cover
Filter by Year
Eksergi
EKSERGI -Jurnal teknik Energi merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Konversi Energi Politeknik Negeri Semarang sebagai wadah informasi bidang teknik energi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Terbit pertama kali tahun 2005, dengan no. ISSN 0216-8685 frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan Januari, Mei dan September. Jurnal Eksergi visi besar untuk memajukan budaya akademik masyarakat ilmiah Indonesia dengan menjadikan Jurnal Eksergi sebagai media komunikasi dan publikasi bagi dosen , praktisi dan ilmuwan tentang karya ilmiah hasil-hasil penelitian, survei, studi kasus dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan teknik energi. Adapun bidang teknik energi yang menjadi fokus bahasan dalam Jurnal Eksergi meliputi : 1. Pembangkitan Energi 2. Energi Terbarukan 3. Mesin Konversi Energi 4. dll
Articles
88
Articles
Studi Upaya Penghematan Energi Listrik pada Gedung Asthabrata PT Mekar Armada Jaya

Nugraha, Anjas Yanuar, Kurdi, Ojo

Eksergi Vol 14, No 1 (2018): JANUARI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Audit energi merupakan kegiatan untuk mengidentifikasi jenis energi dan mengidentifikasikan besarnya energi yang digunakan pada bagian-bagian operasi suatu industri/pabrik atau bangunan serta mencoba mengidentifikasi kemungkinan penghematan energi. Audit energi yang dilakukan pada yaitu fokus pada penggunaan sistem pencahayaan dan sistem pendinginan. Gedung Asthabrata merupakan gedung di PT Mekar Armada Jaya yang berada di tengah-tengah kawasan autobody manufacturing PT Mekar Armada Jaya. Gedung yang digunakan sebagai kantorBidang Engineering. Dari data yang didapat konsumsi energi Gedung Asthabrata untuk sistem pencahayaan yaitu sebesar 50,8 kWh perhari, untuk sistem pendinginan sebesar 143,48 kWh perhari. Tingkat pencahayaan semua ruangan di gedung Asthabrata belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Indonesia. Kapasitas AC untuk semua ruangan di gedung Asthabrata belum memenuhi standar menurut perhitungan rumus yang ditetapkan. Hasil dari simulasi penghematan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan lampu jenis LED dapat mengurangi jumlah energy sebesar 55% dari lampu jenis flourence. Untuk sistem pendinginan dilakukan simulasi penghematan dapat diketahui bahwa dengan menggunakan AC jenis inverter dapat mengurangi jumlah energy sekitar 56% dari AC jenis biasa. Dilihat dari simulasinya dapat ditarik kesimpulan bahwa simulasi ketiga dengan AC merek B paling signifikan dalam mengurangi jumlah penggunaan energy sebesar to73,1 kWh/hari. Kata Kunci: Audit energi, Sistem pencahayaan, Sistem pendinginan

Aplikasi Gas Buang Untuk Pengeringan Produk Pertanian

Darmanto, Seno, Sriyana, Sriyana, Sasono, Eko Julianto

Eksergi Vol 14, No 1 (2018): JANUARI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rancang bangun peralatan pengering dengan kalor gas buang pada dasarnya terdiri dari 4 (empat) bagian utama yakni ruang pengering dan rak, ruang penampung gas buang, ducting penukar kalor dan cerobong gas buang. Pembangkitan energi dalam bentuk kalor dibangkitkan dari gas buang mesin diesel dengan spesifikasi berturut-turut adalah 4 HP, 6 HP, 8. Uji unjuk kerja mesin pengering dengan mengaplikasikan kalor gas buang dari mesin diesel 6 HP dan 8 HP menghasilkan capaian temperatur kerja di ruang pengering relatif rendah yakni di bawah 40oC. Selanjutnya aplikasi kalor gas buang dari mesin diesel dengan ouput daya 10 HP mampu menghasilkan pencapaian temperatur kerja di atas 40oC. Uji unjuk kerja mesin pengering dengan mengaplikasikan kalor gas buang dari mesin diesel 18 HP dapat menghasilkan capaian temperatur kerja di ruang pengering mencapai ±50 C.Kata kunci: pengeringan, gas buang, temperatur kerja

Optimisasi Ketebalan Chassis Kendaraan untuk Pengurangan Konsumsi Bahan Bakar Minyak Menggunakan Metode Elemen Hingga

Kurdi, Ojo

Eksergi Vol 14, No 1 (2018): JANUARI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Bahan bakar minyak jumlahnya terbatas sehingga penggunaannya perlu diminimalkan atau jika memungkinkan digantikan dengan bahan bakar lain yang dapat diperbaharui. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak adalah dengan mengurangi berat kendaraan, karena berat kendaraan sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, semakin berat kendaraan, maka semakin banyak bahan bakar yang harus dipergunakan. Dalam makalah ini akan dikemukakan optimisasi ketebalan chassis mobil pedesaan dengan menggunakan metode elemen hingga. Tujuan dari optimisasi ini adalah untuk mendapatkan berat chassis yang seringan mungkin tetapi masih aman jika dilihat dari segi tegangan dan defleksi yang terjadi akibat beban yang diberikan. Kata kunci: Konsumsi bahan bakar, berat kendaraan, chassis, metode elemen hingga

Pengaruh Pembersihan Kimiawi Dan Mekanik Terhadap Kinerja Intercooler St24 Pada PLTGU Indonesia Power UPJP Priok

Suprihanto, Agus

Eksergi Vol 14, No 1 (2018): JANUARI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Intercooler ST24 pada PLTGU UPJP Priok merupakan alat penukar panas (heat exchanger) yang berfungsi mendinginkan uap. Alat ini menggunakan media air laut sebagai pendinginnya. Kondisi air laut yang kotor menyebabkan penurunan kinerja perpindahan panasnya. Guna mengembalikan kinerjanya, pembersihan kimiawi dan mekanik telah diterapkan. Berdasarkan analisis kinerja yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa pembersihan tube intercooler secara mekanik dapat meningkatkan laju perpindahan kalor intercooler sebesar 66.53%, sedangkan pembersihan intercooler secara kimiawi dapat meningkatkan laju perpindahan kalor intercooler mencapai 82.04%. Hal ini menunjukkan penmbersihan menggunakan kimiawi lebih efektif dibandingkan secara mekanik.. Kata kunci:alat penukar panas tipe shell dan tube, efektivitas perpindahan panas

Pemodelan Aliran Gas Buang Turbin Gas dalam Sistem Exhaust Plenum Tipe Fr-9E

Widyanto, Susilo Adi

Eksergi Vol 14, No 1 (2018): JANUARI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembelokan aliran gas buang turbin gas dengan temperatur 560 Cmerupakan kondisi kritis dalam sistem operasi exhaust plenum. Selain mengalami beban thermal yang cukup tinggi, dinding dalam (liner sheet) exhaust plenum mengalami tekanan akibat kecepatan aliran yang besarnya sekitar 36 m/detik yang sifatnya tidak terdistribusi merata pada seluruh dindingnya. Paper ini membahas tentang simulasi pola aliran, distribusi tekanan dan distribusi temperatur pada struktur liner sheet sistem exhaust plenum. Pada simulasi pertama liner sheet dimodelkan tanpa clamp bar, sedangkan pada pemodelan kedua liner sheet ditempel clamb bar yang berfungsi sebagai pengikat liner sheet terhadap schallop bar dan frame. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pemasangan clamp bar yang disesuaikan dengan arah aliran terbukti mampu meningkatkan keteraturan pola aliran terutama pada dinding samping dimana proses pembelokan arah aliran terjadi. Kata kunci: exhaust plenum, clamp bar, frame, liner sheet, turbin gas

Penurunan Tahanan Pembumian dengan Menggunakan Campuran Gypsum dan Arang Pada Elektroda Plat

Widyaningsih, Wiwik Purwati, Mulud, Teguh Harijono, Afiliani, Kurnia

Eksergi Vol 13, No 3 (2017): SEPTEMBER 2017
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan nilai tahanan pembumian serendah mungkin dengan menggunakan soil treatment yaitu campuran antara gypsum dan arang pada electrode plat yang terbuat dari tembaga, penelitian ini dilakukan di sebelah utara bengkel mesin Politeknik Negeri Semarang. Jenis tanah yang digunakan untuk penelitian ini adalah tanah liat dengan kondisi kering (pada kondisi tidak hujan dan tidak disiram air). Penelitian ini menggunakan metode tiga titik (three point methode). Campuran gypsum dan arang diletakkan diatas elektrode plat, perbandingan antara gypsum dan arang yang diletakkan diatas elektroda plat seperti berikut : massa gypsum 1,5 kg : 0,5 kg massa arang , massa gypsum 0,5 kg : 1,5 kg arang dan massa gypsum 1 kg : 1 kg arang. Kedalaman penanaman elektrode plat 60 cm, nilai tahanan pembumiannya sebesar 78,1 Ω. Kata kunci: Tahanan Pembumian, Elektroda, Soil Treatment.

Sistem Pengoperasian dan Sistem Perawatan PT. PJB UP Brantas Plta Sutami Malang

Arianto, Yoga Ian, Wahyono, Wahyono

Eksergi Vol 13, No 3 (2017): SEPTEMBER 2017
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PLTA Sutami merupakan pembangkit listrik tenaga air terbesar di Jawa Timur, dengan  kapasitas daya yang dihasilkan sebesar 3 x 36000 KW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengoperasian unit pembangkit pada PLTA Sutami serta pentingnya pelaksanaan pemeliharaan pada PLTA Sutami. Metode yang digunakan untuk pengambilan data  yaitu dengan cara melakukan peninjauan langsung ke lapangan dan melakukan konsultasi dengan berbagai pihak yang bekerja dilingkungan PLTA Sutami.Sistem operasi pada PLTA Sutami (turbin, generator dan sebagainya) menggunakan master controller one man control. Pengontrolan untuk menjalankan (starting), menghentikan (stoping) dan pengaturan beban dilaksanakan secara remote dari control room.Unit pembangkitnya dapat dikerjakan dan dikontrol secara otomatis pada setiap tahap operasi. Selain sistem pengoperasian yang tidak kalah pentingnya juga adalah pemeliharaan. Tujuan utama adanya pemeliharaan pada pembangkit adalahagar kemampuan produksi daya listrik denagan sesuai permintaan, menghindari kegiatan maintenance atau pemeliharaan yang dapat membahayakan keselamatan para pekerja, dan dapat mencapai tingkat biaya pemeliharaan serendah mungkin, dengan melaksanakan kegiatan pemeliharaan secara efektif dan efisien. Kata kunci : PLTA Sutami, Sistem Operasi, Pemeliharaan.

Analisa Perbandingan Penambahan Kalor dan Laju Aliran Massa Pada Condensate Water System PLTU Unit 1 Dan 2

Suwarti, Suwarti, Prasetiyo, Budhi

Eksergi Vol 13, No 3 (2017): SEPTEMBER 2017
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Condensate water system adalah siklus air pada PLTU dari hot well sampai dengan deaerator, dalam PLTU ini terjadi pemanasan sehingga terjadi penambahan kalor. Pada Unit 1 terjadi penambaha kalor bersih sebesar 24621,34 kkal/s dan unit 2 sebesar 25569,85 kkal/s. Heat Loss pada unit 1 sebesar 444,62 kkal/s dan unit 2 255,352 kkal/s. Sedangkan beban pada saat pengambilandata pada unit 1 lebih kecil daripada unit  sehingga laju aliran massa condensate water system pada unit 1 lebih kecil daripada unit 2. Kata kunci: condensate water system, kalor, heat loss, laju aliran massa

Analisis Aliran Pada Rotor Turbin Angin Sumbu Horisontal Menggunakan Pendekatan Komputasional

Sinaga, Nazaruddin

Eksergi Vol 13, No 3 (2017): SEPTEMBER 2017
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pemanfaatan energi angin di Indonesia terkendala oleh rendahnya kecepatan rata-rata angin di kebanyakan wilayah Indonesia. Oleh karena itu perlu diupayakan dan dikembangkan teknologi yang dapat digunakan untuk memanfaatkan energi angin yang berkecepatan rendah ini sehingga dapat diterapkan secara komersial. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memantapkan kemampuan dalam melakukan analisis dan perancangan turbin angin untuk berbagai parameter yang mempengaruhi karakteristik turbin angin. Dalam tulisan ini dikemukakan hasil-hasil perhitungan numerik 2 dan 3 dimensi dari suatu turbin angin yang terdapat di Laboratorium Efisiensi dan Konservasi Energi, Universitas Diponegoro. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan model simulasi perhitungan yang nantinya dapat digunakan untuk menganalisis dan merancang turbin angin dengan berbagai variasi parameter, misalnya sudut pitch, sudut yaw, sudut tilt, sudut precone, diameter rotor, jenis airfoil, kecepatan angin, intensitas turbulensi, dan sebagainya. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak ANSYS FLUENT dengan model turbulensi k- standard dan Spalart-Allmaras, pada sebuah turbin angin sumbu horizontal 3 sudu berdiameter 120 cm menggunakan airfoil NACA 4415 dengan panjang chord terlebar 153 mm. Kecepatan angin divariasikan dari 2,5 m/s - 3,4 m/s dengan kecepatan rotor 355 rpm, dengan sudut serang dari 0 - 16 derajat serta sudut pitch 23 - 26 derajat. Kesimpulan utama yang dihasilkan dari studi ini adalah bahwa analisis aliran pada turbin angin dapat dilakukan dengan metoda numerik dengan hasil yang cukup baik. Kesimpulan lainnya adalah bahwa model turbulensi k- standard memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan model turbulensi Spalart-Allmaras. Dari simulasi ini juga dihasilkan rancangan rotor turbin angin yang dapat bekerja pada kecepatan angin yang lebih rendah dibandingkan dengan turbin angin yang dimiliki saat ini. Kata kunci : turbin angin, wind turbine aerodynamics, blade design, computational fluid dynamic

Turbin Angin Vertikal Sudu Aerofoil NACA 0018 Series Berbasis Konstruksi Helical/Twist Terhadap Variasi Sudut Sudu

Herlambang, Yusuf Dewantoro, Hendrawati, Dwiana, Sudjito, Sudjito

Eksergi Vol 13, No 3 (2017): SEPTEMBER 2017
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan turbin Gorlov dengan geometri sudu aerofoil NACA 0018 terhadap variasi sudut bukaan sudu untuk mendapatkan karakteristik unjukkerja turbin yang optimal. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk : (1) merancang model-model sudu helical/twist turbin Gorlov menggunakan sudu aerofoil NACA 0018; (2) membuat model-model turbin Gorlov terhadap variasi sudut bukaan sudu 50, 100, 150, dan 200; (3) menguji dan mengambil data turbin Gorlov terhadap variasi sudut sudu 50, 100, 150, dan 200; (4) mengkaji optimasi sudut bukaan sudu turbin Gorlov dan analisis optimasi model turbin Gorlov tersebut yang difungsikan sebagai penggerak mula untuk mendapatkan karakteristik yang optimum; (5) mengkaji analisis pemodelan numerik/analisis modeling (analisis struktur menggunakan software ANSYS dan analisis aerodinamis menggunakan software Fluent, Computational Fluid Dynamics/CFD). Metode penelitian ini meliputi beberapa tahap mulai perancangan/desain, pembuatan, assembling dan installing, pengujian alat, dan analisis. Secara ringkas sebagai berikut, Tahap awal adalah menyiapkan cetakan sudu aerofoil NACA 0018 series dan mulai dibuat sudu aerofoil dengan ketebalan sudu/thickness maksimum 18% dari lebar sudu/chord. Material sudu dibuat dari campuran serat kayu, ram, resin epoksi dengan perbandingan tertentu. Kemudian diameter turbin 550 mm dan tinggi/panjang turbin adalah 800 mm. Turbin Gorlov dibuat 4 model rotor masing-masing dengan sudut sudu tertentu. Rotor Gorlov dihubungkan dengan poros dan prony break. Pada tahap dihasilkan 4 model penggerak turbin angin Gorlov. Tahap selanjutnya adalah uji karakteristik model dengan variabel penelitian sudut bukaan sudu 50, 100, 150, 200. Kinerja turbin yang paling baik adalah yang menghasilkan koefisien daya paling tinggi. Hasil pengujian diperoleh nilai Coefficient of Power tertinggi 0,0727 dengan tsr 0,263 daya turbin 7,059 watt pada putaran 195,5 rpm pada sudut bukaan sudu 15°. Nilai Tip Speed Ratio (TSR) tertinggi sebesar 0,3321 yang terdapat pada sudut bukaan sudu 20°. Coefficient of Toque (Ct) turbin tertinggi pada sudut sudu 15° sebesar 0,0830 dengan nilai Tip Speed Ratio (TSR) 0,263 pada putaran 239,3 rpm dengan torsi 0,075 Nm. Kata kunci : NACA 0018, Sudut Bukaan Sudu, Sudu Heliks, Turbin Gorlov