cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
ISSN : 25498363     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI PEMBANGUNAN (JIM-EKP) is an open access academic journal of students of Development Economics Department published by Development Economics Department, Faculty of Economics and Business, Syiah Kuala University, Banda Aceh, Aceh, Indonesia. It is published four times a year in the months of February, May, August and November.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017" : 16 Documents clear
PENGARUH UTANG PEMERINTAH TERHADAP SUKU BUNGA DI INDONESIA Nurfadhilah, Nurfadhilah; Silvia, Vivi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1804.376 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh utang pemerintah terhadap suku bunga di Indonesia. Data penelitian ini menggunakan data Times Series data tahunan dari tahun 1998 sampai 2016. Metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dengan model Ordinary Least Square (OLS). Penelitian ini menggunakan model Semi Log dengan model Lin-Log. Hasil penelitian menunjukkan bahwa utang pemerintah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap suku bunga. Hal ini dikarenakan peningkatan nominal utang pemerintah yang lebih rendah dari pada peningkatan pertumbuhan ekonomi sehingga kesinambungan fiskal dapat terjaga dan suku bunga dapat dipertahankan pada tingkat yang rendah. Utang yang dilakukan digunakan untuk kegiatan produktif sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Nilai koefisien utang pemerintah  lebih besar dari 1, artinya memiliki sifat elastis. Utang yang dilakukan pemerintah ditujukan untuk menstimulus perekonomian agar mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan tetap menjaga utang pemerintah pada tingkat tertentu atau wajar, agar otoritas moneter dapat menjaga kestabilan tingkat bunga.Kata Kunci:Utang Pemerintah, Suku Bunga, Ordinary Least Square (OLS)
PENGARUH INKLUSI KEUANGAN TERHADAP PDB INDONESIA Anwar, Khairul; Amri, Amri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.547 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh inklusi keuangan terhadap PDB Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder dari tahun 2004 sampai tahun 2015 yang diperoleh dari  World Development Indicator (WDI) dan Financial Access Survey – International Monetary Fund (FAS IMF). Metode analisis data yang digunakan adalah OLS (Ordinary Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inklusi keuangan yang seperti jumlah kantor bank, jumlah ATM, dan jumlah rekening kredit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PDB. Perbankan dan pemerintah diharapkan dapat bekerja sama dengan baik serta berperan dalam menciptakan sektor keuangan yang lebih inklusif agar dapat mendorong meningkatkan PDB. Penelitian selanjutnya diharapkan meneliti bagaimana pengaruh inklusi keuangan terhadap transmisi kebijakan moneter.Kata kunci : Inklusi Keuangan, PDB, OLS, Sektor Keuangan, Moneter.
KAUSALITAS SUKU BUNGA DAN INFLASI DI INDONESIA Ilhamdi, Ridha; Riswandi, Riswandi; Fakhruddin, Fakhruddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.916 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kausalitas antara suku bunga dan inflasi di Indonesia. Kedua variabel tersebut akan diuji hubungan timbal baliknya, baik itu suku bunga terhadap inflasi, maupun inflasi terhadap suku bunga. Perubahan BI Rate akan mempengaruhi beberapa variabel makroekonomi yang kemudian diteruskan kepada inflasi. Perubahan berupa peningkatan level BI Rate bertujuan untuk mengurangi laju aktifitas ekonomi yang mampu memicu inflasi. Penelitian ini memasukan semua data suku bunga dan inflasi di Indonesia pada periode 2005 s.d 2015 sebagai data pengamatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Vector Autoregressive VAR, yang terdiri dari uji unit root, uji lag optimal, uji granger, uji IRF dan uji FEVD. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, selama periode pengamatan tahun 2005 s.d 2015, suku bunga dan inflasi memiliki hubungan dalam jangka panjang, artinya kedua variabel tersebut akan saling menyesuaikan untuk mencapai keseimbangan jangka panjang dan memiliki hubungan kausalitas antar keduanya. Kata Kunci: Suku Bunga, Inflasi, VAR, Uji Granger.
LITERATUR REVIEW HUBUNGAN DEFISIT ANGGARAN DAN INFLASI DI INDONESIA Labibah, Syarifah; Fakhruddin, Fakhruddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1843.558 KB)

Abstract

AbstrakPenulisan ini bertujuan untuk melihat hubungan Defisit Anggaran dan Inflasi. Di lihat dari beberapa literatur review yang dilakukan dalam penulisan ini, hubungan Defisit Anggaran dan Inflasi pada kasus tertentu utang publik menyiratkan bahwa seluruh defisit anggaran pada akhirnya dibiayai melalui seignorage (fungsi tingkat inflasi dan jumlah uang beredar riil) pada kendala anggaran jangka pendek. Pandangan lain menjelaskan hubungan alamiah yang bergantung pada karakteristik moneter dan lembaga keuangan, pada perubahan tingkat harga sekarang berhubungan postif dengan nilai masa yang akan datang dari ekspektasi perubahan jumlah uang beredar. Asumsi lainnya pembagian periode, keuangan defisit anggaran melewati ekspansi moneter yang memiliki fungsi negatif. Asumsi ekspektasi mengenai defisit anggaran yang akan datang terbentuk dari penggunaan informasi yang tersedia relevan pada waktu t. Bagi penulisan selanjutnya disarankan untuk memperluas literatur review dengan mengambil beberapa variabel makro lainnya selain inflasi, serta bagi pemerintah sebaiknya tidak memperbesar defisit anggaran karena dapat berdampak buruk pada proses pembagunan jangka panjang.Kata Kunci: Literatur Review, Defisit Anggaran, Inflasi
Willingness To pay Kualitas Udara Bersih Di Kota Banda Aceh Muazzinah, Muazzinah; Aidar, Nur
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1101.594 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesediaan membayar (Willingness To Pay) masyarakat terhadap kualitas udara. Penelitian dilakukan dikota Banda Acehdengan jumlah sampel 154responden yang berasal dari tiga kecamatanyang jumlah penduduk paling banyak. Model yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square). Terdapat lima variabel bebasdalam penelitian ini yaitu : Pendapatan (INC), pendidikan (EDU), usia (AGE), jenis kelamin (JK), jumlah kendaraan (NV), dan satu variabel terikatyaitu : kesedian membayar kualitas udara bersih (WTP). Hasil regresi menunjukkan hanya variabelpendapatan dan pendidikan yang berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap kesediaan membayar kualitas uadara bersih.Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata per orang akan membayar Rp 11.525/bulan untuk mendapatkan kualitas udara bersih, dan total nilai ekonomis akan kualitas udara bersih mencapai 1.774.943/bulan.Kata Kunci : Willingness To Pay, Kualitas Udara, Udara Bersih.
PERBANDINGAN KONTROL ARUS MODAL DENGAN STABILISASI NILAI TUKAR DI INDONESIA, MALAYSIA DAN THAILAND Wahyuni, Sri Sukma; Rizki, Cut Zakia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.357 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keberhasilan penerapan kebijakan kontrol arus modal dengan stabilisasi nilai tukar di Indonesia dan membandingkan kebijakan tersebut dengan Malaysia dan Thailand. Adapun variabel yang digunakan adalah variabel kontrol arus modal sebagai variabel terikat, sedangkan variabel nilai tukar sebagai variabel bebas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari tahun 1995-2010 dalam tahunan. Sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model deskriptif sejarah komparatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kebijakan kontrol arus modal yang diterapkan di Indonesia pada  Desember 1999 gagal dalam menghadapi krisis. Akan tetapi kegagalan tersebut bukan karena kebijakan tersebut tidak efektif namun karena kebijakan yang diterapkan Indonesia sangat minim dan masih dalam konteks tidak sempurna sehingga kebijakan tersebut tidak dapat menjaga kestabilan nilai tukar rupiah. Sedangkan penerepan kebijakan kontrol arus modal di Malaysia dan Thailand diterapkan dengan sempurna dan berhasil menjaga kestabilaan nilai tukar pada saat krisis di masing-masing negara, walaupun tingkat keberhasilan penerapan kebijakan di kedua negara tersebut berbeda.     Kata Kunci: Arus Modal, Kontrol Arus Modal, Nilai Tukar, Deskriptif Sejarah Komparatif
DAMPAK SISTEM NILAI TUKAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA Syamsuyar, Hidayatullah; Ikhsan, Ikhsan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.279 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak yang ditimbulkan dari nilai tukar dan perubahan sistem nilai tukar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Data yang digunakan adalah data time series tahunan dari tahun 1978 sampai tahun 2015 yang diperoleh dari Federal Reserve Economic Data (FRED) dan World Development Indicator (WDI). Metode analisis data yang digunakan adalah metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai tukar rupiah terhadap dollar (Rp/Dollar) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sedangkan perubahan sistem nilai tukar mengambang terkendali ke sistem nilai tukar mengambang bebas menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi yang digambarkan dari variabel dummy. Sementara variabel nilai tukar (KURS) yang bergantung pada periode sistem nilai tukar (DUMMY) memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan temuan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan pemerintah untuk kembali menerapkan sistem nilai tukar mengambang terkendali agar pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dapat dicapai. Kebijakan ini dapat berjalan dengan baik jika pemerintah mampu menyediakan cadangan devisa yang cukup dengan memperkuat ekspor dan mendorong substitusi impor.Kata kunci: Nilai Tukar, Sistem Nilai Tukar, Pertumbuhan Ekonomi, OLS.
DAMPAK PEMANFAATAN LAHAN KOSONG TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI DI ACEH BESAR Mahyuni, Mahyuni; T. Zulham, T. Zulham; Siregar, Muhammad Ilhamsyah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.629 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi willingness to pay masyarakat Lambaro Angan terhadap konversi lahan kosong untuk kegiatan ekonomi dan industri. Jumlah sampel sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak terhadap masyarakat yang berdomisili di Lambaro Angan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menentukan keinginan membayar konversi lahan kosong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan dan pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness to pay dari konversi lahan kosong. Sedangkan variabel usia berhubungan positif tetapi tidak mempengaruhi willingness to pay konversi lahan kosong. Penelitian ini merekomendasikan agar pemerintah mengembangkan kawasan tersebut menjadi kawasan pusat pertumbuhan industri. Disamping itu penelitian selanjutnya dapat menambah sampel dan diperlukan pengembangan model yang lebih baik misalnya menggunakan metode cross-tab dan dapat menggunaakan eigen value. Kata Kunci : Willingness To Pay, konversi lahan kosong, Regresi Linear Berganda,             Lambaro Angan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG TENAGA KERJA MELAJU DARI KABUPATEN ACEH BESAR KE KOTA BANDA ACEH Bengi, Ayu Simah; Jamal, Abd.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.833 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendorong tenaga kerja melaju dari Kabupaten Aceh Besar ke Kota Banda Aceh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dari 50 responden yang ditentukan melalui snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umumnya tenaga kerja yang melaju dari Kabupaten Aceh Besar ke Kota Banda Aceh bekerja sebagai karyawan swasta dan sebagai wiraswasta, kesempatan kerja di Kota Banda Aceh juga lebih banyak, faktor-faktor yang mendorong tenaga kerja melaju adalah status pernikahan, umur, jenis kelamin, dan keluarga. Jarak dari tempat tinggal ke tempat bekerja bukanlah  suatu permasalahan dalam melaju karena berapa pun jaraknya responden tetap mau melakukan perjalan untuk bekerja, selain itu hampir seluruh responden memiliki kendaraan yang layak digunakan sebagai sarana transportasi ke Kota Banda Aceh. Kata kunci:    Melaju, Tenaga Kerja, Analisis Deskriptif Kualitatif,  Keluarga, snowball sampling.
ANALISIS FAKTOR DALAM NEGERI DAN LUAR NEGERI TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM DI PASAR MODAL INDONESIA Zahara, Mona; Seftarita, Chenny
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1929.242 KB)

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor dalam negeri dan luar negeri terhadap pergerakan harga saham di pasar modal Indonesia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu suku bunga Sibor (singapore interbank offered rate), Libor (London interbank offered rate ), Kurs dan suku bunga SBI. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ARDL (Auto Regressive Distributed Lag), dengan menggunakan data bulanan dari tahun 2006:01 hingga tahun 2016:12. Dalam jangka pendek variabel IHSG dipengaruhi oleh variabel IHSG itu sendiri dan dipengaruhi oleh kurs, suku bunga SBI, Sibor dan Libor. Variabel IHSG, Kurs, dan Libor berpengaruh negatif dan signifikan. Sedangkan suku bunga SBI dan sibor berpengaruh positif tapi tidak signifikan. Namun dalam jangka panjang hanya variabel kurs yang berpengaruh negatif dan signifikan. Bagi otoritas moneter diharapkan mampu menjaga kestabilan nilai tukar agar tidak terdepresiasi ke level yang lebih rendah. Hal ini dilakukan agar menarik kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia sehingga membuat pasar modal indonesia menjadi daya tarik bagi investor asing. Untuk  penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel indeks harga saham di bursa saham luar negeri dan variabel suku bunga luar negeri lainnya serta jangka waktu pengamatan yang lebih panjang untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat.Kata Kunci : IHSG, Sibor, Libor, SBI, danKurs

Page 1 of 2 | Total Record : 16