cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2014)" : 9 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN BEROBAT PASIEN DIPUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON BANDAR LAMPUNG Sesunan, Mira Febriana
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.5

Abstract

Abstract Information technology has been growing rapidly with increasing demand information. Increasingly rapid advancement of technology, it takes a device, either softwareor hardware that can support the work activity. Every business transaction is now always do, especially the areas that always make a large number of transactions in a hospital or department store or business fields such as business transactions abstract form of internet cafes or shop online gaming, and this is where the payment system works. For entrepreneurs in the field of hospital payment system is used to record the service process, from patient to come up with the patients home. Calculating the cost to be paid automatically patient, and provide decision-making information as analysis quickly and accurately. The Puskesmas is community health center which is one of the important means. The Puskesmas requires the existence of a system in order to facilitate the registration and public health transactions quickly and accurately, which the previous system still uses the record books, such record patient data and payment transactions so that at the time of making the report used books. The method is applied to the design of this system is rather the method that starts with the stages of planning, analysis, design, and will eventually be implemented web-based. The system created by the author is a system that facilitates the input of patient data and calculation of transactions, as well as reports pembutan computerized system used. Check the patients payment system design can facilitate the process of entering patient data, poly, and drug transactions, employee performance Assist in calculating the cost of the patient and make reports and payment transactions can facilitate patient treatment and reporting by employee health centers. Keywords: design, systems, payment, treatment, health centers ABSTRAK Teknologi informasi saat ini telah berkembang pesat seiringbertambahnya kebutuhan informasi. Semakin bertambah majunya teknologi,maka dibutuhkan suatu perangkat, baik perangkat lunak (software) maupunperangkat keras (hardware) yang dapat menunjang aktifitas kerja. Setiap bidang usaha kini selalu melakukan transaksi, apalagi bidang-bidang yang selalu melakukan transaksi dalam jumlah besar seperti rumah sakit atau departement store atau bidang usaha yang transaksinya berbentuk abstrak seperti usaha warung internet atau warung game online, dan disinilah sistem pembayaran bekerja. Bagi usahawan di bidang rumah sakit sistem pembayaran digunakan untuk mencatat proses pelayanan, mulai pasien datang sampai dengan pasien pulang. Menghitung biaya yang harus dibayar pasien secara otomatis, serta memberikan informasi sebagai analisa pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Puskesmas adalah pusat kesehataan masyarakat yang merupakan salahsatu sarana penting. Puskesmas ini membutuhkan keberadaan sistem agar dapat memperlancar pendaftaran dan transaksi kesehatan masyarakat yangcepat dan akurat, dimana sistem yang terdahulu masih menggunakan catatanbuku, seperti mencatat data pasien dan transaksi pembayaran sehingga padawaktu membuat laporan banyak buku yang digunakan. Metode yang diterapkan pada perancangan sistem ini adalah lebih kepada metode dengantahapan yang dimulai dari perencanaan, analisa, perancangan dan pada akhirnya akan diimplementasikan berbasis web. Sistem yang dibuat olehpenulis adalah sistem yang memudahkan dalam menginputkan data pasien danpenghitungan transaksi, serta pembutan laporan karena sistem yang digunakansudah terkomputerisasi.Perancangan sistem pembayaran periksa pasien ini dapat mempermudah proses memasukan data pasien, poli, obat dan transaksi, Membantu kinerja karyawan dalam menghitung biaya pasien dan membuat laporan dan Dapat mempermudah transaksi pembayaran berobat pasien dan pembuatan laporan oleh karyawan puskesmas. Kata Kunci : perancangan, sistem, pembayaran, berobat, puskesmas
PENCARIAN HOTEL TERDEKAT DENGAN METODE KD-TREE DAN NEAREST NEIGHBOR Mohtar, Efendi; Andi, Farmadi; Nugroho, Radityo Adi
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.1

Abstract

Hotels become the only right option for tourist to take a rest before the next day. The nearest hotel usually have been chosenbeforethe others. Because of that, a system which supported the option is made to help accounting to get the nearest hotel. This system using KD-Tree method which holding in the system to makes a tree in use as a comparation in accounting, and Nearest Neighbor method to accounted the nearest object between user and hotel. With this system, the biggest hope is helping the user or tourist to get the nearest hotel easily and according with their wanted. Key words : Hotel,KD-Tree, Nearest Neighbor Hotel menjadi salah satu pilihan tepat bagi wisatawan yang sedang berlibur di suatu kota untuk menginap, beristirahat sebelum beraktivitas lagi. Hotel yang terdekat dengan lokasi wisatawan tersebut biasanya sering dipilih lebih dulu sebelummemilih hotel lainnya. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan proses perhitungan untuk mendapatkan hotel terdekat. Sistem ini menggunakanmetode KD-Tree yang peranya dalam sistem yaitu untuk membuat sebuah tree yang nantinya digunakan sebaigai alur perbandingan perhitungan, dan metode Nearest Neighbor yakni untuk melakukan perhitungan jarak terdekat antara pengguna dengan hotel. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu pengguna atau wisatawan sehingga dapat dengan mudah mendapatkan hotel terdekat dan sesuai dengan yang diinginkan. Kata Kunci : Hotel, KD-Tree,Nearest Neighbor
CLUSTERING PENENTUAN POTENSI KEJAHATAN DAERAH DI KOTA BANJARBARU DENGAN METODE K-MEANS Rahayu, Sri; Nugrahadi, Dodon T; Indriani, Fatma
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.7

Abstract

Abstract Within the scope of the police, the data held in the database can be used to make a crime report, the presumption of evil to come, and so on. With the data mining based on the amount of data stored so much, these data can be processed to find the useful knowledge for police. One technique that is known in the data mining clustering techniques. The purpose of the job grouping (clustering) the data can be divided into two, namely grouping for understanding and grouping to use. Methods K-Means clustering is a method for engineering the most simple and common. KMeans clustering is one method of data non-hierarchy (partition) which seeks to partition the existing data in the form of two or more groups. This method of partitioning data into groups so that the same characteristic of data put into the same group and a different characteristic data are grouped into another group. The purpose of this grouping is to minimize the objective function is set in the grouping process, which generally seek to minimize the variation within a group and maximize the variation between groups. The data mined to determine the potential clustering of crime in the city area of crime data Banjarbaru is owned by the city police in the Police Banjarbaru. Thus this study aims to assess the stage of clustering techniques and build clustering determination of potential crime areas in the city Banjarbaru. Keywords:Clustering, Data mining, K-Means, K-Means Clustering ABSTRAK Dalam ruang lingkup kepolisian, data-data yang dimiliki pada basis data dapat dimanfaatkan untuk pembuatan laporan kejahatan, praduga kejahatan yang akan datang, dan sebagainya.Dengan adanya data mining yang didasarkan pada jumlah data yang tersimpan begitu banyak, data-data tersebut dapat diproses untuk menemukan suatu pengetahuan yang berguna bagi pihak kepolisian.Salah satu teknik yang dikenal dalam data mining yaitu teknik clustering.Tujuan pekerjaan pengelompokan (clustering) data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pengelompokan untuk pemahaman dan pengelompokan untuk penggunaan.Metode K-Means merupakan metode untuk teknik clustering yang paling sederhana dan umum.K-Means merupakan salah satu metode pengelompokan data nonhirarki (sekatan) yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk dua atau lebih kelompok. Metode ini mempartisi data ke dalam kelompok sehingga data berkarakteristik sama dimasukkan ke dalam satu kelompok yang sama dan data yang berkarakteristik berbeda dikelompokkan ke dalam kelompok yang lain. Tujuan dari pengelompokan ini adalah untuk meminimalkan fungsi objektif yang diset dalam proses pengelompokan, yang pada umumnya berusaha meminimalkan variasi di dalam suatu kelompok dan memaksimalkan variasi antar kelompok.Data yang ditambang untuk clustering penentuan potensi kejahatan daerah di kota Banjarbaru yaitu data kejahatan yang dimiliki oleh kepolisian Polres di kota Banjarbaru.Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tahapan teknik clustering dan membangun clustering penentuan potensi kejahatan daerah di kota Banjarbaru. Kata kunci:Clustering, Data mining,K-Means, K-Means Clustering
K-MEANS UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT KARIES GIGI Meisida, Novita; Soesanto, Oni; Candra, Heru Kartika
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.2

Abstract

Oral health problems , a concern which is very important in health development. Results of Household Health Survey report in 2001 showed that oral health in Indonesia are things that need attention. Based on the report of Poly Teeth ITS Medical Center 2009 obtained data characteristics of dental caries and dental caries classes based on the anatomy of the JV Black. From these data can be classification using K - Means clustering method. K -Means clustering method is used for grouping data partitioning system, where data in one group have similar characteristics to each other, and have different characteristics with other groups. Classification results using K - Means Clustering method will be compared with the results of reports Poly Teeth ITS Medical Center 2009, to compare and get result from accuracy of the K - Means Clustering. Keywords: K-Means, Caries, Classification Masalah kesehatan gigi dan mulut, menjadi perhatian yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan. Hasil laporan survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 2001 menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut di Indonesia merupakan hal yang perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil laporan Poli Gigi Medical Center ITS 2009 didapatkan data-data berupa data karakteristik karies gigi dan kelas-kelas karies gigi berdasarkan anatomi J. V. Black. Dari data-data tersebut dapat dilakukan pengklasifikasian dengan menggunakan metode Clustering K-Means. Metode Clustering K-Means digunakan karena K-Means melakukan pengelompokkan data dengan sistem partisi, dimana data dalam satu kelompok memiliki karakteristik yang sama satu sama lainnya, dan memiliki karekteristik berbeda dengan kelompok lainnya. Hasil pengklasifikasian metode ClusteringK-Means dibandingkan hasilnya dengan laporan Poli Gigi Medical Center ITS 2009, untuk membandingkan keakuratanClustering K-Means. Kata Kunci: K-Means, Karies Gigi, Klasifikasi
PEMODELAN ALGORITMA GENETIKA PADA SISTEM PENJADWALAN PERKULIAHAN PRODI ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT Aziz, Muliadi
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.8

Abstract

Abstract Creating a schedule learning activities in academic activities a routine work in colleges, many case that often happens when making a schedule of lectures, there are few lecturers could not be on a particular day, imited availability of study rooms, There are some student who take a different course in the same time, on the time and a particular day is the time to worship regularly every week. One method that can beused to complete its the problem using Genetic Algorithms (GA), multiple levels that need to be applied to solve the scheduling problem using the GA, start of coding, determine the value of the initial population, determine the value of chromosomes at random, determine the fitness value to minimize the collision schedule, then selecting roulettewheel, perform a cut point crossover, then perform mutation encoding values, elitism. The results obtained from genetic algorithm modeling in decision support systems a schedule of lectures in Computer Science, State University of Hull Mangkurat Banjarmasin. Of the some stages of testing that has been performed to get the best results with all the fitness value of each generation is 1 (one) and, GA modeling can be applied to decision support systems scheduling department of Computer Science FMIPA UNLAM Keyword : Decision Support System, Course Scheduling, Genetic Algorithms ABSTRAK Membuat jadwal kegiatan proses belajar mengajar pada kegiatan akademik merupakan pekerjaan rutin setiap semester disebuah perguruan tinggi, banyak hal yang sering terjadi saat membuat jadwal perkuliahan diantaranya ada bebarapa dosen yang tidak bisa menajar pada hari tertentu, keterbatasan ketersediaan ruangan belajar, terdapat beberapa mahasiswa yang mengambil matakuliah yang berbeda dalam waktu yang sama, pada waktu dan hari tertentu merupakan waktu untuk peribadahan secara rutin setiap minggunya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meyelesakan masalah tersebut menggunakan Algoritma Genetika (AG), beberapa tingkatan yang perlu diterapkan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan menggunakan AG, dimulai dari pengkodean, menentukan nilai populasi awal, menentukan nilai kromosom secara acak, menentukan nilai fitness untuk meminimalisir jadwal yang tabrakan, kemudian melakukan seleksi roulettewheel, melakukan pindah silang satu titik potong (one-point crossever), kemudian melakukan mutasi pengkodean nilai, elitism. Hasil yang diperoleh dari pemodelan AG pada sistem pendukung keputusan ini merupakan jadwal perkuliahan pada Prodi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dari beberapa tahapan pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil terbaik dengan semua nilai fitness tiap generasi bernilai 1 dan, pemodelan AG ini dapat diterapkan pada sistem pendukung keputusan penjadwalan perkuliahan pada prodi Ilmu Komputer FMIPA UNLAM Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penjadwalan Perkuliahan, Algoritma Genetika
IMPLEMENTASI METODE FUZZY C-MEANS PADA SISTEM CLUSTERINGDATA VARIETAS PADI Nurjanah, Nurjanah; Andi, Farmadi; Indriani, Fatma
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.3

Abstract

Mutations with gamma rays conducted on five local rice varieties tidal South Kalimantan produce a lot of data availability. In order for these data not only become a graveyard of useless data required a method that could be used to probe the hidden information from the data. The method known as data mining. Data mining is a technique to gain knowledge from the data by looking for certain patterns or rules of a number of large amounts of data. One method of data mining is clustering, where clustering is usually used to group objects that are similar in the same class or segment. By utilizing the data of local rice varieties tidal South Kalimantan mutated by gamma rays, data mining process is done by grouping the data based on the harvest age, productive tillers, and weight of 1000 seeds into 4 groups using fuzzy c-means algorithm. From that cluster information, carried ranking using the Simple Additive Weighting method and acquired knowledge about improved varieties by harvest age, productive tillers, and a weight of 1000 is kuatek with a dose of 30 krad. Keywords : Data Mining, Cluster, Fuzzy C-Means, Local Rice Varieties Mutasi dengan sinar gamma yang dilakukan terhadap lima varietas padi lokal pasang surut kalimantan selatan enghasilkan tersedianya banyak data. Agar data-data tersebut tidak hanya menjadi kuburan data yang tidak berguna dibutuhkan sebuah metode yang bisa digunakan untuk menggali informasi–informasi tersembunyi dari data tersebut. Metode tersebut dikenal dengan data mining. Data mining merupakan suatu teknik untuk menggali pengetahuan dari data dengan mencari pola atau aturan tertentu dari sejumlah data dalam jumlah besar. Salah satu metode data mining adalah klastering, dimana klastering biasanya digunakan untuk mengelompokan objek-objek yang memiliki kemiripan dalam kelas atau segmen yang sama. Dengan memanfaatkan data varietas padi hasil mutasi dengan sinar gamma dilakukan proses penggalian data dengan cara mengelompokkan data umur panen, anakan produktif, dan bobot 1000 menjadi 4 klaster menggunakan algoritma fuzzy c-means. Dari informasi 4 klaster tersebut, dilakukan perangkingan klaster menggunakan metode Simple Additive Weighting dan diperoleh pengetahuan tentang varietas unggul berdasarkan umur panen, anakan produktif, dan bobot 1000 yaitu kuatek dengan dosis 30 krad. Kata kunci : Data Mining, Klaster, Fuzzy C-Means, Varietas Padi Lokal
MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT X FINANCE Yahfizham, Yahfizham
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.9

Abstract

Para menejer membuat banyak keputusan untuk mengatasi masalah, masalah semi terstruktur berada antara masalah terstruktur dan tidak terstruktur, yang memiliki beberapa elemen terstruktur dan tidak terstruktur. Penting bagi menejer untuk dapat membedakan antara masalah dan gejala. Tidak tersedianya aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi para pemohon yang berhak mendapatkan kredit menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Penggunaan metode linear programming dengan memberikan skor atau pembobotan kelayakan pemohon berdasarkan kriteria-kriteria yang akan ditentukan sendiri oleh lembaga pembiayaan mungkin dapat dipakai oleh para menejer. Hasil perhitungan model summary yang layak untuk menerima permohonan kredit > dari skor/bobot sebesar 17 poin dengan demikian bahwa model sistem pendukung keputusan yang dirancang mampu memberikan solusi yang tepat terhadap keputusan yang semi terstruktur. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan dan Linear Programming.
IMPLEMENTASI METODE ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORDER BARANG Prisilla, Evi Nadya; Farmadi, Andi; Chandra, Heru Kartika
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.6

Abstract

Abstract The rapid development of information and technology has brought a change in mindset of decision and an analysis pattern of information and technology which has become a means to assist human beings in solving both small and big problems. Hardwarestoresstilluse thetraditional way ofengineeringgoodsordersso thatthe inefficiency oftimeand reports.Data mining is a technique to gain knowledge from the data, one the methodsof data miningisassociationwhere this techniqueis usefultofindtheassociativerulealgorithmprioribetweenacombinationof items.In this research, the process of extracting data on sales transactions was occupied. The results obtained from a study using the technique of association by applying apriori algorithm were some rules, and one selected rule with the highest result of multiplying the value of support and confidence if buy B0006 then buy B0001 was 0.047; thus, the transaction of Hardware Banjarbaru Store applied the rule, that was: if you bought skirt, you would buy blouse. Keyword : Association, Apriori Algorithm, Desktop ABSTRAK Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan pola pikir keputusan dan pola analisa teknologi informasi yang saat ini menjadi sebuah sarana untuk membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan baik yang ringan maupun berat. Toko Hardware masih menggunakan cara tradisional dalam teknik order barang sehingga kurang efisiennya waktu dan laporan yang dibuat. Data mining merupakansalahsatuteknikuntukmenggalipengetahuandari data, salahsatumetode data mining adalah asosiasi dimana teknik ini berguna untuk menemukan aturan asosiatif dengan algoritma apriori antara suatu kombinasi item. Pada penelitian ini dilakukan proses penggalian data tentang transaksi penjualan. Hasil yang diperoleh dari penelitian menggunakan teknik asosiasi dengan menggunakan algoritma apriori adalah diperolehnya beberapa rule dan dipilih salah satu rule yang memiliki nilai hasil perkalian support dan confidence tertinggi if buy B0006 then buy B0001 paling besar yaitu 0,047, maka untuk transaksi pada Toko Hardware Banjarbaru menggunakan rule tersebut, yaitu: Jika membeli Rok maka akan membeli Blus. Kata kunci: Asosiasi, Algoritma Apriori, Desktop
RANCANG BANGUN APLIKASI PERMAINAN (GAMES) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA BANJAR Alam, Sutan Takdir; Nugroho, Radityo Adi; Budiman, Irwan
KLIK- KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/klik.v1i1.13

Abstract

Kurangnya pengenalan seni dan budaya Banjar pada saat ini merupakan penyebab utama kurangnya pengetahuan anak tentang seni dan budaya Banjar. Proses penyampaian informasi dengan cara penyampaian lisan juga mempengaruhi minat anak untuk belajar. Penggunaan media permainan dan pembelajaran dalam penyampaian informasi dapat menambah minat anak untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar seni dan budaya Banjar pada anak. Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman flash dan mengangkat materi seni dan budaya Banjar pada mata pelajaran SBK kelas VII SMP IT – ANIC. Pengujian untuk mengetahui apakah aplikasi berhasil memberikan pengaruh pada nilai anak dilakukan pada murid kelas VII di SMP IT – ANIC. Setelah didapatkan nilai – nilai yang diperlukan, maka nilai tersebut dihitung menggunakan metode statistika t-test. Hasil perhitungan dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa aplikasi permainan dan pembelajaran yang dibuat, berhasil dalam memberikan pengaruh positif pada pengetahuan seni dan budaya Banjar murid dan meningkatkan nilai mata pelajaran SBK pada murid yang menjadi sampel uji dalam penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 9