Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika
ISSN : 19793545     EISSN : 2528682X
JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika is well-knowned as Jurnal JPPM. Jurnal JPPM is published by Mathematics Department of Sultan Ageng Tirtayasa University. JPPM publishes the research issues on mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and August.
Articles 19 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016" : 19 Documents clear
MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU Rohana, Rohana; Ningsih, Yunika
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.227 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru melalui Pembelajaran Reflektif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan pendidikan matematika pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Palembang sebanyak 64 orang. Berdasarkan faktor pembelajaran, subyek penelitian dibedakan atas dua kelas yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran reflektif (PR) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK). Berdasarkan faktor Kemampuan Awal Mahasiswa (KAM), subyek penelitian dibedakan atas tiga kelompok yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes Kemampuan Awal Matematis (KAM) dan tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM). Analisis data yang digunakan adalah uji-t,dan uji ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1)  peningkatan KPMM mahasiswa calon guru yang mendapatkan PR lebih baik daripada mahasiswa calon guru yang mendapatkan PK ditinjau dari keseluruhan dan KAM; 2) tidak terdapat pengaruh interaksi  penerapan pembelajaran (PR dan PK) dan KAM (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan KPMM.  KataKunci: Pembelajaran Reflektif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
PENGGUNAAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Yenni, Rika Fima
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.196 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.1006

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode NHT. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode NHT lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kubung Kabupaten Solok, dengan subjek penelitian 26 orang pada kelas eksperimen dan 27 orang pada kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Analisis data hasil belajar siswa diolah dengan uji-t menggunakan data tes akhir siswa. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan software minitab diperoleh P-value = 0,016 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Karena P-value ˂ α maka tolak H0 dan terima H1. Ini berarti hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode NHT lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Numbered Head Together, Hasil Belajar
BELIEF MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS INVESTIGASI AUTENTIK Lestari, Puji
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.092 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.997

Abstract

Belief matematis merupakan bagian dari kemampuan afektif yang banyak menjadi sorotan dalam beberapa penelitian pendidikan matematika. Adanya kecenderungan mahasiswa calon guru yang dihasilkan institusi pendidikan masih belum memuaskan kebutuhan kurikulum sekolah menjadi alasan utama penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji belief matematis mahasiswa calon guru yang telah mendapatkan pembelajaran dengan model Aktivitas Investigasi Autentik pada mata kuliah kapita selekta matematika dasar II. Metode penelitian berupa survei yang merupakan bagian dari kuasi eksperimen dengan fokus pada kelas eksperimen. Subjek penelitian berjumlah tiga puluh tiga orang mahasiswa STKIP Garut. Instrumen penelitian berupa angket serta kuesioner sikap. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keyakinan mahasiswa terhadap matematika berada pada tingkat platonis, keyakinan mahasiswa terhadap proses belajar matematika berada pada tingkat problem solving, serta keyakinan matematika terhadap proses mengajar matematika juga berada pada tingkat problem solving. Hal ini menjadi indikasi baik yang dapat dijadikan acuan bagi para dosen yang mengajar calon guru matematika untuk memperhatikan aspek keyakinan dan konsepsi para mahasiswanya tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan. Kata kunci: Belief matematis, Model Aktivitas Investigasi Autentik, Mahasiswa Calon Guru.
HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI Delima, Nita
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.621 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.1002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri matematik dengan motivasi belajar matematika mahasiswa program studi sistem informasi dan untuk mengetahui seberapa besar konsep diri matematik mempengaruhi motivasi belajar matematika mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri matematik dengan motivasi belajar matematika mahasiswa Konsep diri matematik memberikan pengaruh sebesar 55.5% terhadap motivasi belajar matematika mahasiswa, atau dengan kata lain pengaruh yang diberikan oleh variabel konsep diri matematik terhadap motivasi belajar adalah sedang. Kata Kunci: Konsep Diri Matematik, Motivasi Belajar 
IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR GEOMETRI CALON GURU SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI TAHAP BERPIKIR VAN HIELE Rafianti, Isna
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.863 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.993

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam penguasaan konsep geometri yang membutuhkan pola berpikir dalam menerapkan konsep dan keterampilan dalam memecahkan masalah tersebut. Tetapi dalam kenyataannya siswa-siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memecahkan soal-soal geometri. Mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan mahasiswa yang dipersiapkan untuk menjadi guru sekolah dasar yang profesional. Bukan hanya penguasaan konsep yang harus dimiliki seorang guru, tetapi kesiapan dalam hal mengajar juga harus diperhatikan, terutama pada materi geometri. Guru sebaiknya mengetahui tahapan atau level berpikir geometri siswanya berada pada tahap apa, agar proses pembelajaran dapat dipahami oleh siswa. Sebelum guru mengetahui tahapan berpikir siswanya, sebaiknya guru juga mengetahui tahap berpikir geometri yang dimilikinya, agar guru dapat mengevaluasi diri ketika nanti akan mengajar. Tahap berpikir yang menjadi acuan adalah tahap berpikir geometri dari Van Hiele. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tahap berpikir geometri calon guru Sekolah Dasar ditinjau dari tahap  berpikir Van Hiele. Metode yang digunakan adalah menggunakan penelitian deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap berpikir geometri calon guru Sekolah Dasar ditinjau dari tahap  berpikir Van Hiele sebagian besar (50%) hanya mencapai tahap 1 atau tahap pengenalan. Kata Kunci: Geometri, Tahap Berpikir
PENGGUNAAN STRATEGI TTW(THINK-TALK-WRITE) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTsN RAWAMERTA KARAWANG Sopiany, Hanifah Nurus; Hijjah, Ipah Syarifatul
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.856 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.1007

Abstract

Hasil observasi penulis melalui program PLP yang dilakukan di salah satu sekolah menengah pertama di kabupaten karawang yang dilakukan selama dua bulan, menunjukkan adanya kelemahan siswa dalam kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis. Lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematis terlihat dari tidak tercapainya hasil latihan dan test yang disesuaikan dengan indikator pemecahan masalah matematis. Sedangkan lemahnya disposisi matematis ditunjukkan dengan pernyataan negatif lebih banyak daripada pernyataan positif yang dikemukakan siswa pada lembar observasi dan lembar wawancara yang dibuat oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hasil pembelajaran matematika yang baik dengan menggunakan strategi TTW dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematis dan disposisi pemecahan masalah  matematis siswa. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah  quasi eksperimen dengan bentuk non equivalent control grup design. Subyek penelitian ini terdiri kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 47 siswa untuk masing-masing kelasnya. Pengumpulan data dengan menggunakan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah dan angket disposisi pemecahan masalah  matematis, yang dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 22 for windows. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran TTW dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Think Talk Write, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Pemecahan Masalah Matematis.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS ONLINE Sudiana, Ria
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.573 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.998

Abstract

Tujuan utama pembelajaran adalah transfer pengetahuan, faktor yang mempengaruhi tujuan pembelajaran adalah pengetahuan dan cara efektif untuk menyampaikan pengetahuan itu sendiri. Proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM) yang baik akan menjamin transfer pengetahuan menjadi efektif. Virtual Class berkembang seiring perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam proses KBM. Virtual Class memungkinan pembelajaran dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Kelas virtual adalah sebuah lingkungan pembelajaran online yang berisi semua materi yang diperlukan dimana mahasiswa dan dosen tetap dapat berinteraksi tanpa batasan ruang dan waktu. Saat ini sudah banyak dikembangkan Learning Management System (LMS) yang dapat digunakan sebagai perangkat Virtual Class. Dalam penelitian ini dilakukan ujicoba efektifitas penggunaan LMS Online yang sudah tersedia, sehingga Dosen sebagai Instruktur dan Mahasiswa sebagai Pembelajar dapat menggunakan secara praktis. LMS yang diteliti antara lain Quipper School, Kelase, Kelas Kita dan Sekolah Pintar, Edmodo, Schoology, GeSchool, Learnboost dan Medidu. Uji coba setiap LMS dilakukan pada matakuliah Aplikasi Komputer untuk pembelajaran Matematika di jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta pada semester genap tahun akademik 2015/2016. Setiap mahasiswa yang mengontrak matakuliah tersebut dilatih untuk menggunakan LMS yang ditentukan, kemudian diminta untuk mengemukakan pendapatnya tentang kemudahan dan efektifitas penggunaan LMS yang diteliti. Dengan analisis statistic non parametric uji Kruskal Wallis diperoleh hasil bahwa semua LMS yang diujicoba memiliki efektifitas yang sama meski memiliki tingkatan kemudahan penggunaan yang berbeda-beda. Kata Kunci : Virtual Class, Learning Management System, Kegiatan Belajar Mengajar.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF Suhandri, Suhandri
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.42 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.1003

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis, dan sikap positif siswa terhadap matematika merupakan komponen utama yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam  menguasai konsep matematika dan sebagai dasar menyelesaikan masalah matematika, maupun masalah sehari-hari. Salah satu cara mengembangkan kemampuan ini adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif. Strategi ini merupakan pembelajaran yang berdasarkan masalah, dimana pada masalah yang dikemukakan terdapat fakta, keadaan, situasi yang mempertentangkan struktur kognisi siswa. Dalam situasi ini terjadi konflik antara pengetahuan yang dimiliki siswa dengan situasi yang sengaja diciptakan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemahaman matematis dan sikap siswa SMP/MTs kelas VII Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs kelas VII di kota Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan pemahaman matematis siswa, skala sikap siswa terhadap matematika. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif dengan pembelajaran tradisional dan apakah dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa dan bagaimana sikap siswa terhadap pelajaran matematika yang menerima pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif. Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Strategi Konflik Kognitif, Sikap Siswa
IMPLEMENTASI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA Effendi, Adang
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.672 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.994

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X pada salah satu SMA di Kota Ciamis. Selanjutnya, dua kelompok sampel penelitian dipilih secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dengan teknik purposive sampling. Sebelum pembelajaran dimulai, masing-masing kelompok sampel dikelompokkan kembali berdasarkan level kemampuan awal matematisnya, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Creative Problem Solving, sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan metakognitif. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS 19, STAT 97, dan Microsoft Excel 2013. Pengujian perbedaan peningkatan kemampuan metakognitif berdasarkan kemampuan awal matematis siswa dan model pembelajaran yang diterapkan, digunakan uji ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi 0.05, setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa;  Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognitif yang signifikan antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa yaitu level tinggi, sedang dan rendah. Peningkatan kemampuan metakognitif siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi dan sedang di kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada peningkatan kemampuan metakognitif siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi dan sedang di kelas kontrol. Namun, peningkatan kemampuan metakognitif siswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah di kelas eksperimen maupun kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan. Kata Kunci : Creative Problem Solving, Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Awal Matematis.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PLAYER DAN INFOKUS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PGRI 11 PALEMBANG Destinar, Destinar
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 9 Nomor 2 Agustus 2016
Publisher : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.293 KB) | DOI: 10.30870/jppm.v9i2.1008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran Adobe Flash Player dan Infokus terhadap pemahaman konsep matematis siswa Kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yang terdiri dari 3 kelompok yaitu kelompok kelas yang diajar dengan Adobe Flash Player dan Infokus, kelompok kelas yang diajar hanya dengan infokus dan kelompok kelas yang diajar tanpa media. Setelah itu ketiga kelompok tersebut diberikan tes akhir untuk mengetahui pemahaman konsep matematis dari masing-masing kelompok. Dari hasil tes akhir diperoleh Dari hasil tes akhir diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematis kelompok yang diajar dengan Adobe Flash Player dan Infokus secara signifikan lebih tinggi dari pada rata-rata pemahaman konsep matematis kelompok yang diajar dengan Infokus. Rata-rata pemahaman konsep matematis kelompok yang diajar dengan Adobe Flash Player dan Infokus secara signifikan lebih tinggi dari pada rata-rata pemahaman konsep matematis kelompok yang diajar dengan tanpa media. Rata-rata pemahaman konsep matematis kelompok yang diajar dengan Infokus secara signifikan lebih tinggi dari pada rata-rata pemahaman konsep matematis kelompok yang diajar dengan tanpa media. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan.  Kata Kunci : Adobe Flash Player, Infokus, Pemahaman Konsep Matematis. 

Page 1 of 2 | Total Record : 19