakan-kebijakan nasional pendidikan dan rendahnya dukungan finansial dan sikap pemerintah yang kurang memperhatikan nasib sekolah alternatif.
IMPLIKASI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C TERHADAP PENINGKATAN TARAF HIDUP WARGA BELAJAR DI SKB KOTA SERANG Suhaenah, Een
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

 “ IMPLIKASI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C TERHADAP PENINGKATAN TARAF HIDUP WARGA BELAJAR DI SKB KOTA SERANG”  Een SuhaenahJurusan Pendidikan Luar SekolahUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa ABSTRAKPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implikasi pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang (2) Bagaimana hasil belajar pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di SKB Kota Serang. Penelitianini bertujuan untuk:  (1) untuk mengetahui implikasi pendidikan  kesetaraan paket C di SKB Kota Serang, (2) Untuk mengetahui hasil belajar dari program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di SKB Kota Serang.Metode dalam penelitian ini adalah metode  deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi, dengan subyek penelitian yakni pengelola kesetaraan paket C Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang, tutor kesetaraan paket C, dan 8 warga belajar kesetaraan paket C. tekhnik pengolahan data yakni tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap member check. Teknik analisis data yakni tahap reduksi, display data, kesimpulan, verifikasi, danvaliditas data. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian Implikasi pendidikan kesetaraan paket C terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di SKB Kota Serang warga belajar memiliki kemampuan, peningkatan ekonomi dan kretivitas dalam berwirausaha. Namun pada kenyataannya tidak semua warga belajar kesetaraan paket C dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hasil belajar kesetaraan paket C dapat meningkatkan taraf hidup yaitu dilihat dari pekerjaan dan pendapatan, kesejahteraan sosial sudah banyak peningkatan. Adapun faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di SKB Kota Serang. Faktor pendukung yakni penyampaian materi pembelajaran dengan baik dan sesuai kebutuhan warga belajar, sarana dan prasarana yang memadai dan layak ,adanya  dukungan dari pengelola kesetaraan  paket C, dukungan  dari keluarga, adanya bantuan dari pemerintah. Sedangkan faktor penghambat yakni kurangnya motivasi dari tutor, jadwal pembelajaran dan jarak tempuh. Kata Kunci: Implikasi pendidikan kesetaraan paket C, Peningkatan taraf hidup warga belajar.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ENTERPRENEURSHIP DALAM RANGKA PEMBENTUKAN JIWA ENTERPRENEUR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA sudadio, Sudadio
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIPDALAM RANGKA PEMBENTUKAN JIWA ENTREPRENEUR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA                                                                                         SudadioUniversity of Sultan Ageng Tirtayasadr.dio@untirta.ac.id       ABSTRAKKeyakinan dan keberani bermimpi berarti kita memiliki visi, visi akan lebih dapat menciptakan kekuatan positif di dalam pikiran kita. Sehingga nantinya akan lebih mampu meningkatkan kemampuan belajar dan kualitas hidupnya. Karena itu saya sangat yakin dengan ungkapan berikut ini: "Hati-hatilah dengan angan-anganmu, karena angan­-anganmu itu akan menjadi kenyataan:" Dalam konteks inilah, kita sebagai pendidik dengan jiwa entrepreneurship, dalam aktivitas kita harus memiliki keberanian dalam bermimpi. Kita harus punya keyakinan bahwa rejeki ini akhirnya mengikuti mimpi kita. Dan sebetulnya rejeki itu bisa direncanakan menurut mimpi kita. Rejeki itu berbanding lurus dengan mimpi kita,  akan tetapi agar rejeki kita benar – benar berbanding lurus dengan mimpi kita, masih diperlukan kereativitas dan kemandirian untuk senantiasa berbuat dan mengejar prestasi puncak.Atas dasar inilah pada kesempatan ini peneliti tertarik untuk meneliti tentang Implementasi Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship dalam Rangka Pembentukan Jiwa entrepreneurs pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP UntirtaHasil penelitian menunjukkan bahwa 0,901 persen dosen yang mengajar dilingkungan jurusan pendidikan luar sekolah secara  terusmenerus dan berkesinambungan dalam kegiatan proses pembelajaran dapat berkontribusi dalam memberikan dan menanamkan pembelajaran yang berbasis entrepreneurship, dengan  cara menanamkan kepada mahasiswa berupa; jiwa kreatif, jiwa inovatif, jiwa percaya diri dan penanaman jiwa berani, keempat aspek ini merupakan pondasi dan modal dasar sebagai pegangan untuk terjun dalam kegiatan entrepreneur, terutama lagi bagi lulusan pendidikan luar sekolah yang harusnya memiliki kompetensi entrepreneurship serta diharapkan  mampu mewujudkan jiwa entrepreneurship tersebut dalam setiap pengabdian mereka disistuasi yang sesungguhnya dimanapun dan sebagai apaun pekerjaan yang akan mereka emban. Kata Kunci:  Pembelajaran Berbasis Enterpreneurship
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI HOMESCHOOLING KAK SETO JAKARTA SELATAN Fitriana, Ajeng
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Publisher : Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.047 KB)

Abstract

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI HOMESCHOOLING KAK SETO JAKARTA SELATANAjeng FitrianaJurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ABSTRAKUndang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat tiga jalur pendidikan yakni formal, nonformal dan informal. Berdasarkan Undang – Undang tersebut maka orang tua atau keluarga dapat menyelenggarakan pendidikan anak di rumah dengan jalur informal melalui homeschooling. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keluaran (output) dan dampak (outcome) dari pelaksanaan program ini.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember s.d Februari 2016 di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan studi dokumentasi, dengan subyek penelitian yakni pengelola homeschooling, tutor, dan homeschooler. Tahapan dari penelitian ini yakni tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap member check. Tehnik analisis data penelitian menggunakan model analisa data interaktif.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan homeschooling di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan dapat dikatakan efektif sebagai pendidikan alternatif didalam mengembangkan potensi anak dengan tercapainya aspek-aspek pembelajaran secara efektif dan optimal yang meliputi tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Keluaran (output) langsung dari Homeschooling Kak Seto yakni academic excellenxe, comumunity builder dan good character. Selain itu dampak (outcome) yang dihasilkan dari Homeschooling Kak Seto yakni dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dapat belajar secara mandiri dan mampu membelajarkan orang lain serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Dengan begitu penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan agar orang tua peserta didik harus selalu berkoordinasi dengan Badan Tutorial di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan, agar program pembelajaran di rumah ini dapat berjalan dengan efektif dan optimal. Serta Lembaga Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan dapat melengkapi sarana dan prasarananya terutama kelengkapan koleksi buku perpustakaan. Selain itu agar dampak (outcome) pelaksanaan program homeschooling ini dapat dirasakan efektifitasnya bagi peserta didik yang bermasalah maka pembiayaan pembelajaran di pendidikan homeschooling diharapkan lebih terjangkau, tidak hanya untuk golongan keluarga menengah ke atas.Kata Kunci : Homeschooling, Pendidikan Alternatif.