cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017" : 6 Documents clear
Metode Service Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD) sebagai Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Putri, Solehatin Ika; Sumartini, Sumartini; Sofia, Alfira
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1139.193 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kualitas pelayanan Kereta Ekonomi Lokal Lintas Barat, dan mengetahui indikator yang dapat menggambarkan dimensi kualitas pelayanan serta merancang usulan perbaikan kualitas pelayanan di PT. KAI (Persero).Metode Service Quality (Servqual) melalui 5 dimensinya digunakan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan. Analisis faktor digunakan untuk menentukan indikator penentu dilanjutkan dengan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mencari faktor prioritas. Rancangan perbaikan diusulkan setelah melakukan analisis dengan Quality Function Deployment (QFD). Kuesioner disebarkan pada 393 penumpang Kereta Ekonomi Lokal Lintas Barat dengan teknik convenience sampling.  Kualitas pelayanan Kereta Api Ekonomi Lokal Lintas Barat termasuk pada tingkatan sedang yang menunjukkan belum terpenuhinya kualitas yang diharapkan pelanggan. Terdapat 21 indikator yang dapat menggambarkan dimensi kualitas pelayanan dengan indikator terkait kesiapan petugas dalam mengarahkan tangga bantuan dari peron ke pintu kereta yang memiliki tingkat ketidakpuasan tertinggi. Usulan perbaikan yang menjadi prioritas berdasarkan hasil analisis QFD yaitu meningkatkan pengawasan pelaksanaan SOP dari para petugas. 
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP HARGA SAHAM Rahmani, Dede Arif; Nugraha, Nugaraha; Waspada, Ika Putra
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (991.397 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor fundamental dan risiko sistematis terhadap harga saham pada industri keuangan sub sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Adapun faktor fundamental yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas faktor fundamental makro ekonomi (PDB dan Inflasi), faktor fundamental industri (EEVI), faktor fundamental keuangan (CR, DER, TATO, ROE, PER), dan risiko sitematis.Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 sampel perusahaan perbankan yang terdaftar dalam indeks sektoral JASICA. Jenis data yang digunakan berbentuk data sekunder berupa data panel (pooled data). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan menerapkan pendekatan Random Effect Model (REM). Kemudian dilakukan pengujian asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (adjusted R2) yang relatif rendah, menunjukkan bahwa faktor lain yang tidak diteliti lebih dapat menjelaskan variasi harga saham. Secara parsial variabel fundamental Kinerja Keuangan Perusahaan (CR, DER, ROE, TATO, PER) dan variabel risiko sistematis (BETA) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sementara variabel fundamental makro (PDB, inflasi) dan variabel fundamental industri (EEVI) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan seluruh faktor fundamental (PDB, Inflasi, EEVI, CR, DER, TATO, ROE, PER, dan BETA saham) berpengaruh signifikan terhadap harga saham perbankan. 
Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Pada Minat Menggunakan Layanan Kembali Bharotodiasto, Bayu
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.205 KB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini, permintaan data impor dari perusahaan Korea Selatan ke ITPC Busan menurun. Untuk mencegah terjadinya penurunan tersebut, ITPC Busan melakukan beberapa strategi, salah satunya adalah komunikasi pemasaran terpadu. Komunikasi pemasaran terpadu ini dilakukan selain untuk meningkatkan permintaan data impor juga untuk meningkatkan tingkat citra perusahaan juga. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh ITPC Busan terhadap citra perusahaan dan dampaknya pada minat untuk menggunakan layanan kembali (niat beli ulang). Penelitian ini menggunakan metode descriptive explanatory survey. Populasi penelitian ini adalah konsumen layanan ITPC Busan yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Untuk mengukur besarnya pengaruh kinerja kegiatan komunikasi pemasaran terpadu terhadap citra perusahaan dan besarnya dampak pada minat menggunakan layanan kembali (minat beli ulang) digunakan teknik analisi jalur (path analysis). Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa dari enam dimensi yang diteliti pada variabel komunikasi pemasaran terpadu (promosi penjualan, acara dan pengalaman, pemasaran interaktif, word-of mouth communication, penjualan personal, dan desain korporat), penilaian tertinggi terdapat pada dimensi desain korporat, dan penilaian terendah pada dimensi acara dan pengalaman. Sedangkan pada variabel citra perusahaan, terdapat empat dimensi yang diteliti yaitu personality, reputation, value/ ethics, dan corporate identity. Penilaian tertinggi terdapat pada dimensi corporate identity dan penilaian terendah terdapat pada dimensi reputation. Untuk variabel minat beli ulang, dari tiga dimensi yang diteliti (frekuensi pembelian, komitmen penjulan, dan rekomendasi positif), penilaian tertinggi ada pada dimensi rekomendasi positif dan penilaian terendah ada pada dimensi frekuensi pembelian. Sedangkan hasil penelitian secara statistik menunjukkan bahwa kinerja komunikasi pemasaran terpadu terhadap citra perusahaan memberikan pengaruh yang paling tinggi dibandingkan dengan pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap minat beli ulang dan pengaruh citra perusahaan terhadap minat beli ulang.
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL TERHADAP INOVASI ORGANISASIONAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN Eka, Raras; Senen, Syamsul Hadi; Suwatno, Suwatno
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.881 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, pembelajaran organisasional, inovasi organisasional terhadap kinerja perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan explanatory survey. Pengujian hipotesis menggunakan model persamaan struktural berbasis varian yang diproses dengan program Partial Least Square (PLS), dan ukuran sampel adalah 44 perusahaan. Kesimpulan Penelitian adalah Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Organisasional, dan Kinerja Perusahaan sudah cukup baik namun Pembelajaran Organisasional masih belum baik; Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif terhadap Pembelajaran Organisasional; Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif terhadap Inovasi Organisasional; Pembelajaran Organisasional berpengaruh positif terhadap Inovasi Organisasional; Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif terhadap Kinerja Perusahaan; Pembelajaran Organisasional berpengaruh positif terhadap Kinerja Perusahaan; Inovasi Organisasional berpengaruh positif terhadap Kinerja Perusahaan; Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap Inovasi Organisasional secara langsung dan tidak langsung melalui Pembelajaran Organisasional; Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan secara langsung dan tidak langsung melalui Inovasi Organisasional; dan Pembelajaran Organisasional berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja Perusahaan.
Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Direktorat Jendral Pajak Ramadhani, Sarah Sucia; Ahman, Eeng; Senen, Syamsul Hadi
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.479 KB)

Abstract

Target penerimaan pajak tahun 2012-2016 belum tercapai. Pencapaian penerimaan pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Solok pada tahun 2016 menduduki peringkat ke 6 dari 9 kantor yang berada di Kanwil SumbarJa. Fenomena tersebut mengindikasikan masih rendahnya kinerja pegawai. Tinggi rendahnya kinerja pegawai tersebut diprediksi oleh tinggi rendahnya variabel – variabel yang mempengaruhinya, yaitu budaya organisasi,motivasi kerja serta kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan survey dengan jenis verificative explanation reseach terhadap 80 pegawai. Analisis dan interpretasi hasil pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif (Partial Least Square).Hasil analisis menunjukan bahwa variabel budaya organisasi dan motivasi kerja termasuk kedalam kategori tinggi sedangkan variabel kepuasan kerja serta kinerja termasuk kategori cukup serta  kuat lemahnya budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya motivasi, tinggi rendahnya kepuasan kerja serta tinggi rendahnya kinerja. Tinggi rendahnya motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya kepuasan kerja dan tinggi rendahnya kinerja. Kemudian tinggi rendahnya kepuasan kerja juga berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kinerja pegawai.
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PENGETAHUAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ONLINE Anggitasari, Siti Rafi; Hurriyati, Ratih; Wibowo, Lili Adi
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (976.965 KB)

Abstract

Industry fashion merupakan salah satu sector terbesar sebagai produk yang diminati dan sering dibeli. Di era digital saat ini penggunaan internet dijadikan sebagai wadah untuk mengembangkan bisnis sebagai media penjualan produk/jasa yang mereka tawarkan. Fenomena trend belanja online menjadikan peluang bagi para pelaku bisnis untuk menjual produk fashion mereka salah satunya pakaian muslimah yang dijual secara online. Saat ini konsumen sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk, mereka cenderung lebih percaya dengan pada tinjauan online yang diberikan konsumen lain dari pada iklan tradisionel yang diberikan oleh pemasar atau perusahaan, fenomena ini disebut dengan electronic word of mouth.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eWOM terhadap pemngetahuan konsumen serta dampaknya terhadap minat beli online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah explanatory survey serta teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 171 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Electronic Word Of Mouth terhadap Pengetahuan Konsumen serta dampak pada Minat Beli Online.

Page 1 of 1 | Total Record : 6