cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Rekayasa Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Rekayasa Mesin(d/h MANDEGANI) diterbitkan sejak 1997, dengan frekuensi 3 kali setahun. Misi : media komunikasi bagi dosen, praktisi, dan ilmuwan tentang karya ilmiah (scientific article) hasil-hasil penelitian, survei, studi kasus dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan teknik mesin, meliputi topik/tema seperti perancangan mesin, instalasi, perawatan & perbaikan mesin, bahan konstruksi & komponen mesin, teknik pengerjaan logam, pembuatan komponen mesi n, pengujian bahan dan komponen mesin, teknik pengukuran & kontrol kualitas proses/produk industri manufaktur, manajemen & teknik produksi industri manufaktur, pembentukan dan pengembangan desain produk, aplikasi komputer dalam sistem kendali & operasi mesin, mesin-mesin kalor & fluida, sistem pembangkitan energi, mesin pendingin & pengkondisian udara, pembangkitan energi alternatif & terbarukan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 1 (2014): April 2014" : 6 Documents clear
Rancang Bangun Alat Simulasi Steel Stri Feeder Sistem Pneumatik Dengan Kontrol PLC (Politeknik Negeri Semarang), Suyadi, Nanang Budi Sriyanto, Dichi Yanuar Pratama,
Rekayasa Mesin Vol 9, No 1 (2014): April 2014
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Alat pengumpan plat (strip steel feeder) adalah alat yang bergerak secara otomatis menggunakan gaya dorong pneumatik dengan cara menarik plat gulungant sampai ke proses punchingoleh preestool, alat inilah yang dijadikan acuan perancangan simulasi. Rancang bangun ini  untuk memberikan gambaran  mengenai simulasi Steel Strip Feeder sistem pneumatik dengan menngunakan kontrol PLC. Analisis jumlah siklus per menit dijadikan acuan kinerja dari simulasi Steel Strip Feeder. Proses perancanganalat diwujudkan dalam bentuk beberapa alternatif desain kemudian dipilih desain terbaik dengan metode dominan biner sebagai desain utama. Pada saat dilakukan pengujian, simulasi Steel Strip Feeder dapat berjalan sesuai dengan harapan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa gaya dorong silinder pneumatik teori dan praktek berbeda 2% pada tekanan 1 bar dan jumlah siklus simulasi yang dihasilkan tiap menit pada tekanan 1 bar adalah 32,3 kali.Kata Kunci : “feeder”, “Simulasi”, “pneumatik”, “PLC”.
Membangun Perangkat Lunak Otomasi Perancangan Dan Penggambaran Roda Gigi Matahari Dan Pinion Untuk Gardan Mobil Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Mata Kuliah Elemen Mesin (Politeknik Negeri Semarang), Anwar Sukito Ardjo, Agus Slamet, Sulasih, Nur Saada, Yusuf,
Rekayasa Mesin Vol 9, No 1 (2014): April 2014
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggambaran roda gigi matahari dan pinion pada AutoCAD memerlukan data hasil perhitungan secara manual. Agar hasil perhitungan dapat langsung digambarkan secara cepat , maka harus disusun program yang menggabungkan keduanya. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun perangkat lunak otomasi perancangan dan penggambaran roda gigi  matahari dan pinion untuk gardan mobil menggunakan bahasa pemrogramn Visual LISP yang terdapat pada AutoCAD. Diharapkan perangkat lunak yang dibangun dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran mata kuliah Elemen Mesin karena akan diperoleh gambar pasangan roda gigi matahari dan roda gigi pinion pada AutoCAD secara langsung, dengan mudah memeriksa apakah hasil perhitungan sudah menghasilkan gambar yang benar. Metode yang digunakan adalah  SDLC (System Design Life Cycle) yang terdiri dari tahap-tahap: Software Requirements Analysis, Design, Coding, Testing, and Maintenance. Hasil otomasi penggambaran gambar kerja maupun gambar rakitan Crownwheel dan Pinion membutuhkan waktu rata-rata 3.5 detik. Antarmuka program memberikan tiga pilihan penggambaran yang terdiri dari: Gambar Crownwheel Gear, Gambar Pinion Gear, dan Gambar Gabungan.Kata Kunci: “Otomasi Perancangan dan Penggambaran”, “Roda Gigi Matahari dan Pinion”, “Gardan”, “Pemrograman Visual LISP”, “SDLC”.
Analisis Kerusakan Middle Axle Truk Renault Kerax DXI 440 Tipe 17 x 35 (Politeknik Negeri Semarang), Wahju Djalmono Putro, Anwar S. Ardjo, Munaputra,
Rekayasa Mesin Vol 9, No 1 (2014): April 2014
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melaksanakan analisis penyebab kerusakan pada Middle Axle  pada truk Renault Kerax 440 tipe 17 x 35. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: mengenali gangguan-gangguan yang terjadi, pengumpulan data, praktek di lapangan, studi literatur, diskusi, proses analisis, dan pembahasan. Hasil dari analisis yang dilakukan ditemukan sejumlah tiga jenis kerusakan. Kerusakan yang ditemukan adalah inter axle mengalami pecah pada bagian spider disebabkan oleh kesalahan prosedur pengoperasian oleh operator, kondisi jalan atau medan yang dilalui oleh unit, dan perawatan yang tidak tepat (misalnya dalam penggunaan oli). Cara mengatasinya adalah pada saat proses overhaul, inter axle harus diganti dengan komponen yang baru dan juga dianjurkan juga untuk memakai oli yang direkomendasikan oleh truk Renault yaitu oli SAE 140. Thrust washers inter wheel yang mengalami keausan disebabkan oleh seringnya perbedaan putaran antara roda kiri dan kanan dikarenakan amblas, sehingga pergantian putaran inter wheel terjadi, kemudian terjadi gesekan antara thrust washer dengan Main Differential Case. Cara mengatasinya adalah mengganti komponen thrust washer dengan komponen thrust washer yang baru. Main differential case yang mengalami keausan disebabkan oleh seringnya perbedaan putaran antara roda kiri dan kanan dikarenakan amblas, sehingga pergantian putaran inter wheel terjadi, kemudian terjadi gesekan antara Main Differential Case dengan thrust washers. Cara mengatasinya adalah melakukan perbaikan setelah dilakukan overhaul atau mengganti dengan yang baru.Kata Kunci : “Middle axle”, “Truck Renault Kerax Dxi 440”, “inter axle”, “spider”, “thrust washer”, “inter wheel”, “main differential case”.
Teknik Pengodolan Kapuk Dari Buah Randu Dengan Metode Rotasi Rotor 14 Batang Pengodol (Politeknik Negeri Semarang), Suryanto, Suparni Setyowati Rahayu, Roni S, Tio F, Nur A., Putut W.
Rekayasa Mesin Vol 9, No 1 (2014): April 2014
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknik pengodolan rancang bangun ini berawal dari pengamatan secara langsung mesin yang ada di Desa Karaban,perancangan mesin pengodol kapuk dengan rotasi rotor 14 batang, dan perancangan mekanisme transmisi penggerak motor listrik daya ½ HP. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki kinerja mesin pengodol kapuk dengan penerapan teknik pengodolan dengan desain yang dikembangkan.Hasil pengujian kinerja mesin pengodol kapuk dengan dengan variasi putaran poros utama, yaitu 700 rpm, 1050, 1400 rpm, dan 2100 rpm, menunjukkan bahwa hasil optimal kinerja mesin pada putaran poros 1400 rpm dengan kualitas kebersihan kapuk urai6 biji/kg kapuk urai hasil odolan. Kapasitas kapuk urai yang dihasilkan 10 kg/jam dengan daya listrik½ HP sesuai untuk usaha rumah tangga.Kata kunci : Pengodolan  Kapuk Buah Randu
Kinerja Kapal KM. Mantis Untuk Pukat Udang Ganda Kembar Universitas Diponegoro Semarang, Budhi Santoso 1), Sarwoko 2) 1).Akademi Tek. Perkapalan Veteran Smg
Rekayasa Mesin Vol 9, No 1 (2014): April 2014
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi kinerja kapal motor ini didasarkan pada penggantian penggunaan alat tangkap. Penggantian alat tangkap dari doubel rig shrimp trawl menjadi doubel rig shrimp twin trawl. Sedangkan lambung kapal dan sistem propulsi tidak berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan tahanan kapal, resistensi alat tangkap, dan engine matching propeller. Sehingga kita dapat mengetahui kinerja kapal setelah penggantian sistem alat tangkap tersebut. Identifikasi Kapal dan sistem propulsi dilakukan pada kapal ikan jenis trawl. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai dasar untuk membandingkan perhitungan dan analisis kemampuan dengan kebutuhan daya mesin utama yang diperlukan oleh kapal. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang telah dilakukan didapatkan bahwa kondisi mesin yang terpasang tidak mampu memenuhi kebutuhan kapal dengan adanya perubahan alat tangkap. Untuk mengatasi hal permasalahan tersebut maka penulis merekomendasikan dengan perubahan baling-baling, dengan perubahan diameter propeller dan penambahan daun baling-baling sehingga mesin utama yang ada dapat bekerja maksimal. Dengan menggunakan perhitungan dan analisis kembali dengan baling-baling dianjurkan dan daya yang dibutuhkan untuk optimal oleh mesin utama di kapal FV Mantis.Keyword :” Performance”,” Traw”l,” Resistance”, “Engine Matching Propeller”
Rancang Bangun Pompa Air Tenaga Angin Untuk Pengairan Sawah Menggunakan Vertical Wind Turbine Tipe Savonius (Politeknik Negeri Semarang), Sugiyanto, B. Tulung Prayoga, Andhi Akhmad Ismail,
Rekayasa Mesin Vol 9, No 1 (2014): April 2014
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pompa air sangat efektif untuk  pengairan sawah terutama untuk daerah yang ketersediaan air tidak tercukupi sepanjang tahun, tetapi penggunakan pompa air juga mempunyai dampak ekonomi terhadap petani karena petani harus mengeluarkan biaya lebih untuk pembelian bahan bakar dan sewa pompa air tersebut. Sehingga diperlukan suatu alat yang dapat menjadi pompa air tanpa harus mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Di sisi lain, sawah sebagai salah satu lahan terbuka, memberikan perpindahan udara yang cukup untuk membantu terjadinya angin. Angin jika dimanfaatkan secara tepat bisa dijadikan sebagai energi  alternatif penggerak pompa air. Dari analisa lapangan didapatkan kondisi lahan pertanian terbuka di daerah itu mempunyai laju kecepatan angin yang termasuk kategori rendah, yaitu berkisar 2 – 3 m/detik. Dengan kondisi ini memerlukan perancangan turbin angin  yang mampu bekerja pada kondisi kecepatan angin yang rendah. Maka pemilihan turbin angin vertikal (VAWT) menjadi alternative terbaik. Tipe VAWT yang dipakai adalah tipe Savonius banyak tingkat untuk memungkinkan mendapatkan torsi yang tinggi. Pompa air tenaga angin dengan mekanisme pompa tali seal karet dapat digunakan untuk membantu sistem  pengairan  sawah.  Hasil pengujian skala laboratorium dengan bantuan blower sebagai sumber energi angin adalah pada putaran turbin 30.8 rpm dan putaran poros output 55 rpm debit yang dihasilkan 2,6 liter/menit. Pada putaran turbin 39 rpm dan putaran poros output 68 rpm debit yang dihasilkan 3,4 liter/menit. Sedangkan pada putaran turbin 39.5 rpm dan putaran poros output 71,7 rpm debit yang dihasilkan 4,2 liter/menit.Keywords : “Pompa Air Tenaga Angin”, “Vertical Axis Wind Turbine”, “Rotor Savonius”, “Pengairan Sawah”

Page 1 of 1 | Total Record : 6