cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 972 Documents
Fungsi Tuturan Motivatif Guru dalam Pembelajaran di SMA Sasmaya, Fransisca Dike Desintya Dipta; Suyitno, Imam; Sunoto, Sunoto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.483 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11839

Abstract

Abstract: This research was aimed to describe the function of teacher’s motivation speech in SMA Katolik Diponegoro Blitar. The function of speech is divided into three categories, those are the function of fact information exchange, function f emotion exchange, and function of convicing of affecting. These three functions appear when the teacher gives the motivation speech in learning process, especially on Bahasa subject. The existence of those functions in the teacher’s motivation speech shows that in the learning process is not only focus on the material delivery, but also giving motivation from the teacher to students with purposed function.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fungsi tuturan motivatif guru dalam pembelajaran di SMA Katolik Diponegoro Blitar. Fungsi tuturan ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni fungsi tukar-menukar informasi faktual, fungsi tukar-menukar emosi, dan fungsi meyakinkan atau memengaruhi. Ketiga fungsi tersebut muncul pada saat guru tengah memberikan tuturan motivasi dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Terdapatnya fungsi-fungsi dalam tuturan motivatif guru tersebut menandakan bahwa dalam pembelajaran guru tidak hanya berfokus pada pemberian materi saja, melainkan guru juga memberikan motivasi kepada peserta didik dengan fungsi atau tujuan tersendiri sesuai dengan apa yang dikehendaki guru tersebut.
Buku Pengayaan Pembelajaran Cerita Fabel Berbasis Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar Nuha, Moh. Fakhri; Pratiwi, Yuni; Nurchasanah, Nurchasanah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.266 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i2.11932

Abstract

Abstract: This research was aimed to produce a book supporting fable-based literacy learning for elementary school students. This research model adopted from the model 4D development. As for this research generates. First, the product was developed with a base of basic literacy. Second, the theme of the story is developed with reference to the student text book. Third, a character story using animals endemic to Indonesia. Fourth, the storyline was developed by integrating values character education. Fifth, equipped with practice questions to guide students' understanding. Sixth, the use of language is adjusted to the criteria of elementary school students. Seventh, the design of the illustrations presented in full and interesting so that it can develop the visual intelligence of students. Based on the results of validation tests, practitioner tests, field tests, and corrective actions of the products developed it is feasible to be implemented.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengayaan pembelajaran cerita fabel berbasis literasi baca-tulis untuk siswa sekolah dasar. Model penelitian ini mengadopsi dari model pengembangan 4D. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, produk dikembangkan dengan basis literasi baca-tulis. Kedua, tema cerita dikembangkan dengan mengacu buku teks siswa. Ketiga, tokoh cerita menggunakan binatang endemik Indonesia. Keempat, alur cerita dikembangkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Kelima, memuat latihan pertanyaan untuk menuntun pemahaman siswa. Keenam, penggunaan bahasa disesuaikan dengan kriteria siswa sekolah dasar. Ketujuh, desain ilustrasi disajikan secara penuh dan menarik sehingga dapat mengembangkan keecerdasan visual siswa. Berdasarkan hasil uji validasi, uji praktisi, uji lapangan, dan tindak perbaikan produk yang dikembangkan telah layak untuk diimplementasikan.
TOC TOC, TOC
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.9, September 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.019 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i9.6867

Abstract

STILISTIKA DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA Fatmalinda, Laili; Siswanto, Wahyudi; Priyatni, Endah Tri
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.6, Juni 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.103 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i6.6352

Abstract

This research aims to to describe the peculiarities stilistika form of diction , sentence structure, and the father figure of speech in the novel by Andrea Hirata . This study used a qualitative approach to the type of content analysis study (Content Analysis). Based on the analysis, it was found the uniqueness of diction, sentence structure, figure of speech in the novel by Andrea Hirata s father. The data found in this study as many as 59 data.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan stilistika berupa kekhasan diksi, struktur kalimat, dan majas dalam novel ayah karya Andrea Hirata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (Content Analysis). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan adanya kekhasan diksi, struktur kalimat, majas dalam novel ayah karya Andrea Hirata. Data yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 59 data.
BENTUK GAYA BAHASA KOMUNIKASI FACEBOOK KOMUNITAS SENIMAN LAKI-LAKI Mukhlishin, Muh. Irfan; Maryaeni, Maryaeni; Pratiwi, Yuni
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.6, Juni 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.577 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i6.6365

Abstract

The use of increasingly diverse language, it is because they want or do not want the language we use will definitely be contaminated with the language of all regions in Indonesia and even discuss international languages. Therefore this article seeks to know the style of male language in communication through social media facebook, especially for the community of artists in Malang. In particular how the shape and meaning of language style male artist community in facebook? Style of language used male artist in the city of Malang is a stylistic comparison that is widely used is the "personification" of the style of figurative language depicting inanimate objects or goods lifeless as if it has human nature and "simile "in comparison of two things that are essentially different and deliberately considered equal.Penggunaan bahasa semakin beragam, hal ini karena mau atau tidak mau bahasa yang kita gunakan pasti akan terkontaminasi dengan bahasa dari seluruh daerah di Indonesia dan bahkan bahas-bahasa internasional. Untuk itu artikel ini berusaha mengetahui gaya bahasa laki-laki dalam komunikasi melalui media sosial facebook khususnya untuk para komunitas seniman di Malang Raya. khususnya bagaimana bentuk dan makna gaya bahasa laki-laki komunitas seniman dalam facebook? Gaya bahasa yang digunakan seniman laki-laki di kota Malang adalah Gaya bahasa perbandingan yang banyak digunakan adalah ”personafikasi” yaitu gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau barang-barang yang tidak bernyawa seolah-olah memiliki sifat-sifat kemanusiaan dan ”simile” yaitu perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berlainan dan yang sengaja dianggap sama.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) Damayani Hutahaean, Lely Grace; Sutawidjaja, Akbar; Susanto, Hery
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.4, April 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1176.459 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i4.6205

Abstract

The purpose of this study is to describe Think Pair Share (TPS) learning, which can improve students ability in mathematic story problems probability material. According to the purpose of the research, the type of the research is descriptive qualitative. The subjects of the research is 30 students of SMK Telkom Malang. The learning phases in this research is (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Student’s ability to solve story problems include (1) understanding the problem, (2) change the problem to mathematic model form, (3) making solution, (4) write the final answer accurately. The results of the research is the level of students have the ability to solve mathematic story problem at probability material is 80%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi peluang.Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa SMK Malang dengan banyak siswa 30 orang. Tahap pembelajaran dalam penelitian ini adalah (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita meliputi (1) memahami soal, (2) mengubah soal ke bentuk model matematika, (3) membuat penyelesaian, (4) menulis jawaban akhir dengan tepat. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Peluang adalah sebesar 80%.
PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON DENGAN STRATEGI LBQ Jannah, Alfiyah Nur; Yuliati, Lia; Parno, Parno
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.351 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6167

Abstract

This study was aimed to determine conceptualization and the ability to ask the students at Newtons laws in learning inquiry lesson with LBQ strategy, as well as knowing a students response to the learning inquiry lesson with LBQ strategy. This research is a Mixed Methods embedded experimental design with 36 subjects class X MIA 6 SMA Negeri 1 Krian. Quantitative analysis is performed to determine students mastery of concepts of data and response data of students towards learning. Qualitative analysis was conducted to determine the ability to ask the student and the students response to learning. The results showed that: the student is able to reach the indicators of the highest achievement of the concept that the level of C6 and the majority of high school students have a mastery of concepts at the level of C5, the ability to ask students increased in every meeting where students become more confident to submit a question or opinion while following the teaching of physics, and students gave a positive response by 65.28% against the learning inquiry lesson with LBQ strategy.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan kemampuan bertanya siswa pada materi hukum Newton dalam pembelajaran inquiry lesson dengan strategi LBQ, serta mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran inquiry lesson dengan strategi LBQ. Jenis penelitian ini adalah Mixed Methods desain embedded experimental dengan subjek 36 siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Krian. Analisis kuantitatif dilakukan untuk mengetahui data penguasaan konsep siswa dan data respons siswa terhadap pembelajaran. Analisis kualitatif dilakukan untuk mengetahui kemampuan bertanya siswa dan respons siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa mampu mencapai indikator tertinggi pencapaian konsep yaitu level C6 dan sebagian besar siswa SMA memiliki penguasaan konsep pada level C5, kemampuan bertanya siswa meningkat pada setiap pertemuan dimana siswa menjadi lebih percaya diri untuk menyampaikan pertanyaan maupun pendapat saat mengikuti pengajaran fisika, dan siswa memberikan respons positif sebesar 65,28% terhadap pembelajaran inquiry lesson dengan strategi LBQ.
PENGARUH KEBIJAKAN DEVIDEN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ 45 PERIODE 2015 Hardaningtyas, Ratna Tri; Siswoyo, Bambang Banu
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.4, April 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.992 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i4.6200

Abstract

Return stock are influenced by various variable of them are its dividend policy and corporate social responsibility (CSR). This study aims to to look at the and test variable influence its dividend policy and CSR, to return stock to companies that a listing on LQ 45 2015. This research used a quantitative approach that is associative causality to technique purposive sampling and analysis of multiple regression. The result of research proven that variable its dividend policy and CSR have had a positive impact significantly to return stock. Suggestions for next researchers is to distinguish sample based on type of industryReturn saham dipengaruhi oleh berbagai variabel diantaranya adalah kebijakan deviden dan corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi dan menguji pengaruh variabel kebijakan deviden dan CSR, terhadap return saham pada perusahaan yang listing di LQ 45 tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif kausalitas dengan teknik purposive sampling dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian terbukti bahwa variabel kebijakan deviden dan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar membedakan sampel berdasarkan jenis industri.
KONTRIBUSI PENGALAMAN PRAKERIN, WAWASAN DUNIA KERJA DAN KOMPETENSI KEJURUAN MELALUI EMPLOYABILITY SKILL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESIAPAN KERJA LULUSAN SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI PROBOLINGGO Putriatama, Ega; Patmanthara, Syaad; Sugandi, R.M
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.8, Agustus 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.54 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i8.6643

Abstract

This study aimed to explain the relationship between independent variables, intervening variable and dependent variable, namely prakerin experience (X_1), insight to work world (X_2), honesty competence (X_3), employability skill (X_4), and work readiness (Y) with the subject of students SMK in Probolinggo. This study is included in quantitative research. Analysis technique used was path analysis with trimming mode. Population of this research were all students SMK in the City and District of Probolinggo grade XII TKJ academic year 2015-2016. Based on the results of the study, it can be concluded that: (1) prakerin experience, insight to world of work, honesty competence, employability skill and work readiness of students SMK in the City and District of Probolinggo is included into good category  (2) There is a significant influence and positive between prakerin experience, work world insight and honesty competence towards employability skill; (3) There is a significant influence between prakerin experience, work world insight and honest competence towards work readiness through employability skill.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel bebas, variabel intervening dan variabel terikat, yaitu pengalaman prakerin (X_1), wawasan dunia kerja (X_2), kompetensi kejuruan (X_3), employability skill (X_4), dan kesiapan kerja (Y) dengan subjek siswa SMK di Probolinggo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan model trimming. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Kota dan Kabupaten Probolinggo kelas XII TKJ tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian  dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) pengalaman prakerin, wawasan dunia kerja, kompetensi kejuruan, employability skill dan kesiapan kerja siswa SMK di kota dan kabupaten probolinggo berada dalam katergori baik (2) terdapat Pengaruh yang signifikan dan positif antara pengalaman prakerin, wawasan dunia kerja dan kompetensi kejuruan terhadap employability skill; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman prakerin, wawasan dunia kerja dan kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja melalui employability skill.
PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DIPADU GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN KOMIK PROGRAM KRPL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP SOSIAL Wulandari, Vindri Catur Putri; Al-Muhdhar, Mimien Henie Irawati; Suhadi, Suhadi
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.6, Juni 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.411 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i6.6473

Abstract

Lack of attention from the teacher to the learning process because it is more focused on students results. Need a way to develop students cognitive ability. Students understanding of the material is not enough, social attitudes must be developed. Students are required to have an attitudes such as honest, responsibilities, polite and caring. This research aims were to know combined of Role Playing (RP) and Group Investigation (GI) assisted comic of KRPL program can develop cognitive ability and society attitudes. This research subject is a fourth grade student at SDI Moh. Hatta Malang. This research is  a qualitative descriptive study. The data of this research was (1) data of ability cognitive based on pretest and postest and (2) data of society attitudes who were measured by using questionnaries. The observation result showed that the combined RP and GI learning done well. It can be concluded that the combined RP and GI assisted comic of KRPL program can develop cognitive ability and society attitudes.Kurangnya perhatian guru tehadap proses pembelajaran karena lebih fokus terhadap hasil siswa. Perlu cara untuk mengembangkan kemampuan kognitif siswa.  Pemahaman siswa terhadap materi saja tidak cukup, sikap sosial harus dikembangkan. Siswa dituntut untuk memiliki sikap jujur, tangung jawab, santun, dan peduli. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui perpaduan antara Role Playing (RP) dan Group Investigation (GI) berbantuan komik program KRPL dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan sikap sosial siswa. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas IV SD Islam Mohammad Hatta Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diambil dari penelitian ini adalah (1) data kemmapuan kognitif yang diukur melalui soal pretes dan postes dan (2) data sikap sosial yang diukur melalui lembar angket dan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran RP dipadu GI terlaksana dengan baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran RP dipadu GI berbantuan komik KRPL dapat mengembangkan sikap sosial dan keterampilan proses.

Page 1 of 98 | Total Record : 972