KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER
ISSN : -     EISSN : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2016)" : 20 Documents clear
PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PROTOTYPE SISTEM PARKIR Septriyaningrum, Indah Ayu; Nugrahadi, Dodon T; Ridwan, Ichsan
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.59

Abstract

Abstract Manual parking systems in mall parking lot services requires a more complex management and development system, not to mention its inefficiency. The information acquired from the parking manager about the the parking space conditions in the field is lacking every day. The purpose of this research is to design and develop a parking system prototype. The development method and system design for this research is the Waterfall method. The results obtained is that this system is able to detect the presence of a vehicle on a designated parking space, with the help of an Intel Galileo Board Gen 2 as the controller, an LDR (Light Dependent Resistor) sensor, and an ultransonic sensor (PING) as an auxiliary. The system is able to display parking activity on a web application, such as empty parking space conditions, occupied parking spaces, time of arrival, parking period, parking space capacity, and also able to display a graphic image of the parking space utilization. It can be concluded that the design and development of the system is successfully implemented.Key Word: Parking system, waterfall, Intel Galileo Board Gen 2, LDR (light dependent resistor) sensor, ultrasonic sensor Abstrak Sistem parkir manual pada pelayanan parkir mall memerlukan pengelolaan dan pengembangan sistem yang lebih rumit dan jauh dari kata efisien. Informasi yang didapatkan pengelola parkir terkait kondisi parkir di lapangan setiap harinya masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan prototype sistem parkir. Metode pengembangan dan perancangan sistem pada penelitian ini adalah metode Waterfall. Hasil yang didapatkan adalah sistem ini dapat mendeteksi keberadaan mobil pada slot parkir yang tersedia dengan bantuan Intel Galileo Board Gen 2 sebagai kontroler, sensor LDR (Light Dependent Resistor) dan sensor ultrasonik (PING) sebagai alat bantu pendeteksi keberadaan mobil. Sistem dapat menampilkan aktifitas parkir pada aplikasi web seperti kondisi lahan parkir kosong, lahan terisi, waktu masuk, waktu keluar, lama parkir dan kapasitas parkir yang tersedia serta grafik pemakaian lahan parkir. Dapat disimpulkan bahwa perancangan dan pengembangan sistem berhasil diimplementasikan.Kata Kunci : Sistem parkir, waterfall, Intel Galileo Board Gen 2,sensor LDR (Light Dependent Resistor), sensor ultrasonik
ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) PADA BALANCED SCORECARD (BSC) DENGAN PENDEKATAN FUZZY Soesanto, Oni; Shiddiq, Muhammad Mahfuzh; Oktarini, Oktarini
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.56

Abstract

ABSTRAKHimpunan fuzzy merupakan perkembangan dari himpunan klasik. Himpunan fuzzy digunakan sebagai dasar dalam logika fuzzy. Logika fuzzy banyak diterapkan pada penelitian teknik pengambilan keputusan. Teknik pengambilan keputusan yang menerapkan logika fuzzy juga dapat digunakan dalam Balanced ScoreCard (BSC). Salah satu metode teknik pengambilan keputusan adalah Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP). FAHP telah diterapkan dalam BSC, namun tidak mencerminkan kondisi BSC sehingga diperlukan metode lain yang  memperhatikan keterkaitan antar aspek,  yaitu Fuzzy Analytic Network Process (FANP). FANP mampu memperbaiki kelemahan FAHP berupa kemampuan mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternatif. Paper ini membahas konsep pendekatan Fuzzy pada metode ANP menggunakan extent analysis method untuk mengukur kinerja perusahaan berdasarkan indikator dalam perspektif BSC.Kata Kunci: Balanced Scorecard (BSC), Metode extent analysis, Fuzzy Analytic Network Process (FANP), Triangular Fuzzy Number (TFN)
FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS TOPSIS UNTUK SELEKSI PADA ANGGOTA PASKIBRAKA Baharsyah, Jhondy; Muliadi, Muliadi; Kartini, Dwi
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.52

Abstract

AbstractEvery year Indonesia to conduct the selection of students and high school students and above to be representative of their school as troops heritage flag raisers. During the assessment process for the selection of candidates for members Paskibraka done manually on paper and separate between the assessment criteria for the other criteria, then the assessment results are stored in the form of an excel file. To facilitate the assessment process then takes a decision support system for the selection of candidates for members Paskibraka by applying Fuzzy AHP TOPSIS. Fuzzy AHP TOPSIS method is a convenient method to solve the problem of multi-criteria taking into account the values of the existing criteria. Thus the necessary decision support system using Fuzzy AHP TOPSIS method, in order to help provide recommendations for the decision of selectors prospective team members Paskibraka.Keywords : Fuzzy AHP TOPSIS, Decision Support Systems, SelectionAbstrakSetiap tahun indonesia melakukan seleksi siswa dan siswi sekolah menengah keatas untuk menjadi perwakilan sekolah mereka sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka). Selama ini proses penilaian untuk seleksi calon anggota paskibraka dilakukan secara manual di atas kertas dan terpisah antara penilaian untuk kriteria yang satu dengan kriteria yang lainnya, kemudian hasil penilaian tersebut disimpan dalam bentuk file excel. Untuk mempermudah proses penilaian tersebut maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk seleksi calon anggota paskibraka dengan menerapkan metode Fuzzy AHP Topsis. Metode Fuzzy AHP Topsis merupakan salah satu metode yang mudah digunakan untuk menyelesaikan masalah multi kriteria dengan memperhitungkan nilai-nilai dari kriteria yang ada. Maka dari itu diperlukan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Fuzzy AHP Topsis, supaya dapat membantu memberikan rekomendasi keputusan untuk tim penyeleksi calon anggota paskibraka.Kata kunci : Fuzzy AHP Topsis, Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi
PREDIKSI PERMINTAAN PRODUK MIE INSTAN DENGAN METODE FUZZY TAKAGI-SUGENO Bahroini, Ahmad; Farmadi, Andi; Nugroho, Radityo A
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.62

Abstract

In the A minimarket, instant noodles are sold to consumers is not constant every day. So often a mismatch minimarket in buying noodles. For that, Fuzzy logic which can be used for prediction of purchase. In this study using Fuzzy Takagi-Sugeno inference system, this Fuzzy set used 3 membership function, which isdescended, ascend, and triangles. The process of determining theprediction results is used assertion (defuzzy) by using the concept of weighted averaged. The results can be concluded that the method of Fuzzy Takagi-Sugeno inference can predict the purchase of instant noodlesKeywords : Fuzzy logic, Takagi Sugeno, Prediction the purchase, Instant noodlesPada minimarket A, mie instan merupakan produk yang paling banyak terjual. Tetapi jumlah mie instan yang terjual ke konsumen setiap harinya tidak konstan, sehingga sering terjadi ketidaksesuaian minimarket dalam membeli mie. Untuk itu, digunakan logika fuzzy untuk prediksi pembeliannya. Pada penelitian ini menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Takagi Sugeno, himpunan fuzzy yang digunakan menggunakan 3 fungsi keanggotaan, yaitu turun, naik, dan segitiga. Proses penentuan hasil prediksi digunakan penegasan (defuzzy) dengan menggunakan konsep rata-rata tertimbang (weighted average). Hasil yang didapat, metode fuzzy inferensi Takagi-Sugeno dapat memprediksi pembelian mie instan dengan nilai error 35,55%.Kata kunci : Logika fuzzy, Takagi Sugeno, Prediksi pembelian, Mie instan
PERANCANGAN STRATEGI PELAYANAN BERBASIS PENGETAHUAN PADA KANTOR NOTARIS Sukarti, Sukarti; Karnila, Sri
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.44

Abstract

The study resulted in a strategy design for certificate making service at the notary office. It was a case study at notary office of Theresia Dwi Wijayanti, S.H. the mechanism and work frame/ principle of certificate making service was still in the form of job instructions understood only by several employees, and this often made repeated questions at the service department and became a problem when the employee took permission not to come to work. Since the mechanism and work flow/ principle of the service was not vivid, and there were no any media for the service of making the authentic certificates, the mechanism and the work flow/ principles of services in making the certificates at the notary office.The design of the strategy is facilitated with the service of certificate making that could be used as a media in knowledge share, became a knowledge management portal at the service department, so it would grow knowledge share culture (Knowledge Sharing) among the employees and the optimal service to the clients.The system development method used in the study was Knowledge Management Roadmap method with these phases: business modeling, use-case modeling, analysis, design, and implementation. This method resulted in a strategy design for the service department to make certificates. Furthermore, the notary office would have a knowledge share media.Key words      : Knowledge Management, Knowledge Sharing, Knowledge Management RoadmapPenelitian menghasilkan rancangan strategi untuk pelayanan pembuatan akta pada kantor Notaris, study kasus pada kantor Notaris Theresia Dwi Wijayanti, SH. Mekanisme dan alur kerja/prinsip pelayanan pembuatan akta masih berupa instruksi kerja, yang dipahami oleh beberapa pegawai saja, dan sering menjadi pertanyaan berulang pada bagian pelayanan serta menjadi kendala pada saat pegawai izin tidak masuk kerja. Karena mekanisme dan alur kerja/prinsip pelayanan belum jelas dan belum adanya media untuk pelayanan pembuatan akta otentik, mekanisme dan alur kerja/prinsip pelayanan dalam pembuatan akta pada kantor Notaris.Rancangan strategi ini difasilitasi dengan aplikasi pelayanan pembuatan akta yang dapat digunakan sebagai media dalam berbagi pengetahuan, menjadi portal Knowledge Manajement pada bagian pelayanan, sehingga menumbuhkan budaya penyebaran pengetahuan (Knowledge Sharing) diantara pegawai dan pelayanan optimal kepada klien. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Knowledge Management Roadmap dengan tahapan pemodelan bisnis, pemodelan use case, analisis, perancangan, dan implementasi. Dengan metode Knowledge Manajement Roadmap menghasilkan rancangan strategi untuk bagian pelayanan pembuatan akta dan kantor Notaris memiliki sebuah media berbagi pengetahuan.Kata kunci: Manajemen Pengetahuan, Knowledge Sharing, Knowledge Manajement Roadmap.
PENENTUAN FITUR WEBSITE BIDANG PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DENGAN METODE FEATURE-ORIENTED DOMAIN ANALYSIS (FODA) Iqbal, Muhammad; Faisal, Muhammad Reza; Budiman, Irwan
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.53

Abstract

Abstract Determination of  the features in creating a tourism and cultures websites is required to find out which features are can be implemented. To help determination of the feature, we can use a domain analysis method Feature-Oriented Domain Analysis (FODA). The method has some step, starting with application review to three sample websites to take on the features. The next step are the context analysis to gain a structure diagram and a context diagram. The next step are the modeling domain which divided into two steps, first, features analysis to get the features of the web application through the features diagram with an explanation through domain terminology dictionary. The next step is the entity-relationship modeling by making entity-relationship diagrams for database creation. The final step are architecture modelings to create a domain architecture for application development that only focus on the features. The results from the feature analysis get 38 mandatory features which be implemented on a web application for tourism and culture.Keywords: Tourism, Culture, Website, Features, Feature-Oriented Domain Analysis Abstrak Penentuan fitur dalam membuat website bidang pariwisata dan kebudayaan dibutuhkan untuk mengetahui fitur yang bisa diimplementasikan. Untuk membantu menentukan fitur tersebut, digunakan analisis domain dengan metode Feature-Oriented Domain Analysis (FODA). Metode tersebut mempunyai tahapan dimulai dari tinjauan aplikasi terhadap ketiga website sebagai sampel untuk mengambil fitur. Selanjutnya tahapan analisis konteks yang mendapatkan diagram struktur dan diagram konteks. Berikutnya tahapan pemodelan domain yang dibagi dua langkah yaitu analisis fitur untuk mendapatkan fitur-fitur pada aplikasi web melalui diagram fitur dengan penjelasan melalui kamus terminologi domain. Langkah berikutnya adalah pemodelan entity-relationship dengan membuat diagram entity-relationship untuk pembuatan database. Terakhir, pemodelan arsitektur dengan membuat arsitektur domain untuk pengembangan aplikasi yang hanya fokus pada fitur.  Hasil dari analisis fitur adalah didapatkan sebanyak 38 fitur mandatory yang berarti fitur tersebut wajib diimplementasikan dalam aplikasi web untuk pariwisata dan kebudayaan. Kata kunci: Pariwisata, Kebudayaan, Website, Fitur, Feature-Oriented Domain Analysis
IDENTIFIKASI JENIS OBAT BERDASARKAN GAMBAR LOGO PADA KEMASAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES Rahayuda, Surya
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.46

Abstract

There many types of drugs have been approved by the government and circulating in the community, but many people don’t know. In this study, I want to create an application that can identify the type of drug based on the logo on the packaging. I’m using 4 different types of modern medicine and 3 types of herbal medicine, total there will be as many as 7 different logo that will be used. Pictures will be entered into the application, then detected the edges of the image using the Edge Detection, to get the shape of the logo image, after it is extracted using methods GLCM, extraction will produce output in the form of numbers, the numeric data is then classified using Naïve Bayes classification and will get the results in the form of the type of drug. From the experiments it was found that the resulting level of accuracy is quite high, there are 3 categories of types of drugs that have a high accuracy on Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas and Obat Keras. From the results of these trials concluded that the Naïve Bayes method can be used to mengkalsifikasi types of drugs is based on the logo on the packaging of drugs.Keywords: logo, drug, image processing, edge detection, GLCM, naïve bayesTerdapat banyak jenis obat telah disetujui oleh pemerintah dan beredar di masyarakat, namun banyak masyarakat tidak mengetahuinya. Pada penelitian ini saya ingin membuat suatu aplikasi yang dapat mengindentifikasi jenis obat berdasarkan logo pada kemasan. Saya menggunakan 4 jenis obat moderen dan 3 jenis obat herbal, total akan terdapat sebanyak 7 macam logo yang akan digunakan. Gambar akan diinputkan ke dalam aplikasi, kemudian dideteksi tepian gambarnya menggunakan metode Edge Detection, untuk mendapatkan bentuk dari gambar logo, setelah itu diekstraksi menggunakan metode GLCM, hasil ekstraksi akan menghasilkan output berupa angka, data angka ini kemudian diklasifikasikan menggunakan metode Naïve Bayes dan akan mendapatkan hasil klasifikasi berupa jenis obat. Dari percobaan yang dilakukan didapatkan bahwa tingkat akurasi yang dihasilkan cukup tinggi, terdapat 3 buah kategori jenis obat yang memiliki akurasi yang tinggi yaitu pada jenis Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas dan Obat Keras. Dari hasil percobaan tersebut disimpulkan bahwa metode Naïve Bayes dapat digunakan untuk mengkalsifikasi jenis obat berdasarkan logo pada kemasan obat. Kata kunci: logo, obat, image processing, edge detection, GLCM, naïve bayes
PENERAPAN USABILITY TESTING TERHADAP SISTEM INFORMASI PENYEBARAN PENYAKIT UNGGAS Nahdhatuzzahra, Nahdhatuzzahra; Budiman, Irwan; Nugrahadi, Dodon T
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.58

Abstract

AbstractEfficiency and ease of an information system is a very important thing in any information system implementation. Prevention information system is an information system that is used to assist the relevant agencies, farmers and the general public to reduce the impact of outbreaks and reduce the possibility of spread of the disease in a particular region. Thus the effectiveness and convenience of an information system would be necessary so that information systems can be used easily and provide information that can be used to reduce the adverse effects spread of livestock disease and its treatments. This system aims to determine how much comparative efficiency and ease of deployment of information systems prevention of disease in poultry compared to systems that exist today. Usability testing is used to measure the efficiency and convenience of the system. With the spread of disease information system of poultry, can facilitate employee performance and provide information to the public. Keywords: Poultry, Usability Testing, Web AbstrakEfisiensi dan kemudahan dalam sebuah sistem informasi adalah hal yang sangat penting dalam setiap pembuatan sistem informasi. Sistem informasi penanggulangan adalah sebuah sistem informasi yang digunakan untuk membantu bagian dinas terkait, peternak dan masyarakat umum untuk mengurangi dampak penyebaran wabah serta mengurangi kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit di wilayah tertentu. Maka dari itu efektivitas dan kemudahan sebuah sistem informasi akan sangat diperlukan agar sistem informasi dapat digunakan dengan mudah dan memberikan informasi yang dapat digunakan untuk mengurangi dampak buruk penyebaran penyakit ternak serta penanganannya. Sistem ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan efisiensi dan kemudahan sistem informasi penanggulangan penyebaran penyakit pada ternak unggas dibandingkan dengan sistem yang ada saat ini. Usability testing digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dan kemudahan sistem ini. Dengan adanya sistem infomasi penyebaran penyakit ternak unggas, dapat mempermudah kinerja pegawai dan memberikan informasi kepada masyarakat. Kata kunci: Ternak Unggas, Usability Testing,Web
PENERAPAN METODE RBPNN UNTUK KLASIFIKASI KANKER PAYUDARA Shahura, Fairudz; Soesanto, Oni; Indriani, Fatma
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.51

Abstract

Breast cancer is the most commonly diagnosed cancer in women. Breast cancer cases are increasing each year. Therefore, early detection of breast cancer plays an important role in anticipating the spread of cancer. Fine-needle aspiration (FNA) biopsy is one way to detect breast cancer. FNA is a method of taking the majority of tissue with a syringe that is intended to aid in the diagnosis of various tumor diseases. The FNA samples that have been studied generate ten characteristics, namely radius, texture, perimeter, area, compactness, smoothness, concavity, concave points, symmetry, and fractal dimension. These characteristics are used to classify benign and malignant breast cancer. To classify breast cancer, Radial Basis Probabilistic Neural Network (RBPNN) required. This study aims to determine how the performance of the method of Radial Basis Probabilistic Neural Network for classifying breast cancer. The accuracy was found to be equal 93.19% for training data, and 90.35% for testing data.Keywords: Radial Basis Probabilistic Neural Network, Classification, Breast Cancer.Kanker payudara merupakan penyakit yang paling banyak menyerang kaum wanita. Penderita penyakit kanker payudara semakin meningkat pada tiap tahunnya. Oleh karena itu deteksi dini kanker payudara memegang peranan penting dalam mengantisipasi penyebaran kanker. Salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara adalah  dengan fine-needle aspiration (FNA) biopsy. FNA merupakan suatu metode pengambilan sebagian jaringan tubuh manusia dengan jarum suntik yang bertujuan untuk membantu diagnosis berbagai penyakit tumor. Sampel FNA yang telah diteliti menghasilkan sepuluh karakteristik, yaitu radius, texture, perimeter, area, compactness, smoothness, concavity, concave points, symmetry, dan fractal dimension. Kesepuluh karakteristik tersebut digunakan untuk mengklasifikasikan kanker payudara jinak dan ganas. Untuk mengklasifikasi tingkat keganasan dari kanker payudara dapat dilakukan dengan metode Radial Basis Probabilistic Neural Network (RBPNN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana performansi metode Radial Basis Probabilistic Neural Network untuk mengklasifikasikan kanker payudara. Dari hasil penelitian didapat akurasi 93.19% untuk data training, serta 90.35% untuk data testing.Kata kunci : Radial Basis Probabilistic Neural Network, Klasifikasi, Breast Cancer.
UJI EFEKTIVITAS WAKTU IMPLEMENTASI ONE CARD PATIENT SEBAGAI BUSINESS PROCESS REENGINEERING SISTEM INFORMASI KLINIK DOKTER GIGI Annahar, Septiadi Marwan; Budiman, Irwan; Nugroho, Radityo A
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v3i2.61

Abstract

AbstractGenerally a dentist practicing in a hospital or clinic, but for now this started many dentists who open private clinics. Currently the service system is used in every place dental clinic still manual. Less effective this system can also be seen from the process of recording patient data, transactions, computation process of goods or drugs, until the process of recording patient medical report. The resulting report was still in the form of paper are easily lost and damaged, so that the process becomes less effective service even slower. It is necessary to test the effectiveness of the time between the old system to the new system created by implementing Patient As One Card Business Process Re-Engineering dental clinics, in order to obtain a level of efficiency that can be saved in dental patient care process. From the test results based on measurement systems test the effectiveness of a comparison between the old system to the new system, the implementation of one patient cards as business process reengineering make dental clinic services to be faster.Keywords : One Card Patient, Reengineering, Dental Clinic. AbstrakPada umumnya dokter gigi membuka praktik di rumah sakit atau poliklinik, tetapi untuk sekarang ini mulai banyak dokter gigi yang membuka klinik pribadi. Saat ini sistem pelayanan yang digunakan di setiap tempat klinik dokter gigi masih bersifat manual. Kurang efektifnya sistem ini juga dapat dilihat mulai dari proses pencatatan data pasien, transaksi-transaksi, proses perhitungan barang atau obat-obatan, sampai pada proses pencatatan laporan kesehatan pasiennya. Laporan yang dihasilkan pun masih berupa kertas yang mudah hilang dan rusak, sehingga proses pelayanan menjadi kurang efektif bahkan lambat. Maka diperlukan uji efektivitas waktu antara sistem lama dengan sistem yang baru dibuat dengan mengimplementasikan One Card Patient Sebagai Rekayasa Ulang Proses Bisnis klinik gigi, demi untuk mendapatkan tingkat efisiensi waktu yang di bisa dihemat pada proses pelayanan pasien gigi. Dari hasil pengujian berdasarkan sistem pengukuran uji efektivitas waktu membandingkan antara sistem lama dengan sistem yang baru, implementasi one card patient sebagai business process reengineering membuat pelayanan klinik gigi menjadi lebih cepat.Kata kunci : One Card Patient, Rekayasa Ulang, Klinik Gigi

Page 1 of 2 | Total Record : 20