cover
Contact Name
Gede Arda
Contact Email
ardagede@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.beta.tep@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
beta (Biosistem dan Teknik Pertanian)
Published by Universitas Udayana
ISSN : 25023012     EISSN : 25023012     DOI : -
Jurnal BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian) memuat hasil penelitian di bidang teknik biosistem (biosystem engineering). Cakupan dari jurnal ini merentang dari aplikasi ilmu keteknikan untuk pertanian. Diantara bidang ilmu tersebut, yang menjadi fokus adalah Bidang Manajemen Keteknikan Pertanian, Teknologi Pascapanen khususnya produk Hortikultura, Rekayasa dan Ergonomika, Konservasi Sumber Daya Alam, serta khusus tentang aplikasi Instrumentasi dan Sistem kontrol dalam bidang pertanian.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2013): Februari" : 2 Documents clear
ANALISIS SISTEM PRODUKSI IKAN TUNA LOIN SEGAR MENGGUNAKAN KONSEP LEAN THINKING Amijaya, I Putu Agus; Widia, I Wayan; Aviantara, I G.N. Apriadi
BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian) Vol 1, No 1 (2013): Februari
Publisher : Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem produksi ikan tuna loin segarmenggunakan konsep Lean Thinking. Fokus dari analisis sistem produksi menggunakan konseplean adalah mengurangi waktu tunggu dan mengurangi pemborosan sehingga pada akhirnyaakan meningkatkan produktifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditemukan rata-ratawaktu satu siklus produksi tuna loin segar di CV. Kyu Karya Abadi yaitu mencapai 299 menit,dengan distribusi 67 menit dihabiskan dari aktivitas-aktivitas value added dan sisanya 232 menitdihabiskan dari aktivitas-aktivitas non value added. Berdasarkan pengamatan terhadap tujuhjenis pemborosan, ditemukan terdapat satu jenis pemborosan yang terjadi di CV. Kyu KaryaAbadi yaitu dikarenakan adanya produk cacat. Selain itu, pemborosan lainnya pada prosesproduksi di CV. Kyu Karya Abadi menggunakan process activity mapping terjadi oleh adanyajarak ruang produksi utama dengan ruang penyimpanan yang kurang berdekatan. Masih belumefisiennya proses produksi tuna loin segar di CV. Kyu Karya Abadi perlu menjadi perhatianpihak perusahaan untuk meningkatkan produktifitas produksi. Dari hasil tersebut diatas, dapatdiberikan rekomendasi agar perusahaan menekan supplier untuk mengirimkan barang dengankualitas terbaik sehingga dapat menurunkan persentase cacat.
jurnal pengaruh jenis dan ketebalan plastik terhadap laju perubahan konsentrasi o2 selama penyimpanan Sedani, Ni Wayan; Kencana, PK Diah; S. Wiajaya, I. M. Anom
BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian) Vol 1, No 1 (2013): Februari
Publisher : Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jagung manis (Zea mays var. saccharata Sturt) merupakan salah satu komoditas pertanian yang disukai karenarasanya manis. Selain itu, mengandung nutrisi karbohidrat, protein, dan vitamin yang tinggi serta kandungan lemakyang rendah. Jagung manis setelah dipanen masih memiliki laju respirasi tinggi sehingga mudah mengalami kerusakanbaik secara fisik ataupun kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis dan ketebalan plastikpolipropilen dan polietilen terhadap laju perubahan konsentrasi O2, kadar air, susut bobot dan total padatan terlarutjagung manis selama penyimpanan dan untuk mengetahui jenis dan ketebalan plastik yang paling baik dalammenurunkan laju perubahan konsentrasi O2, kadar air, susut bobot dan total padatan terlarut jagung manis selamapenyimpanan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan Rancangan Acak Kelompok(RAK) dengan tiga kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah jenis plastik polietilen dan polipropilen danketebalan plastik 0,3; 0,4; 0,5 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis dan ketebalan plastikberpengaruh nyata terhadap konsentrasi O2, kadar air, susut bobot, dan total padatan terlarut. Dari hasil penelitian inimenyarankan penggunaan jenis plastik polipropilen dengan ketebalan 0,3 mm sebagai bahan kemasan, untukmemperlambat terjadinya laju perubahan konsentrasi O2, kadar air, susut bobot dan total padatan terlarut jagung manisselama penyimpanan (hari ke-4)

Page 1 of 1 | Total Record : 2