cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL PROFESI KEGURUAN
ISSN : 24604399     EISSN : 25287214     DOI : -
Core Subject : Education,
The Jurnal Profesi Keguruan is scientific publication works in the education world by teachers, professors, and the society. Scientific papers published in this journal is an article the results of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. The article can be a result of classroom action research (PTK), experiments, or the work of Innovative teachers. The journal is intended for teachers to professionality development. This journal also means that Universitas Negeri Semarang (UNNES) cooperation with teachers to build conservation character.
Arjuna Subject : -
Articles 100 Documents
Peningkatan Kompetensi Menulis Puisi Melalui Three Fun Diksi Berbasis Film Dokumenter Kelas VIIId SMP Negeri 3 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Rahayuningsih, Rahayuningsih
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menulis puisi salah satu karya sastra yang dipelajari di sekolah. Walaupun demikian banyak peserta didik yang berpikir bahwa menulis puisi itu sulit. Hal ini karena mereka berpikir bahwa kemampuan menulis puisi itu merupakan bakat dan sulit dipelajari. Menurut mereka kesulitan dalam menulis puisi adalah bagaimana menuangkan ide atau imajinasi karena minimnya diksi atau kata-kata yang dimiliki. Rumusan masalah bagaimana peningkatan kompetensi menulis puisi pada peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 3 Ambarawa semester II tahun pelajaran 2014/2015 melalui three fun diksi berbasis film dokumenter? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan seberapa banyak peningkatan kompetensi menulis puisi dan perubahan perilaku peserta didik. Teknik pembelajaran three fun diksi berbasis film dokumenter dilakukan dua siklus. Terjadi peningkatan sikap baik, yaitu pada siklus satu 50% dan siklus dua 78,37%, peningkatan menulis puisi, yaitu pada siklus satu 61,11% dan siklus dua 94,59%, dan peningkatan ulangan harian, yaitu siklus satu 72,22% dan siklus dua 91,89%
Teknik Soringja Sebagai Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Materi Biologi Yusro, Usrotun Mursidah
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to improve the ability to solve problems of material science Biology 9F grade students of SMP 2 Undaan Kudus 2011/2012 through Soringja techniques. Soringja technique is learning techniques to determine the ideas about the main steps, summarize and determine the answer. The research was carried out in three cycles with the stages of planning, action, observation and reflection in February-September 2012 from the initial observation to reporting. Data taken in this research is student activities and student learning outcomes. Sources of data obtained from investigators, collaborators, students and related documentation. Data collection through testing, observation and interviews. The results of this study gained an average score of achievement of student activity and learning outcomes of students has increased from previous cycles. It can be concluded that Soringja techniques can improve the ability to solve problems UN Biological material IPA 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal IPA materi Biologi siswa kelas 9F SMP 2 Undaan Kudus tahun 2011/2012 melalui teknik Soringja. Teknik Soringja adalah teknik pembelajaran dengan langkah utama menentukan ide soal, membuat ringkasan dan menentukan jawaban. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi pada bulan februari-september 2012 mulai dari observasi awal hingga pelaporan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sumber data diperoleh dari peneliti, kolaborator, siswa dan dokumentasi terkait. Teknik pengumpulan data melalui tes, obervasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata skor ketercapaian aktivitas siswa  dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus-siklus sebelumnya. Penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik Soringja dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal UN IPA materi Biologi 2011/2012.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Di Kelas VIIh SMP 5 Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Purwanto, Agus
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan Metode Examples Non Examples. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP 5 Kudus kelas VII H tahun pelajaran 2014/2015 dalam kenyataannya masih mengalami kesulitan berkaitan dengan pemahaman konsep IPA. Kesulitan tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Daya serap siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 76. Atas dasar masalah ini, penelitian tindakan kelas ini dilakukan. Dengan mengambil metode pembelajaran Examples Non Examples diharapkan aktivitas belajar anak meningkat dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik, paling tidak dapat mencapai nilai KKM. Ternyata hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa sekaligus hasil belajar siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 75 meningkat menjadi 76 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78 pada siklus II. Jika dihitung dalam persentase ketuntasan belajar diperoleh hasil 62,5% prasiklus, 68% siklus I, dan 84% siklus II.
Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Materi Gejala Alam melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas VIIG SMP 3 Jekulo Kabupaten Kudus Semester 2 Tahun 2012/2013 Purwaningsih, Sri; Purniawati, Ida
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research objective of this class action is to determine whether the model type STAD cooperative learning can increase the motivation to learn science for students of classes VII G SMP 3 Jekulo district on the materials of symptoms nutare and can determine the increase learning achievement in science for students of classes VII G SMP 3 Jekulo districts the material of symptom nature. This study was conducted over seven months starting from the beginning of November 2012 until May 2013. The results of this study states through cooperative learning STAD (Student Team Achievement Division) can increase the motivation to learn science Symptom nature from the initial condition low learning motivation to conditions high-end motivation to learn science. From the results of the study also mentions through cooperative learning STAD (Student Team Achievement Division) can improve learning achievement Symptom nature on the material of the initial conditions of learning achievement averages 47.5  to the final conditions mean 76.32. It can be concluded both theoretically and empirically that cooperative learning STAD (Student Team Achievement division) can improve learning achievement.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar IPA bagi siswa kelas VII G SMP 3 Jekulo kabupaten Kudus pada materi Gejala Alam dan dapat mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA bagi siswa kelas VII G SMP 3 Jekulo kabupaten Kudus pada materi Gejala Alam. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan yang dimulai dari awal bulan November 2012 sampai bulan Mei 2013. Hasil penelitian ini menyebutkan melalui  pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA materi Gejala Alam dari kondisi awal motivasi belajar IPA rendah ke kondisi akhir motivasi belajar IPA tinggi. Dari hasil penelitian juga menyebutkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada materi Gejala Alam dari kondisi awal prestasi belajar IPA rerata 47,5 ke kondisi akhir rerata 76,32. Dapat disimpulkan baik secara teoritik maupun empirik bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement division) dapat meningkatkan prestasi  belajar IPA.  
Upaya Meningkatkan Kompetensi Writing Descriptive Text Melalui Team Pair Solo Based On My Idol Kelas VII A SMP Negeri 3 Ambarawa Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 Susilowati, Sri
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to describe the changes in the mindsets of students and improving the competence to write a descriptive passage Team Pair Solo models. E class VII SMP Negeri 3 Ambarawa totally was 33 people consisting of 18 male and 15 female students. The data collection is done by using the method of observation and performance. This is evident from the observation of changes in attitude / behavior of learners at 0% on the initial conditions, being 6.07% in the first cycle and increased again to 36.4% in the second cycle. Increasing of changing in attitudes / behaviors learners learning affects the learning outcome. The average grade of 64.7% with the thoroughness 7 learners in the initial conditions increased to 72.2% with the thoroughness of a total of 14 students in the first cycle and increased again to 78.2% by the thoroughness of as many as 28 students in the second cycle. Team Pair Solo learning model can be used as an alternative in the effort to improve the learning active role and learning outcomes.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perubahan sikap perilaku peserta didik dan peningkatan kompetensi menulis bacaan deskriptif dengan model Team Pair Solo. Kelas VII A SMP Negeri 3 Ambarawa yang berjumlah 33 orang yang terdiri atas 18 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan unjuk kerja. Hal ini terlihat dari hasil observasi perubahan sikap/perilaku belajar peserta didik sebesar 0% pada kondisi awal, menjadi 6,07% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 36,4% pada siklus II. Peningkatan perubahan sikap/perilaku belajar peserta didik ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata kelas dari 64,7% dengan ketuntasan 7 peserta didik pada kondisi awal meningkat menjadi 72,2% dengan ketuntasan sebanyak 14 peserta didik pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,2% dengan ketuntasan sebanyak 28 peserta didik pada siklus II. Model pembelajaran Team Pair Solo dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan peran aktif dan hasil belajar. 
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelangsungan Hidup Melalui Kelompok Pekerjaan Rumah Dengan Treatment Direct Instruction Di Kelas 9d SMP N 2 Ungaran Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 Suwasti, Eleonora Yosefa
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rerata ulangan harian peserta didik kelas 9D masih jauh dari KKM yakni 69,56. Rendahnya hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh intensitas belajar di rumah. Salah satu solusi untuk meningkatkan intensitas belajar di rumah adalah dengan pemberian PR (Pekerjaan Rumah). Namun, pemberian pekerjaan rumah yang biasa dilakukan oleh guru, biasanya kurang mendapat perhatian bahkan  diabaikan begitu saja. Akibatnya, kerja keras peserta didik saat mengerjakan pekerjaan rumah kurang mendapat penghargaan serta  pekerjaan rumah sering berubah menjadi pekerjaan sekolah karena peserta didik mengerjakannya di sekolah dengan berbagai alasan. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti melakukan kegiatan  penelitian  terhadap peserta didik kelas IXD sebayak 34 orang anak dengan memberikan pekerjaan rumah secara intens, yang dikerjakan secara berkelompok dengan diberikan Treatment Direct Instruction sebagai stimulus dan motivasi agar peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan harapannya mengalami peningkatan hasil belajar. Analisa data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuatitatif diambil dari nilai pekerjaan rumah dan ulangan harian. Dari nilai pekerjaan rumah terjadi peningkatan dari 91,6 pada siklus I menjadi 93,72 pada siklus II. Demikian juga dengan rata – rata nilai ulangan harian meningkat dari 72,72 pada siklus I menjadi 80,68 pada siklus II. Sedangkan data kualitatif diambil dari keaktifan peserta didik pada kegiatan belajar mengajar, kedisiplinan mengerjakan PR dan hasil observasi dari observer. Hampir 100% peserta didik disiplin mengerjakan dan mengumpulkan PR serta keaktifan dalam kegiatan belajar mengalami peningkatan dengan  baik.
Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Bagi Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan-2 SMK Negeri 2 Kebumen Pada Semester 1 Tahun 2015/ 2016 Margiyoto, Margiyoto
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problems in this study is whether the service of group guidance with role play technique can improve speaking skills class XI student of Mechanical Machining-2 SMK Negeri 2 Kebumen in the 1st half year 2015/2016; What is the procedure implementation guidance services group with role playing techniques performed in class XI-2 Mechanical Machining SMK Negeri 2 Kebumen in the 1st half year 2015/2016; Is there any significant difference before and after using the service of group guidance with role playing techniques in class XI student of Mechanical Machining-2 SMK Negeri 2 Kebumen in the 1st half year 2016. Implementation 201/5 in group counseling techniques of playing this role is done in two cycles, each cycle consists of two rounds, free subject material students do spontaneously and topic assignments made by the counselor. Based on the discussion and in-depth study be concluded that through guidance services group role play technique can improve the skills of speaking of initial conditions 27.80% to 70% so that increased 42.20%.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik bermain peran dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas XI Teknik Pemesinan-2 SMK Negeri 2 Kebumen pada semester 1 pada tahun 2015/2016; Bagaimanakah prosedur pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik bermain peran yang dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan-2 SMK Negeri 2 Kebumen pada semester 1 tahun 2015/2016; Apakah ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan layanan Bimpok dengan teknik bermain peran pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan-2 SMK Negeri 2 Kebumen pada semester 1 tahun 201/5 2016. Pelaksanaan dalam bimbingan kelompok teknik bermain peran ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 putaran, materi topik bebas dilakukan siswa secara spontan dan topik tugas dibuat oleh konselor. Berdasarkan pembahasan dan kajian yang mendalam diperoleh simpulan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran dapat meningkatkan ketrampilan berbicara dari kondisi awal 27,80% menjadi 70% sehingga meningkat 42,20%.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional Bolgrang Siswa Kelas V SDN Gedong 03 Uptd Pendidikan Kecamatan Banyubiru Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Astuti, Nuri Sri Widi
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan : 1) Menghasilkan permainan bolgrang dalam pembelajaran SD, 2) Menghasilkan permainan bolgrang yang efektif, 3) Menguji permainan bolgrang sebagai media pembelajaran SD. Metode penelitian :1) Modifikasi permainan bolgrang meningkatan aspek psikomotor, kognitif dan afektif, 2) Modifikasi permainan bolgrang efektif meningkatkan kebugaran jasmani, 3) Modifikasi permainan bolgrang sebagai alternatif pembelajaran. Kesimpulan, permainan bolgrang menghasilkan produk efektif untuk keterampilan gerak dan nilai karakter disiplin, tekun, tanggung jawab, ketelitian, kerja sama, toleransi, percaya diri, dan keberanian.
Peningkatan Kompetensi Materi Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas X TPEM 2 SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Fatwa, Nur
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem of this research was how the students’ active participation and competence static fluid material for the students of class X TPEM 2 SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan in the second semester  academic year 2014/2015 using the guided inquiry experiment learning  model. This research was carried out in two cycles, each cycle was conducted in three meetings. The research shows that the students’ competence increased from 72,59 in cycle I to 85,22 in cycle II. It also proves that the students’ active participation improved.within the two cycles.Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keaktifan dan kompetensi materi fluida statis bagi peserta didik kelas X TPEM 2 SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 melalui model pembelajaran eksperimen inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus tiga kali pertemuan. Terjadi peningkatan rata – rata kompetensi fluida statis dari 72,59 pada siklus I menjadi 85,22 pada siklus II. Keaktifan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II juga meningkat.
Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 Budiyanti, Budiyanti
widiyanto Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan
Publisher : widiyanto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kompetensi berpidato dan perubahan perilaku siswa dengan menggunakan model pembelajaran ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis  Kartu Acak  pada Peserta Didik Kelas IX D SMP Negeri 2 Banyubiru semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes berpidato mengalami peningkatan terbukti dari rata-rata tes berpidato 75,83 (siklus I) dan 83,33 (siklus II). Ada perubahan perilaku yaitu keaktifan, tanggung jawab, percaya diri, keberanian dan peserta didik meningkat.

Page 1 of 10 | Total Record : 100