TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 25274082     EISSN : 2622920X
Jurnal Tarbawi (p-ISSN : 2527-4082, e-ISSN : 2622-920X) adalah media publikasi ilmiah yang fokus menyebarluaskan hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar bekerjasama dengan LP3M Unismuh Makassar, dan terbit secara berkala dua kali dalam setahun.
Articles 58 Documents
HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT DENGAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL KEAGAMAAN

Wahyuni, Nita, Bahtiar, Abd. Rahman

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.356 KB)

Abstract

Jenis penelitian ialah penelitian lapangan (field Study) ini digunakan metode penelitian kuantitatif untuk menggambarkan tentang EQ guru PAI, kemampuan guru dalam menanamkan nilai-nilai moral keagamaan dan hubungan antara EQ dengan kemampuan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moral keagamaan. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam  menanamkan  nilai-nilai  moral  keagamaan  di  SMPN  02  Turatea, dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian terdapat korelasi antara EQ dan kemampuan guru PAI SMPN 02 Turatea dalam menanamkan nilai-nilai moral keagamaan. Hal ini didasarkan pada perhitungan distribusi frekuensi kecerdasan emosional bahwa sebanyank 40% atau 10 orang responden menyatakan tinggi dan distribusi frekuensi menanamkan nilai-nilai moral keagamaan.   bahwa 48% atau 12 orang menyatakan sedang. Dan pada perhitungan r    = 0. 11 yang kemudian dikonsultasikan dengan harga “r” tabel dengan N     25   an  taraf signifikasi 1% = 0.505 dengan demikian 0.611 > 0.505, sehingga H   diterima sedangkan H   ditolak.Kata Kunci: Emotional Quotient, Guru, Nilai-Nilai MoralThis type of research is a field research (field Study) is used to describe the method of quantitative research on teacher EQ PAI, the ability of teachers to inculcate moral values of religion and the relationship between EQ with the ability of teachers PAI in instilling moral values of religion. The type of research in this thesis is a correlational study aimed to investigate the relationship between emotional intelligence and the ability of Islamic Education Teachers in instilling moral values of religion in SMPN 02 Turatea, using the formula of product moment. The results of the study there is a correlation between EQ and the ability of PAI teacher in SMPN 02 Turatea give from example religious moral values. It is based on the calculation of the frequency distribution of emotional intelligence that sebanyank 40% or 10 respondents obvious height and frequency distribution instill moral values moeslim that 48% or 12 people said it was. And the calcultation of r = 0. 11 is then to consultation a price "r" table with an N 25 level of significance of 1% = 0505 thus 0611> 0505, so that H received while H rejected.Keywords: Emotional Quotient, Teachers, Moral Values 

TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI

Pewangi, Mawardi

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.397 KB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan pendidikan Islam di era globalisasi. Pembahasan difokuskan pada bagaimana karakteristik era globalisasi? Bagaimana tantangan globalisasi terhadap pendidikan Islam? Bagaimana strategi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi? Data diperoleh melalui studi kepustakaan kemudian dianalisis relevansinya dengan fakta aktual yang terjadi dewasa ini. Ada tiga tantangan utama yang kini dihadapi oleh pendidikan Islam, yaitu kemajuan iptek, demokratisasi, dan dekadensi moral. Pada intinya lembaga-lembaga pendidikan Islam harus mereformasi kurikulumnya agar dapat menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing dalam menghadapi kompetisi global.Kata kunci: Tantangan pendidikan Islam, Globalisasi. This study aims to identify and analyze the challenges of Islamic education in the era of globalization. The discussion focused on how the characteristics of the era of globalization? How the challenges of globalization on Islamic education? How Islamic education strategy in facing the challenges of globalization? Data obtained through library research and analyzed their relevance to the actual facts that happened today. There are three main challenges now faced by the Islamic education, the advancement of science and technology, democratization , and moral decadence . At the core of Islamic educational institutions should reform the curriculum in order to prepare human resources for excellence and competitiveness in the face of global competition.Keywords: Islamic educational challenges, globalization.

PEMIKIRAN PENDIDIKAN MULLA SHADRA

bawa, Dahlan lama

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.337 KB)

Abstract

Perkembangan pemikiran Islam di dunia semakin berkembang pesat. Salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam pemikiran pendidikan Islah adalah Mullah Shadra. Shadr Al-Muta’allihin atau Mulla Shadra terkenal dengan pemikiran pendidikannya atau yang populer disebut filsafat Al-Hikmah Al Muta’aliyah (Filsafat Transendental).  Jenis penelitian ini adalah penelitian pustakan, yaitu mengkaji tulisan-tulisan Mulla Shadra yang berkaitan dengan pemikiran pendidikan islam. Secara ontologis, pemikiran dan analisis  Mulla Shadra didasarkan pada tiga hal, yaitu: Pertama, Ashalah al-wujud (prinsipianitas eksistensi) Seperti filosof-filosof muslim sebelumnya, Shadra berusaha menjawab masalah mahiyyah (kuiditas/esensi), dan wujud (eksistensi). Perbandingan antara eksistensi-esensi Shadra menyatakan eksistensi bersifat positif, pasti, tertentu dan nyata. Kedua, Tasykik (gradasi wujud) Jika para filosof peripatetik itu menganggap wujud setiap benda berbeda dari wujud yang lain, walaupun prinsipial dalam hubungannya dengan mahiyah, maka bagi Mulla Shadra wujud adalah realitas tunggal yang muncul dalam gradasi (tahap) yang berbeda. Ketiga, Gerak Substansial (al-harokhah al-jauhariyyah) Mulla Shadra berpendapat bahwa gerak tidak hanya terjadi pada empat kategori aksiden: kuantitas, kualitas, posisi dan tempat.Kata Kunci: Pemikiran, Pendidikan The development of Islamic thought in the world is growing rapidly. One Of the influential figures hearts Islam Education Thought was Mullah Sadra. Shadr Al-Muta’allihin atau Mulla Shadra thought education or a popular use is called the philosophy of Al-Hikmah Al muta'aliyah (transcendental philosophy). Type of this research is library research., assess namely writings relates with Mulla Sadra thought Islamic Education  Operates ontological, Mulla Sadra Thought and analysis is based on three things are: First, Ashalah al-being (prinsipianitas Existence) Like the earlier Muslim philosophers, Sadra tried Answering problems mahiyyah (kuiditas / essence), and forms (Existence). comparison between Existence essence Sadra states are positive, certainly, Specific and Realistic. Second, Tasykik (gradation form) IF IT Peripatetic philosopher considers form Benda any different of another form, although prinsipial hearts conjunction with mahiyah, Then For Mulla Sadra form is sole Reality Appears hearts gradation (Phase) the differentiate. Third, substantial motion (al-harokhah al-jauhariyyah) Mulla Sadra argued that the motion does not only happen in the four categories of accidents: quantity, quality, position and place.  Keywords: Development , Education

KONDISI PSIKOLOGIS KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT DISIPLIN SISWA

Muthaharah, St

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.421 KB)

Abstract

ABSTRAK  Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriftif kuantitatif, yang beralokasi di Kelurahan Ereng-Ereng Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng, dengan menggunakan pendekatan keilmuan, yaitu pendekatan teologis normatif, paedagogis dan psikologis.Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh sebanyak 97 subjek. Teknik pengumpulan data melalui observasi, koesioner, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa validitas, realibilitas, uji normalitas, linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dan uji T dengan SPSS 17 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka nilai signifikansi yang diperoleh 0,000, sedangkan nilai r square menunjukkan 0,56 artinya terdapat pengaruh kondisi psikologis keluarga terhadap pembentukan sikap disiplin siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Muhammadiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng sebesar 56%. Adapun 44 % kedisiplinan siswa.Kata kunci: Kondisi Psikologis Keluarga, Tingkat Disiplin SiswaThe purpose of this research is to find and analyze the influence of family psychological condition of the formation of the discipline of students in Madrasah Aliyah boarding school KH. Ahmad Dahlan Muhammadiyah Ereng-Ereng, Bantaeng. This type of research is descriptive quantitative, which located in Sub-leaning leaning District of Tompobulu Bantaeng, using a scientific approach, the normative theological approach, pedagogical and psychology. Technique sampling is saturated sample of 97 subjects. Technique collecting data are through observation, questioner, interview, and documentation. Analysis of data by measures such as validity, reliability, test for normality, linearity and hypothesis testing using simple linear regression formula and T test with SPSS 17 for Windows. Based on the results of the data analysis, the significant value gained 0,000, while the r value of 0.56 means that there are square shows the influence of family psychological condition of the formation of the discipline of students in Madrasah Aliyah boarding school KH. Ahmad Dahlan Muhammadiyah Ereng-ereng Bantaeng by 56%. The 44% are discipline of students  Keywords: psychological condition of the family, the level of student discipline

PENGARUH MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA DAN DISIPLIN GURU

Muthaharah, St

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.312 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis pengaruh Model Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap peningkatan Kinerja dan Disiplin Guru. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriftif kuantitatif, yang beralokasi di Kelurahan Ereng-Ereng Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh sebanyak 20 subjek. Teknik pengumpulan data melalui observasi, koesioner, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa validitas, realibilitas, uji normalitas, linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan SPSS 17 for Windows.Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka nilai signifikansi yang diperoleh 0,000, sedangkan nilai resquare menunjukkan 0,53 artinya terdapatpengaruh model kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja dan disiplin guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Muhammadiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng sebesar 53%. Adapun 47 % kinerja dan disiplin guru dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.Kata kunci: Model Kepemimpinan, Kepala Madrsah, Kinerja dan Disiplin GuruThe purpose of this study is to find and analyze the effect Principals Leadership Model to increase performance and Discipline Teachers). This type of research is descriptive quantitative, which is located in Ereng-ereng District of Tompobulu Bantaeng.  Sampling technique that saturated sample of 20 subjects. Technique of collecting data through observation, questioner, interview, and documentation. Analysis of data by measures such as validity, reliability, test for normality, linearity and hypothesis testing using simple linear regression formula with SPSS 17 for Windows. Based the results of the data analysis, the significant value gained 0,000, while the value of r square shows 0 , 53 means that ifluence headmaster leadership model to the improved performance and discipline of teachers in Madrasah Aliyah boarding school KH. Ahmad Dahlan Muhammadiyah Ereng-ereng, Bantaeng by 53%. As for the 47% performance and teachers discipline inflenced by other factors.Keywords: Leadership Model, Head Master of Madrasah, Work Performance and Teachers Discipline

SISTEM PEMBINAAN HALAQAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI MARKAZ TAHFIDZ ALQURAN AL-BIRR

Nashir, Ahmad, Halib, Abdul

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.76 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas daya ingat hafalan quran pondok pesantren dan emosional quetient para alumni setelah kembali kemasyarakat”dan untuk mengetahui Penelitian ini adalah merupakan penelitian (Field Research). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan dengan jalan mengadakan penelitian secara langsung kelokasi yang menjadi tempat  penelitian. Untuk melengkapi data penelitian digunakan instrnment penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, sehingga data terkumpul dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,“Sistem Pembinaan Halaqah di Markaz Tahfidz Alquran Al-birr sudah diterapkan dan sudah menjadi program tahfidz Al-birr Malino yang diterapkan sejak dulu dan berjalan sampai saat ini” dimana dalam sistem pembinaan dalam menghafal Alquran yaitu, “sistem tahsin, sistem privat dan sistem mandiri” dan “faktor-faktor yang mendukung yaitu, mampu memahami ilmu tajwid dan mudah melafaskannya, kemauan santri itu sendiri, berkat dorongan dan motivasi orangtua, serta tidak jauh dari bimbingan ustdaz/pembina tahfidz”Kata Kunci: Pembinaan Halaqah, Kecerdasan Emosional  The purpose of this study is to investigate the recall memorizing the Quran of students at boarding school and graduated emotional quotient after returning the society "and to know it. This is a research study (Field Research). The method used is to use the data collection methods used to conduct the research directly to location as the place to study. To complement the research data used instrument observational studies, interviews, documentation, so that the data is collected and analyzed. The results showed that the "System Development Halaqah in Markaz Tahfidz Qur'an Al-birr has been implemented and is already a program Tahfidz Al-birr Malino applied since the first and walked up to the moment" in which the coaching system in memorizing the Qur'an that, "the system tahsin, system of private and self-contained system "and" the factors that support that is, able to understand the science of tajwid and easy to pronounce it, the willingness of the students themselves, thanks to the encouragement and motivation of parents, and not far from the guidance ustdaz / builder Tahfidz" Keywords: Halaqah Coaching, Emotional Intelligenc

PONDOK PESANTREN DAN CIRI KHAS PERKEMBANGANNYA

M, Ferdinan

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.88 KB)

Abstract

Karakteristik  dan corak   pesantren   di Indonesia sebagai lembaga pendidikan Islam   antara lain : 1) Memakai sistem tradisional yang mempunyai kebebasan penuh dibanding dengan sekolah modern sehingga terjadi hubungan dua arah antara santri dengan kiyai, 2) Kehidupan di pesantren menampilkan semangat demokrasi karena mereka praktis bekerja sama mengatasi problem non kurikuler mereka, 3) Sistem pondok pesantren mengutamakan kesederhanaan, idealisme, persaudaraan, persamaan, rasa percaya diri dan keberanian. Di samping itu, adanya pondok tempat kiyai bersama santrinya, adanya masjid tempat kegiatan belajar mengajar, adanya santri dan kiyai merupakan tokoh sentral dalam pesantren yang memberi pengajaran dan kitab-kitab Islam klasik. Pondok pesantren tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam masyarakat karena berhadapan dengan implikasi politis dan kultural yang menggambarkan sikap ulama-ulama Islam sepanjang sejarah. Tokoh-tokohnya antara lain K.H. Hasyim As’ari, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Zaenal Mustofa, K.H.M. Ilyas Ruhiyat, K.H. Ali Ma’shum, Sayyid Sulaiman, Kyai Itsbat, Syaikh Musthafa Husein Nasution, KH Ahmad Sahal, KH Zainuddin Fananie, dan KH Imam Zarkasy, dan lain-lain. Kata Kunci: Pondok Pesantren di Indonesia Characteristics and patterns of pesantren in Indonesia as Islamic educational institutions, That is: 1) Using traditional systems that have complete freedom compared with modern school, causing a bidirectional relationship between students with a chaplain, 2) Life at the school to show the spirit of democracy because they practically work together to overcome non-curricular problem, 3) The system boarding school prioritizes is simplicity, idealism, fraternity, equality, self-confidence and courage. In addition, the chaplain's cottage along with his students, their mosque where teaching and learning activities, the students and the chaplain of the central figures in schools that provide instruction and books of classical Islam. Boarding school grow and develop with Sendir Inya in society for dealing with political and cultural implications which describes the attitude of Islamic scholars throughout history. His characters include among others K.H. Hasyim As’ari, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Zaenal Mustofa, K.H.M. Ilyas Ruhiyat, K.H. Ali Ma’shum, Sayyid Sulaiman, Kyai Itsbat, Syaikh Musthafa Husein Nasution, KH Ahmad Sahal, KH Zainuddin Fananie, dan KH Imam Zarkasy and etc. Keywords: boarding school in Indonesia

PENILAIAN KINERJA MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ferdinan, Ferdinan

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.396 KB)

Abstract

Penilaian kinerja guru (PKG) dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memperoleh gambaran tentang pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, yang ditunjukkan dalam penampilan, perbuatan, dan prestasi kerjanya.  Pendekatan penilaian diantaranya penilaian berfokus pegawai, penilaian berdasar perilaku, penilaian berdasar hasil yang dicapai, penilaian global. Hasil penilaian kinerja dapat digunakan oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas untuk melakukan refleksi terkait dengan tugas dan fungsinya dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat.Tujuan penialaian kinerja kepala sekolah yaitu memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsifungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya. Aspek yang dinilai dalam penilaian kinerja kepala sekolah mencakup tiga dimensi yakni komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kerja. Instrumen yang digunakan dalam penilaian kinerja adalah skala penilaian (rating scale).  Kata Kunci: Kinerja, Pendidikan Agama Islam ABSTRACT           Teachers evaluation (PKG) can be interpreted as an attempt to gain an overview of the knowledge, skills, values and attitudes of teachers in carrying out its duties and functions, shown in appearance, actions, and work performance. Valuation approaches including employee-focused assessment, behavior-based assessment, an assessment based on the results achieved, the global assessment. Performance evaluation results can be used by teachers, principals, and supervisors for reflection related to the duties and functions in order to provide services to society. Objective evaluation performance of the principal is to obtain data on the implementation of the basic tasks, functions and responsibilities of principals in carrying out the functions managerial and supervisory / oversight at the school. Aspect considered in the assessment of the performance of the principal includes three dimensions, namely commitment to the task, task execution, and results. Instrument used in the performance evaluation is the assessment scale (rating scale). Keyword: Work Performance, Islamic Education

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU SISWA

S, Andi Ridha, Rusydi, St. Rajiah

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.178 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap perilaku siswa di SMA Hang Tuah Makassar. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriftif kuantitatif, yang beralokasi di SMA Hang Tuah Makassar.Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Cluster/ judgmental  sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, koesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa validitas, realibilitas, uji normalitas, linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan SPSS 17 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka nilai signifikansi yang diperoleh 0,000, sedangkan nilai r square menunjukkan 0,58 artinya terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap perilaku siswa di SMA Hang Tuah Makassar sebesar 58%.Kata Kunci: Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, perilaku siswa.The purpose of this study was to determine the influence of family and school environment on student behavior in SMA Hang Tuah Makassar. This type of research is descriptive quantitative, which located in SMA Hang Tuah Makassar. Cluster sampling is the technique / judgmental as many as 61 students. The technique of collecting data is through observation, questioner, interview, and documentation. Analysis of data by measures such as validity, reliability, test for normality, linearity and hypothesis testing using simple linear regression formula with SPSS 17 for Windows. Based on the results of the data analysis, the significant value gained 0,000, while the r value of 0.58 means that there are square shows the influence of family and school environment on student behavior in SMA Hang Tuah Makassar by 58%. Keywords: family environment, school environment, student behavior

STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. AHMAD DAHLAN

Mawardi, Amirah

TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): TARBAWI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.816 KB)

Abstract

Jenis Penelitian yaitu  penelitian  kualitatif menggunakan  pendekatan  sosiologis dan historis. Selain itu juga pendekatan fenomenologis, karena itu data yang dikumpulkan lebih banyak merupakan data-data kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subyek penelitian, misalnya perilaku persepsi, motivasi dan lain-lain. Berdasarkan sasaran penelitian untuk mendapatkan data kualitatif,maka digunakan beberapa metode pengumpulan data kualitatif antara lain: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan    instrumen/alat penelitian berupa pedoman obsevasi,pedoman wawancara dan catatan dokumentasi. Muhammadiyah telah berkiprah khususnya dibidang pendidikan sejak lahirnya tahun 1912 untuk kemajuan bangsa indonesia antara lain: membangun sistem pendidikan islam moderen, memperbarui paham islam, memperbarui alam pikiran ke arah kemajuan atau kemoderenan, gerakan al-maa’un (penyantu-nan) dan penolong kesengsaraan umum, membentengi umat islam dalam berbagai ancaman luar, memodernisasi kehidupan masyarakat dan mempelopori kemajuan perempuan islam ke ruang public. Kata Kunci: Studi Pemikiran, Pendidikan Type of study is a qualitative study using sociological and historical approach. In addition, the phenomenological approach, because the more data collected is qualitative data, the research aims to understand the phenomenon of what is experienced research subjects, such as the behavior of perception, motivation and others. Based on the research objectives to obtain qualitative data, then used some qualitative data collection methods include: observation, interviews and documentation. In this study the authors collected data using an instrument / tool of research in the form of guidelines for observation, interview and record documentation. Muhammadiyah has been acting especially in the field of education since its inception in 1912 to the nation's progress Indonesia, among others: building a modern Islamic education system, update the understanding of Islam, renew the mind in the direction of progress or modernity, the movement of al-maa'un (penyantu-nan) and helper woes Generally, fortify Muslims in various external threats, modernize public life and pioneered the advancement of women Islam into public space. Keywords: Thinking Studies, Education