Jurnal Inspiration
ISSN : -     EISSN : -
Articles 119 Documents
Pemanfaatan Metode Heuristik Dalam Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Semut dan Algoritma Genetika

Aprizal, Aprizal ( Program Studi Sistem Informasi, STMIK AKBA, Makassar )

Jurnal Inspiration Vol 3, No 1 (2013): Jurnal Inspiration Tahun III Edisi 1
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tanpa program komputer hanyalah menjadi sebuah kotak yang tak berguna. Secara umum, pencarian jalur terpendek dapat dibagi menjadi dua metode yaitu metode konvensional dan heuristik. Pemanfaatan metode heuristik yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah pencarian jalur terpendek dengan hasil yang lebih variatif dan dengan waktu perhitungan yang lebih singkat. Pada metode konvensional logika yang dipakai hanya dengan membandingkan jarak masing-masing node dan kemudian mencari jarak yang terpendek. Namun, kelemahan metode konvesional pada keakuratan hasil yang didapatkan serta tingkat kesalahan yang dihasilkan pada perhitungan. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika data yang dibutuhkan hanya sedikit, sebaliknya maka akan menyebabkan peningkatan tingkat kesalahan perhitungan dan penurunan keakuratan. Pemanfaatan teknologi informasi pada pencarian jalur terpendek menghasilkan suatu hasil atau keluaran yang akurat dan tepat, untuk pilihan perjalanan seseorang dengan mempertimbangkan beberapa parameter yang lain. Untuk kasus yang berbeda algoritma akan memberikan hasil yang berbeda, tidak dapat dipastikan bahwa algoritma semut atau genetik yang terbaik. Secara konsep algoritma, metode konvesional lebih mudah untuk dipahami tetapi, hasil yang diperoleh dari metode heuristik lebih variatif. Dengan metode heuristik, waktu perhitungan yang diperlukan lebih cepat 30% dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.

Rekayasa Perangkat Lunak Mobile Commerce Berbasis Wireless Application Protocol (WAP) Pada PT. Anugrah Argon Medica

Sangkala, Sangkala ( Program Studi Teknik Informatika, STMIK AKBA, Makassar ) , Latif, Nuriadah ( Program Studi Teknik Komputer, STMIK AKBA, Makassar )

Jurnal Inspiration Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Inspiration Tahun V Edisi 2
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rekayasa perangkat lunak mobile commerce diharapkan menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengantisipasi proses panjang distribusi pemesanan obat-obatan dan alat kesehatan pada PT. Anugrah Argon Medica. Kebanyakan pemesanan barang dari relasi melalui perantaraan salesman, di mana harus menggunakan surat permintaan (SP) dan penginputannya melalui personal digital assistants (PDA) yang dimiliki masing-masing salesman. Dengan adanya aplikasi mobile commerce maka akan memudahkan para relasi untuk melakukan permintaan obat secara langsung tanpa perantara. Hasil penelitian ini sebagai produk inovatif dalam bentuk prototype diharapkan dapat membantu dalam penyediaan layanan informasi dan transaksi pemesanan berbasis Wireless Application Protocol (WAP). Selain itu dapat memberikan manfaat sebagai pertukaran atau pembelian dan penjualan komoditas-komoditas, jasa, atau informasi pada internet dengan menggunakan mobile handheld devices. Sistem ini memiliki keunggulan dari segi keamanan karena senantiasa bersama dengan pengguna dengan menggunakan media jaringan tanpa kabel. Teknologi mobile commerce ini memungkinkan dapat melakukan transaksi dimana saja tanpa batas waktu dan tempat. Pemanfaatan WAP (Wireless Application Protocol) merupakan suatu bukti bahwa teknologi internet dan telepon bergerak dapat dipadukan untuk beroperasi secara bersama-sama dan saling mendukung. Dengan adanya protokol WAP, maka fungsi telepon seluler atau ponsel selain digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk suara (voice) juga dimungkinkan untuk berkomunikasi dalam bentuk data, yaitu mengakses internet (berkunjung ke berbagai situs WAP, memeriksa email, dan aktivitas browsing lainnya), tanpa harus tergantung pada komputer dan tempat. Perancangan sistem dilakukan melalui 5 bagian utama yaitu : Desain sistem, desain database, desain interface, desain input dan desain output. Output yang dihasilkan dari rekayasa perangkat lunak berbasis WAP ini adalah output order, pesan order dan konfirmasi order dengan M3 gate phone emulator, serta laporan data penjualan.

Optimalisasi Peranan Orang tua Siswa Terhadap Anak Melalui Layanan SMS Gateway (Studi Kasus SMK Komputer Mutiara Ilmu)

Muhajirin, Muhajirin ( Program Studi Sistem Informasi, STMIK AKBA, Makassar )

Jurnal Inspiration Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Inspiration Tahun I Edisi 2
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kesibukan orang tua siswa atau wali siswa entah itu pekerjaan kantor, tugas luar daerah, dan  aktivitas  lainnya  seringkali membuatnya  lupa  akan  kewajibannya  dalam mengotrol keadaan  anak.  Padahal  pengotrolan  siswa  tidak  bisa  efektif  kalau  hanya  pihak  sekolah saja  yang beperan aktif. Terutama dalam pengontrolan  kerajinan dan  kedisipilan  siswa. Oleh  karena  itu, diperlukan  suatu  reminder atau notification untuk mengingatkan orang tua  dan atau wali  siswa dalam melaksankan  kewajibannya.  SMS adalah  suatu  hal  yang sudah sangat tidak asing lagi bagi setiap orang. Notifikasi melalui SMS sudah tentu akan sangat  efektif  dan  tidak  memakan  biaya  yang  banyak.  Untuk  dapat  merealisasikan notifikasi  SMS  ini  diperlukan  sebuah  SMS  Gateway  untuk  mengirimkan  pesan  kepada seluruh orang tua siswa.

Pemilihan Tempat Wisata Di Ternate Dengan Metode Technique Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)

Sumardin, Andi ( Program Studi Teknik Informatika, STMIK AKBA )

Jurnal Inspiration Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Inspiration Tahun IV Edisi 1
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kota Ternate berupa kota kepulauan yang terletak dibawah kaki gunung Gamalama di Provinsi Maluku Utara. Kota ini memiliki banyak potensi wisata seperti keindahan alam, kekayaan budaya, lokasi dan bangunan bersejarah. Penelitian ini bertujuan untuk Rekomendasi PilihanTempat Wisata di Kota Ternate Menggunakan Metode TOPSIS. Metode ini dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah tempat wisata terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Hasil dari proses pengimplementasian metode TOPSIS dapat mengurutkan alternatif dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode TOPSIS dalam pemilihan tempat wisata di ternate dapat memberikan informasi rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi kepada calon wisatawan.

Perancangan Modul Mata Kuliah Perancangan Sistem Digital Berbasis Verilog HDL

Praminasari, Reski ( Program Studi Teknik Komputer, STMIK AKBA, Makassar )

Jurnal Inspiration Vol 2, No 2 (2012): Jurnal Inspiration Tahun II Edisi 2
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Field Programmable Gate Array (FPGA) adalah integrated circuit (IC) digital yang berisi sekumpulan blok-blok logika yang dapat dikonfigurasi. FPGA memiliki tiga sumber daya yaitu blok logika, blok I/O, dan blok interkoneksi. Untuk menunjang ilmu pengetahuan tentang FPGA ini maka pada kurikulum pembelajaran baik untuk tingkat strata satu maupun strata dua yang terdapat pada jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin disajikanlah matakuliah yang mempelajari tentang FPGA. Modul pembelajaran ini dapat membantu dosen maupun mahasiswa untuk memanfaatkan UP2 Board dari Altera sebagai teaching aid dan program Aplikasi Quartus II sebagai Simulator.

Sistem Penilai Source Code Otomatis

Olivya, Meylanie ( Politeknik Negeri Ujung Pandang )

Jurnal Inspiration Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Inspiration Tahun V Edisi 1
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat menganalisis source code program dalam dua bahasa pemrograman yaitu Pascal dan Java, dan kemudian mengimplementasikannya sehingga dapat digunakan untuk memeriksa tugas source code program mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental, dimana penelitian dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap tugas mahasiswa dalam tiga kelas yang berbeda, dua kelas pemrograman Pascal dan satu kelas pemrograman Java. Tiap kelas terdiri dari 30-35 mahasiswa. Banyaknya kasus yang digunakan adalah tiga kasus. Baik mahasiswa maupun dosen memasukkan source code jawaban melalui Web Browser.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat memeriksa source code dalam bahasa pemrograman Pascal maupun Java. Selain itu, banyaknya waktu yang digunakan oleh sistem untuk memeriksa tugas source code dalam satu kelas jauh lebih singkat dibanding waktu kerja manual, sehingga dapat dikatakan bahwa sistem mampu meningkatkan efisiensi kerja dosen.

Perancangan Sistem Pakar Dalam Menentukan Perolehan Produksi Jatropha Curcas Sebagai Bahan Bakar PLTD

Ashari, Ashari ( Program Studi Teknik Informatika, STMIK AKBA, Makassar )

Jurnal Inspiration Vol 1, No 1 (2011): Jurnal Inspiration Tahun I Edisi 1
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penentuan variabel produksi jatropha curcas sebagai bahan bakar pembangkit PLTD sangat menentukan jumlah produksi optimal dan memenuhi standar kualitas sebagai bahan bakar. Variabel produksi yang sangat menentukan dalam produksi jatropha curcas terdiri dari kuantitas metanol, konsentrasi katalis NaOH, suhu reaksi dan waktu reaksi. Hasil keluaran dari sistem pakar ini adalah berupa variabel produksi yang disarankan, hasil produksi yang dihasilkan dan kesimpulan dari hasil produksi optimal dan memenuhi standar sebagai bahan bakar untuk PLTD.

Penerapan E-Gov Melalui Pengembangan Sistem Informasi Dukcapil dan Pemanfaatan Database Kependudukan di Pemerintah Kota Tangerang

Mubarak, Faizul ( Jurusan Sistem Informasi, STMIK Raharja, Tangerang ) , Setiatmi, Valent ( Jurusan Sistem Informasi, STMIK Raharja, Tangerang )

Jurnal Inspiration Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Inspiration Tahun III Edisi 2
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengembangan e‐Gov harus mempertimbangkan prioritas layanan elektronik yang diberikan, infrastruktur yang dimiliki, kegiatan layanan saat ini, dan kondisi anggaran dan sumber daya manusia yang dimiliki. Ketersediaan database kependudukan yang semakin baik saat ini, yaitu berupa Sistem Informasi Kependudukan dan Keluarga (SIAK), merupakan peluang yang akan memberikan manfaat yang maksimal jika dapat dimanfaatkan dalam ragam aplikasi sistem informasi di Pemkab/Pemkot. Semakin besarnya peranan IT dapat diterapkan untuk proses terintegrasi melalui pengembangan Sistem Informasi Dukcapil sebagai implementasi e‐Gov, di mana idealnya e‐Gov diharapkan dapat membantu meningkatkan interaksi antara pemerintah, masyarakat, dan bisnis sehingga mampu mendorong perkembangan politik dan ekonomi.

Analisis Sistem Deteksi Kerusakan Komputer Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining

Lestari, Januar ( Program Studi Sistem Informasi, STMIK AKBA, Makassar )

Jurnal Inspiration Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Inspiration Tahun VI Nomor 1
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan perangkat teknologi saat ini membuat jumlah pengguna komputer semakin meningkat dan bertumbuh setiap tahun. Tuntutan kebutuhan dan lingkungan tersebut menyebabkan semakin pentingnya sebuah teknologi yang bisa memanjakan setiap penggunanya. Pengguna komputer tersebar di seluruh bidang masyarakat dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Sejalan dengan hal ini maka kebutuhan akan pakar komputer semakin dibutuhkan. Pakar komputer yang dimaksud adalah seseorang yang memiliki keahlian khususnya dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kerusakan komputer. Dalam penelitian ini akan diuraikan pakar komputer dalam bentuk sistem komputer yang disebut sistem pakar. Sistem pakar ini merupakan sebuah sistem yang menampung pengetahuan tentang sebuah bidang kepakaran yang biasa dimiliki oleh seorang pakar sehingga cara penggunaan sistem ini layaknya fungsi seorang pakar.

Penerapan Metode Algoritma Genetik Dalam Pengenalan Pola Sinyal Suara Manusia

Yassir, Muhammad ( Pemda Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan )

Jurnal Inspiration Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Inspiration Tahun II Edisi 1
Publisher : Jurnal Inspiration

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sinyal suara yang masuk diekstraksi dengan metode LPC lalu dikodekan menjadi 24 string biner (1 dan 0) yang kemudian menjadi data masukan pada Algoritma Genetik (AG). Metode AG bekerja berdasarkan proses pencocokan pola sinyal suara masukan dengan pola sinyal suara yang telah tersimpan dalam database. Pengambilan keputusan AG bergantung pada pencarian nilai fitnes (kecocokan) terbaik dengan cara memanfaatkan teknik randomisasi dengan melibatkan penyalinan string dan pertukaran string. Pada penelitian ini digunakan suara dari 5 orang target yang dimasukkan dalam 3 database yang berbeda. Sistem pertama menggunakan masing-masing 10 data suara tiap orang, sistem kedua menggunakan masing-masing 7 data suara tiap orang, dan sistem ketiga menggunakan masing-masing 5 data suara tiap orang. Hasil penelitian menunjukkan pengujian sinyal suara yang telah tersimpan dalam database adalah 100% dikenali, dan pengujian untuk sinyal suara baru dari kelima target adalah 72%

Page 1 of 12 | Total Record : 119