cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013" : 5 Documents clear
KETERIKATAN KARYAWAN DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN Tahir, Rusdin
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.525 KB)

Abstract

Salah satu unsur penting dalam kinerja operasional BUMN adalah Peningkatan Kualitas Perencanaan, SDM, dan Pengelolaan Keuangan yang dapat berperan sebagai alat pengawasan sekaligus performance driver. Karenanya, melalui penelitian ini telah ditelaah sejauhmana kontribusi keterikatan karyawan, seperti keterikatan kognisi, keterikatan emosional, dan keterikatan perilaku dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja BUMN di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei terhadap 429 orang Manajer Madya pada 141 perusahaan BUMN di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi tidak langsung melalui instrumen berupa angket dan teknik komunikasi langsung melalui wawancara terbatas dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dari Bulan Januari 2011 yang berakhir 31 Desember 2012. Teknik pengolahan data dilakukan dengan Analisis Deskriptif, yaitu rata-rata terbobot, dan Analisis inferensial yaitu Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keterikatan karyawan pada BUMN di Indonesia menunjukkan kondisi yang baik, namun belum optimal. Demikian halnya kinerja perusahaan berbasis total performance scorecard. Keterikatan karyawan meliputi keterikatan kognisi, emosional, dan perilaku secara parsial dan simultan berkontribusi positif dan bermakna dalam meningkatkan kinerja perusahaan berbasis total performance scorecard.
PENGARUH SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK Masyhur, Hadi
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.295 KB)

Abstract

Keberhasilan penerimaan pajak, dalam perspektif administrasi perpajakan sejauhmana fiskus dapat: (1) meningkatkan kepatuhan para pembayar pajak, dan (2) melaksanakan ketentuan perpajakan secara seragam untuk mendapatkan penerimaan maksimal dengan biaya yang optimal. Pengukuran efektifitas administrasi perpajakan dengan mengamati tax gap, yaitu selisih antara penerimaan yang sesungguhnya dengan pajak potensial dengan tingkat kepatuhan dari masing-masing sektor perpajakan. Penelitian ini menelusuri sejauhmana implementasi sistem administrasi perpajakan modern di Indonesia dan kepatuhan wajib pajak. Metode yang digunakan deskriptif dan inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen utama yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Wajib Pajak memiliki tanggapan yang sangat bagus terhadap implementasi sistem administrasi perpajakan modern. Sistem administrasi perpajakan modern mempunyai pengaruh besar terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Modernisasi struktur organisasi memberikan kontribusi pengaruh yang terbesar, Modernisasi budaya organisasi dan modernisasi strategi organisasi memberikan pengaruh lebih rendah. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara implementasi sistem administrasi perpajakan modern dari dimensi modernisasi struktur organisasi, modernisasi prosedur organisasi, modernisasi strategi organisasi, dan modernisasi budaya organisasi terhadap kepatuhan wajib pajak.
ANALISIS KORELASI KANONIKAL PADA KOMPONEN DUA SISI NERACA PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIK DI INDONESIA (Periode 2005-2011) Sukaesih, Tien
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.513 KB)

Abstract

Penggunaan statistik sudah sering dijumpai pada hasil-hasil penelitian bidang eksakta maupun sosial, hal tersebut diantaranya diuraikan pada artikel-artikel hasil penelitian berbagai jurnal, baik pada penelitian yang berorientasi ingin mendeskripsikan masalah atau variabel penelitian, untuk tujuan eksplorasi maupun yang bertujuan untuk pengujian hipotesis penelitian. Kajian  ini membahas tentang bagaimana statistika kanonik dapat diterapkan dengan menganalisis tujuan laporan keuangan, karakteristik kualitatif laporan keuangan, unsur-unsur (elemen) laporan keuangan, pengakuan atas unsur-unsur laporan keuangan, pengukuran atas unsur-unsur laporan keuangan; dan konsep modal dan pemeliharaan modal. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa 20 neraca bank dengan menggunakan metode statistik analisis kanonikal memberikan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang bermakna di antara kedua sisi neraca. Hal ini terlihat dari hubungan yang kuat dan searah antara komponen piutang dengan hutang, Ekuitas dengan kas dan surat berharga, dan Ekuitas dengan aktiva tak lancar. Hal ini sekaligus membuktikan hipotesis, yang ditunjukkan oleh pola hubungan yang berhasil diidentifikasi di antaranya hubungan searah positif dan negatif atau perubahan proporsional diantara komponen yang berhubungan.
INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KEEFEKTIFAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN Hernawan, Hernawan
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.766 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan data yang empiris tentang faktor yang mempengaruhi dominasi informasi akuntansi manajemen yang terdiri dari: informasi akuntansi penuh, informasi akuntansi diferensial dan akuntansi pertanggungjawaban untuk menyusun laporan perencanaan, laporan kontrol dan laporan informasi dan efektivitas pengambilan keputusan. Metode penelitian ini adalah Metode Survey Explanatory dan melakukan pengumpulan data dengan kuesioner kepada 138 perusahaan yang dikategorikan sebagai industri berskala besar diproduksi di Kalimantan Barat data. Data dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah: (1) informasi lengkap akuntansi, informasi akuntansi diferensial, informasi akuntansi pertanggungjawaban: (a) faktor yang paling dominan yang mempengaruhi laporan perencanaan informasi akuntansi penuh, (b) faktor yang paling dominan yang mempengaruhi untuk mengendalikan laporan adalah informasi akuntansi pertanggungjawaban, (c) faktor yang paling dominan yang mempengaruhi laporan informasi adalah informasi akuntansi diferensial, (2) faktor yang paling dominan yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan efektivitas informasi akuntansi penuh, (3) faktor yang paling dominan perencanaan laporan, laporan mengendalikan dan melaporkan informasi yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan efektivitas laporan informasi.
PENGEMBANGAN KONSEP TOTAL QUALITY MANAGEMENT Soemantri, Roebiandini
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was aimed to develop TQM concept for State Owner’s Financial Service Company Bandung City Branch by determining which elements stated important for developing TQM for State Owner’s Financial Service Company Bandung City Branch and this study was willing to know the adoption of those elements at State Owner’s Financial Service Company Bandung City Branch. Number of respondent companies involved in this study is 21 branch offices. The respondents who participate in this study are branch managers and head of department from each of branch office. The study was conducted to determine the perception of respondent managers and head of departments as to the critical strategy that should define a particular TQM. The validation TQM is done by conducting Factor Analysis. The result from the survey is that the original of 72 elements of TQM is remain 45 elements which are grouped into 6 (six) factors. Those factors are Education and Analysis Tools Supporting, Facility Management, Management Commitment and Quality Leadership, Customer Focus, Mesurement and Benchmarking.

Page 1 of 1 | Total Record : 5