cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
PENA SAINS
ISSN : 24072311     EISSN : 25277634     DOI : -
Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is published twice a year in April and October. Jurnal Pena Sains in collaboration with the Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII).
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS" : 8 Documents clear
DINAMIKA REDUKSI INSEKTISIDA JENIS BUPROFEZIN OLEH AZOLLA PINNATA PADA AREAL PERSAWAHAN DI KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG Wijayanti, Titik
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.397 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui potensi Azolla sp dalam menurunkan pestisida buprofezin pada lahan sawah. Telah dilakukan penelitian yang dirancang terdiri dari dua faktor, faktor pemberian Azolla sp dan faktor periode musim tanam. Faktor Azolla (A) terdiri dari 2 level, yaitu tanpa pemberian Azolla sp (A1) dan pemberian Azolla sp (A2). Faktor periode musim tanam (B), terdiri dari 3 level, yaitu awal tanam (B1), pertengahan musim tanam (B2), dan jelang panen (B3). Semua perlakuan  dilakukan sebanyak tiga kali ulangan. Penelitian dilakukan pada dua musim tanam. Pengamatan buprofezin dilakukan pada musim kedua tanam. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara faktor pemberian Azolla dan tahap tanam, namun terdapat pengaruh yang signifikan pada kedua faktor tersebut. Azolla mampu menurunkan residu buprofezin pada awal tanam, menurunkan kenaikan buprofezin pada pertengahan tanam dan kembali turun pada jelang panen.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS METODE HYPNOTEACHING UNTUK MEMOTIVASI SISWA SMP DALAM BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN Budiarso, Aris Singgih
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.913 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar berbasis metode hypnoteaching untuk memotivasi siswa SMP dalam belajar IPA pada materi energi terbarukan yang memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Thiagarajan. Subjek penelitian adalah  siswa kelas VII A, VII C, dan VII D SMP Negeri Genteng. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, dokumentasi, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis metode hypnoteaching dapat memotivasi siswa SMP dalam belajar IPA pada materi energi terbarukan
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP Rahmatika, Resty
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.543 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA dengan Pendekatan Scientific pada materi Sistem Ekskresi yang layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari tingkat validitas dan respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick dan Carey (1990) dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Dari hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran materi Sistem Ekskresi di SMP memiliki persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96%; skor ketuntasan hasil belajar dari Tes Hasil Belajar Siswa (THB) sebesar 85,29%; skor dari tes kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh presentase sebesar 85,29%; skor afektif siswa pada sikap spiritual 87%, sikap bijaksana 87% dan sikap tanggung jawab 88%; skor keterampilan psikomotor siswa 100% tuntas dengan presentase 55,88% siswa mendapat nilai B dan 41,11% siswa mendapat nilai A; frekuensi aktifitas siswa yang menonjol adalah berdiskusi dengan teman sekelompok sebesar 16,64%, mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas sebesar 15,81%; dan mendapatkan respon positif dari siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan Pendekatan Scientific pada materi sistem ekskresi layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA SMP.
RESPON SISWA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU KONSEP TEKANAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING Ekapti, Rahmi Faradisya
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.174 KB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan respon siswa serta guru setelah pembelajaran IPA terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2015/2016. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, angket untuk melihat respon siswa, serta format wawancara untuk melihat tanggapan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran IPA terpadu dengan model PBL (kelas eksperimen) sebesar 93,09% dan pembelajaran IPA terpadu dengan model konvensional (kelas kontrol) sebesar 89,92% dan dapat dikatakan sudah terlaksana sesuai dengan yang direncanakan. Guru dan siswa menanggapi positif pembelajaran IPA terpadu dengan model PBL.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMPN 2 KAMAL MATERI CAHAYA -, hadiono; Hidayati, Nuor Ainiy
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.631 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan cahaya siswa kelas VIII-D SMPN 2 Kamal dengan penerapan model discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 9,79% ditinjau dari hasil  pretest dan posttest yang diberikan untuk siklus I dan 11,79 %untuk siklus II. Sedangkan persentase motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA sebesar 70% siklus I dan 77% siklus kedua yang mengindikasikan bahwa model Discovery Learning ini cocok atau layak untuk digunakan terhadap subyek penelitian tersebut. Dengan hasil yang dicapai tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi  peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar pada siswa kelas VIII D SMPN 2 Kamal dengan menggunakan penerapan discovery learning.
PENGEMBANGAN SIMULASI FISIKA GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK MENGGUNAKAN EASY JAVA SIMULASTIONS (EJS) -, Zainuddin
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.808 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan simulasi fisika gelombang elektromagnetik menggunakan  Easy Java Simulations (Ejs). Hasil validasi ahli menunjukkan rerata 3.67 yang dapat dikatakan sebagai kategori layak. Sedangkan ujicoba simulasi fisika gelombang elektromagnetik menggunakan Ejs pada pembelajaran fisika keterlaksanaan RPP menunjukkan kriteria baik, hasil  belajar siswa meningkat dan respon siswa positif yang dapat dikatakan sebagai kategori efektif.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Handriyan, Aris
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.787 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis inkuiri yang layak untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan Sistem Pencernaan. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP buku ajar siswa, LKS, lembar penilaian hasil belajar baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan aspek validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Deskripsi juga dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, pemahaman konsep siswa, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan perangkat Dick dan Carey yang diujicobakan di kelas menggunakan One Group Pretest-Postest Design.Penelitian ini menggunakan sampel 25 siswa kelas XI IPA SMA Widya Darma. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran pokok bahasan Sistem Pencernaan yang memiliki kategori sangat layak meliputi kelayakan silabus sebesar 98% dengan reliabilitas 86%, kelayakan RPP sebesar 88% dengan reliabilitas 79%, kelayakan LKS sebesar 89% dengan reliabilitas 77%  dan kelayakan Buku Ajar Siswa sebesar 78% dengan reliabilitas 76%. Keterlaksanaan RPP mencapai 100% dengan reliabilitas 100%.Aktivitas siswa yang terbanyak yaitu merencanakan pengamatan, berkerja, dan melaksanakan pengamatan sebesar 41,76%, peningkatan pemahaman konsep siswa dari aspek pengetahuan dilihat dari hasil pretest dan posttest sebesar 96% dengan gain score ternormalisasi sebesar 0,73 dengan kategori tinggi, dari aspek keterampilan sebesar 92%, dan dari aspek sikap dengan predikat sangat baik. Perangkat pembelajaran berbasis inkuiri ini mendapatkan respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri ini sangat layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Sistem Pencernaan.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIC SMPN 7 BANGKALAN PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) Wahyuni, Ida; Evriani, Eka
JURNAL PENA SAINS Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.098 KB)

Abstract

Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD)  pada materi Alat Optik studi kasus siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, langkah-langkah pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan yang berjumlah 23 siswa. Data peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dianalisis dengan menggunakan N-Gain skor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui dengan peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata pertemuan 1 pre-test = 42,82 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25 setelah pembelajaran nilai rata-rata post-test= 73,04 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60, serta peningkatan rata-rata N-Gain skor kelas sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Pada pertemuan 2 pre-test = 42,82 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25 setelah pembelajaran nilai rata-rata post-test= 71,95 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 47, serta peningkatan rata-rata N-Gain skor kelas sebesar 0,51 dengan kategori sedang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8