cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Holistik
ISSN : 25277588     EISSN : 25279556     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Holistik Journal for Islamic Social Sciences is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Islamic social sciences. Firstly published in 2016 and has been listed on PDII LIPI on May 27, 2016, Holistik Journal published twice a year, in July and December. This Journal is open to the public, researchers, academics, practitioners and observers of mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 15, No 1 (2014)" : 8 Documents clear
STUDI MUSTALAHUL HADIS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BUNTET CIREBON Mutiah, Anisatun
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.678 KB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ilmu hadis dimadrasah diniyyah dengan sistem klasikal di Pondok Pesantren DarussalamBuntet Cirebon. Kajian ini dilatari bahwa selama ini materi hadis yang diajarkanlebih menitikberatkan pada aspek pengamalan seperti fikih dan akhlak. Kajianini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanyamenggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapuntemuan kajian ini setidaknya memperlihatkan, (1) Pembelajaran mushthalahulhadis di Pondok Pesantren Darussalam Buntet, ada pada setiap marhalah(kecuali ula), kitab al-Quthufuddaniyah Nadzam Imam Baiquny, marhalahTsalitsah kitab al-Qawaid al-Asasiyyah fi Ilmi Mustahalahul hadis, MarhalahMuhadzarah mengkaji kitab Taisir Musthalahul Hadis karya MahmudThahhan. diampu langsung oleh bapak K.H. Ahmad Rifqi Chowas, denganmetode Bandongan, hafalan, musyawarah dan penugasan.; dan (2) Tujuanyang sangat ditekankan adalah agar para santri dapat memahami hadis ilmuhadis sebagai sumber pedoman hukum Islam dengan baik dan tidak gegabah.Tidak mudah tertipu dan tidak mudah mendhaifkan hadis, menghargai tashhihyang sudah dilakukan ulama ahli hadis. Jangan tergesa-gesa mendhaifkanhadis. Pemahaman santri dapat dilihat dari hasil belajar yang dilakukan setiapsemester (UTS dan UAS) berupa ujian lisan dan kitabah. Dengan kajian kitabyang berjenjang sesuai dengan kelas, para santri dimudahkan dalam memahamiredaksi dan sanad hadis.
KRITIK HADIS PERSPEKTIF GENDER (Studi Atas Pemikiran Fatima Mernissi) Nurkholidah, Nurkholidah
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.501 KB)

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian tentang pemikiran Fatima Mernissi dalam memahami hadis-hadis misoginis. Melalui tulisan ini, Mernissi tampaknya tengah berusaha membangun kembali penafsiran dengan menghubungkan konteks sosialnya. Mernissi berusaha menelusuri khazanah ayat-ayat al-Qur’an, hadis-hadis misoginis yang dimuat dalam Shahîh al-Bukhâri dan Shahîh Muslim ataupun karya- karya lain seperti Târîkh al-Thabâri, syarah Shahîh al-Bukhâriyaitu Fath al-Bârî, al-Isabah fî Tamyîz al-Shahâbah, Thabaqât al-Kubrâ karya ibnSa’ad, Sîrah karya ibn Hisyam dan lain-lain.Dengan pendekatan hermeneutika hadis, kajian ini berkesimpulan bahwa menurut Fatimah Mernissi, teks-teks agama menempatkan posisi laki-laki dan perempuan secara proporsional, tidak menimbulkan bias dan ketidakadilan gender. Mernissi telah berusaha membongkar bangunan penafsiran para ulama klasik, yang menurutnya menunjukkan dominasi patriarkhi. Penelitian yang dilakukan terhadap dua hadîts di atas, bisa jadi merupakan rintisan untuk membangun keilmuan dalam kaitanya dengan studi kritik hadîts, atau yang lebih dikenal dengan kritik sanad dan matan hadîts. Berkaitan dengan relasi antara laki-laki dan perempuan, Mernissi melihatnya lebih sebagai sebuah konstruksi social dari pada sebagai sebuah doktrin agama yang bersifat murni. Dia melihat teks-teks agama yang dipandang otoritatif merupakan sebuah produk pemikiran para ulama, sehingga harus dilihatnya bukan sebagai hasil final dan tidak dapat diganggu gugat. Key Words: Fatimah Mernissi, Kritik Hadis, Hermeneutika Hadis dan hadis- hadis Misogini. 
KIAI PESANTREN DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENGEMBANGKAN PLURALITAS KEBERAGAMAAN DAN TOLERANSI DI KABUPATEN CIREBON Arwani, Wawan
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.017 KB)

Abstract

A rtike l  ini  mende skripsikan  t ent ang  kontribusi  pe santr en  dalam mengembangkan keberagamaan dan toleransi di Kabupaten Cirebon. Kajian ini dilatari bahwa kehidupan keberagamaan selalu menjadi ruang lingkup yang dinamis. Kenyataan yang menyatakan kehadiran agama di tengah masyarakat melahirkan dua kutub yang cenderung mengambil jarak, antara instrumen perekat kedamaian dan sumber konflik. Dengan studi yang mengandalkan metode kualitatif dan pendeketan sosiologis, kajian ini setidaknya menemukan beberapa kesimpulan. Pertama, adanya kecendrungan di kalangan kiai-kiai pesantren yang seringkali disebut sebagai pemegang otoritas keislaman memiliki kemampuan sosial dalam meredam sumber- sumber konflik yang mengatasnamakan agama. Kedua, kontribusi pesantren dalam mengembangkan keberagamaan dan toleransi diperlihatkan dalam keikutsertaannya dalam kepengurusan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan tidak jarang mengikuti kegiatan-kegiatan lintas iman yang mengikutsertakan banyak unsur penganut agama-agama. Kata Kunci: Peran, Kiai Pesantren, Pluralitas, Keberagamaan danToleransi
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA JURUSAN PGMI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL INTELLIGENSI PADA MATA KULIAH MATEMATIKA 2 Winarso, Widodo
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.286 KB)

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang kemampuan pemecahanmasalah matematika melalui penerapan pembelajaran multipelintellegensi. Artikl ini diangkat dari hasil riset untuk mengetahuikecendrungan kecerdasan yang dimiliki dalam menganalisisperbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis multipel intelligensi. Obyek kajiannya adalah mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada mata kuliah matematika. Dengan metode kuantitatif, kajian ini setidaknya menemukan beberapa kesimpulan, (1) kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis multipel intellegensi tergolong cukup baik dengan besar pencapain skor rata-rata 76,78; (2) Kecendrungan kecerdasan yangdimiliki terdapat 3 dominasi terbesar yaitu kecerdasan logikalmatematis, kecerdasan interpersonal, dankecerdasan naturalis; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika yang melalui pembelajaran berbasis multipel intelligensi dengan yang tidak melalui pembelajaran berbasis multipel intelligensi berdasarkan hasil uji paired samples test tersebut, diperoleh nilai signifikansi sebesar0,000 (<0,05); dan (4) Adapun pengaruh penerapan pembelajaranmatematika berbasis multiple inteligensi terhadap kemampuanpemecahan masalah matematika pada taraf signifikasi α = 5 %diperoleh t hitung = 4.870 dan t= 1.710. hal ini menunjukkanthitung ttabeltabel. Pada uji kelinieran regresi diperoleh nilai signifikan0,00 (<0,05) maka ada pengaruh yang signifikan antara penerapanpembelajaran matematika berbasis multiple inteligensi terhadap pemecahan masalaha matematika mahasiswa jurusan PGMIFakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
PERAN GURU BK DAN KONTROL ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HIKAM KOTA CIREBON Alfiani, Dwi Anita
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.151 KB)

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang peran guru bimbingan konseling dan kontrol orang tua dalam memotivasi belajar siswa. Tema ini menjadi penting untuk dikaji dilatari dengan asumsi bahwa motivasi memegang peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi intensitas kegiatan belajar. Dalam muatan motivasi terdapat tujuan yang hendak dicapai dalam belajar. Makin tinggi dan pentingnya tujuan belajar, semakin besar pula motivasinya. Akhirnya, semakin besar motivasi belajar tentu semakin kuat pula kegiatan belajarnya. Kajian ini menempatkan MTs “Darul Hikam” Kota Cirebon sebagai obyek kajian. Dengan memanfaatkan metode kualitatif dan pendekatan psikologi pendidikan, kajian ini melahirkan beberapa kesimpulan. Pertama, peran guru BK dapat dianggap telah memberikan kontribusi yang positif dan dapat membantu orang tua dalam mengontrol perkembangan anak/peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung baik di kelas maupun di luar kelas. Kedua, tugas orang tua dalam melaksanakan fungsi pendidikan di rumah selalu memberikan dorongan dan motivasi-motivasi yang dapat mengantarkan anaknya pada upaya menuju kesuksesan, sehingga segala bentuk kemalasan atau kenakalan apapun dapat diatasi sejak dini. Dan ketiga, bentuk-bentuk Pembinaan Bimbingan dan Konseling di MTs “ Darul Hikam”Kota Cirebon antara lain yaitu: 1. Kreativitas siswa, 2. Melaksanakan hari-hari besar islam 3. Memperingati hari-hari Nasional 4. Pekan olahraga antar MTs se Kota Cireon 5. Lomba pidato, sari tilawah dan MTQ 6. Membiasakan sholat dhuhur berjama’ah 7. Pembentukan karakter siswa. Kata Kunci : guru bimbingan konseling, kontrol orang tua, motovasi belajar dan psikologi pendidikan.
ANALISIS PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DESA KARANGREJO SURANENGGALA CIREBON PADA PEMANFAATAN HASIL LAUT UNTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA Maryuningsih, Yuyun
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.832 KB)

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang persepsi dan partisipasi masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan pada pengolahan dan pemanfaatan hasil laut. Di samping itu, kajian ini juga untuk mengetahui kesejahteraan keluarga dan fokus pemberdayaan nelayan dan pembudidaya ikan. Kajian ini didesain sebagai studi lapangan di Desa Karangreja Suranenggala Cirebon pada pemanfaatan dan pengolahan hasil laut untuk kesejahteraan keluarga. Dengam menggunakan metode kualitatif, kajian menemukan kesimpulan, pertama,. Persepsi dan partisipasi nelayan dan pembudidaya ikan di Desa Karangreja dalam memanfaatkan dan mengolah hasil laut dipengaruhi beberapa faktor, yaitu strata sosial, pendidikan, latar belakang keluarga, tingkat perekonomian, pengetahuan terhadap hukum, pengetahuan terhadap agama, dan kearifan local; kedua, kesejahteraan nelayan dan pembudidaya ikan bukan berasal dari bagaimana mereka memanfaatkan dan mengolah hasil laut tetapi dari mengirimkan istri/anak ke luar negeri menjadi TKW sehingga dibutuhkan pemberdayaan berbasis masyarakat dimana pemberdayaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kata Kunci: persepsi, partisipasi, nelayan, pembudidaya ikan, masyarakat pesisir, kesejahteraan keluarga.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA PEMULA DI PUSAT BAHASA DAN BUDAYA (PBB) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON (Problematika dan Solusinya) Sumiarni, Nanin
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.743 KB)

Abstract

Kajian ini mendeskripsikan tentang berbagai problematika dan solusi atas proses pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa pemula di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dengan metode kualitatif, kajian ini setidaknya menemukan tiga kesimpulan, yaitu (1) Proses pembelajaran bahasa Arab dilakukan secara semi intensif atau menggunakan model perpaduan antara program regular dengan program intensif, dimana karakteristik dari kedua model program pembelajaran bahasa Arab. Proses pembelajaran bahasa Arab diserahkan kepada dosen masing-masing, diantaranya adalah metode langsung, metode tanya jawab, metode audio lingual dan metode tarjamah. Sedangkan median yang digunakan adalah gambar, kartu dan objek langsung; (2) Problematika pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa pemula di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) dilatarbelakangi oleh pendidikan mahasiswa. Mereka yang merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan dan hanya mengenal bahasa Arab sedikit (87.5 %) diantaranya belum pernah belajar bahasa Arab dan (12.5 %) pernah belajar bahasa Arab, sehingga motivasi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab kurang, (75 %) yang belajar di kelompok rendah tidak menyukai bahasa Arab dan hanya (25 %) menyukai bahasa Arab. Di samping itu, masih minimnya media pembelajaran dan dosen yang mengajar selalu selalu bergantian serta adanya penggabungan kelas karena tidak ada dosen pengganti sehingga pembelajaran kurang efektif; dan (3) Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, antara lain: dengan memberi motivasi kepada mahasiswa agar bisa bersemangat dalam belajar, seperti mewujudkan motivasi instrumental dan integrative, menyediakan media pembelajaran yang lebih modern seperti infokus, LCD dan lain-lain, serta menyediakan dosen pengganti yang cukup untuk setiap ship sehingga tidak terjadi penggabungan kelas dan pembelajaran lebih efektif. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Mahasiswa Pemula, PBB IAIN Syekh Nurjati, Problematika dan Solusinya
MANAJEMEN KERJASAMA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pondok Pesantren Alam Internasional Saung Balong al-Barokah Cisambeng Palasah Majalengka) Kurniawan, Asep
Holistik Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.66 KB)

Abstract

Pesantren should not only concentrate on developing religious education only, but also must be concerned local economy. This concern is a manifestation of partnership management between pesantren and community. In fact, many Pesantrens are not able to play such a role in an integrated way. This study aimed to find partnership management patterns in Pesantren Alam Internasional Saung Balong al-Barokah and the community in the context of management education in economics and education. The research method was qualitative. Instruments of collecting data were an interview, unstructured observation, and documentation. Data validation was done through credibility, transferability, dependability and conformability. Techniques of data analysis were done by collecting the data, reducing data, displaying data, and concluding data. Researcher found that Pesantren Alam Internasional Saung Balong al-Barokah successfully worked together in harmony with the community in economic empowerment and education in an integrated way, so could provide the benefits. These findings should be emulated by other pesantren.

Page 1 of 1 | Total Record : 8