cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Holistik
ISSN : 25277588     EISSN : 25279556     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Holistik Journal for Islamic Social Sciences is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Islamic social sciences. Firstly published in 2016 and has been listed on PDII LIPI on May 27, 2016, Holistik Journal published twice a year, in July and December. This Journal is open to the public, researchers, academics, practitioners and observers of mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 2 (2011)" : 9 Documents clear
MODEL TRANSAKSI DINAR DAN DIRHAM DALAM KONTEKS KEKINIAN (Studi Kasus Gerai Dinar ”Nur Dinar” Cirebon) HAERISMA, ALVIEN SEPTIAN
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.411 KB)

Abstract

Mata uang emas (dinar) dan perak (dirham) sudah dikenal sebelum tiba agama Islam. Pada tahun 20 Hijriyah, sistem mata uang dinar dan dirhamini ditetapkan oleh sahabat Umar Ibn Khattab r.a. suatu perbandingan yangsifatnya tetap dalam berat dan kemurnian dinar dan dirham tersebut. Standarini dibakukan sampai saat ini oleh World Islamic Trading Organization (WITO).Nilai tukar dinar dan dirham relatif stabil sepanjang zaman, karena matauang ini memiliki nilai intrinsik sendiri. Melihat pentingnya juga kemanfaatantersebut, maka umat Islam seyogyanya mengetahui adanya lembaga atauinstitusi pergerakan dinar dan dirham sudah lama dan bergerak gunasolialisasi mata uang keduanya. Nur Dinar sebagai agen Gerai DinarJakartamerupakan lembaga yang mengambil sejumlah peran, yaknitempat pertukaran (money changer) dengan dinar, tempat penyimpanan(saving), serta sebagai modal produktif. Berangkat dari pemikiran danpembuktian diatas, maka rumusan masalahnya, diantaranya: (1) Apakahdefinisi dinar menurut Nur Dinar?, (2) Bagaimana model transaksi berbasisdinar di Nur Dinar?, (3) Apa motivasi penggunaan mata uang dinar di NurDinar?, dan (4) Apa strategi Nur Dinar dalam pengembangan dinar untukmasa yang akan datang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan ataunaturalistic (qualitatif approach). Pendekatan ini mengangkat gambaranmengenai aktualitas, realitas sosial dan persepsi sasaran penelitian tanpatercemar oleh pengukuran formal. Sesuai fokus penelitian, sehingga sumberdan teknik pengumpulan data terdiri 3 bagian: (1) data tentang dinar, baikberupa jumlah dan peredaran dinar di Nur Dinar, data ini didapat dari datadokumentasi, (2) data sebagai sasaran penelitian dengan observasi daripartisipasi masyarakat yang menggunakan jasa layanan di Nur Dinar dan(3) data profil Nur Dinar diperoleh melalui wawancara dengan Owner NurDinar dan dokumen-dokumen lain menjadi the second data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ini dapat disimpulkan, sebagai berikut: (1) Nur Dinar dan konsumen dinar mendefinisikan dinar sama seperti ketetapan oleh Umar Ibn Khattab yaitu dinar seberat 4,25 gram emas 22 karat(berdiameter 23 milimeter), (2) Lembaga ini menerapkan transaksi jualbelidengan akad as-sharf, produk iQirad atau Tabungan Dinar menggunakanakad mudharabah dan produk M-Dinar dengan akad wadiah, (3) Motivasipenggunaan mata uang dinar dan dirham apa yang terkandung di dalamAl-Quran dan Al-Hadits sehingga muslim bertambah yakin bahwa matauang ini memiliki kestabilan guna menuju nilai keadilan dan kesejahteraan bagi penggunanya, dan (4) Strategi Nur Dinar dalam pengembangannya, melihat hasil instrumen analisis SWOT dapat memberikan rekomendasidalam kebijakan strategis (strategic policy) dan kebijakan teknis (technicalpolicy) yang diinginkan, maka penerapan mata uang dinar sama halnyadapat mengembalikan masa kejayaan dan kemakmuran umat sebagairahmatan lil’alamin.
PENGARUH ANTARA PERSEPSI PADA DUNIA USAHA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN SIKAP PADA PROfESI BANKIR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA EKONOMI SUHARTO, TOTO
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.302 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari Pengaruh antara persepsi pada dunia usaha, kecerdasan emosi, sikap pada profesi Bankir, dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon Fakultas Syariah Jurusan Muamalat/Ekonomi Perbankan Islam (MEPI) dengan jumlah sampel penelitian 100 responden yang dilakukan secara acak sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh positif antara: (1) persepsi pada dunia usaha dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi, (2) kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi, (3) sikap pada profesi Bankir dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi. Selanjutnya, terdapat Pengaruh positif antara persepsi pada dunia usaha, kecerdasan emosi, dan sikap pada profesi Bankir secara bersamasama dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi. Oleh karena itu motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan persepsi pada dunia usaha, kecerdasan emosional, dan sikap pada profesi Bankir.
STUDI ILMU MA’ANI (STYLISTIC) TERHADAP AYAT-AYAT SURAT YASIN MULYAWAN, SOPWAN
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.304 KB)

Abstract

Al-qur’an sebagai mu’jizat terakhir yang diperuntukan semua manusia di atasbumi ini syarat dengan susunan tuturan kebahasaan yang sangat tinggi, baikdari segi sastera maupun isinya. Dari alqur’an ini melahirkan berbagai disiplinilmu, baik ilmu agama, sosial,politik, maupun kebahasaan dan lain-lain. Dari aspek kebahasaan terlahir Ilmu Nahu (Gramatikal), Sharaf (Morfologi), Balaghah (Bayan, Ma’ani, Badi’), Rosam(ilmu penulisan), ‘Arudh, Qowafi, Qardh Syi’r, Insya, Khitabah, Tarikh Adab dan Matan Lughah. Ilmu ma’ani adalah satu disiplin ilmu dari tiga belas disiplin ilmu yang dikatagorikansebagai ilmu-ilmu bahasa arab. Ilmu-ilmu ini berfungsi sebagai alat untukmenafsirkan al-Qur’an. Keterkaitan ilmu ma’ani dengan al-Qur’an ini, penelitimemfokuskan kajiannya pada studi ilmu ma’ani terhadap surat-surat yasin.Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini terdapat tiga focus yaitumenemukan uslub-uslub (Style) yang terdapat dalam ayat-ayat surat Yasin ditinjau dari ilmu ma’ani, tingkat keseringan uslub yang digunakan dalam surat Yasin dan tujuan konteks uslub dari setiap ayat surat Yasin ditinjau dari ilmu ma’ani. Pendekatan atau metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan analisa konten analitktik dengan menggunakan Ilmu Ma’ani dan Ilmu Nahu sebagai media analisa. Dan penelitian ini dibatasi pada pokok-pokok kajian amar, Nahyu, Istifham, Tamanni, Nida, Qashr, Fashl dan Washl, Ijaz, Ithnab, dan Musawat. Kesimpulan penelitian ini bahwa uslub-uslub dan tingkat keseringan yang digunakan dalam surat Yasin Kalam Khabari dengan tingkat keseringan sebanyak 39 uslub yang terdiri dari Ibtidaiy sebanyak 19 uslub, Thalabi atau Taraddud sebanyak 7 uslub dan Inkari sebanyak 13 uslub; Kalam Insyai dengan tingkat keseringan sebanyak 32 uslub yang terdiri dari Ghair Thalabi sebanyak 4 uslub; Thalabi sebanyak 28 uslub yang terdiri dari Amar sebanyak 10 uslub, Nahyu sebanyak 2 uslub, Istifham sebanyak 17 uslub,Tamanni sebanyak 6 uslub, Nida sebanyak 3 uslub; Qashar sebanyak 11 uslub yang terdiri dari Haqiqi sebanyak 6 uslub, Idhafi sebanyak 5 uslub; Washal antar ayat dengan و‘athaf sebanyak 33 uslub; Washal antar ayat tanpa و ‘athaf sebanyak 50 uslub yang dikelompokan menjadi 17 kelompok yang berkaitan dengan washal; Ijaz sebanyak 23 uslub yang terdiri dari Ijaz Qashar sebanyak 11 uslub,Ijaz Hadzfi sebanyak 12 uslub; Ithnab sebanyak 21 uslub; Musawat sebanyak 5 uslub. Tujuan konteks ayat yang dikandung dalam setiap uslub terdiri dari Menyamarkan sesuatu kepada selain pendengarnya; Janji Allah; Memperteguh hati mukhatab; Perintah kepada mukhathab untuk memberi peringatan; Celaan, ancaman, hinaan, dan ejekan terhadap orang-orang Quraisy yang tidak beriman; Memberi nasehat dan bimbingan kepada mukhathab (Nabi); Keingkaran dan ancaman, celaan, ejekan orang musyrik Quraisy atas risalah Nabi; Dorongan untuk berbuat; Penyesalan orang musyrik Quraisy; Meminta pengakuan; Kebolehan; Harapan; Menjelaskan kekuasaan Allah; Kesamaan keadaan orang-orang kafir; Pujian dan ucapan selamat; Perintah beribadat kepada Allah; Menunjukan keagungan Allah; Melemahkan orang munafik; Bertujuan membentuk sesuatu; dan Penolakan atas sistem keyakinan orang musyrik dan orang munafik Quraisy dan pensucian Allah dari keyakinan mereka.
PRAKTIKUM PROYEK EKOLOGI BERBASIS KONDISI EKOBIOLOGIS LOKAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN DAN TINDAKAN KONSERVASI MAHASISWA MAKNUN, DJOHAR
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.431 KB)

Abstract

NONE
PENAfSIRAN AYAT-AYAT EKONOMI DALAM AL-QUR’AN (Mengungkap Makna Bai’ Dan Tijarah Dalam Al-Qur’an) LUTFI, ACHMAD
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.961 KB)

Abstract

Salah satu bentuk kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh manusia adalah perdagangan. Dapat dikatakan bahwa perdagangan merupakankegiatan paling tua yang dilakukan oleh manusia dalam mencukupikebutuhan hidupnya. Aktivitas perdagangan merupakan kegiatan yangtidak asing bagi umat Islam. Bahkan jauh sebelum Islam lahir, kegiatanperdagangan telah maju pesat di kalangan orang-orang Arab pra-Islam.Karena salah satu aspek penting perekonomian masyarakat Arab praIslamadalah perdagangan.Mereka telah lama mengenal perdagangan bukan saja dengan sesama Arab,tetapi juga dengannon-Arab. Bahkan Mekah waktu itu merupakan pusat perdagangan dan perbelanjaan internasional yang besar, dan Islam lahir di miliu perdagangan Mekah. Begitu lekatnya Islam dengan aktivitas perdagangan, banyak narasi ayat-ayat al-Qur’an seakan ditujukan kepada para kaum pedagang. Sebagaimana W. Montgomery Watt mendeskripsikan: “kenyataan bahwa al-Qur’an pertama-tama ditujukan kepada kaum pedagang tercermin dalam bahasa dan gagasannya”. Lebih spesifik, pengungkapan perdagangan dalam al-Qur’an dapat ditemui melalui lafadz bai’ dan tijarah. Dalam tulisan berikut ini dipaparkan penelaahan secara tematis terhadap lafadz bai’ dan tijarah berikut derivasinya, yang dianalisis dengan menggunakan teori makkiyyah dan madaniyyah yang digagas oleh Thedore Nöldeke dan dikaji secara hermeneutis.Kata kunci: Perekonomian, Al-Qur’an, Bai’, Tijarah
PENAfSIRAN AYAT-AYAT EKONOMI DALAM AL-QUR’AN (Mengungkap Makna Bai’ Dan Tijarah Dalam Al-Qur’an) MANFAAT, BUDI
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.71 KB)

Abstract

NONE
PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA TENTANG PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS TERHADAP PRILAKU SEKSUAL REMAjA NURHIDAYAH, YAYAH
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.11 KB)

Abstract

NONE
PERAN NYI MAS RARA SANTANG DI BALIK KESUKSESAN SUNAN GUNUNG JATI FATIMAH, SITI
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.369 KB)

Abstract

none
PENGARUH TAREKAT PADA TOPENG CIREBON HAMIDAH, DEDEH NUR
Holistik Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.643 KB)

Abstract

NONE

Page 1 of 1 | Total Record : 9