cover
Filter by Year

Analysis
al Mah?ra
AL-MAHARA (P-ISSN: 2477-5827; E-ISSN: 2477-5835) adalah jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan tematik pada bulan Juni dan Desember di Indonesia. Al-Mahara memiliki visi menjadi jurnal internasional yang terindeks scopus dengan artikelnya yang berbahasa Arab. Jurnal ini digagas sebagai wahana dialektika keilmuan insan akademik dalam kajian Bahasa Arab khususnya dalam bidang pendidikan. Redaksi mengundang para pakar, peneliti dan akademisi untuk menginvestasikan pikirannya baik berupa hasil penelitian atau kajian mendalam sesuai disiplin ilmu yang ditekuni. Naskah dimaksud adalah asli dan belum dipublikasikan di media lain. Redaksi berhak menyeleksi naskah yang masuk dan mengeditnya tanpa menghilangkan substansi ide penulisnya. Nama Al-Mahara diambil dari kata berbahasa Arab yang berarti keterampilan. Adopsi Al-Mahara menjadi nama jurnal diharapkan dapat mengakomodasi seluruh pemikiran yang mencakup empat keterampilan berbahasa yaitu istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah.
Articles
8
Articles
MOTIVASI PENERJEMAHAN BUKU BERBAHASA ARAB

Munip, Abdul ( Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FITK UIN Sunan Kalijaga )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.908 KB)

Abstract

The translation of Arabic books in Indonesia can’t be separated from somemotives. At least, there are five motives of the translation, i.e. religious,educational, economical, ideological, and prevocational motives. Religiousmotive can be seen in translator’s statements that his/her works is aimedto get blessing from Allah. Educational motive can be seen in the fact thatthese works are aimed to give Islamic knowledges to muslim community.Economical advantages are the most powerfull motivations that publisherstry to get by publishing Arabic translations books. In other hand, ideologicalmotive is one of factors that the translators or publishers want to propagate their Islamic ideological among Indonesian muslim community by mean of their translation works. Prevocational motive can be seen in translatorintention to stimulate critical Islamic discourse in Indonesia by mean oftranslating Arabic books written by some Middle East critical writers.

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE

Ahmad, Zainal Arifin ( Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.757 KB)

Abstract

The discovery of the theory of Multiple Intelligence by Howard Gagnerhas changed the paradigm of education and learning. If the old paradigm view that intelligence is a single learner who is only measured by IQtests, then the paradigm of Multiple Intelligence view that intelligenceis plural learners. Each individual has the advantage of certainintelligence that may be different with advantages that others have. That fact has implications for the importance of changing patterns ofeducation and learning, including learning Arabic, from the pattern that is only oriented to the development of intellectual intelligence (IQ) to the pattern of intelligence that takes into account the diversity oflearners.This paper describe show the development of Arabic languageinstruction model based on the theory of Multiple Intelligence. Themodel in question is a model of the development of Arabic languagelearning component which includes the development of Arabic languagelearning goals, teachers’ roles, attitudes and treatment of students, andthe development of materials, methods, media, and evaluating the resultsof learning Arabic, all of which were based on intelligence insight plural(Multiple Intelligence).

KEBIJAKAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL

Baroroh, R. Umi ( Jurusan Pendidikan Bahasa Arab ) , Pratiwi, Novera ( Jurusan Pendidikan Bahasa Arab )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.394 KB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu materi pelajaran yang dipelajari anakyang belajar di Raudlatul Athfal di Indonesia. Hal ini menunjukkan orang Indonesia memiliki perhatian yang besar terhadap bahasa Arabmeskipun pemerintah tidak memiliki kebijakan terkait dengannya. Kajianini menfokus pada studi kebijakan pembelajaran bahasa Arab di duaRaudlatul Athfal di RA DWP UIN Sunan Kalijaga dan RA RiyadusSalihin Tumut Sumbersari Moyudan Sleman. Penelitian ini merupakanpenelitian lapangan  kualitatif. Ini juga merupakan penelitian kebijakan.Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian adalah pertama, pemerintah Indonesia belum memilikikebijakan tentang pembelajaran bahasa Arab di Raudlatul Athfal. Kedua,Raudlatul Athfal DWP UIN Sunan Kalijaga  dan RA Riadlus SalihinTumut melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan model yangberbeda.  Bahasa Arab di RA DWP UIN Sunan Kalijaga dilaksanakansekali dalam seminggu dengan pengulangan materi setiap hari, danmaterinya berupa kosa kata Arab beserta artinya. Sedangkan RA RiyadusSalihin bahasa Arab berlangsung dengan nyanyian dan permainan.

PENGEMBANGAN DIRI DAN PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN “BAHASA”

Maksudin, Maksudin ( Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.8 KB)

Abstract

AbctractThe Habituation in learning “language” is anessen tial and substan tialin terms of mastery and language skills including mastery and Arabiclanguage skills. Because the habituation is a basic requirement in thelearning “language” itself. For language learners tobe able to masterthelanguage being studied or taught in the learning needs of habituationand repetition continuously. On the other side of habituation languagewill have a positive influence on the development of language learnersthemselves. Therefore,the relation of the habituation in learning languageas an integral part of self-development for language learners. In this paperself-development approach used humanistic approach. This approach isseen to have compatibility with habituation in language learning

MANAJEMEN PENGETAHUAN DOSEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Badriyah, Laelatul ( Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sedikitnya mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis skripsi dalambahasa Arab dan minimnya kemampuan mahasiswa yang memilikikemampuan bahasa Arab secara komprehensif menjadi sebuah PRbesar bagi jurusan PBA. Manajemen pengetahuan sebagai salah satualternatif untuk mengurangi kesenjangan kemampuan mahasiswa dapatdiimplementasikan dengan cara melakukan kerjasama yang baik antarafasilitator (dosen) dan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan di kelas. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan dosen di jurusanPBA sudah terjadi walaupun masih harus melakukan perbaikan untukproses kombinasi. Adapun impelementasi manajemen pengetahuan dalampembelajaran bahasa Arab belum terjadi secara maksimal karena kurangnyakesadaran untuk saling berbagi pengetahuan antar mahasiswa.

MEMPERTEGAS KEMBALI ARAH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Budaya Terhadap Tradisi Belajar Bahasa Arab di Indonesia)

Handriawan, Dony ( IAIN Mataram/Mahasiswa S3 Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.845 KB)

Abstract

The historical development of Arabic language in Indonesia can not beseparated from the spread of Islam which is the most dominant followed byIndonesian society itself. This has an impact on the development of Arabiclearning today, that look is still far from the expected. It seems that view ofthe cultural and religious patterns of Indonesia in the early 19th centurythat are still at the level of mythic and theological, less positive effect onthe future of Arabic learning in today’s contemporary world. How is therelationship between religion and its influence on the development of theArabic language, especially in Indonesia will be described in this paper. Byusing the theory of van Peursen culture and Comte as theoretical analysis,author tries to find a possible alternative solutions of some negative effectsin the mythic dimensions of the such view, by emphasizing the positiveaspects.

STUDI KOMPARASI KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013

Aini, Nurul ( Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan yangterdapat dalam KTSP dan kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa ArabMadrasah Aliyah dari aspek tujuan, materi dan metode. Serta mengetahuikelebihan dan kekurangan dari kedua kurikulum tersebut. Jenis penelitianini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Analisisdatanya menggunakan analisi isi (content analysis). Berdasarkan analisisdiperoleh kesimpulan bahwa dalam KTSP dan Kurikulum 2013 Bahasa Arabuntuk Madrasah Aliyah, memiliki banyak persamaan dari aspek tujuan,materi maupun metode. Hanya saja Kurikulum 2013 berusaha melengkapikekurangan yang ada dalam KTSP seperti dalam materi pelajaran,kurikulum 2013 lebih rinci dalam menjabarkan cakupan materi dalambentuk KI dan KD, selain itu kurikulum 2013 tidak hanya menekankanaspek kognitif saja, akan tetapi aspek kognitif, psikomotorik dan afektifdiseimbangkan dan diintegralkan ke dalam semua mata pelajaran. Selainitu, jika dalam KTSP pendekatan pembelajaran yang digunakan beragam,maka Kurikulum 2013 memakai pendekatan saintifik.

KONSEP I’RAB DALAM ILMU NAHWU (Sebuah Kajian Epistemologis)

Pransiska, Toni ( UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta )

al Mahāra Vol 1, No 1 (2015): Dinamika Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.334 KB)

Abstract

Ilmu Nahwu sebagaimana yang kita kenal sekarang ini yang saratdengan berbagai aturan dan teori merupakan hasil dari sebuah prosesyang cukup panjang dalam sejarah linguistik Arab. Salah kajian dalamilmu Nahwu misalnya tentang konsep I’rab. Dalam hal I’rab yang seringdianggap sebagai keistimewaan yang menyulitkan kemudian berusahauntuk dihindari dengan berbagai metode yang dianjurkan dalam Ta’līmal-Lughah al-‘Arabiyah lī Ghair an-Nāthiqīn bihā, maka sebetulnya ituadalah penyelesaian manipulasi. Masalah itu akan selalu muncul selamainti permasalahan belum diselesaikan dengan tuntas. Konsep tentang I’rab harus diluruskan. I’rab selama ini masih didefinisikan sebagai taghyîr (pengubahan) atau taghayyur (perubahan) atau atsar (gejala alamatI’rab).