cover
Contact Name
Qoim Nurani
Contact Email
qoimnurani@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
taqdir@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Taqdir
ISSN : 25279807     EISSN : 26211157     DOI : -
Core Subject : Education,
Articles published in Taqdir covers the result of qualitative and quantitative field research; conceptual; and literature review, including: Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Methodolgy of Arabic Teaching Evaluation of Arabic Teaching Arabic Lexicology Arabic Semantics.
Arjuna Subject : -
Articles 61 Documents
Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah fī Dhaui Tiknulujiya at-Ta’līm al-Iliktruni fī al-Fashli as-Sâbi’ bi al-Madrasah ats-Tsânawiyyah al-Dīniyyah al-‘Ilmiyyah al-Islâmiyyah Al-Azhar Cairo Palembang nazarmanto, nazarmanto; Istiqomah, Istiqomah
Taqdir Vol 5 No 1 (2019): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.767 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v5i1.3531

Abstract

Guru sebagai salah satu pemegang utama pengajaran bahasa lebih banyak terpaku pada buku paket (text book oriented) dan sulit menciptakan suasana pembelajaran kreatif, inovatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan sekolah menggunakan teknologi E-learning. Dan proses pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi e-learning di kelas 7 pada SMP Islam Al-azhar Cairo Palembang dari segi tujuan, materi, metode, dan evaluasinya. Adapun landasan sekolah menggunakan e-learning dengan media berupa I-Pad pada proses pembelajaran yaitu dengan media i-pad ini guru dan siswa cepat mendapatkan informasi ketika proses pembelajaran dan materi lebih luas cakupannya. Kemudian dengan adanya media ini (i-pad) supaya guru bisa memenejemen waktu. proses pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi e-learning di kelas 7 pada SMP Islam Al-azhar Cairo Palembang dari segi tujuan, materi, metode, dan evaluasinya yaitu: Tujuan, yang pertama yaitu mengenalkan 4 keterampilan bahasa arab kepada anak didik, yang kedua siswa bisa berbicara bahasa Arab. Materi, At-tahiyah wa taaruf, Al-usrah, assakan, al-istifham, ad-dhomir munfashil, ad-dhomir muttashil, at-toamu wa syarob, assholawatul khomsi, aj-jadwalu dirosi, al-adad, fiil madhi, fiil mudhori, suratul ghosyiyah, suratul kafirun, doa Al-istitah surah yusuf, surah an-anhl, surah luqman. Metodenya, metode mubasyaroh sebagai media pertama dan ditambah dengan metode yang lain seperti ceramah , qiraah, istiqraiyyah, samiiyyah syafawiyah, qiyasiyah. Dan evaluasinya yaitu, penilaian pada proses pembelajaran, penilaian harian (PH), penilaian pertiga bulan (UTS), penilaian akhir semester (UAS). Kata Kunci:  Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Berbasis Teknologi e-Learing
Idârah Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah bistikhdâm Google Classroom fi al-Fashli al-Hâdi ‘Asyara bil-Madrasah Muhamadiyah al-‘Âliyyah al-Mihniyyah al-Ula Palembang mursyidah, mursyidah; Tiara, Hellen
Taqdir Vol 5 No 1 (2019): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.032 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v5i1.3527

Abstract

Pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan google classroom di smk muhammadiyah 1 palembang membantu memudahkan proses pembelajaran siswa lebih aktif dan semangat belajar.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami apakah proses pembelajaran dengan menggunakan google classroom sesuai dengan tujuan yang diharapkan  di SMK muhammadiyah 1 palembang yang berfokus pada perencanaan pembelajaran bahasa arab proses pembelajaran bahasa arab dan evaluasi pembelajaran bahasa arab dengan menggunkan google classroom. Hasil dari pembahasan ini sudah baik dilihat  dari perencanaan  pembelajaran bahasa arab dengan  menggunkan gooogle classroom sudah disusun dengan baik melihat dari rpp dan silabus yang ada ,dari proses pelaksanaan pembelajaran bahasa arab siswa  sangat antusias dan semangat dengan di bantu oleh media pembelajaran dan strategi yang digunakan guru sudah baik sesuai dengan materi yang ada dan adapun evaluasi pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan google classroom meningkat karena guru selalu memberikan motivasi berupa hadiah supaya mereka memiliki semangat untuk belajar dan melaksanakan  proses penilaian setelah melakukan proses pembelajaran   yaitu  penilaian harian,ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran; Google Classroom
Ta’tsīr at-Ta’līm al-Maydani wa Asâlīb at-Ta’allum ‘alâ Istīâb al-Mufrodât at-Talâmīdz fī al-Fashli ar-Râbi’ wa as-Sâdis bil-Madrasah al-Ibtidâiyyah al-Kauniyyah al-Indunisiyyah Palembang irmansyah, irmansyah; Luckyta, Luckyta
Taqdir Vol 5 No 1 (2019): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.818 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v5i1.3528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran di luar kelas dan gaya belajar terhadap penguasaan mufrodat siswa di kelas empat, lima, dan enam di SD Alam Indonesia Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pembelajaran di luar kelas dan gaya belajar terhadap penguasan mufrodat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Alam Indonesia Palembang yaitu dari kelas empat, lima, dan enam yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes. Pembelajaran di luar kelas terhadap penguasaan mufrodat di SD Alam Indonesia Palembang, terdapat pengaruh positif dengan rhitung berjumlah 0,6124 lebih besar dari rtabel yaitu 0,316. Dan gaya belajar terhadap penguasaan mufrodat siswa di SD Alam Indonesia, terdapat pengaruh positif dengan rhitung 0,7209 lebih besar dari rtable 0,316. Dan kemudian terdapat pengaruh yang positif pula antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap penguasaan mufrodat siswa yaitu dengan rhitung yang didapat berjumlah 0,7672 lebih besar dari rtable 0,316. Maka dari hipotesis yang disediakan Ho ditolak dan Ha diterima.
Kafâ-ah Tashmīm As-ilah al-Ikhtibârât al-Yaumiyyah wa an-Nihâiyyah li Mu’allim al-Lughah al-‘Arabiyyah fi as-Shaffi al-‘Âsyir al-Madrasah al-‘Âliyyah al-Hukūmiyyah Sakatiga wasilah, wasilah; Zolam, Misbah
Taqdir Vol 5 No 1 (2019): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.813 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v5i1.3529

Abstract

Penelitian ini tentang kompetensi guru dalam merancang test formatif dan sumatif pada mata pelajaran bahasa arab kelas X MAN Sakatiga. Kompetensi dalam merancang test ini harus dimiliki seorang guru agar dapat menegtahui sejauh mana kemampuan guru dalam proses pembelajaran ataupun dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru dalam merancang test formatif dan sumatif pada mata pelajaran bahasa arab kelas X MAN Sakatiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru dalam merancang tes formatif dan sumatif pada mata pelajaran bahasa arab kelas X MAN Sakatiga sudah baik sesuai dengan prosedur, kaidah, syarat-syarat maupun komponen-komponen penyusunan soal yang baik. Adapun pelaksanaan test untuk test formatif adalah setiap materi yang disamapaikan telah habis baik itu secara tertulis maupun lisan dan untuk test sumatif adalah diakhir semester, materi yang telah habis selama satu semester. Dan tujuan dilaksanakan test tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan. Kata Kunci: Kompetensi Guru dalam Merancang Test
Manhaju Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘ala Asâs al-‘Aqīdah al-Islâmiyyah yuniar, yuniar; Mardalena, Mardalena
Taqdir Vol 5 No 1 (2019): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.46 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v5i1.3530

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendidikan non-formal yang di dalamnya mempelajari bahasa Arab dan sudah diakui oleh pemerintah sebagai PKBM yaitu Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Palembang dengan kurikulum berbasis Aqidah Islam. Penelitian ini berfokus pada kurikulum pembelajaran bahasa Arab kelas 1-6 di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Palembang. Kesimpulan dalam penelitian ini: Pertama, di dalam tujuan pembelajaran bahasa Arab lebih banyak untuk penguasaan mufrodat dan mengetahui kaitannya dengan ayat-ayat al-Quran. Agar anak-anak lebih mudah memahami isi al-Quran dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga selain bisa bahasa Arab juga bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, berjiwa islami, dan berakhlak mulia. Kedua: materinya menggunakan buku dari diknas yaitu buku Aku Cinta Bahasa Arab. Untuk kelas 1-3 menggunakan buku Aku Cinta Bahasa Arab karangan Sunaryo Putro, dan kelas 4-5 menggunakan buku Aku Cinta Bahasa Arab karangan Agus Wahyudi. Buku ini adalah buku Aqila penerbit Tiga Serangkai Putra Mandiri kota Solo. Di dalam buku ini materi kelas 1-3 sudah terkait dengan aqidah Islam dan di dalam buku kelas 4-5 ada sedikit kaitannya dengan Aqidah Islam, tetapi guru sendiri yang mengembangkan materinya sehingga dalam mengajarkannya guru tidak hanya berpatokan dari buku saja, tetapi di kembangkan sesuai dengan aqidah Islam. Ketiga: Metode yang digunakan adalah talqiyyan fiqriyyan, dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan Aqidah Islam. Dalam metode pembelajarannya, guru menyampaikan materi selalu mengaitkannya dengan Al-Quran ataupun hadist. Sehingga anak-anak selain belajar bahasa Arab juga belajar Aqidah Islam. Keempat: di dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab, terdapat 4 penilaian yaitu penilaian pengetahuan, pemahaman, keahlian, dan minat. Pengetahuan dan pemahaman di nilai di akhir pembelajaran, yang berbentuk tes formatif (ulangan harian) dan tes sumatif (UTS dan UAS). Keahlian dan minat dinilai saat proses pembelajaran. Selain itu ada juga evaluasi per minggu berupa rapat guru untuk mengevaluasi proses pembelajaran. Kata Kunci : Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum Berbasis Aqidah Islam
Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah bi Barnâmaj Arabindo fī al-Madrasah al-‘Âliyyah ad-Dīniyyah al-‘Ilmiyyah Izzuddin Palembang Jamanuddin, Jamanuddin; Aisyah, Aisyah
Taqdir Vol 5 No 1 (2019): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (969.22 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v5i1.3521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana pembelajaran bahasa Arab menggunakan Program Arabindo dan Karakteristik dari program Arabindo serta perencanaan sebelum menggunakan program Arabindo di SMA-IT Izzudin Palembang. Pembelajaran Bahasa Arab di SMA-IT Izzudin Palembang  menggunakan Multimedia pembelajaran (Arabindo) yang merupakan suatu inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun Karakteristik dari program Arabindo terdiri dari koheren, simbolisasi, tiada pemborosan, tata letak materi baik, pengaturan gambar, segmentasi, pelatihan awal, pengandaian, multimedia, personalisasi, suara, tiada gambar presenter dan karakteristik Pembelajaran menggunakan multimedia terdiri dari ketepatan faktual, hubungan dengan tujuan, daya terima siswa, respon siswa, adanya contoh, kebermaknaan, bantuan, aspek motivasi, adanya latihan. Adapun Perencanaan pembelajaran bahasa Arab yakni guru menganalisis siswa, sesuai dengan standar tujuan pembelajaran, memilih materi, media, penggunaaan multimedia, adanya peserta didik dan adanya Evaluasi dan revisi. Kata Kunci: Pembelajaran; Arabindo
Muwâshafât al-Ikhtibâr al-Jayyid Hidayah, Nurul
Taqdir Vol 5 No 1 (2019): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.61 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v5i1.3523

Abstract

Setiap yang akan mempersiapkan tes maka dianjurkan untuk memahami tujuan – tujuan yang ada di dalam tes tersebut sehingga guru dapat mempersiapkan dengan bentuk yang sesuai. Tes merupakan media yang penting digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan siswa, dan mengetahui tingkat prestasi belajar, selain itu tes juga digunakan untuk mengukur tujuan psikomotorik atau hasil pembelajaran yang diharapkan. Lima Karakteristik yang dimaksudkan sebagai karakteristik dasar yang harus terdapat di dalam sebuah tes yaitu reabilitas, validitas, diskriminasi, kepraktisan, dan obyektifitas. Adapun karakteristik sekunder yang selayaknya dimiliki oleh tes adalah penyajian, waktu, instruksi, gradasi, dan bentuk. Setelah guru memahami dengan baik karakteristik ini maka guru bisa membuat soal sesuai dengan kemampuan belajarnya Kata Kunci: Tes, Karakteristik; soal
IDÂRAH TA’LÎM AL-LUGHAH BI MA’HAD SA’AD BIN ABI WAQASH PALEMBANG Jumhur, Jumhur; Irmariyadi, Irmariyadi
Taqdir Vol 4 No 2 (2018): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1228.366 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v4i2.3125

Abstract

Pendidikan linguistik diperlukan saat ini karena proses bahasa adalah mekanisme yang di sangat di butuhkan. Mengajar bahasa tidaklah sulit dan tidak mudah. Mudah dan sulit untuk mengajarkan bahasa adalah hal-hal ketergantungan kepada Pelajar, keadaan pendidikan, dan dalam semua aspek pendidikan. Tujuan dari bagian ini untuk menggambarkan untuk pengelolaan Arab pengajaran bahasa di Ma’had Saad bin Abi Waqas Palembang, yang ditinjau dari proses manajemen Pembelajaran bahasa Arab. Pembahasan Menunjukan bahwa Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Saad bin Abi Waqas Palembang telah dipenuhi, yang terdiri dari perencanaan organisasi, pelaksanaan, dan Pengawasan. Hal ini berencana agar peneliti memperoleh Data: kurikulum pendidikan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Materi yang diajarkan, pendaftaran siswa. Dari segi pengorganisasian: jumlah Materi Pembelajaran, bahan ajar dan waktu mengajar, dan dari Segi Pelaksanaan : rencana pengajaran, dan metode pengajaran serta Media Pembelajaran, dan dari Segi pengawasan: proses pemantauan, Ujian, Ukuran Kelulusan, dan Evaluasi Perbulan. Kata kunci: perencanaan, organisasi, implementasi dan pemantauan
ANALISIS KONTRASTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Rohayati, Enok
Taqdir Vol 4 No 2 (2018): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.607 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v4i2.3126

Abstract

The succesfull teaching not only depend on the teaching materials, but also on the teaching methods. Therefore, the Arabic teachers require teaching skills. Moreover, the Indonesian student assumes the existence of the difficulties anywhere in the Arabic learning. There is evidence that the Arabic teaching-learning process as a foreign language meets a serious problems. The most problems caused by defferencies between bahasa Indonesia as a native language and the Arabic as a target language. Robert Lado states that the differences between native and target language cause difficulties. In contrast, a similarities between two languages will be a fasilitsion in the Arabic learning. This contrastive study tries to analyse the differences between Arabic and bahasa Indonesia. The main concussion of this study shows that differences between two language require the Arabic teacher who knows the contrastive analysis, so that he can eliminate the Arabic learning Problems.
TA’TSÎR ISTIKHDÂM WASÎLAH AL-HIKÂYAH AL-MUSALSILAH ‘ALÂ MAHÂRAH AL-TALÂMÎDZ FÎ TAKALLUM BI AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH BIL-MADRASAH AL-TSÂNAWIYYAH AL-AHLIYYAH 1 PALEMBANG jamanuddin, jamanuddin; Anggraini, Anggraini
Taqdir Vol 4 No 1 (2018): TAQDIR
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.05 KB) | DOI: 10.19109/taqdir.v4i1.2285

Abstract

Media adalah alat dalam pembelajaran, seorang guru menggunakannya untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun salah satu dari media pembelajaran yang bisa digunakan oleh seorang guru adalah media trip story. Karenanya Peneliti tertarik untuk menerapkan media ini dalam materi bahasa arab.   Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji T sebagai analisis akhirnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media trip story memiliki pengaruh pada kemampuan siswa dalam berbicara. Hal ini terlihat dari nilai siswa yang berbeda dengan nilai sebelumnya yang menggunakan kertas teks muhadatsah.