cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
PENA SAINS
ISSN : 24072311     EISSN : 25277634     DOI : -
Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is published twice a year in April and October. Jurnal Pena Sains in collaboration with the Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII).
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED UNTUK MENGETAHUI KETUNTASAN BELAJAR IPA SISWA SMP PADA TOPIK PENGELOLAAN LINGKUNGAN Rosidi, Irsad
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.582 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4D models (Define-Design-Develop-Desseminate), tetapi pada penelitian ini akan dibatasi sampai develop (pengembangan) tanpa ada penyebaran (desseminate). Desain penelitian dalam uji coba pada tahap develop akan menggunakan desain one-shout case study yaitu suatu pendekatan dengan menggunakan satu kali pengumpulan data. Penelitian ini meliputi: 1) Pengembangan perangkat; dan 2) Uji coba perangkat pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VII SMP dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan. Selama pembelajaaran diamati keterlaksanaan rencana pelaksanaan pelajaran (RPP), aktivitas siswa, respon siswa, dan diberikan tugas proyek sebagai pengaplikasian materi yang diajarkan.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dikategorikan cukup baik dan layak diterapkan, aktivitas siswa selama pembelajaran dikategorikan baik. Ketuntasan belajar selama menggunakan perangkat yang dikembangkan adalah 75% (15 dari 20 siswa dinyatakan tuntas) dan ketuntasan indikator (60%). Keterlaksanaan RPP mencapai 3,27 dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran (81%) setuju. Pemberian tugas proyek (3,25) dan respon siswa dengan pemberian tugas proyek (85%).
EFISIENSI MATERIAL PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR LWR (LIGHT WATER REACTOR) DAN PHWR (PRESSURIZED HEAVY WATER REACTOR) Ahied, Mohammad
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.49 KB)

Abstract

This article  analyze models of nuclear reactors from nuclear power plants the LWR (Light Water Reactor), which consists of BWR (Boiling Water Reactor) and PWR (Pressurized Water Reactor) and PHWR (Pressurized Heavy Water Reactor). Analyzed qualitatively its material combination which includes fuel, moderator and cooler to get a reliable and energy efficient processing of various models of the nuclear reactor. From the analysis of the obtained, BWR fuel burn up 30,000 MWD/MTU, and PWR 32.090 MWD/MTU, and PHWR 8000 MWD/MTU, a substance Hydrogen is a good moderator but have a high absorption cross section. Heavy water neutron economy cling to. Moderators can also serve as a coolant for example for LWR and HWR.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP METABOLISME DAN RESPON PESERTA DIDIK KELAS XII IPA-7 SMA NEGERI 1 SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Rohman, Syaiful
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.553 KB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif yang kreatif dan inovatif serta berpusat pada peserta didik (student centered), yaitu model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition), dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampang, yang berlokasi di jalan Jaksa Agung Suprato 73 Sampang 69213. Sebagai subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas  XII IPA-7 pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012, berjumlah 32 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar konsep metabolisme peserta didik kelas XII IPA-7 SMA Negeri 1 Sampang Tahun Pelajaran 2011/2012, yaitu dari 78% peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I menjadi 94% peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada siklus II, dan (2) penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan respon peserta didik kelas XII IPA-7 SMA Negeri 1 Sampang Tahun Pelajaran 2011/2012, yaitu 79% peserta didik yang memberikan respon setuju atau positif pada siklus I menjadi 92% peserta didik yang memberikan respon sangat setuju atau sangat positif pada siklus II.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANIMASI KOMPUTER MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH 8 Yuniasti, Ana
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.468 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA yang interaktif berbasis animasi komputer menggunakan program macromedia flash 8 serta mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dibuat. Metode pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (produksi), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran IPA berbasis animasi komputer pada materi Bunyi untuk SD kelas IV ini telah memenuhi syarat kelayakan melalui pengujian ahli materi dengan persentase 96,36% termasuk dalam kategori sangat baik, pengujian ahli media dengan persentase 81,53% termasuk dalam kategori sangat baik, pengujian guru IPA SD dengan persentase 86,13% termasuk dalam kategori sangat baik, pengujian peer reviewer dosen dengan persentase 83,1% termasuk dalam kategori sangat baik, dan pengujian  siswa SD kelas IV dengan persentase 95,97% termasuk dalam kategori sangat baik. Maka dari hasil pengujian tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran IPA berbasis animasi komputer pada materi Bunyi untuk SD kelas IV.
PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD BERBANTUKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA Wardiningrum, Mimik
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.959 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran cooperative learning model STAD yang berbantukan meda video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Siswa kelas V SD negeri Baratan 2 Jember.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri Baratan 02 dengan populasi semua siswa, dan sampel siswa kelas V pada pokok bahasan daur air. Dalam penelitian ini data yang dianalisis adalah prosentase keaktifan siswa dan ketuntasan hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Rata-rata Aktifitas siswa pada siklus I, aktifitas mencapai 75, 7 %. Pada siklus II aktifitas siswa mencapai 81, 1 %. Persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus I dan siklus II sebagai berikut; Memperhatikan pembelajaran ( 82,0 % ); Kerjasama dalam melakukan percobaan ( 84,7 % ); Presentasi hasil percobaan ( 88,3 % ); Bertanya atau menjawab ( 62,6 % ). Aktifitas yang paling rendah dilakukan siswa adalah bertanya dan menjawab.Persentase hasil belajar mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 64, 9 % dengan 13 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 83, 8 % dengan 6 siswa belum tuntas.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 HARJOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2014 Ekawati, Evi
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.238 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas VI. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil belajar siswa yang rendah. Dalam penelitian ini guru memilih metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Metode demonstrasi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan media peraga yang ditunjukkan oleh guru untuk menunjukkan suatu proses.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pilihan tempat penelitian ditetapkan di SD Negeri 2 Harjowinangun. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI. Jumlah siswa di kelas ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan  dan 11 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian diperoleh dari pengamatan dan tes formatif. Data hasil pengamatan tentang keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus II, masing-masing disajikan dalam bentuk data tabel. Dari hasil analisis data, motivasi belajar dan keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, tetapi masih perlu diperbaiki pada siklus berikutnya. Pada siklus II, sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar, yakni 20 dari 24 siswa (83,33%) tuntas belajarnya, sedangkan yang belum tuntas belajarnya ada 4 siswa (16,67 %). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA TENTANG MATERI SUMBER CAHAYA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN METODE PENEMUAN (Discovery) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MANGGARMAS TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 Machfud, Machfud
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.536 KB)

Abstract

Metode penemuan (Discovery) merupakan teknik modifikasi tingkah laku belajar yang merupakan salah satu komponen penting dalam keterampilan mengajar. Metode penemuan (Discovery) dapat menjadi penggerak yang efektif dalam berbagai model pembelajaran siswa aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkn ketuntasanl belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Manggarmas dengan menggunakan metode penemuan (Discovery). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pilihan tempat penelitian ditetapkan di SD Negeri 2 Manggarmas sebagai sumber munculnya masalah dalam penelitian. Jumlah siswa di kelas ini adalah 15 orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Untuk selanjutnya seluruh siswa ini dijadikan sebagai subjek penelitian. Informasi hasil penelitian diperoleh dengan cara mengolah data hasil observasi kelas dan hasil belajar siswa dari dua siklus berdasarkan analisis deskriptif. Data hasil observasi tentang partisipasi/keaktifan siswa dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sampai dengan siklus II, masing-masing disajikan dalam bentuk data persentase. Secara riil, hasil interpretasi data persentase motivasi belajar siswa pada siklus I berada pada kategori “Sedang/Cukup”. Hasil ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kondisi awal sebelum dilakukan penelitian. Pada siklus II, peningkatan persentase hasil belajar juga cukup signifikan, yakni 2 dari 15 siswa (86,67%), tuntas belajarnya, sedangkan yang belum tuntas belajarnya ada 2 siswa (13,33 %). ini masuk pada kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil analisis ini, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan Metode penemuan (Discovery) dapat meningkatkan pemahaman siswa.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STRATEGI PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) PADA POKOK BAHASAN KALOR Ishaq, Mohammad; Ibrahim, Muslimin
JURNAL PENA SAINS Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS
Publisher : JURNAL PENA SAINS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.751 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan strategi PBMP yang valid, praktis, dan efektif guna memberdayakan berpikir siswa SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D dan diujicobakan di kelas VII SMP Negeri 2 Yosowilangun semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Temuan hasil penelitian, yaitu: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP berkategori baik dan sesuai dengan tahap-tahap pada strategi PBMP; dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) Peningkatan keterampilan berpikir siswa terlihat dari ketuntasan individual, dan klasikal; dan (c) Respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran sangat  positif. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA Fisika dengan Strategi PBMP, valid, praktis dan efektif guna memberdayakan kemampuan berpikir siswa SMP.

Page 1 of 1 | Total Record : 8