cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Holistik
ISSN : 25277588     EISSN : 25279556     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Holistik Journal for Islamic Social Sciences is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Islamic social sciences. Firstly published in 2016 and has been listed on PDII LIPI on May 27, 2016, Holistik Journal published twice a year, in July and December. This Journal is open to the public, researchers, academics, practitioners and observers of mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2017)" : 2 Documents clear
Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palopo Propinsi Sulawesi Selatan Sanusi, Syamsu
Holistik Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.318 KB) | DOI: 10.24235/holistik.v2i2.1903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk kegiatan MGMP yang meningkatkan kompetensi guru Agama Islam pada SMP Negeri dalam wilayah Kota Palopo. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dalam pengumpulan data, dan triangulasi untuk keabsahan data. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa MGMP Pendidikan Agama Islam melakukan kegiatan sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam dua macam bentuk: Pertama, dalam bentuk pelatihan terdiri atas kegiatan: 1) Inhouse training yang menyajikan tentang pengembangan silabus, penyusunan rencana pembelajaran, dan laporan hasil belajar peserta didik; 2) Pembuatan media pembelajaran; dan 3) Penelitian tindakan kelas. Kedua, dalam bentuk nonpelatihan terdiri atas kegiatan: 1) Diskusi internal guru tentang permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam; dan 2) Pembinaan internal oleh sekolah. Berdasarkan penelitian ini, arah untuk penelitian lebih lanjut diidentifikasikan pada kontribusi pemerintah dan kementerian agama di daerah memfasilitasi pembinaan dan pengembangan profesi guru agama secara berkelanjutan.
Aspek Kunci Reformasi Pendidikan dalam Sekolah Islam Mustofa, aan Najib
Holistik Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.457 KB) | DOI: 10.24235/holistik.v2i2.2119

Abstract

Makalah ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan Islam memainkan peran penting dalam memproduksi generasi muda berkepribadian terpadu dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sekarang. Penelitian ini penting untuk mengatasi kunci perubahan pendidikan pedagogi, kurikuler dan pendekatan pengajaran yang berhubungan langsung dengan  efektifitas implementasi pendidikan Islam di sekolah Islam. Pertanyaan diajukan dalam penulisan ini adalah apakah dan bagaimana sekolah Islam telah berubah untuk memenuhi perubahan dan tantangan dunia global dan apa yang harus dilakukan untuk memastikan sekolah Islam memenuhi kebutuhan masa sekarang. Dengan  berargumen bahwa banyak kebutuhan untuk mereformasi sekolah Islam kontemporer dengan referensi khusus untuk perubahan dalam kurikulum, gaya mengajar, peran sekolah Islam dan partisipasi gender. Paper ini mempertimbangkan kemungkinan untuk mengintegrasikan yang baru perspektif di seluruh kurikulum dan garis besar pendekatan terpadu untuk menjamin kualitas dan keunggulan lulusan mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 2