cover
Filter by Year
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
Articles
98
Articles
ANALISIS CUSTOMER EXPERIENCE DAN LIFESTYLE MODEL TERHDAP KEPUTUSAN MENONTON FILM (Survei Terhadap Member Bioskop Blitzmegaplex Paris Van Java Bandung)

Vitry, Dwi Dina Rahma

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.043 KB)

Abstract

Penonton adalah pelaku utama pembuat keputusan untuk menonton di bioskop dalam industri hiburan. Namun beberapa tahun terakhir terjadi penurunan pertumbuhan jumlah penonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung. Hal ini terjadi karena lambatnya laju pertumbuhan jumlah penonton setiap bulannya dan sebagai bioskop yang memiliki konsep beyonds experience, dimensi customer experience BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung kurang baik. Melalui upaya penilaian customer experience diharapkan BlitzMegaplex dapat mengevaluasi dimensi customer experience dan memahami lifestyle model penonton pada saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran customer experience BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung (2) gambaran lifestyle model penonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung (3) gambaran keputusan menonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung(4) besarnya pengaruh customer experience dan lifestyle model terhadap keputusan menonton di Bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung.Metode penelitiannya menggunakan deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah member bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung sebanyak 943.164 orang dan diambil sampel penelitian sejumlah 165 orang menggunakan Simple Random Sampling dan Probability Sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang penulis pilih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner. Untuk mengukur besarnya pengaruh customer experience dan lifestyle model digunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa analisis customer experience cukup tinggi. Lifestyle model cukup tinggi, dan keputusan menonton cukup tinggi. Customer experience memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menonton di bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung. Lifestyle model memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menonton di bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung

STRATEGI PENGEMBANGAN PROFIL KAPABILITAS MANAJEMEN PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS YANG SEDANG BERLANGSUNG SAAT INI DI SALAH SATU DIVISI PT. X

Lutfie, Harrie

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.029 KB)

Abstract

Hadirnya operator-operator baru baik yang berskala Nasional maupun Internasional bidang Telekomunikasi dan di era persaingan bisnis perusahaan menuntut adanya suatu perubahan rancangan strategi bisnis perusahaan untuk mengantisipasi gejolak lingkungan bisnis perusahaan. Strategi yang digunakan melalui profil manajer, kompetensi manajemen, iklim manajemen, dan kapabilitas manajemen. Oleh karena itu, Perlu dilakukan trial and error assessment profil kapabilitas manajemen perusahaan di divisi tertentu untuk di evaluasi dan dikembangkan ke divisi lainnya

Analisi Kinerja Harga Pengaruhnya Terhadap Reputasi dan Keputusan Menggunakan Jasa Penerbangan (Survei terhadap penumpang Air Asia dengan rute Bandung – Denpasar)

Rosdiana, Anisa

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.294 KB)

Abstract

Penumpang memiliki peran sentral selaku pembuat keputusan untuk menggunakan maskapai penerbangan. Namun pertumbuhan jumlah penumpang Air Asia mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena reputasi Air Asia yang kurang baik. Melalui upaya kinerja harga, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pertumbuhan penumpang Air Asia.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran kinerja harga pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (2) gambaran reputasi Air Asia pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (3) gambaran keputusan menggunakan pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (4) pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan masakapai penerbanganAir Asia.Objek dari penelitian ini adalah penumpang Air Asia dengan rute Bandung – Denpasar, adapun metode penelitiannya menggunakan deskriftif dan verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Populasi sebanyak 214.450 orang diambil sample penelitian sejumlah 100 orang. Simple Random Sampling khususnya Cluster Sampling merupakan teknik pengambilan sample yang penulis pilih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Untuk mengukur besarnya pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan maskapai penerbangan, digunakan teknik analisis data path (analisis jalur). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan kinerja harga dinilai oleh penumpang cukup tinggi. Reputasi dinilai cukup tinggi, sedangkan keadaan keputusan menggunakan maskapai penerbangan secara umum dinilai cukup tinggi. Besarnya pengaruh kinerja harga terhadap reputasi adalah cukup tinggi sebesar 60,8%. Besarnya pengaruh kinerja harga terhadap keputusan menggunakan maskapai penerbangan adalah cukup tinggi sebesar 75,8%. Besarnya pengaruh reputasi terhadap keputusan menggunakan maskapai penerbangan adalah cukup tinggi sebesar 69,3%. Sedangkan pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan maskapai penerbangan berpengaruh secara simultan signifikan. Hasil penelitian, maka perlu diadakannya usaha dalam peningkatan kinerja harga yang sesuai dengan harapan penumpang termasuk dalam kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan reputasi perusahaan sehingga penumpang memutuskan untuk menggunakan maskapai penerbangan Air Asia

ANALISIS MODEL VIRTUAL BRAND COMMUNITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK SABUN PEMBERSIH WAJAH

Septiana, Dini

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12746.389 KB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi lndonesia terus berkembang didukung oleh berbagai sektor industri, salah satunya industri kosmetik dan toiletries. Banyaknya jenis produk perawatan pribadi yang ditawarkan berpengaruh pada kenaikan pangsa pasar industri kosmetik dan follefdes. Salah satu produk kosmetik dan forlefnes yang mengalami perkembangan pesat adalah sabun pembersih wajah. Berbagai merek produk sabun pembersih wajah mendorong adanya persaingan produk dalam memperebutkan konsumen. Tahun2A12 Ponds merupakansalah satu merek sabun pembersih wajah yang memperoleh pangsa pasar rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perkembangan teknologi mendorong Ponds lebih kreatif dan efisien dalam mempengaruhikonsumen untuk menggunakan produk. Oleh karena itu, agar dapat bersaing dengan merek lain, maka Ponds melakukan strategi pemasaran melalui viftual brand community sebagai upaya menarik perhatian konsumen, menjalin hubungan, dan berkomunikasi antara perusahaan dan konsumen, sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk Ponds.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh virtual brand community terhadap keputusan menggunakan. Virtual brand communr$ yang merupakan variabel bebas (X) yang terdiri dari dimensi consciousness of kind, ritual dan tradisi, serta sense of moral responsibiltty. Sedangkan variabel terikat(dependent variable) adalah keputusan menggunakan (Y) yang terdiri dari dimensi pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan saluran pembelian, penentuan waktu pembelian, dan jumlah pembelian. Jenis penelitian yangdigunakan adalah deskriptif verifikatif, dan metode yang digunakan adalah explanatory suruey dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 100 responden.

PENGARUH ON THE JOB TRAINING TERHADAP KUALITAS HUMAN CAPITAL SERTA IMPLIKASINYA PADA PENDAPATAN KARYAWAN

Marlina, Lina

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.571 KB)

Abstract

Human capital sebagai penggerak suatu perusahaan selayaknya mendapat perhatian dari manajemen supaya selalu dinamis menghadapi tantangan bisnis yang ketat. Penurunan kualitas human capital di PT Pindad Persero Bandung dalam waktu tiga tahun terakhir menjadi perhatian peneliti untuk mencari tahu penyebab serta mendapatkan solusinya.  Terkait permasalahan tersebut, pengembangan human capital yang berkaitan dengan on the job training dijadikan variabel yang menyajikan alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas on the job training, human capital dan pendapatan karyawan dengan dikontrol oleh variabel jenis kelamin, pendidikan dan masa kerja. Pengaruh on the job training terhadap human capital; pengaruh on the job training terhadap pendapatan; dan pengaruh human capital terhadap pendapatan karyawan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dan eksplantori survei dengan menggunakan teknik proportionate random sampling terhadap 323 karyawan PT Pindad Persero yang terdistribusi secara proporsional. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan diolah dengan bantuan SPSS.22.00. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa on the job training, human capital dan pendapatan karyawan dengan dikontrol oleh variabel jenis kelamin, pendidikan dan lama kerja sudah dilakukan dengan efektif. On the job training berpengaruh positif signifikan terhadap human capital; on the job training berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan; dan human capital berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan karyawan PT Pindad Persero. 

Pengaruh Kinerja Kegiatan Public Relations dan Uang Kuliah (Tuition Fees) terhadap Keputusan Melanjutkan Studi

Anggraeni, Angga Dewi

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1051.672 KB)

Abstract

Pertumbuhan Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya di Bandung, mengakibatkan adanya tingkat persaingan yang tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, khususnya dalam memperoleh calon mahasiswa. Permasalahan yang terjadi adalah perguruan tinggi yang tidak mampu dan tidak memiliki daya saing akan merasakan dampak dari persaingan ini berupa kurangnya jumlah mahasiswa. Hal ini juga terjadi di Politeknik Pos Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengukur pengaruh Kinerja Kegiatan Public Relations dan Uang Kuliah (Tuition Fees) terhadap Keputusan Melanjutkan Studi. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dan Verifikatif, dengan responden yang menggunakan rumus Slovin sebanyak 266 mahasiswa, dan analisis data menggunakan analisis regresi untuk menguji hipotesisnya. Hasil pengujian analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  yang positif dan signifikan dari : (1) kinerja kegiatan public relations terhadap keputusan melanjutkan studi, pengaruh yg terjadi adalah pengaruh yang sedang  ; (2) Uang Kuliah (Tuition Fees) terhadap keputusan melanjutkan studi, pengaruh yg terjadi adalah pengaruh yang kuat ; (3) secara simultan kinerja kegiatan public relations dan Uang Kuliah (Tuition Fees) berpengaruh terhadap keputusan melanjutkan studi, pengaruh yg terjadi adalah pengaruh yang sangat kuat

Faktor Kesuksesan Kritikal Enterprise Resource Planning (ERP) serta Pengaruhnya terhadap Good University Governance (GUG)

Mulyadi, Mulyadi

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1107.687 KB)

Abstract

Penelitian ini menguji 7 faktor kesuksesan kritikal ERP yaitu perencanaan dan visi bisnis, manajemen perubahan, komunikasi, komposisi, keahlian, dan kompensasi tim proyek, dukungan manajemen, manajemen proyek, serta analisis sistem, pemilihan sistem, dan implementasi teknis. Faktor-faktor kesuksesan ini diujikan pengaruhnya terhadap prinsip-prinsip GUG yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan keadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanasi (explanatory survey) dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/ kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Lebih tepatnya menggunakan sampling jenuh yaitu yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan faktor kesuksesan kritikal ERP berpengaruh cukup signifikan terhadap prinsip-prinsip GUG. Pengaruh total dari masing-masing faktor ERP terhadap GUG yaitu manajemen perubahan berpengaruh sangat kecil, komunikasi berpengaruh sangat kecil, komposisi tim berpengaruh relatif kecil, manajemen proyek berpengaruh relatif kecil, dukungan top manajemen berpengaruh relatif kecil dan, analisis sistem, seleksi sistem dan teknis pelaksanaan berpengaruh relatif besar. Pengaruh sisanya berasal dari pengaruh luar yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Nurdiansyah, Ridwan

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9711.864 KB)

Abstract

persaingan yang kompetitif dalam industri kreatif menuntut setiap industri mengembangkan strategi pemasaran yang berfokus pada konsumen dalam mencapai tujuan perusahaan. Keputusan pembelian konsumen merupakan tindakan yang menjadi harapan perusahaan. Melalui store otmosphere perusahaan akan mampu mempengaruhi konsumen yang berujung pada keputusan pembelian. Store otmosphere ialah keseluruhan suasana pada toko yang memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen untuk mendorong penjualan sebuah produk atau jasa. penelitian ini bertujuan 1) untuk memperoleh gambaran mengenai stare otmosphere pada distro UNKL347, 2) untuk memperoleh gambaran mengenai keputusan pembelian konsumen dan 3) untuk mengetahui store otmosphere dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Objek penelitian ini adalah konsumen distro UNKL347. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah store atmosphere (X) terhadap keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, verifikatif dan explonotory survey dengan teknik slmple rondom sompling serta jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan alat bantu softwore komputer SPSS 20. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menyatakan bahwa store otmosphere berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada distro UNKL347 sebesar 24,5%. Dari hasil penelitian terhadap pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa store atmosphere memiliki pengaruh rendah terhadap keputusan pembelian Keberagaman produk (tas, sepatu, baju, celana, dll) merupakan indikatoryang memberikan pengaruhpaling tinggi sedangkan ruang bagi konsumen ( kursi, ruang tunggu) menjadi indikator yang berpengaruh paling rendah terhadap keputusan pernbelian.

ANALISIS KINERJA CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK

Ikrima, Aliza

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.036 KB)

Abstract

Indonesia ditargetkan menjadi kiblat fesyen busana muslim Asia pada 2018 dan kiblat fesyen busana muslim Dunia pada 2020. Target tersebut dilandasi oleh perkembangan bisnis busana muslim di Indonesia yang terus melaju dengan pesat. Fenomena ini menimbulkan tingkat persaingan dalam bisnis busana muslim menjadi tinggi, khususnya dalam loyalitas merek. Salah satu merek busana muslim tertua di Indonesia yaitu Shafira mengalami penurunan dalam perkembangan jumlah member dan penjualan produk pada periode 2010-2013 yang mengindikasikan turunnya loyalitas merek Shafira. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen untuk loyal terhadap merek adalah citra merek dan kepuasan pelanggan. Citra merek yang positif dan kepuasan pelanggan yang tinggi akan menciptakan loyalitas merek. Responden dalam penelitian ini adalah member busana muslim Shafira di kota Bandung. Metode yang digunkan adalah deskriptif survei. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek. Untuk mengukur pengaruh tersebut digunakan path analysis. Dari hasil penelitian citra merek dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Secara parsial kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, sedangkan citra merek berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Hal yang perlu dilakukan oleh Shafira adalah mengarahkan citra merek kepada kepuasan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas merek.

PENGARUH NILAI CUSTOMERS VALUE DAN CUSTOMER SATISFICATION TERHADAP CITRA BRAND IMAGE

Triputranto, Bambang

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1084.71 KB)

Abstract

Rendahnya keunggulan bersaing (Competitive Advantage) merupakan masalah yang dihadapi oleh Politeknik Pos Indonesia, dikarenakan Brand Image-nya, dapat dilihat dari peringkat Politeknik yang dikeluarkan oleh TeSCA. Brand Image merupakan masalah penting untuk diteliti karena berkaitan dengan kepercayaan stakeholder pada merek tersebut. Customers Value dan Customers Satisfication adalah solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan Brand Image dan merupakan variable yang akan diteliti dalam tesis ini, dengan menggunakan metode analisis SEM dan jumlah sample sebanyak 350 Mahasiswa. Metode penelitian kualitatif (Deskriptif dan Verifikatif) yang akan digunakan dalam penelitian ini. Untuk menguji validitas dan reabilitas dilakukan pengukuran model dengan Confirmatory Factor analysis (CFA) sedangkan teknis analisa data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menujukan terdapat pengaruh Customers Value, dengan mediasi Customers Satisfication berpengaruh terhadap Brand Image Politeknik Pos Indonesia, diperoleh hasil output berupa t-value sebesar 12,11. Hasil t-value yang ditunjukkan oleh hipotesis 3 adalah lebih besar dari 1.96, maka dapat disimpulkan bahwa variabel customer value berpengaruh positif terhadap brand image secara signifikan dengan mediasi Customers Satisfication dari mahasiswa, maka disimpulkan bahwa semakin tinggi customer value dengan Customers Satisfication yang dirasakan mahasiswa, maka brand image akan semakin baik pula.