cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 95 Documents
REGULASI DIRI DAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SYAFRIDA, RINA
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 8, Nomor 2, November 2014
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan karena rendahnya keterampilan social anak kelas III pada SDS di Kelurahan Jatisampurna Bekasi. Anak-anak tidak mau terlibat dalam kegiatan kelompok teman sebaya dan lebih suka melakukan kegiatan yang bersifat individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial, pengaruh regulasi diri terhadap keterampilan sosial dan pengaruh regulasi diri terhadap intensitas penggunaan smartphone. Variable penelitian yaitu: Intensitas penggunaan smartphone (X1), Regulasi diri (X2) dan keterampilan sosial (X3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survey dan teknik analisis jalur. Sampel populasi adalah kelas III SDS, Kelurahan Jatisampurna Bekasi sebanyak 50 anak. Hasil penelitian menunjukkan intensitas penggunaan smartphone berpengaruh langsung positif terhadap keteram-pilan sosial. Regulasi diri berpengaruh langsung positif keterampilan sosial. Regulasi diri berpengaruh langsung positif terhadap intensitas penggunaan smartphone.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ARIYATI, TATIK
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 8, Nomor 1, April 2014
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan informasi dan data tentang upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan TK kelompok B melalui media gambar di TK ‘Aisyiyah 5 Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah 2013. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel terdiri dari 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan anak TK kelompok B melalui media gambar dapat meningkat. Analisis data diperoleh dari membandingkan data prasiklus dan pascasiklus.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ROHMAWATI, AFIFATU
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 9, Nomor 1, April 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang efektivitas pembelajaran di kelas A2 TK Miftahul Huda Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan analisa data model milles dan Huberman. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran berjalan efektif karena adanya pembiasaan serta adanya kesesuaian antara visi dan misi sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas,(2) Adanya kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran serta sikap dan kemampuan guru dalam memberikan keteladanan pada anak, (3) keberhasilan orangtua dalam mencapai pembelajaran yang efektif pada anak tidak terlepas dari adanya pola asuh orangtua yang dipengaruhi oleh latar belakang sosial ekonomi keluarga serta intensitas waktu yang digunakan bersama dengan anak, (4) Kepedulian masyarakat dalam membantu keberhasilan sekolah menyelenggarakan pembelajaran yang efektif, (5) Adapun bentuk kerjasama para stakeholder dilakukan dengan menjalin komunikasi serta pelibatan dalam kegiatan sekolah.
PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA RAHMAT, PUPU SAEFUL; HERYANI, TUTI
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 8, Nomor 1, April 2014
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata dan membaca anak. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen terhadap siswa kelompok B di TK Baugenvil Kabupaten Kuningan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata pada pembelajaran anak TK B dapat membantu perkembangan kemampuan membaca dan penguasaan kosa kata anak lebih baik daripada anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan belajar dengan menggunakan media kartu kata lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi guru dengan siswa dalam proses perkembangan bahasa anak.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BILANGAN DAN OPERASINYA DI KELAS III SD MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN ATURAN WIDAYATI, SRI
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 7, Nomor 1, April 2013
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bilangan dan operasi bilangan di SD Kelas 3 melalui kegiatan bermain dengan aturan. Penelitian dilakukan di sekolah dasar Islam Kabupaten Ciputat Tangerang Selatan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2012. Metode yang digunakan adalah model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan melalui satu siklus yang terdiri dari 7 sesi, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (mencerminkan). Subjek penelitian adalah kelas III B di MI Ciputat Tangerang Selatan yang terdiri dari 37 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penelitian berupa hasil tes uji data pra siklus dan siklus I. Analisis data yang diperoleh dari perbandingan antara hasil tes kemampuan bilangan dan operasi matematika pada pra siklus dan siklus I. Data yang analisis adalah persentase kenaikan dari 29,6 % dari awal data pra siklus rata-rata kelas hanya 52,2 sampai 81,8 pada hasil post-test untuk belajar matematika siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bilangan dan operasi matematika di SD kelas 3 dapat ditingkatkan melalui bermain dengan aturan.
PENGARUH PERMAINAN DAN KEMAMPUAN MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA RACHMI, TITI
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 9, Nomor 1, April 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh antara permainan dan kemampuan menyimak terhadap kemampuan bercerita siswa kelompok B Taman Kanak-kanak di Tangerang. Penelitian dilakukan pada bulan Maret dan April menggunakan metode eksperimen faktorial 2x2 dengan treatment by level. Penelitian ini menggunakan sampel 63 siswa taman kanak-kanak kelompok B terdiri dari 33 siswa berasal dari RA Al-Muhajirin dan 30 siswa berasal dari TK Bina Madani menggunakan teknik multistage sampling. Berdasarkan dari analisis data yang diperoleh, dapat ditarik kesimpulan diantaranya (1) kemampuan bercerita siswa yang diberikan permainan dramatik lebih tinggi daripada siswa yang diberikan permainan kontruktif, (2) Terdapat interaksi antara permainan dan kemapuan menyimak terhadap kemapuan bercerita siswa, (3) Kemampuan bercerita siswa yang memiliki kemapuan menyimak tinggi dan diberikan permainan dramatik lebih tinggi dari kelompok siswa yang diberikan permainan konstruktif, (4) Kemampuan bercerita siswa yang memiliki kemampuan menyimak rendah dan diberikan permainan dramatik lebih rendah dari kelompok siswa yang diberikan permainan konstruktif.
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR DENGAN PENDEKATAN OPEN-INQUIRY AISIYAH, LAILY NUR
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 8, Nomor 1, April 2014
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini yaitu untuk mengetahui secara komprehensif upaya peningkatan keterampilan proses sains dasar anak kelompok B di TK Muslimat 02 Singosari Malang. Penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Data dikumpulkan melalui partisipan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Analisis data dan interpretasi mengindikasikan bahwa pendekatan open-inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar di kelompok B TK Muslimat 02 Singosari Malang. Pendekatan open inquiry yang telah dilakukan di penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap bermain, tahap pengembangan berpikir asosiatif, tahap tantangan, dan tahap investigasi. Hasil temuan merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan pendekatan open-inquiry dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan keterampilan proses sains dasar.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA-TULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG ABJAD KONTEKSTUAL LESTARI, NI GUSTI AYU MADE YENI
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 7, Nomor 2, November 2013
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pelaksanaan kegiatan bermain dengan media wayang abjad kontekstual untuk meningkatkan kemampuan baca-tulis permulaan. Penelitian dilakukan di TK Dwi jaya Marga, Tabanan-Bali siswa kelompok B. Literasi diperlukan agar anak dapat memberikan gambaran yang ada dalam pikirannya. Metode usedin penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Tanggart. Tindakan yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari enam perlakuan. Untuk setiap siklus pada tahap perencanaan, tindakan, monitoring dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak TK B2 Dwijaya Marga, Tabanan-Bali, mencapai 29 anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif . Analisis data kuantitatif yang diperoleh berdasarkan pada peningkatan kemampuan baca-tulis anak dari pra-intervensi dengan siklus kedua, sebesar 23,69 %. Hsil ini melebihi kesepakatan antara peneliti dan kolaborator sebesar 20%. Berdasarkan peningkatan persentase memperoleh hypothesisis aksi diterima. Analisis data kualitatif didasarkan pada model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) menampilkan data, dan (3) verifikasi oleh observasi, wawancara, dan dokumentasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang abjad kontekstual dapat meningkatkan kemampuan baca-tulis permulaan anak. Anak dalam menguasai semua aspek literasi dini menggunakan media wayang abjad kontekstual akan mengarah pada akuisisi keaksaraan awal.
PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI MINANG YUNINGSIH, RESTU
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 9, Nomor 2, November 2015
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini melalui pembelajaran gerak dasar tari minang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri 01 Sungai Pagu dengan jumlah 12 orang anak, dilaksanakan dari bulan Maret sampai April 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action research) oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 8 kali pertemuan/ tindakan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Pada pra siklus 48,07%, siklus I meningkat menjadi 63,54% dan siklus II menjadi 85,12%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini kelompok B1 yang dilakukan melalui pembelajaran gerak dasar tari minang.
PENINGKATAN PERILAKU ISLAMI ANAK USIA DINI MELALUI METODE KARYAWISATA ARIYANTO, BAMBANG
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 8, Nomor 2, November 2014
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode karyawisata untuk meningkatkan perilaku islami dan apakah metode karyawista dapat meningkatkan perilaku islami anak Kelompok B TK Al-Qodim Metro-Lampung. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan siklus spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari: (a) Perencanaan; (b) Tindakan; (c) observasi; dan (d) Refleksi. Data penelitian ini diambil dari 16 orang anak kelompok B TK Al-Qodim Metro-Lampung pada bulan Juni samapai September 2014. Hasil penelitian ini menujukan bahwa perilaku islami dapat ditingkatkan melalui metode karyawisata. Hasil penelitian menujukan peningkatan dari pra penelitian rata-rata 35,40%, hasil tindakan siklus I meningkat rata-rata kelas menjadi sebesar 71,40% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,90%.Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan metode karyawisata sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dapat mengeksporasi berbagai macam pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat mengembangkan semua aspek potensial sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Page 1 of 10 | Total Record : 95