cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Information System
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2016)" : 9 Documents clear
Pembangunan Situs Web Menggunakan Metode Iconix Process Untuk Strategi Penjualan Komputer Pada Cv. Citra Mandiri Semarang Dharmawan, Krishna Duta; Sari, Wellia Shinta
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.155 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1309

Abstract

Dalam proses penjualan yang dilakukan oleh CV. Citra Mandiri dirasa belum menerapkan stategi bersaing yang baik. Di dalam perkembangan era globalisasi, perusahaan dituntut untuk dapat menghasilkan informasi agar dapat bersaing di dunia bisnis dengan lebih baik. CV. Citra Mandiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan serta pelayanan jasa komputer dan alat lainnya. Dimana dalam melakukan pemasaran masih belum dapat menekan biaya pemasarannya seperti melakukan penyebaran brosur, serta pendataan yang belum efektif seperti data-data barang yang belum terdokumentasi dengan baik dan sangat konvensional. Tujuan dari penelitian ini, nantinya akan membangun situs web penjualan komputer menggunakan metode ICONIX Process yang mempunyai tahapan-tahapan antara lain: proses requirement analysis, penyusunan domain model, GUI storyboard, use case diagram, robustness diagram, sequence diagram, update domain model, class diagram, implementation. Hasil dari penelitian ini, nantinya akan menghasilkan situs web penjualan komputer pada CV. Citra Mandiri yang dapat digunakan untuk melakukan penjualan dengan lebih efektif dan efisien.Kata Kunci: Situs Web, ICONIX Process, Unified Modeling Language (UML), CMS (Content Management System), E-commerce
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peserta penerima Bantuan Teknologi Tepat Guna Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Batang Pambudi, Ridho; Fahmi, Amiq
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.413 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1305

Abstract

Bantuan Teknologi Tepat Guna merupakan merupakan proses kegiatan alih teknologi yang relatif sederhana, mudah diterapkan sebagi sarana produksi barang dan jasa pada usaha skala ekonomi yang produktif yang diharapkan mampu memperluas kesempatan kerja dan dapat menyerap tenaga kerja. Namun dalam proses penentuan prioritas layak tidaknya calon peserta mendapatkan bantuan masih dilakukan secara manual dan belum adanya sistem yang terkomputerisasi yaitu dengan pertimbangan dan penilaian mengakibatkan proses penentuannya memakan waktu yang lama, terlebih hal tersebut mengakibatkan ketimpangan dalam penentuan peserta bantuan. Tujuan dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem perangkat lunak yang dapat membantu proses penentuan prioritas penerima bantuan Teknologi Tepat Guna pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Simple Additive Weighting, dengan menggunakan metode ini sistem yang dihasilkan akan menghasilkan prioritas calon peserta mana saja yang akan menjadi peserta penerima bantuan dengan hasil berupa perankingan. Nilai teratas terbaik, sesuai kuota yang dibutuhkan akan ditetapkan menjadi peserta penerima bantuan Teknologi Tepat Guna.Kata Kunci : Teknologi, Teknologi Tepat Guna, Sistem Pendukung Keputusan, Simple AdditiveWeigting
Analisa Pergerakan Market Dengan Kombinasi Indikator Stochastic Dan Linier Weighted Moving Average Suryawan, I Ketut Dedy
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.429 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1301

Abstract

Mempunyai dasar analisa untuk prediksi pergerakan harga sangat diperlukan bagi seorang trader dalam memperoleh keuntungan di pasar valuta asing. Namun sering kali analisa diabaikan dengan mencoba– coba dan hanya mengandalkan perasaan maupun peruntungan seseorang melakukan transaksi di pasar valuta asing sehingga trader menderita kerugian karenanya. Dasar analisa diperoleh melalui pengamatan yang terus menerus dan backtest yang dilakukan berdasarkan data history harga. Untuk mempermudah dalam melakukan backtest tersebut maka sering digunakan berbagai macam indikator yang telah tersedia dalam platform metatrader. Indikator inilah yang sering dikombinasikan dalam bentuk software untuk menghasilkan sebuah prediksi maupun sinyal waktu yang tepat kapan masuk kepasar dan keluar bila kondisi sudah tidak sesuai perkiraan. Dalam penelitian kali ini digunakan indicator oscillator stochastic dan linier weighted Moving Average sebagai dasar analisa pergerakan harga untuk prediksi kedepannya. Pemilihan indicator tersebut berdasarkan pada kemudahan dan seringnya dipakai oleh trader lain menggunakannya disamping tentunya mempunyai dasar perhitungan yang kuat dari indicator tersebut. Hasil penelitian berupa sebuah Expert advisor yang setelah diuji coba mampu menghasilkan profit pada 3 (tiga) bulan percobaan dari bulan Februari 2016 sampai dengan April 2016 pada pasangan mata uang GBP/JPY, namun memberikan kerugian pada pasangan EUR/USDKata kunci—Expert Advisor, Stochastic, Linier Weighted Moving Average
Analisis Proses Bisnis Reengineering Untuk Mengukur Kinerja Sistem E-Filing Menggunakan Metode Trade (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat) Putri, Venita Ayu Sahara; Kardianawati, Acun
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.799 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1306

Abstract

Pemotongan dan pemungutan wajib pajak dibidang penghasilan dapat dijadikan sumbangan terbesar untuk negara. Maka dari itu Direktorat Jendral Pajak menerapkan suatu proses bisnis baru yang diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan surat pemberitahuan perseorangan secara elektronik yang disebut dengan E-Filing. E-Filing adalah sistem pelaporan atau penyampaian pajak yang dilakukan secara online dan realtime. Dengan adanya E-Filing penyampaian dirasa akan lebih mudah tanpa harus melakukan pelaporan dan penghitungan dengan petugas pajak. Namun, E-Filing belum bisa dikatakan efektif dimana sistem informasi yang ada belum mendukung secara optimal, seperti tidak adanya pengsinkronan penghitungan dengan database, tidak terdapatnya pesan lanjutan pada pengarsipan data yang mengakibatkan data terhapus dengan lebih mudah. Untuk mengetahui permasalahan yang ada dilakukakannya analisis proses bisnis reengineering dan pengukuran kinerja sistem menurut TRADE. Untuk menyempurnakan kekurangan sistem dilakukan solusi serta gambaran perbaikan dari solusi tersebut. Proses Bisnis Reengineering dan pengukuran kinerja sistem diharapkan mampu sebagai rekomendasi solusi perbaikan yang masih belum optimal. Alangkah baik lagi apabila pada proses penghitungan dilakukan pengsinkronan dengan bank agar mengetahui pendapatan wajib pajak agar tidak terjadi ketidaksuaian.Kata kunci : Pajak, Pelaporan Pajak, Electronic Filing System (E-Filing), Analisis Proses bisnis reengineering, Pengukuran kinerja sistem
Penerapan Metode Clustering Dengan Algoritma K-Means Untuk Rekomendasi Pemilihan Jalur Peminatan Sesuai Kemampuan Pada Progam Studi Teknik Informatika - S1 Universitas Dian Nuswantoro Adrianto, Rizky; Fahmi, Amiq
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.416 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1302

Abstract

Terdapat 2 pilihan jalur peminatan pada program studi Teknik Informatika-S1 Universitas Dian Nuswantoro, dimana mahasiswa kesulitandalam menentukan pilihan peminatan yang sesuai dengan kemampuan akademisnya. Disamping itu belum dimanfaatkannya data mahasiswa yang sudah mengambil peminatan, yang dapat dijadikan suatu informasi sehingga dapat berguna sebagai rekomendasi dalam pemilihan peminatan. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan menerapkan salah satu metode dalam data mining, yaitu metode clustering dengan algoritma K-Means. Untuk dapat mengelompokkan mahasiswa berdasarkan kemampuan akademisnya, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif untuk program studi dalam memberikan rekomendasi kepada mahasiswa mengenai pemilihan jalur peminatan. Pada penelitian ini menggunakan data mahasiswa Teknik Informatika-S1 Universitas Dian Nuswantoro angkatan 2011, 2012, dan 2013. Atribut yang digunakan dalam pengelompokan ialah IPS 1-4, rerata nilai matakuliah penunjang SC, dan rerata nilai matakuliah penunjang RPLD. Sedangkan kesesuaian kemampuan mahasiswa dengan jalur peminatan akan diketahui dari atribut peminatan, rerata nilai matakuliah peminatan SC, rerata nilai matakuliah peminatan RPLD. Tools yang digunakan yaitu rapidminer dan MS.Excel, metode pengembangan data mining mengikuti fase-fase dari CRISP-DM. Hasil pada penelitian ini yaitu didapatkan 5 kelompok mahasiswa berdasarkan tingkat kemampuan akademisnya. Yang mana pada setiap kelompok yang terbentuk kemudian dilakukan analisa lebih lanjut dan profilisasi guna diketahui karakteristik dan kesesuaiannya dengan jalur peminatan.Kata Kunci: Peminatan, Rekomendasi, Data Mining, Clustering, K-Means
Penentuan Produk Asuransi Bpjs Berdasarkan Profil Pelanggan Dengan Pendekatan K-Nearest Neighbor Manhattan Distance Rahmawati, Titis Dwi; Adnan, Fajrian Nur
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1307

Abstract

Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat asuransi menjadi hal yang diperlukan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam kasus asuransi jiwa produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sangat beragam. Hal ini menyebabkan customer mengalami kebinggungan dalam menentukan pilihan produk asuransi yang akan mereka beli. Padahal setiap produk memiliki fungsi yang berbeda-beda. Customer harus memilih produk tersebut dengan teliti sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak salah memilih produk dan mengalami kerugian dengan membeli produk asuransi yang salah. Laporan tugas akhir ini akan membahas tentang memprediksi produk yang tepat untuk dipromosikan terhadap customer sesuai dengan profile customer. Dengan menggunakan data pelanggan yang diperoleh dari BPJS Cabang II Semarangyang ada akan dilakukan perhitungan yang akan menghasilkan prediksi produk asuransi yang akan dipromosikan terhadap pelanggan, menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor Manhattan Distance, serta penggunaan MATLAB untuk pengotomatisasian perhitungan KNN Manhattan Distance. Dari laporan ini dihasilkan program yang diharapkan dapat memberikan rekomendasi produk untuk ditawarkan terhadap customer sesuai dengan profile customer.Kata kunci : Algoritma KNN, Data Mining,Manhattan Distance, Asuransi, Klasifikasi, Penentuan Produk Asuransi
Rancang Bangun Sistem Informasi Letak Pusat Oleh-oleh Di Kota Semarang Berbasis Android Santosa, Freeind Eko; Suharnawi, Suharnawi
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.63 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1303

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan suatu dampak global yang sudah meluas di kalangan masyarakat, termasuk teknologi pada telepon seluler. Dalam permasalahan ini, masyarakat terutama yang berdomisili di luar kota Semarang, saat mereka berkunjung di kota tersebut banyak orang akan membeli oleh – oleh khas Semarang untuk keluarga yang dirumah atau saudara mereka, namun dalam hal ini masih mengalami kesulitan saat mencari lokasi pusat oleh – oleh khas Semarang. Hal ini ditimbulkan karena pencarian masih manual juga belum adanya aplikasi yang memudahkan mereka dalam mencari pusat oleh – oleh di kota Semarang. Hal inilah yang mengakibatkan keluhan masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka perlu pemanfaatan teknologi informasi salah satunya dengan adanya sistem aplikasi android untuk menemukan alamat pusat oleh – oleh yang diinginkan di Kota Semarang yang dapat diakses menggunakan teknologi android melalui handphone. Aplikasi dalam bentuk smartphone android merupakan sebuah solusi. Aplikasi dalam bentuk smartphone ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya efisien dalam hal penggunaanya. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan nantinya pengguna bisa terbantu untuk informasi mengenai lokasi pusat oleh - oleh yang terdapat di Kota Semarang.Kata Kunci : android, peta, pusat oleh-oleh, sistem informasi
Analisis Tingkat Kapabilitas Sistem Informasi Layanan Pengaduan Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 DOMAIN APO (APO11) Pada LaporGub Sinaga, Eli Martohap; Waluyo, Dwi Eko
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.196 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1308

Abstract

Sistem Layanan Pengaduan LaporGub produk yang digagas oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah untuk mempermudah masyarakat Jawa Tengah dalam melakukan pengaduan terkait dengan kinerja atau pelayanan. Penelitian analisis kinerja sistem berfokus pada domain Align, Plan and Organize (APO11) pada framework COBIT 5. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem manajemen mutu, Tingkat Kapabilitas dan strategi perbaikan untuk peningkatan layanan dan penilaian kinerja IT. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian data tersebut diolah untuk mendapatkan nilai tingkat kapabilitas dan kesenjangan. Hasil yang diperoleh Capabality Level APO11 pada LaporGub kondisi saat ini adalah level 3 dengan nilai kematangan 2,79 (Established Process) dengan level yang ingin dicapai adalah level 4 (Predictable Process). Sehingga untuk menutupi kesenjangan (gap) yang terdapat pada LaporGub dapat melakukan rekomendasi yang diberikan untuk proses mencapai target level yang diinginkan.Kata Kunci : COBIT 5, Domain APO11, Sistem Manajemen Mutu, capability level, tingkat kesenjangan (gap).
Evaluasi Sistem E-Goverment Berdasarkan Cobit 5 Dengan Domain MEA01 Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang Zhafarina, Vinieta; Wibowo, Sasono
JOINS (Journal of Information System) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.698 KB) | DOI: 10.33633/joins.v1i2.1304

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sangat penting karena dapat memberikan dampak positif dalam menunjang kinerja agar lebih mudah dan cepat. Peningkatan peran TI dalam perusahaan yang terjadi saat ini sebernarnya juga diikuti dengan perubahan proses bisnis perusahaan. Perkembangan strategi bisnis selalu dikaitkan dengan pengembangan strategi TI. Terkadang pelaksanaan strategi informasi tidaklah berjalan dengan baik. Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang telah memanfaatkan teknologi informasi E-Government, untuk itu dibutuhkan audit tata kelola sistem kepegawaian yang baik dan selaras dengan visi misi dan tujuan dari Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang . Dalam penelitian ini penulis bertujuan melakukan audit tata kelola sistem E-Government kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang dengan acuan dari kerangka kerja COBIT versi 5. Domain yang di gunakan dalam COBIT 5 ini adalah Monitoring, Evaluate, and Assess (MEA). Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian tentang kondisi dari monitor, evaluate and asses (MEA) terdiri dari pengawasan, evaluasi dan penilaian kinerja dan kesesuai (MEA01). Pada pengukuran marturity model ini digunakan pengambilan data melalui kuisioner. Responden yang dilibatkan untuk pengisian kuisioner terutama adalah pada bagian kepegawaian.Kata Kunci: Informasi, E-Government ,COBIT 5, MEA01

Page 1 of 1 | Total Record : 9