cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis
Published by Joyful Academy
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
DAMPAK DARI LINGKUNGAN KERJA DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT MARUWA BATAM Ludiya, Hielvita
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The majority of organizations are competing to survive in this volatile and fierce market Environment. Organizations that can successfully retain their human resources have an advantage over organizations that cannot. The study tested “The Influence of Work Environment and Organizational Support on Employee Motivation at PT Maruwa in Batam City”. The questionnaire distributed to 140 employee at One Factory, particular in B Shift but received 130 questionnaires. The sampling method in this research done with the approach of non-probability sampling with the simple purposive sampling. Scale of measurement used Likert items is five-point scale. Scale of measurement used Likert items a five-point scale range from strongly disagree on one until strongly agree. The collected data was analyzed using SPSS version 11.5 for Windows. The findings showed that work environmental has a significant positive effect on employee motivation, and organizational support has a significant positive effect on employee motivation. The limitations and implications and the study also discussed.
Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Seruyan Hayati, Sari
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah daerah harus menggali semaksimal mungkin sumber retribusi daerah yang salah satu sumbernya adalah retribusi parkir. Untuk meningkatkan retribusi parkir perlu dilakukan upaya efektifitas dan efesiensi penerimaan retribusi parkir.  tujuan dari penelitian ini adalah  Untuk mengetahui pertumbuhan penerimaan retribusi parkir di Kabupaten Seruyan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Untuk mengetahui efektifitas penerimaan retribusi parkir di Kabupaten Seruyan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Untuk mengetahui kontribusi retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Seruyan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013.Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan dari penerimaan retribusi parkir pada tahun 2011 mengalami kenaikan yaitu sebesar 208,15% dari tahun 2010. Pada tahun 2012 retribusi parkir mengalami penurunan sebesar (6,56%) dari tahun 2011. Sedangkan tahun 2013 penerimaan retribusi parkir mengalami kenaikan sebesar 20,72% dari tahun 2012. Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan data sekunder deret berkala dan teknik pengumpulan data dengan wawancara,observasi, dan dokumentasi, kemudian di analisis menggunakan rumus pertumbuhan, efektivitas, dan kontribusi, dapatlah diketahui bahwa pertumbuhan positif karena penerimaan retribusi parkir mengalami kenaikan 208,15% pada tahun 2011.Tahun 2012 merupakan pertumbuhan penerimaan retribusi parkir negative karena mengalami penurunan (6,56%).Pada tahun 2013 pertumbuhan retribusi parkir positif karena mengalami kenaikan sebesar 20,72%. pada tahun 2010  dan 2011 dapat dikatakan sangat efektif karena peneriman retribusi parkir melebihi 100%. Akan tetapi pada tahun 2012 efektifitas retribusi parkir tidak efektif karena berada dibawah 60%.Pada tahun 2013 penerimaan retribusi parkir efektif karena naik menjadi 97,76%. Kontribusi penerimaan retribusi parkir cenderung meningkat, pada tahun 2010 sebesar 0,19%, tahun 2011 sebesar 0,37%, tahun 2012 sebesar 0,56%, dan tahun 2013 sebesar 0,57%.
Analisis Pengaruh Iklim Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Mustika Sembuluh di Sampit Noor, H. M. Thamrin
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini respondennya adalah karyawan PT. Mustika Sembuluh yang di ambil secara keseluruhan, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh iklim organisasi dan Budaya organisasi terhadap prestasi kerja karyawan PT. Mustika Sembuluh di Sampit yang akan diuraikan berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil kuesioner. Dari hasil perhitungan dengan program SPSS for windows versi 20 diperoleh nilai t hitung untuk masing-masing variable independen adalah sebagai berikut: t hitung variable iklim organisasi sebesar 1.953 dan tingkat signifikan 0,058 Nilai t table dapat diperoleh dengan rumus df = n-k = 40-3 = 37 dengan α = 0,05 adalah 2,026 (diperoleh dari table distribusi t). Untuk variabel Iklim organisasi mempunyai nilai t hitung = 1,953 < t tabel  =  2,026 dan tingkat signifikan iklim organisasi 0,058 > 0,05 maka Ho di terima dan Ha di tolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh antara iklim organisasi terhadap prestasi kerja karyawan. t hitung variable budaya organisasi sebesar 6,158 dan tingkat signifikan 0,000. Nilai t table dapat diperoleh dengan rumus df = n-k = 40-3 = 37 dengan α = 0,05 adalah 2,026 (diperoleh dari table distribusi t). Untuk variabel budaya organisasi mempunyai nilai t hitung =6,158 > t table = 2,026 dan tingkat signifikan budaya organisasi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh antara budaya organisasi terhadap prestasi kerja karyawan. Uji-f (simultan) dilakukan untuk mmengetahui pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variable terikat. Berikut ini hasil perhitungan dari uji f yang diperoleh dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.  Dari hasil perhitungan diperoleh besar nilai f hitung =275,871 dan tingkat signifikan F = 0,000 . Nilai F tabel  dapat diperoleh dengan rumus df pembilang  = k-1 = 3-1 = 2 dan df penyebut = n-k = 40-3 = 37 dengan α = 0,05 adalah sebesar 3,252 (diperoleh dari table distribusi f). Nilai f hitung  = 275,871 > f table  = 3,252 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh antara variable iklim organisasi dan budaya organisasi secara simultan terhadap prestasi kerja karyawan. Dengan demikian dikatakan hipotesis ketiga iklim organisasi dan budaya organisasi berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Mustika Sembuluh Sampit. Nilai R Square (R2) sebesar 0,937 yang menyatakan bahwa kedua variabel independen yaitu iklim organisai (X1) dan budaya organisasi (X2) mempengaruhi variabel dependen yaitu prestasi kerja (Y) sebesar 93,7% dan sisanya sebesar 6,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Pelayanan SIA terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa STIE Sampit TA. 2014-2015) Rudini, Ahmad
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas sistem informasi akademik (SIA) terhadap kepuasan pengguna. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif semester genap TA. 2014/2015 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit yang berjumlah 187 responden, metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling., sedangkan sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 90 responden. Kuesioner diuji dengan uji reliabilitas dan uji validitas, selanjutnya dilakukan pengujian asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas, uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Kemudian uji hipotesis dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan variabel kualitas informasi dan kualitas pelyanan sistem informasi akademik (SIA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Analisis Struktur Organisasi Universitas Telkom Pangarso, Astadi; Nurrahmasari, Intan Garnita; Nurnida, Ida; Rengganis, Renni; Setiawati, Cut Irna
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the modern view, the structure becomes an important part in the analysis of the organization because structure as a part of an organization that is directly in contact with the environment. This study was conducted to analyze the organizational structure of Telkom University (Tel-U) at this time which means seeing how the Tel-U organizational structure of complexity, formalization, centralization, and coordination aspect based on the viewpoint of faculty.The variable used in this research that an organizational structure which consist of four dimensions (complexity, formalization, centralization, and coordination). The sample in this study is Management Coordinator Transformation and Affairs Chief in each faculty of Tel-U with purposive sampling. Processing data using descriptive analysis using Microsoft Excel as the analysis tool. The result showed that the organizational structure of Telkom University as a whole are included in the category sufficient good (respectable) with an average total score of 68%.
Dimensi Komitmen Organisasional: Dampaknya Terhadap Perilaku Kerja Pada Organisasi Sektor Publik Sambung, Roby
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The goal of to the research to examine and analyze three dimensions of organizational commitment from meyer and allen models on work behavior publik Servants. To this end, after reviewing the literature on Reviews These themes, a conceptual framework with three hypotheses is proposed. Reviews These hypotheses were tested on 41 students of Master of Science in Management program through regresion with reflective indicator using SmartPLS 2.0M3. The main results of this study are as follows: (1) affective commitment strongly influence employee behavior, (2) the continuance commitment strongly influence employee behavior, (3) normative commitment strongly influence employee behavior. From the three commitment of normative commitment is a variable that affects most on work behaviors.
Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur Christiana, Ansita
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa  pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur serta pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pegawai pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 70 pegawai, yang terdiri dari Pegawai negeri 44 orang dan honorer 26 orang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 70 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis melalui uji t dan uji F serta uji analisis koefisien determinasi (r2). Teknik analisis data digunakan adalah analisis linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,195 + 0,553X1 + 0,435 X2.. Berdasarkan penelitian ini, menunjukan bahwa : terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan oleh nilai thitung sebesar 8,117 dengan tingkat signifikan 0,000; terdapat pengaruh positif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan oleh nilai thitung sebesar 6,411 dengan tingkat signifikan 0,000; terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan oleh nilai Fhitung sebesar 121,803 dengan tingkat signifikan 0,000. Dari hasil hipotesis nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 78,4%  sedangkan sisanya 21,6% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai RSUD dr Murjani di Sampit Oetama, Seanewati
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja pegawai RSUD dr.Murjani di Sampit. Populasi adalah pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit dengan sampel 100  orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel random sampling. Dari perhitungan regresi lineir berganda didapat persamaan Y=7.669 + 0,195(X1) + 0,326(X2). Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan :1)Berdasarkan uji-t. Ada pengaruh positif Kepemimpinan terhadap Prestasi kerja pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit t hitung > t tabel (2,388 > 1,985 ) dengan tingkat signifikan 0,019 < 0,05. Ada pengaruh positif Disiplin kerja  terhadap Prestasi kerja pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit t hitung > t tabel (4,003 > 1,985 ) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. 2)  Berdasarkan uji-f ada pengaruh positif Kepemimpinan dan Disiplin kerja terhadap Prestasi kerja pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit. F hitung > F tabel (16,993 > 3,09 ) dengan tingkat  signifikan 0,000 < 0,05.
Pengaruh Pemasaran Relasional (Harapan Pelanggan dan Membina Hubungan dengan Pelanggan) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank International Indonesia Cabang Sampit Oetama, Seanewati
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional (harapan pelanggan dan membina hubungan dengan pelanggan) terhadap kepuasan nasabah Bank International Indonesia cabang Sampit. Populasi adalah nasabah Bank International Indonesia cabang Sampit dengan sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Dari perhitungan regresi linier berganda, didapat persamaan Y = 5,023 + 0,217 (X1) + 0,189 (X2). Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan: 1) variabel harapan pelanggan (X1) dan membina hubungan dengan pelanggan (X2) sebagai variabel bebas (independent) mempengaruhi variabel terikat (dependent) kepuasan nasabah (Y). Terlihat bahwa terdapat pengaruh sebesar 67,9% (berpengaruh kuat diatas 50%) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,050. Sedangkan sisanya 32,1% (100% - 67,9%) dipengaruhi oleh variabel lain; 2) secara individu (parsial) variabel harapan pelanggan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan sedangkan variabel hubungan dengan pelanggan (X2) tidak berpengaruh secara signifikan; dan 3) secara bersama-sama (simultan) variabel harapan pelanggan (X1) dan variabel membina hubungan dengan pelanggan (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah (Y) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,050.
Analisis Pengaruh Price dan Promotion Terhadap Penjualan Rokok pada Swalayan Bintang di Sampit Supramono, Eddy
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pemasaran yang memungkinkan untuk membuat konsumen itu tetap kembali membeli terhadap produk perusahaan adalah melalui Price dan Promotion. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini adalah hasil uji-t untuk variabel Price (X1) yaitu t hitung  variabel Price sebesar 10,010 dengan signifikan  0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Price terhadap penjualan. Dengan demikian dikatakan hipotesis pertama yang menyatakan ada pengaruh signifikan antara Price terhadap penjualan pada Swalayan Bintang di Sampit adalah terbukti, sedangkan hasil uji-t  untuk variabel Promotion (X2) yaitu t hitung variabel Promotion sebesar 8,453 dengan signifikan  0,000 < 0,05 berarti Ho ditolah dan  Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Promotion terhadap penjualan. Dengan demikian dikatakan hipotesis kedua yang menyatakan ada pengaruh signifikan antara Promotion terhadap penjualan  pada Swalayan Bintang di Sampit adalah terbukti. Kemudian untuk hasil uji-f yaituF hitung  sebesar 116,276 dengan signifikan 0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Price dan Promotion secara simultan terhadap penjualan. Dengan demikian dikatakan hipotesis ketiga Price dan Promotion berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada Swalayan Bintang di Sampit adalah terbukti. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,874. Korelasi yang terjadi adalah korelasi positif. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Price dan Promotion terhadap penjualan secara bersamaan. Nilai R Square (r2) sebesar 0,764 yang menyatakan bahwa kedua variabel independen yaitu price (X1) dan promotion (X2) mempengaruhi variabel dependen (Y) sebesar 76,4% dan sisanya 23,6% dipengaruhi variabel lain yaitu kualitas, kuantitas, mutu dan lain-lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=3,380+0,455 X1+0,389 X2.

Page 1 of 3 | Total Record : 26