cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dakwah
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
ANALISIS KONDISI BISNIS BPRS DALAM MENGANGKAT PASAR INDUSTRI JASA PERBANKAN Efendi, Rahmat; Mikhriani, Mikhriani
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

Today many bank grow in area districtof Sleman. Increasingly fiercecompetition makes bank are required to further innovate, and have effectivestrategies in order to achieve customer satisfaction as users of banking service.BPRS MCI is one of the banking institutions located in Sleman, in operationcontinues to show positive developments it is not independent of marketattractiveness and business strength BPRS MCI.The results of this studyhave implemented BPRS MCI right strategy in accordance with the multifactorapproach general electric. This is evidenced by the growing number ofcustomers and impressive profits in each years, product quality and servicequalityare increasing.Key Words : Market attractive and business strategy, marketbanking industry owned by BPRS MCI.
ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENYELESAIKAN PEMBIAYAAN BERMASALAH Rahmad, Rahmad; Maryono, Maryono
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusanpada PT BPR Wijayamulya Santosa dan PT BPRS Bangun Drajat Warga dalammenyelesaikan pembiayaan bermasalah. Meliputi faktor-faktor penyebab terjadinyapembiayaan bermasalah, mekanisme pengambilan keputusan dalam pembiayaanbermasalah di masing-masing lembaga, dan aplikasi keputusan lembaga dalammenyelesaikan kredit bermasalah di Lapangan. Metode penelitian yang digunakanadalah metode kualitatif. Sedangkan untuk uji validitas data digunakan dua jenismetode triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa untuk mengatasi kredit bermasalah BPR Wijayamulya Santosamengeluarkan SP hingga tiga kali, jika tidak berhasil maka direksi mengeluarkansurat tarik jaminan untuk mengambil alih agunan dengan proses penyelesaian litigasidan non-litigasi. Namun jika masalahnya adalah masalah tidak terduga dan diluar kemauan nasabah seperti bencana alam, maka kredit tersebut akandihapusbukukan oleh bank, tetapi bank masih bisa menagih apabila nasabahdianggap sudah mampu membayar pinjamannya kepada bank. Semua prosedur inidari keputusan dewan direksi dengan mengacu pada peraturan Bank Indonesia.Sedangkan untuk mengatasi pembiayaan bermasalah BPRS Bangun Drajat Wargamengeluarkan SP hingga tiga kali. Jika masih bermasalah, maka bank menawarkanrestruktur kepada nasabah dengan berbagai keringanan didalam prosesnya. Namunjika tidak berhasil, maka bank mengeluarkan surat somasi kepada nasabah denganmenggunakan litigasi dan non-litigasi. Tetapi bank masih memberikan kesempatanrestruktur kepada nasabah. Untuk hapusbuku BPRS Bangun Drajat Wargamenggunakannya ketika nasabah benar-benar sudah tidak mampu membayarhutangnya. Semua proses ini didapatkan dari hasil rapat komite dengan mempertimbangkan saran dari Dewan Pengawas Syariah untuk menyesuaikankeputusan dengan syariat Islam.Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Kredit, Pembiayaan Bermasalah
RESENSI BUKU: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF INTEGRATIF Octastefani, Theresia
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

Judul buku : Manajemen Sumber Daya Manusia PerspektifIntegratifPenulis : MeldonaPenerbit : UIN Malang PressTebal : xx + 262 halamanCetakan pertama : April 2009Kota terbit : Malang
PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL PADA TOTAL QUALITY SERVICE DI RUMAH SAKIT UMUM QUEEN LATIFA YOGYAKARTA Rochmah, Aliyah Nur; Innayati, Early Maghfiroh
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

Banyaknya pemberitaan yang berkaitan dengan pelayanan yang kurang baikpada sebuah rumah sakit menuntut setiap rumah sakit untuk meningkatkankualitas pelayanannya dari segi organisasi pelayanan kesehatan dan mutusumber daya manusia atau tenaga profesional kesehatan. Mutu sumber dayamanusia menjadi kunci penentu atas kualitas pelayanan. Tenaga kesehatanharus mampu memberikan pelayanan yang baik dengan menggunakanhati nurani. Hati adalah sumber energi dan perasaan mendalam yangmenuntut kita belajar, menciptakan kerjasama, memimpin dan melayani.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah tenagakesehatan yang ada di Rumah Sakit Queen Latifa Yogyakarta. Sampel yangdiambil sebanyak 47 responden. Analisis instrumen menggunakan analisisvaliditas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan analisisdeskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitianini menunjukkan adanya pengaruh secara positif dan signifikan antarakecerdasan spiritual dengan total quality service sebesar 0. 362 atau 36.2%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhsecara positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan total qualityservice di Rumah Sakit Queen Latifa Yogyakarta.Kata kunci : Kecerdasan Spiritual dan Total Quality Service
GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MUZAKKI DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL Kuncaraningsih, Hana Septi; Ridla, Muhammad Rasyid
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

This research is aimed to find empirical evidence the influence of GoodCorporate Governance toward muzakki satisfaction on badan amil zakatnasional (BAZNAS) in Sleman-Yogyakarta. Good corporate governance isa concept that important to stakeholder, forming to make institutions freecorruption, transparent, and professional. The research is uses quantitaveapproach. The data analysis using three tests of hypothesis, including rankspearman correlation coefficient, coefficient determination and simple linearregression. All hypothesis testing of the statement result in significant value.It can be concluded influence of Good Corporate Governance in positive andsignificant toward muzakki satisfaction, by the amount contributions of16,3%. The research is expected to provide a new idea for a public institutionto apply the concept of good corporate governance.Keywords: Good Corporate Governance, Muzakki Satisfaction, BAZNASSleman
EVALUATING THE ROLE OF THE USAID IN COMMUNITY BASED SOLID WASTE MANAGEMENT (CBSWM) PROGRAM Prasetyanti, Retnayu
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

The existence of international actor has become hot issue in this globalizationworld. Community Based Solid Waste Management (CBSWM) program is one ofthe commitment of The United States Agency for International Development(USAID) in helping Indonesian government reducing the environmental problems,particularly the problem of waste. Just like another program that is needed to beevaluated and improved, CBSWM also has big attention from public community.The real role of USAID in CBSWM raised a lot of question relates to the successof the program. Many people said agree to the effective role of USAID, and so doesthe program of CBSWM. The core point to understand the role of USAID isconsisted to two urgent questions about the perspective of the program implementationand also the impact that community felt. These two perspectives are the main measurementtool to assess the role of USAID and its key learning of success. While in thisresearch, the quantitative approach the researcher used is Analysis of Variance(ANOVA); it is a technique to test a similarity of mean of the variable in the sametime. After that, the analysis of the role of USAID in CBSWM will be derived intheoritical explanation on the sound governance and community empowerment perspective.From this result, the role of USAID was really good in the process ofimplementation and given good impact to the environmental condition, activity andfacility. The failure on the aspect of community welfare does not make a complexproblem since the main purpose of the program is in the context of environment. Thesuccess of CBSWM program not only comes from the serious role of USAID, itneeds community and government total support. Local government and communityneed to hold a closer partnership to maximize the result USAID has achieved and to make a better condition of community welfare. A good quality life of community willdetermine a good condition of environment.Keywords: Globalization, International Actor, USAID, Sound Governance,Community Empowerment
PENGARUH SISTEM PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI KARYAWAN PADA CV SIDIQ MANAJEMEN YOGYAKARTA Zahra, Annidjatuz; Gunawan, Ade
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui secara empiris bagaimana pengaruh sistempengembangan karir terhadap motivasi berprestasi karyawan CV. SidiqManajemen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(Field Research) yakni penelitian dilakukan dengan melakukan surveilangsung ke obyek penelitian. Subjek (sampel) dalam penelitian ini adalahkaryawan CV. Sidiq Manajemen berjumlah 60 orang (sampel). Metodepenarikan sampel secara non probabilitas dengan convenience samplingHasil penelitian menunjukan bahwa sistem pengembangan karir terhadapmotivasi berprestasi memiliki nilai signifikan akan tetapi pengaruhnyanegatif dikarenakan setiap ada penambahan sistem pengembangan karirmenurunkan motivasi berprestasi karyawan sehingga hipotesis tersebutditolak. Dalam uji koefisien determinasi dimana sistem pengembangankarir hanya menyumbang 11,8% terhadap motivasi berprestasi karyawanCV.Sidiq Manajemen, sedangkan sisanya 88,2 % disebabkan oleh faktorfaktorlain diluar sistem pengembangan karir yang tidak diteliti dalampenelitian ini.Kata kunci: sistem pengembangan karir, motivasi berprestasi 
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH PADA KONSENTRASI MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN ISLAM (MLKI) DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) Nur’aini, Hanifah; Fatimah, Siti
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

Penelitian ini akan mengangkat mengenai perbedaan tingkat kepuasanmahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah pada konsentrasi MLKI danMSDM. Dimana pelayanan yang diberikan oleh Jurusan ManajemenDakwah menjadi sorotan utama. Pelayanan yang berkualitas tentunyaberdampak baik serta dapat meningkatkan mutu pelayanan kepadamahasiswa sedangkan pelayanan yang buruk tentunya akan berdampakpada tingkat kepuasan yakni menimbulkan ketidakpuasan. Dalammengukur pelayanan yang diberikan oleh Jurusan Manajemen Dakwahdilihat dari lima dimensi kualitas jasa, dengan indikatornya bukti langsung(tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (reponsiveness), jaminan(assurance), dan empati (emphaty). Penelitian ini menunjukkan manahasiswa jurusan manajemen dakwahpada kedua konsentrasi paling banyak menyatakan cukup memuaskan padadimensi tangible. Pada dimensi reliability tingkat kepuasan mahasiswaJurusan Manajemen Dakwah konsentrasi MLKI dan MSDM terjadiperbedaan. Hal ini disebabkan oleh dosen yang mengampu konsentrasi MLKIdan MSDM mempunyai kehandalan yang berbeda dalam mengajar. secaraumum konsentrasi MLKI dan MSDM menyatakan cukup memuaskanberdasarkan dimensi responsiveness. Pada dimensi assuranceantarakonsentrasi MLKI dan MSDM tidak ada perbedaan yang signifikan karenakedua konsentrasi tersebut paling banyak responden menyatakan cukupmemuaskan dari pernyataan yang diajukan.Kata Kunci :Kepuasan dan Jurusan Manajemen Dakwah
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA LEMBAGA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MUZAKKI UNTUK MENYALURKAN ZAKAT PROFESI Ridla, M. Rasyid
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris baik simultanmaupun parsial pengaruh kualitas pelayanan, citra lembaga, dan religiuisitas terhadapminat Muzakki untuk menyalurkan zakat profesi pada PKPU Cabang Yogyakarta.Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalampengambilan sampel yaitu Non Probability sampling dengan teknik sampling Purposive.Untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara, dandokumentasi. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 17.0 forwindows menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,747 artinya 74,7%minat Muzakki untuk menyalurkan zakat profesi di PKPU Cabang Yogyakartadipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, citra lembaga, dan religiusitas sedangkansisanya sebesar 25,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalammodel ini seperti faktor biologis, faktor psikologis, dan faktor sosio kultural. Hasiluji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya kualitaspelayanan, citra lembaga, dan religiusitas berpengaruh signifikan secara simultanterhadap minat Muzakki untuk menyalurkan zakat profesi pada PKPU CabangYogyakara. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi kualitaspelayanan (0,668 > 0,05) dan citra lembaga (0,519 > 0,05) artinya kualitaspelayanan dan citra lembaga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minatMuzakki untuk menyalurkan zakat profesi pada PKPU Cabang Yogyakarta.Sedangkan nilai signifikansi religiusitas (0,000 < 0,05) artinya religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat Muzakki untuk menyalurkan zakatprofesi pada PKPU Cabang Yogyakarta.
PERAN PDHI (PERSAUDARAAN DJAMAAH HAJI INDONESIA) DALAM MENGEMBANGKAN PERADABAN MASYARAKAT (ANALISA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA) Risdiana, Aris
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.098 KB)

Abstract

PDHI an organization that helped organize the pilgrims to carry outcommunity service in the form of social activity. The successful implementationof the program of planned activities is dependent upon the management ofhuman resources. The purpose of this study was to describe the managementof human resources in PDHI as a major asset and supporter of the successof social programs that have been implemented. This research is descriptivequalitative, where data collection is done through observation, interviewswith speakers and documentation. Subjects were PDHI board, while theobject of study is the social activities carried out by PDHI. In this study, thevalidity of the data was tested by using the technique of triangulation. Resultsillustrate that PDHI quite actively participated in developing civilization,although the management of human resources in it is still relatively simple.PDHI has initiated the construction of mosques in various regions inYogyakarta, Central Java, East Java, Bali, NTB and establish educationalinstitutions, hospitals, Islamic centers and orphanages. This study provides theconclusion that the management of human resources in PDHI still simple,human resource management has been implemented but not conceptualizedby default and only implicitly applied.Keywords: human resource management, social activities.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2015 2015