cover
Filter by Year
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Articles
810
Articles
Persepsi Dosen Program Studi Pendidikan Biologi terhadap Integrasi dan Implementasi Komponen Literasi Saintifik dalam Desain Kurikulum

Maulidia, Lailil, Suwono, Hadi, Furaidah, Furaidah

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: This study aims to determine the perception of lecturers of Biology Education Program on the integration of scientific literacy on curriculum design. The data were collected by questionnaire consisting of four dimensions: (1) curriculum component, (2) development of teaching staff, (3) curriculum development and evaluation, and (4) resources. The results show that scientific literature is integrated in the curriculum component but the lecturer considers science as simply the material being taught. In addition training, access to aid, and awards for teachers who undertake scientific literacy learning are lacking. For lecturers, the availability of standard instruments and the regularity of curriculum evaluation also need to be accommodated.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen prodi Pendidikan Biologi mengenai integrasi literasi saintifik pada desain kurikulum. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang terdiri dari empat dimensi yakni (1) komponen kurikulum, (2) pengembangan tenaga pengajar, (3) pengembangan dan evaluasi kurikulum, dan (4) sumber daya. Hasil menunjukkan bahwa literasi saintifik terintegrasi dalam komponen kurikulum namun dosen menganggap sains sekedar materi yang diajarkan. Selain itu, pelatihan, akses bantuan, dan penghargaan bagi pengajar yang melakukan pembelajaran literasi saintifik masih kurang. Bagi dosen, ketersediaan instrumen baku dan keteraturan evaluasi kurikulum juga perlu untuk diakomodasi.

Pengembangan Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), Keterampilan Proses Sains, dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Hidrokarbon dan Minyak Bumi

Amin, Dwi Isnaini, Sigit, Darsono

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: In the Curriculum 2013, there are three aspects of assessment, namely knowledge, skills, and attitudes. The purpose of this development research is to produce and determine the level of content validity of the conceptual understanding assessment instrument on higher order thinking skills (HOTS), science process skills, and attitudes toward science on hydrocarbon and petroleum. This development research was designed with 3D from 4D model which consists of defining, designing, and developing. The results of content validity to assessment instrument by three validators show that 77 of 90 conceptual understanding items are categorized as HOTS with very valid criteria (90.91—100%), 60 science skills processing skills items with very valid criteria (94.70—100%), 55 statements about attitudes toward science with criteria very valid (86,67—100%), and product performance of assessment instrument with criteria very valid (91,67%).Abstrak: Penilaian dalam Kurikulum 2013 mencakup tiga aspek, meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan dan menentukan tingkat validitas isi instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), keterampilan proses sains, dan sikap terhadap sains pada bahan kajian hidrokarbon dan minyak bumi. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan 3D dari model-4D yang terdiri dari defining (membatasi), designing (merancang), dan developing (mengembangkan). Hasil validasi isi instrumen asesmen oleh tiga validator menunjukkan bahwa 77 dari 90 soal pemahaman konseptual terkategori sebagai soal HOTS dengan kriteria sangat valid (90,91—100%), 60 soal keterampilan proses sains dengan kriteria sangat valid (94,70—100%), 55 butir pernyataan sikap terhadap sains dengan kriteria sangat valid (86,67—100%), dan performansi produk instrumen asesmen dengan kriteria sangat valid (91,67%).

Persepsi Dosen Program Studi Pendidikan Biologi terhadap Integrasi dan Implementasi Komponen Literasi Saintifik dalam Desain Kurikulum

Maulidia, Lailil, Suwono, Hadi, Furaidah, Furaidah

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: This study aims at determining the perception of Biology Education Program Lecturers on the integration of scientific literacy on curriculum design. The data were collected by questionnaire consisting of four dimensions: (1) curriculum component, (2) development of teaching staff, (3) curriculum development and evaluation, and (4) resources. The results showed that scientific literature is integrated in the curriculum component but the lecturer considers science as simply the material being taught. In addition training, access to assistance, and awards for teachers who undertake scientific literacy learning are lacking. For lecturers, the availability of standard instruments and the regularity of curriculum evaluation also need to be accommodated.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen prodi Pendidikan Biologi mengenai integrasi literasi saintifik pada desain kurikulum. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang terdiri dari empat dimensi yakni (1) komponen kurikulum, (2) pengembangan tenaga pengajar, (3) pengembangan dan evaluasi kurikulum, dan (4) sumber daya. Hasil menunjukkan bahwa literasi saintifik terintegrasi dalam komponen kurikulum namun dosen menganggap sains sekedar materi yang diajarkan. Selain itu, pelatihan, akses bantuan, dan penghargaan bagi pengajar yang melakukan pembelajaran literasi saintifik masih kurang. Bagi dosen, ketersediaan instrumen baku dan keteraturan evaluasi kurikulum juga perlu untuk diakomodasi.

Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik

Izati, Silmy Nauli, Wahyudi, Wahyudi, Sugiyarti, Martin

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to improve thematic learning outcomes through the implementation of literacy-based project based learning. The research was conducted trough classroom action research consisting of two cycles in fifth grade students of Salatiga 05 Elementary School. The result showed an increase in student activity from 78,13% to 84,38%. The increase in student activity has an impact on the completeness of the thematic learning outcomes shown in the first cycle of 70,6% and increased to 82,35% in the second cycle. Based on the results of these studies it can be concluded that the application of literacy-based project based learning can increase the activities and thematic learning outcomes.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan project based learning berbasis literasi. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pada siswa kelas V SD Negeri Salatiga 05. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari 78,13% menjadi 84,38%. Peningkatan aktivitas siswa tersebut berdampak pada ketuntasan hasil belajar tematik yang ditunjukkan pada siklus I sebesar 70,6% dan meningkat menjadi 82,35% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan project based learning berbasis literasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik.

Analisis Penggunaan Media dalam Pelatihan Pengambilan Keputusan Moral di SMA

Kurniawati, Endah, Atmoko, Adi, Chusniyah, Tutut

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Moral decision-making training involves activities relating to being aware of moral issues, outlining missing values in social life, devising alternative solutions, building goals with moral value, and evaluating moral decisions. This research is a development research using ASSURE model. The result indicate that there differences in value of use of film media, comic media and newspaper media on the implementation of moral decision-making training in high school.Abstrak: Pelatihan pengambilan keputusan moral merupakan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas menyadari permasalahan moral, menguraikan nilai yang hilang dalam kehidupan sosial, menyusun alternatif pemecahan masalah, membangun tujuan yang bermuatan nilai moral, dan mengevaluasi keputusan moral yang diambil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ASSURE. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai pada penggunaan media film, media komik, dan media koran pada pelaksanaan pelatihan pengambilan keputusan moral di SMA.

Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar

Setiawan, Debi Adis, Wahjoedi, Wahjoedi, Towaf, Siti Malikhah

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: This research aims at developing interactive multimedia product that is digital 3D book which is entitled “my home town”. This material is one of the content of social studies and it will be used for students at fourth grade elementary school. The effectiveness of this book is feasible and comply with its validity, attractiveness, effectiveness, and practicality. The development of the product used the model developed by Lee & Owens. The assessment of product validity covered one material expert, one media expert, one teacher, twelve students in small group test, and fifty students in field test. Test product has been trialed in SDN Ngembe 1 Beji, Pasuruan. The obtained result shows that the product produced has met the criteria of validity, attractive, effective, and practical so that the product is feaseble to use.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif buku digital 3D tema “Daerah Tempat tinggalku” pada materi IPS untuk kelas IV Sekolah Dasar yang efektivitasnya layak dan memenuhi kriteria kevalidan, kemenarikan, keefektifan, dan kepraktisan. Pengembangan produk menggunakan model yang dikembangkan oleh Lee & Owens. Penilaian kelayakan produk melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru, 12 siswa pada uji kelompok kecil, dan 50 siswa pada uji lapangan. Uji produk dilakukan di SDN Ngembe 1 Beji, Pasuruan. Hasil data yang diperoleh menunjukan produk yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, menarik, efektif, dan praktis sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Optika Geometri

Ansori, Zidni, Wartono, Wartono, Sutopo, Sutopo

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine to what extent students problem solving skill on geometric optical topic. The method used was survey on 34 students of XI graders at SMA Negeri 9 Malang who have obtained optical geometry lesson. The average score of problem solving skill of students was 61,12, with the highest score was 184 and the lowest score was 34. The result of the research shows that students problem solving ability in the novice category is bigger than expert category,thus it needs to implement learning which improves students problem solving ability.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampaun pemecahan masalah siswa pada materi optika geometri. Metode yang digunakan dengan survei pada 34 siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang yang telah memperoleh pelajaran optika geometri. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 61,12 dengan nilai tertinggi adalah 184 dan nilai terendah 34. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam kategori novice lebih besar daripada kategori expert, sehingga perlu diterapan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi Higher Order Thinking Skills Keterampilan Proses dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Hidrokarbon dan Minyak Bumi

Amin, Dwi Isnaini, Sigit, Darsono

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: In the Curriculum 2013, there are three aspects of assessment, namely knowledge, skills, and attitudes. The purpose of this development research is to produce and determine the level of content validity of the conceptual understanding assessment instrument on Higher Order Thinking Skills (HOTS), science process skills, and attitudes toward science on hydrocarbon and petroleum. This development research was designed with 3D from 4D model which consists of defining, designing, and developing. The results of content validity to assessment instrument by three validators show that 77 of 90 conceptual understanding items are categorized as HOTS with very valid criteria (90.91—100%), 60 science skills processing skills items with very valid criteria (94.70—100%), 55 statements about attitudes toward science with criteria very valid (86,67—100%), and product performance of assessment instrument with criteria very valid (91,67%).Abstrak: Penilaian dalam Kurikulum 2013 mencakup tiga aspek, meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan dan menentukan tingkat validitas isi instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), keterampilan proses sains, dan sikap terhadap sains pada bahan kajian hidrokarbon dan minyak bumi. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan 3D dari model-4D yang terdiri dari defining (membatasi), designing (merancang), dan developing (mengembangkan). Hasil validasi isi instrumen asesmen oleh tiga validator menunjukkan bahwa 77 dari 90 soal pemahaman konseptual terkategori sebagai soal HOTS dengan kriteria sangat valid (90,91—100%), 60 soal keterampilan proses sains dengan kriteria sangat valid (94,70—100%), 55 butir pernyataan sikap terhadap sains dengan kriteria sangat valid (86,67—100%), dan performansi produk instrumen asesmen dengan kriteria sangat valid (91,67%).

Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains melalui Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Ekosistem

Hartini, Rezki Fitria, Ibrohim, Ibrohim, Qohar, Abd.

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to find out the difference of understanding concepts and science prosess skill between students who were thaught by environment-based guided inquiry learning model with students who were thaught by guided inquiry. This research used a quasi-experimental research with posttest only control group design. The sample of this research were student of Class VA as the experiment class and class VB as the control class. The instrument used to measure the success of this research were multiple choice questions to measure the understanding concepts while for the science process skill used multiple choice questions and observation. The result showed that there was difference in environment-based guided inquiry toward understanding concepts and there were no difference in environment-based guided inquiry toward science process skills on ecosystem teaching-material.Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain posttest only. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dan VB sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen pengukuran yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep dan keterampilan proses sains serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan inkuiri terbimbing berbasis ingkungan terhadap pemahaman konsep dan tidak terdapat perbedaan inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap keterampilan proses sains pada materi ekosistem.

Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar

Setiawan, Debi Adis, Wahjoedi, Wahjoedi, Towaf, Siti Malikhah

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: This research aims at developing interactive multimedia product that is digital 3D book which is entitled “my home town”. This material is one of the content of social studies and it will be used for students at fourth grade elementary school. The effectiveness of this book is feasible and comply with its validity, attractiveness, effectiveness, and practicality. The development of the product used the model developed by Lee & Owens. The assessment of product validity covered one material expert, one media expert, one teacher, twelve students in small group test, and fifty students in field test. Test product has been trialed in SDN Ngembe 1 Beji, Pasuruan. The obtained result shows that the product produced has met the criteria of validity, attractive, effective, and practical so that the product is feaseble to use.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif buku digital 3D tema “Daerah Tempat tinggalku” pada materi IPS untuk kelas IV Sekolah Dasar yang efektivitasnya layak dan memenuhi kriteria kevalidan, kemenarikan, keefektifan, dan kepraktisan. Pengembangan produk menggunakan model yang dikembangkan oleh Lee & Owens. Penilaian kelayakan produk melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru, 12 siswa pada uji kelompok kecil, dan 50 siswa pada uji lapangan. Uji produk dilakukan di SDN Ngembe 1 Beji, Pasuruan. Hasil data yang diperoleh menunjukan produk yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, menarik, efektif, dan praktis sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.