cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012" : 6 Documents clear
Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Nilai Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Citra PT. POS Sebagai Penyedia Jasa Kurir Yuliawati, Yupi
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.923 KB) | DOI: 10.17509/jimb.v3i1.12781

Abstract

Perkembangan globalisasi menyebabkan disepakatinya perdagangan internasional, ini menyebabkan berkembangnya industri pengiriman barang di Indonesia. PT. POS sebagai penyedia jasa kurir milik negara mulai memiliki banyak pesaing, sehingga market share PT. POS berkurang dibandingkan dengan jasa pengiriman milik swasta, menyebabkan pendapatan EMS menurun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas jasa terhadap nilai pelanggan serta dampaknya terhadap citra PT. POS. Kualitas jasa berpengaruh terhadap nilai pelanggan, nilai pelanggan berpengaruh terhadap citra perusahaan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive survey dan explanatory survey terhadap sampel berukuran 100 pelanggan EMS. Untuk mengukur besarnya pengaruh kualitas jasa terhadap nilai pelanggan serta dampaknya terhadap citra perusahaan digunakan analisis SEM (Structural Equation Model).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa berpengaruh terhadap nilai pelanggan, dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap citra PT. POS sebagi penyedia jasa kurir. Faktor dominan yang mempengaruhi citra PT. POS yaitu nilai pelanggan
Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kepuasan Terhadap Kinerja Pegawai Administratif di Lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia Zulviliansih, Nina
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.313 KB) | DOI: 10.17509/jimb.v3i1.13095

Abstract

Keberadaan tenaga administratif di UPI merupakan ujung tombak pemberian pelayanan administratif bagi civitas akademika UPI dan pemangku kepentingan (stkaheolders) lainnya. Secara umum, kinerja pegawai administratif berstatus PNS di lingkungan UPI Kampus Bumi Siliwangi menunjukkan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi kerja, motivasi kerja,kepuasan kerja, dan kinerja pegawai, serta untuk mengetahui adakah pengaruh dari kompetensi kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawaiadministratif berstatus PNS dilingkungan UPI Kampus Bumi Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori survei.Populasinya pegawai administratif berstatus PNS di unit kerja yang ada di Lingkungan UPI Kampus Bumi Siliwangi. Teknik sampling yang digunakan Simple Random Sampling (SRS). Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 18.00. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; dan kompetensi kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja, secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian, maka kompetensi kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja perlu dioptimalkan karena terbukti mampu meningkatkan kinerja pegawai administratif di lingkungan UPI Kampus Bumi Siliwangi.
Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Garnida, Agus
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.08 KB) | DOI: 10.17509/jimb.v3i1.13091

Abstract

Belum optimalnya kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Yayasan Taruna Bakti belum mampu bersaing secara optimal. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti antara lain berkenaan dengan budaya organisasi dan kepuasan kerja pegawai. Dimana diduga kedua faktor tersebut menyebabkan naik turunnya kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat budaya organisasi, kepuasan kerja pegawai, dan kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung; menganalisis dan mengukur adakah pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung; menganalisis dan mengukur adakah pengaruh kepuasan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung; serta menganalisis dan mengukur adakah pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori survei. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling (SRS). Instrumen penelitian utama menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hubungan budaya organisasi dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang sedang. Hubungan kepuasan kerja dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang kuat. Hubungan budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang sangat kuat. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; serta budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai secara simultan. Kepuasan kerja memberikan pengaruh lebih besar terhadap kinerja pegawai dibandingkan dengan budaya organisasi. 
Pengaruh Manajemen Pengetahuan dan Manajemen Bakat Terhadap Kinerja Organisasi dan Dampaknya pada Citra Organisasi Perguruan Tinggi Swasta Priansa, Donni Juni
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.539 KB) | DOI: 10.17509/jimb.v3i1.13092

Abstract

Kemajuan PTS yang sangat pesat dari segi kuantitas tidak diimbangi dengan peningkatan kualitasnya, sehingga kondisi PTS menjadi tidak sehat. Harian Kompas memberitakan bahwa lebih dari 30% PTS terancam bangkrut atau ditutup akibat pertumbuhan jumlah PTS yang tidak terkendali, penyebab lainnya adalah PTN kini cenderung membuka jalur penerimaan mahasiswa secara khusus dan melebihi kuota sehingga kondisi PTS menjadi semakin terhimpit. Saat ini, rata-rata mahasiswa yang kuliah di tiap PTS kurang dan 600 orang, padahal PTS baru dapat dikatakan sehat jika memiliki minimal 2.000 mahasiswa. Kondisi tersebut menyebabkan daya saing PTS lemah, selain juga dikontribusi oleh lemahnya kinerja PTS dan pencitraan PTS sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas. Manajemen pengetahuan dan manajemen bakat sebagai praktik manajemen moderen merupakan solusi bagi PTS di Kota Bandung untuk meningkatkan kinerja dan pencitraan PTS. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana manajemen pengetahuan, manajemen bakat, kinerja organisasi, dan citra organisasi PTS di Kota Bandung, dan pengaruh diantara variabel-variabel tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif d an eksplanatori survei terhadap unit sampel sebesar 300 dosen yang didistribusikan secara proporsional ke Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Universitas Kristen Maranatha (UKM), dan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara terbatas, dan observasi, yang disertai studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS 18.0 Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan adanya hubungan yang positif antara manajemen pengetahuan, manajemen bakat, kinerja organisasi, dan citra organisasi. Manajemen pengetahuan dan manajemen bakat berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi sebesar 67,62%; Manajemen pengetahuan dan manajemen bakat berpengaruh signifikan terhadap citra organisasi sebesar 91,12%; dan Kinerja organisasi berpengaruh signifikan terhadap citra organisasi sebesar 74,48%. Dengan demikian, apabila manajemen pengetahuan dan manajemen bakat mampu diimplementasikan dengan optimal, maka kinerja organisasi dan citra organisasi PTS di Kota Bandung akan semakin optimal. 
Pengaruh Manajemen Pengetahuan dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Dosen di Universitas Terbuka Abdurahman, Fikri Irawan
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.786 KB) | DOI: 10.17509/jimb.v3i1.13093

Abstract

Berdasarkan hasil riset Majalah Tempo dan Globe Asia, Universitas Terbuka belum termasuk dalam kategori universitas terbaik di Indonesia. Hal tersebut menggambarkan bahwa kinerja Universitas Terbuka belum termasuk dalam kinerja perguruan tinggi yang unggul di Indonesia. Universitas Terbuka merupakan universitas yang menggunakan Sistem Pendidikan Jarak Jauh (SPJJ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pengetahuan, komitmen organisasional, dan kinerja dosen di Universitas Terbuka, serta untuk menganalisis seberapa besar pengaruh manajemen pengetahuan dan komitmen organisasional terhadap kinerja dosen di Universitas Terbuka, baik secara parsial maupun simultan.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling (SRS). Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 18.00.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubungan manajemen pengetahuan dan komitmen organisasional dengan kinerja dosen bersifat positif. Makna hubungan positif disini adalah jika manajemen pengetahuan dan komitmen organisasional meningkat, maka kinerja dosen juga akan meningkat secara positif. Manajemen pengetahuan dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di UT, baik secara parsial maupun simultan.
Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kualitas Layanan Pegawai Terhadap Kepuasan Nasabah BNI Cabang UPI Susanty, Gina Aprilita
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.826 KB) | DOI: 10.17509/jimb.v3i1.13094

Abstract

Masalah yang menjadi kajian pada penelitian ini adalah mengenai ketidakpuasan nasabah. Adapun variabel yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam penelitian ini adalah dengan cara peningkatan kemampuan kerja dan kualitas layanan pegawai. Berdasarkan hal tersebut, analisis dalam penelitian ini mengungkap “apakah terdapat pengaruh antara kemampuan kerja dan kualitas layanan pegawai terhadap kepuasan nasabah.” Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data kuesioner skala lima. Sumber data diperoleh dari sampel nasabah BNI cabang UPI Bandung, yaitu pada pegawai di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Bumi Siliwangi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah regresi ganda. Teknik ini digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh yang disebabkan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel kemampuan kerja diukur melalui indikator pengetahuan dan keterampilan, dan variabel kualitas layanan diukur melalui indikator reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Kedua variabel bebas tersebut diukur berdasarkan persepsi nasabah. Adapun variabel kepuasan nasabah diukur melalui indikator kesetiaan, menggunakan produk/jasa kembali, dan rekomendasi yang diukur berdasarkan kondisi riil tingkat kepuasan nasabah BNI cabang UPI. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kerja dan kualitas layanan pegawai BNI cabang UPI termasuk dalam kategori cukup, sedangkan tingkat kepuasan nasabah masih rendah. Oleh karena itu, BNI cabang UPI harus memaksimalkan kemampuan kerja pegawainya untuk meningkatkan kepuasan nasabah dengan cara memberikan layanan berdasarkan perspektif nasabah melalui pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karir terhadap para pegawainya yang bersifat inovatif dan berorientasi kepada nasabah. Kemudian kualitas layanan pegawai BNI cabang UPI perlu ditingkatkan lagi untuk meningkatkan kepuasan dan memelihara loyalitas nasabah yaitu dengan cara pelayanan yang lebih berorientasi terhadap kepuasan nasabah daripada produk. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6