cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL PROFESI KEGURUAN
ISSN : 24604399     EISSN : 25287214     DOI : -
Core Subject : Education,
The Jurnal Profesi Keguruan is scientific publication works in the education world by teachers, professors, and the society. Scientific papers published in this journal is an article the results of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. The article can be a result of classroom action research (PTK), experiments, or the work of Innovative teachers. The journal is intended for teachers to professionality development. This journal also means that Universitas Negeri Semarang (UNNES) cooperation with teachers to build conservation character.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Profesi Keguruan" : 6 Documents clear
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelangsungan Hidup Melalui Kelompok Pekerjaan Rumah Dengan Treatment Direct Instruction Di Kelas 9d SMP N 2 Ungaran Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 Suwasti, Eleonora Yosefa
Jurnal Profesi Keguruan Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : LP3 Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7290/jpk.v2i1.10206

Abstract

Rerata ulangan harian peserta didik kelas 9D masih jauh dari KKM yakni 69,56. Rendahnya hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh intensitas belajar di rumah. Salah satu solusi untuk meningkatkan intensitas belajar di rumah adalah dengan pemberian PR (Pekerjaan Rumah). Namun, pemberian pekerjaan rumah yang biasa dilakukan oleh guru, biasanya kurang mendapat perhatian bahkan diabaikan begitu saja. Akibatnya, kerja keras peserta didik saat mengerjakan pekerjaan rumah kurang mendapat penghargaan serta pekerjaan rumah sering berubah menjadi pekerjaan sekolah karena peserta didik mengerjakannya di sekolah dengan berbagai alasan. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti melakukan kegiatan penelitian terhadap peserta didik kelas IXD sebayak 34 orang anak dengan memberikan pekerjaan rumah secara intens, yang dikerjakan secara berkelompok dengan diberikan Treatment Direct Instruction sebagai stimulus dan motivasi agar peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan harapannya mengalami peningkatan hasil belajar. Analisa data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuatitatif diambil dari nilai pekerjaan rumah dan ulangan harian. Dari nilai pekerjaan rumah terjadi peningkatan dari 91,6 pada siklus I menjadi 93,72 pada siklus II. Demikian juga dengan rata rata nilai ulangan harian meningkat dari 72,72 pada siklus I menjadi 80,68 pada siklus II. Sedangkan data kualitatif diambil dari keaktifan peserta didik pada kegiatan belajar mengajar, kedisiplinan mengerjakan PR dan hasil observasi dari observer. Hampir 100% peserta didik disiplin mengerjakan dan mengumpulkan PR serta keaktifan dalam kegiatan belajar mengalami peningkatan dengan baik.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional Bolgrang Siswa Kelas V SDN Gedong 03 UPTD Pendidikan Kecamatan Banyubiru Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Astuti, Nuri Sri Widi
Jurnal Profesi Keguruan Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : LP3 Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7290/jpk.v2i1.10191

Abstract

Penelitian bertujuan: 1) Menghasilkan permainan bolgrang dalam pembelajaran SD, 2) Menghasilkan permainan bolgrang yang efektif, 3) Menguji permainan bolgrang sebagai media pembelajaran SD. Metode penelitian :1) Modifikasi permainan bolgrang meningkatan aspek psikomotor, kognitif dan afektif, 2) Modifikasi permainan bolgrang efektif meningkatkan kebugaran jasmani, 3) Modifikasi permainan bolgrang sebagai alternatif pembelajaran. Kesimpulan, permainan bolgrang menghasilkan produk efektif untuk keterampilan gerak dan nilai karakter disiplin, tekun, tanggung jawab, ketelitian, kerja sama, toleransi, percaya diri, dan keberanian.
Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 Budiyanti, Budiyanti
Jurnal Profesi Keguruan Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : LP3 Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7290/jpk.v2i1.10195

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kompetensi berpidato dan perubahan perilaku siswa dengan menggunakan model pembelajaran ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak pada Peserta Didik Kelas IX D SMP Negeri 2 Banyubiru semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes berpidato mengalami peningkatan terbukti dari rata-rata tes berpidato 75,83 (siklus I) dan 83,33 (siklus II). Ada perubahan perilaku yaitu keaktifan, tanggung jawab, percaya diri, keberanian dan peserta didik meningkat.
Peningkatan Kompetensi Menulis Puisi Melalui Three Fun Diksi Berbasis Film Dokumenter Kelas VIIId SMP Negeri 3 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Rahayuningsih, Rahayuningsih
Jurnal Profesi Keguruan Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : LP3 Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7290/jpk.v2i1.10203

Abstract

Menulis puisi salah satu karya sastra yang dipelajari di sekolah. Walaupun demikian banyak peserta didik yang berpikir bahwa menulis puisi itu sulit. Hal ini karena mereka berpikir bahwa kemampuan menulis puisi itu merupakan bakat dan sulit dipelajari. Menurut mereka kesulitan dalam menulis puisi adalah bagaimana menuangkan ide atau imajinasi karena minimnya diksi atau kata-kata yang dimiliki. Rumusan masalah bagaimana peningkatan kompetensi menulis puisi pada peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 3 Ambarawa semester II tahun pelajaran 2014/2015 melalui three fun diksi berbasis film dokumenter? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan seberapa banyak peningkatan kompetensi menulis puisi dan perubahan perilaku peserta didik. Teknik pembelajaran three fun diksi berbasis film dokumenter dilakukan dua siklus. Terjadi peningkatan sikap baik, yaitu pada siklus satu 50% dan siklus dua 78,37%, peningkatan menulis puisi, yaitu pada siklus satu 61,11% dan siklus dua 94,59%, dan peningkatan ulangan harian, yaitu siklus satu 72,22% dan siklus dua 91,89%
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Di Kelas VIIh SMP 5 Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Purwanto, Agus
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : LP3 Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7290/jpk.v2i1.10204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan Metode Examples Non Examples. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP 5 Kudus kelas VII H tahun pelajaran 2014/2015 dalam kenyataannya masih mengalami kesulitan berkaitan dengan pemahaman konsep IPA. Kesulitan tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Daya serap siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 76. Atas dasar masalah ini, penelitian tindakan kelas ini dilakukan. Dengan mengambil metode pembelajaran Examples Non Examples diharapkan aktivitas belajar anak meningkat dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik, paling tidak dapat mencapai nilai KKM. Ternyata hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa sekaligus hasil belajar siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 75 meningkat menjadi 76 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78 pada siklus II. Jika dihitung dalam persentase ketuntasan belajar diperoleh hasil 62,5% prasiklus, 68% siklus I, dan 84% siklus II.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Writing Descriptive Text Melalui Team Pair Solo Based on My Idol Kelas VII A SMP Negeri 3 Ambarawa Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 Susilowati, Sri
Jurnal Profesi Keguruan Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : LP3 Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7290/jpk.v2i1.10190

Abstract

The purpose of this study was to describe the changes in the mindsets of students and improving the competence to write a descriptive passage Team Pair Solo models. E class VII SMP Negeri 3 Ambarawa totally was 33 people consisting of 18 male and 15 female students. The data collection is done by using the method of observation and performance. This is evident from the observation of changes in attitude / behavior of learners at 0% on the initial conditions, being 6.07% in the first cycle and increased again to 36.4% in the second cycle. Increasing of changing in attitudes / behaviors learners' learning affects the learning outcome. The average grade of 64.7% with the thoroughness 7 learners in the initial conditions increased to 72.2% with the thoroughness of a total of 14 students in the first cycle and increased again to 78.2% by the thoroughness of as many as 28 students in the second cycle. Team Pair Solo learning model can be used as an alternative in the effort to improve the learning active role and learning outcomes.

Page 1 of 1 | Total Record : 6