cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
CHEMPUBLISH JOURNAL
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2018): Chempublish Journal" : 5 Documents clear
Uji Aktivitas Toksisitas Dan Antimikroba Flavonoid Total Daun Benalu (Dendrophthoe pentandra (L) Miq) Dari Pohon Glodokan (Polyalthia longifolia) FAHMI, ALIYAH; Bulan, Rumondang
CHEMPUBLISH JOURNAL Vol 3 No 1 (2018): Chempublish Journal
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/chp.v3i1.4733

Abstract

Penelitian mengenai uji aktivitas toksisitas dan antimikroba flavonoid total daun benalu (Dendrophthoe pentandra (L) Miq) dari pohon glodokan (Polyalthia longifolia) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas toksisitas dari flavonoid total daun benalu pohon glodokan berdasarkan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)  menggunakan larva udang Artemia salina Leach diperoleh Lethal Concentration (LC50) sebesar 30.06 mg/L yang berarti memiliki aktivitas toksisitas yang toksik sementara untuk aktivitas antimikroba dari flavonoid total daun benalu pohon glodokan dengan Metode Difusi Agar diperoleh diameter zona hambat pada Streptococcus  mutans pada konsentrasi sampel flavonoid total pohon glodokan 3%, 6% dan 9 % adalah 6; 9 dan 17.25 mm, pada Escherichia coli adalah 3.55; 4.25 dan 9.15 mm dan pada Candida albicans adalah 8.30; 4 dan 5.30 mm dimana semakin besar konsentrasi maka daya hambat pada S. mutans dan E. coli semakin besar namun pada C. albicans kurang mempengaruhi tetapi memiliki aktivitas hambat yang baik sehingga efektif dikembangkan sebagai zat antimikroba.
Analisa Biogas Berbahan Baku Enceng Gondok dan Kotoran Sapi Siswanto, Jatmiko Edi; Susanto, Adi
CHEMPUBLISH JOURNAL Vol 3 No 1 (2018): Chempublish Journal
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/chp.v3i1.4806

Abstract

Teknologi biogas pada umumnya teknologi biogas yaitu memanfaatkan kandungan bahan organik untuk pertumbuhan mikro ganisme yang berpotensi untuk menghasilkan biogas. bahan baku utama pembuatan biogas ini mengunakan enceng gondok, kotoran sapi dan penambahan air dengan perbandingngan 25%:75%:5.Ltr, 75%:25%:5.Ltr, 50%,50%:5.Ltr, Pada pengujian awal mengunakan Galon 20 liter yang dilengkapi, thermometer,manometer dan ban untuk penampung gas. Berdasarkan dari pengujian selama 15 hari fermentasi perbandingan 25%:75%:5.Ltr, adalah komposisi dengan proses fermentasi tercepat dan tekanan gas tertinggi 900 Pa pada hari ke 6 . Pada pengujian Selanjutnya dengan menggunakan skala drum 200 liter dengan perbandingan 25%:75%:5.Ltr , pembentukan biogas terjadi pada hari pertama sampai hari ke 21 untuk pencapaiyan gas optimal terjadi pada hari ke 7 sebesar 10,000 Pa.
PEMBUATAN NATA DARI KULIT PISANG RAJA (Musa paradisiaca L.) Wardi, Epi Supri; Fendri, Sandra Tri Juli
CHEMPUBLISH JOURNAL Vol 3 No 1 (2018): Chempublish Journal
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/chp.v3i1.4922

Abstract

Telah dilakukan penelitian pembuatan Nata dari kulit pisang raja (Musa paradisiaca L) dengan memvariasikan kadar sukrosa dan pH dalam proses pembuatannya, bakteri Acetobacter xylinum digunakan digunakan untuk proses fermentasi. Variasi sukrosa yang digunakan yaitu ; 25 gram, 30 gram, dan 35 gram. Variasi pH yang digunakan yaitu : pH 3, 4, dan 5. Hasil Nata memperlihatkan bahwa nata terbaik didapatkan pada penambahan sukrosa 35 gram dan pH 4.
Penetapan Kadar Pati PENETAPAN KADAR PATI PADA BUAH SUKUN (Artocarpus altilis L) MENGGUNAKAN METODE LUFF SCHOORL IFMAILY, IFMAILY
CHEMPUBLISH JOURNAL Vol 3 No 1 (2018): Chempublish Journal
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/chp.v3i1.5056

Abstract

Zat penting dalam memenuhi kebutuhan gizi salah satunya amylum atau pati, sebagai sumber energi  manusia  di dunia,   diperkirakan 80%    bersumber dari pati. Industri bahan makanan di dunia saat ini, memproduksi pati berkisar 50 juta ton per tahun, dan laju pertumbuhan 7,7 % per tahun, dan perkembangan produksi pati dunia oleh industri makanan modern sudah merangsang berbagai pihak untuk mengidentifikasi polisakarida ini dari sumber baru   ( Jong dan Adi, 2007:54 ). Kandungan pati ada pada beras, jagung, kacang, juga pada buah-buahan, salah satunya buah sukun. Penelitian bertujuan untuk    menentukan kadar pati pada buah sukun (Artocorpus altilis L ) terkait  dari  jumlah,   kadar, dan bentuknya. Pati   merupakan    bahan   dasar    di   industri  makanan   atau    bahan tambahan untuk pembuatan tablet di industri farmasi. Penetapan kadar dilakukan menggunakan metode Luff Schoorl. Hasil penelitian diperoleh rendemen pati buah sukun 7,167 %  dari  ekstrak,  kadar  air  pada  buah  sukun  sebesar  0,69 %,  kadar    abu   pada   sukun    sebesar   0,45%. Filtrat  dari   pati    buah      sukun direaksikan dengan larutan Luff Schoorl lalu dilakukan pemanasan menggunakan pendingin tegak lalu dititrasi dengan Na2S2O3. Hasil dari penetapan kadar pati yang diperoleh dari buah sukun yaitu sebesar 71,67%, dengan bentuk pati bulat dan bulirnya tidak rapat.
Learning Management System (LMS) Sebagai Aplikasi Pengembangan Materi Interaktif Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Berbasis Computer Assisted Instruction. Sanova, Aulia
CHEMPUBLISH JOURNAL Vol 3 No 1 (2018): Chempublish Journal
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/chp.v3i1.5078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protype desain produk e-learning berbasis LMS menggunakan aplikasi moodle, khususnya pada materi Daur Biogeokimia yang di pelajari pada mata kuliah Kimia Lingkungan. Proses pembelajaran dalam LMS ini mengakomodasi beberapa konten dengan berbagai vitur yaitu course content yang mencakup artikel, materi modul yang dikemas dalam bentuk interaktif flash animasi, tugas/ujian, dan video pembelajaran dan penugasan untuk mengukur pencapaian mahasiswa Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) modifikasi Sugiyono. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yang ditentukan secara convenience sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi dan media serta  tangggapan mahasiswa terhadap produk yang telah dikembangkan melalui angket. Tanggapan ahli menunjukkan e-learning berbasis Moodle sangat layak dari segi media dan layak dari segi materi. Hasil angket tanggapan siswa pada uji coba skala kecil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan tanggapan positif dimana para mahasiswa sangat tertarik dan memberikan respon jika aplikasi LMS moodle merupakan bentuk inovasi dalam alternatif proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5