cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Media Riset Akuntansi, Auditing &Informasi
Published by Universitas Trisakti
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2001): April" : 5 Documents clear
PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI ISLAM Harahap, Sofyan Syafri
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol 1, No 1 (2001): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25105/mraai.v1i1.1762

Abstract

"Dan Janganlah kamu memakan harta sesamamu dengan bathil dan kamu bawa perkaranya kepada hakim supaya kamu dapat memakan sebagian harta orang lain dengan cara berbuat dosa sedang kamu mengetahui" (Albaciarah 188)"...dan hendaklah seorang penulis diantara kamu menuliskannya dengan adil dan janganlah seorang penulis enggan menuliskannya sebagaiamana Allah telah mengajarkannya.. " (Albaciarah 282)"Hai orang orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang orang yang menegakkan kebenaran karena Al­lah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali kali kebencian kamu terhadap sesuatu kamu mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada taqwa. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan" (Almaidah 8)
ANALISIS TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA Gunawan, Yuniati
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol 1, No 1 (2001): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25105/mraai.v1i1.1758

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar tingkat pengungkapan informasi dalam laporan tahunan perusahaan publik di Indonesia pada tahun 1998 dan meneliti beberapa faktor yang sekiranya mempunyai pengaruh terhadap tingkat pengungkapan tersebut. Faktor­faktor tersebut, yang merupakan variabel independen, adalah tingkat likuiditas (rasio lancar), solvabilitas (rasio hutang), ukuran perusahaan (kapitalisasi pasar) dan jenis industri (manufaktur dan non manufaktur). Sedangkan variabel dependen diwakili oleh tingkat pengungkapan informasi pada laporan tahunan dengan pemberian skor atas pengungkapan item-item yang terdapat pada laporan tahunan, menggunakan instrumen indek disclosure yang digunakan oleh Botosan (1997) dengan skor antara 0 sampai dengan 75.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel penelitian adalah laporan tahunan tahun 1998 perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Pengolahan dan analisis data menggunakan regresi berganda (multiple regression), dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta yang menjadi sampel penelitian ternyata masih rendah, dengan rata-rata skor yakni 29,51. Informasi yang bar yak diungkapkan yaitu informasi data-data keuangan, seperti data penjualan atau biaya. Informasi lain misalnya mengenai gambaran bisnis perusahaan, produk atau pasar. Sedangkan informasi non keuangan yang menyangkut adanya prediksi kinerja di masa yang akan datang seperti perkiraan arus kas, pangsa pasar, dan laba, ternyata sangat jarang diungkapkan.Hasil pengujian regresi menunjukkan adanya beberapa nilai yang cukup signifikan antara variabel independen dan deperiden, yaitu antara ukuran perusahaan dan tingkat solvabilitas. Variabel independen lain yaitu tingkat likuiditas dan jenis perusahaan temyata tidak memperlihatkan angka yang signifikan terhadap luasnya tingkat pengukapan.
PENERAPAN ANALISIS FAKTOR TERHADAP RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA Darmawati, Deni
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol 1, No 1 (2001): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25105/mraai.v1i1.1763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dengan analisis faktor guna mengetahui dapat atau tidaknya.rasio keuangan yang dikelompokkan lagi ke dalam beberapa variabel. Rasio keuangan yang digunakan adalah model CAMEL. Data yang digunakan adalah rasio keuangan perusahaan perbankan yang laporan keuangannya dipublikasikan di media cetak maupun di Indonesia Capital Market Directory 1998. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga babas variabel rasio keuangan dapat dikelompokkan dan dikurangi menjadi beberapa variabel saja.
PENGARUH KOMPREHENSIF ATAS STRATEGI MODAL KERJA MELALUI RASIO PERDAGANGAN (Merchandising Ratio) ,, Wenty; ,, Murtanto
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol 1, No 1 (2001): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25105/mraai.v1i1.1760

Abstract

The implementation of working capital strategy of successful compa­nies could be observed from its cash conversion cycle. Effective working capi­tal strategy will lead to an increasing to an increase of a firms value. This thesis has two objectives : Firstly, it analyse the interrelationships between the merchandising ratio with the return on assets ratio and the long-term debt to total assets ratio. These two ratios have the ability to check the effectiveness of a firms working capital management. Secondly, it analyse the effective of the firms management of cash, receivable, inventory and payables.The writer is using the descriptive analysis method which describe the retail firms working capital strategy from the financial statement information, and the correlation analysis method that detects the correlation between the merchandising ratio and the traditional ratio.The analysis shows that PT Hero Supermarket, PT Matahari Putra Prima and PT Ma Retailindo have good and effective working capital strategy. The merchandising ratio has positive correlation with the return on assets ratio and negative correlation with the debt to total assets ratio.The purpose of this research is to prove the effectiveness in using the cash conversion cycle strategy. PT Hero Supermarket, PT Matahari Putra Prima and PT Alfa Retailindo should emphasize on their inventory management so that the percentage of sales growth is accompled by an equivalent increase in its inventory. Apart from that, these compa Iles should focus on their payables management by maximize the debt benefit.Crucial terms: working capital strategy, merchandising ratio and cash conversion cycle.
PERKEMBANGAN AKUNTANSI KEPERILAKUAN DAN DAMPAKNYA PADA PENELITIAN AKUNTANSI DI INDONESIA ,, Khomsiyah
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol 1, No 1 (2001): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25105/mraai.v1i1.1761

Abstract

This paper discusses about the development of behavioral accounting and how it influenced the research in behavioral accounting. Several interest fields in behavioral accounting research are discussed to provide an over­view of current behavioral accounting research opportunities. The research methodology and several difficulties inherent in those researches presented in this paper. The behavioral accounting research in Indonesia will discussed in the last of this paper.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2001 2001