cover
Filter by Year
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
Articles
107
Articles
‚Äč
Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Belanja Modal

Suryana, Suryana

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstractThis study is meant to examine the influence of local own resource revenue (PAD), General Allocation Fund (DAU) and Special Allocation Fund (DAK) to the Capital Expenditure of cities† government in West Java, research background caused in the first semester of 2013 West Java provincial government has not maximized† the allocation of capital expenditure and the Ministry of Home Affairs stated that the absorption of capital expenditure realization, only reached 11.4%. The method used is Eksplanatory Research. Population in this research is Local Cities Government in West Java Province period 2012-2015 which amounts 9 Cities. While the sampling technique used is non probability sampling with saturated sampling method that is all members of the population made a member of the sample. While the data analysis used in this study is multiple linear regression analysis at significance level of 5%. The results show that partially local revenue, general allocation funds, and special allocation funds affect the capital expenditure allocation of 87.0%.AbstrakPenelitian ini bertujuan menguji Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Belanja Daerah pada pemerintah Daerah kota di Jawa Barat, latarbelakang penelitian disebabkan pada semester I tahun 2013 pemerintah provinsi Jawa Barat belum memaksimalkan† pengalokasian belanja modal dan Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa daya serap realisasi belanja modal, baru mencapai 11,4%. Metode yang digunakan adalah Eksplanatory Research.† Populasi† dalam† penelitian† ini† adalah† Pemerintah† Daerah† Kota† di Provinsi Jawa Barat periode 2012-2015 yang berjumlah 9 Kota. Sedangkan teknik penentuan† sampel† yang† digunakan† adalah† non† probability sampling dengan metode sampling jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan anggota† sampel.† Sedangkan† analisis† data† yang† digunakan† dalam† penelitian† ini adalah†† analisis†† regresi†† linear†† berganda†† pada†† taraf†† signifikansi†† sebesar†† 5%. Hasil† penelitian† menunjukan† bahwa† secara† parsial† pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus berpengaruh terhadap alokasi belanja modal sebesar 87,0%Kata Kunci: pendapatan†† asli†† daerah;†† dana†† alokasi†† umum; †belanja modal

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kompetensi, dan Sikap Auditor terhadap Audit Delay

Siregar, Amelia Oktrivina

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstractThis study aimed to analyze whether the size of the company, competence, and attitudes affect the auditor's audit delay. Variables used in this study include the audit delay as the dependent variable, the size of the company, competence and attitude of auditors as independent variables. Respondents who studied 32 people (respondents), which is a population of 3 KAP in the area of Jakarta (Jakarta South). Research using questionnaires and analyzed subjects are auditors. The data obtained were analyzed using the Linear Regression method. These studies suggest that the size of the company's effect on audit delay. While the competence and attitude of auditors has no effect on audit delay. Simultaneously, company size, competence and attitude affect the auditor's audit delay.Keywords: Audit Delay, Company Size, Competence and Attitude AuditorAbstrak†Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ukuran perusahaan, kompetensi, dan sikap mempengaruhi penundaan audit auditor. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi audit delay sebagai variabel dependen, ukuran perusahaan, kompetensi dan sikap auditor sebagai variabel independen. Responden yang meneliti 32 orang (responden), yaitu populasi 3 KAP di wilayah Jakarta (Jakarta Selatan). Penelitian menggunakan kuesioner dan subyek yang dianalisis adalah auditor. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Linear Regression. Studi-studi ini menunjukkan bahwa ukuran efek perusahaan pada audit delay. Sedangkan kompetensi dan sikap auditor tidak berpengaruh pada audit delay. Secara bersamaan, ukuran perusahaan, kompetensi dan sikap mempengaruhi penundaan audit auditor.†Keywords: Audit Delay, Ukuran Perusahaan, Kompetensi dan Sikap Auditor†

Pengaruh Manajemen Modal Kerja Pada BankKonvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017

Rustandi, Feri

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstractThe purpose of the study is to find out how the influence of working capital management on conventional banks listed on the Stock Exchange for the period 2013-2017. This study uses a quantitative method with a sample of all national commercial banks in Indonesia that are listed on the Stock Exchange from 2013-2017. From the whole study sample for 5 years, there were 245 observations which were then analyzed using the fixed effect approach after going through the stages of selecting the best model. The results of this study found that working capital management has a positive effect on the profitability of conventional banks with R2 values of 86.73%, which means that the model is very good at explaining the research variables. In this study, DCP found a positive effect on profitability, while CPP and CCC negatively affected the profitability of conventional banks, while the control variable namely leverage had a positive effect and the size of the company had a negative effect.AbstrakTujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen modal kerja pada bank konvensional yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel seluruh bank umum nasional di Indonesia yang terdaftar di BEI dari tahun 2013-2017. Dari keseluruhan sampel penelitian selama 5 tahun diperoleh jumlah 245 observasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan fixed effect setelah melalui tahapan pemilihan model terbaik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa manajemen modal kerja berpengaruh positif terhadap profitabilitas bank konvensional dengan nilai R2 sebesar 86.73%, yang artinya model sangat baik menjelaskan variabel penelitian. Dalam penelitian ini ditemukan DCP berpengaruh positif terhadap profitabilitas, sedangkan CPP dan CCC berpengaruh negatif terhadap profitabilitas bank konvesional, sedangkan variabel kontrol yaitu leverage berpengaruh positif dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif.Kata Kunci: profitability; working capital

Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kinerja Keuangan Terhadap Penghindaran Pajak dengan CSR Sebagai Pemediasi

Pratiwi, Adhitya Putri

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of Institutional Ownership and Return On Assets on Tax Avoidance with Corporate Social Responsibility as an intervening variable. This research was conducted on plantation issuers listed on the Indonesia Stock Exchange in 2012-2016. The sample in this study was obtained using a purposive sampling technique and based on predetermined criteria, a sample of 14 plantation issuers was obtained. The analytical method used is path analysis with a significant level of 5%. The results showed that Institutional Ownership variables did not significantly influence either directly or indirectly through Corporate Social Responsibility. While the Return On Asset variable significantly affects Tax Avoidance both directly and through Corporate Social Responsibility. This research also shows that Tax Avoidance has a significant effect on Corporate Social Responsibility.†AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Institusional dan Return On Asset terhadap Penghindaran Pajak dengan Corporate Social Responsibility sebagai variable intervening. Penelitian ini dilakukan pada emiten perkebunan yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sample sebanyak 14 emiten perkebunan. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh secara signifika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Corporate Social Responsibility. Sedangkan variabel Return On Asset berpengaruh secara signifikan terhadap Penghindaran Pajak baik secara langsung maupun melalui Corporate Social Responsibility. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Penghindaran Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Corporate Social Responsibility.

Model Disiplin Kerja, Iklim Organisasi dan Produktivitas Kerja Pegawai

Ikhsan, Zulfikar, Suwatno, Suwatno, Santoso, Budi

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstractDemands for productivity are getting higher. The tight competition among retailers causes companies that do not have high productivity to compete. Quality of HR is the key to success. The purpose of the study was to obtain an explanation of the influence of work discipline and organizational climate on the work productivity of employees at PT. Surya Donasin Regional Office Cianjur, which numbered 59 employees randomly selected. The research method uses explanatory survey with multiple linear regression analysis. Based on the results of the research that productivity as one of the keys to compete in the retail industry is determined by work discipline and organizational climate that supports work productivity. Labor productivity is determined by internal and external dynamics in the form of organizational climate. The managerial implication is that the lack of productivity over employees causes low company productivity. Increase productivity as an option to support work productivity.Keywords : Work discipline; organizational climate; productivity; retailer industry†AbstrakTuntutan terhadap produktivitas semakin tinggi. Persaingan yang cukup ketat diantara perusahaan retailer menyebabkan perusahaan yang tidak memiliki produktivitas tinggi kalah bersaing. Kualitas SDM menjadi kunci keberhasilan. Tujuan penelitian untuk memperoleh penjelasan tentang pengaruh disiplin kerja dan iklim organisasi terhadap produktivitas kerja para pegawai di PT. Surya Donasin Regional Office Cianjur yang berjumlah 59 pegawai yang dipilih secara acak. Metode penelitian menggunakan survey explanatory dengan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa produktivitas sebagai salah satu kunci untuk bersaing dalam industri retail ditentukan oleh disiplin kerja dan iklim organisasi yang mendukung produktivitas kerja. Produktivitas tenaga kerja ditentukan oleh dinamika internal dan eksternal berupa iklim organisasi. Implikasi manajerial adalah lemahnya produktivitas pegawai menyebabkan produktivitas perusahaan rendah. Meningkatkan produktivitas sebagai pilihan untuk mendukung produktivitas kerja.Kata Kunci: Disiplin kerja; iklim organisasi; produktivitas; industri retailer

ANALISIS CUSTOMER EXPERIENCE DAN LIFESTYLE MODEL TERHDAP KEPUTUSAN MENONTON FILM (Survei Terhadap Member Bioskop Blitzmegaplex Paris Van Java Bandung)

Vitry, Dwi Dina Rahma

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.043 KB)

Abstract

Penonton adalah pelaku utama pembuat keputusan untuk menonton di bioskop dalam industri hiburan. Namun beberapa tahun terakhir terjadi penurunan pertumbuhan jumlah penonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung. Hal ini terjadi karena lambatnya laju pertumbuhan jumlah penonton setiap bulannya dan sebagai bioskop yang memiliki konsep beyonds experience, dimensi customer experience BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung kurang baik. Melalui upaya penilaian customer experience diharapkan BlitzMegaplex dapat mengevaluasi dimensi customer experience dan memahami lifestyle model penonton pada saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran customer experience BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung (2) gambaran lifestyle model penonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung (3) gambaran keputusan menonton bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung(4) besarnya pengaruh customer experience dan lifestyle model terhadap keputusan menonton di Bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung.Metode penelitiannya menggunakan deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah member bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung sebanyak 943.164 orang dan diambil sampel penelitian sejumlah 165 orang menggunakan Simple Random Sampling dan Probability Sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang penulis pilih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner. Untuk mengukur besarnya pengaruh customer experience dan lifestyle model digunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa analisis customer experience cukup tinggi. Lifestyle model cukup tinggi, dan keputusan menonton cukup tinggi. Customer experience memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menonton di bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung. Lifestyle model memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menonton di bioskop BlitzMegaplex Paris Van Java Bandung

STRATEGI PENGEMBANGAN PROFIL KAPABILITAS MANAJEMEN PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS YANG SEDANG BERLANGSUNG SAAT INI DI SALAH SATU DIVISI PT. X

Lutfie, Harrie

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.029 KB)

Abstract

Hadirnya operator-operator baru baik yang berskala Nasional maupun Internasional bidang Telekomunikasi dan di era persaingan bisnis perusahaan menuntut adanya suatu perubahan rancangan strategi bisnis perusahaan untuk mengantisipasi gejolak lingkungan bisnis perusahaan. Strategi yang digunakan melalui profil manajer, kompetensi manajemen, iklim manajemen, dan kapabilitas manajemen. Oleh karena itu, Perlu dilakukan trial and error assessment profil kapabilitas manajemen perusahaan di divisi tertentu untuk di evaluasi dan dikembangkan ke divisi lainnya

Analisi Kinerja Harga Pengaruhnya Terhadap Reputasi dan Keputusan Menggunakan Jasa Penerbangan (Survei terhadap penumpang Air Asia dengan rute Bandung ‚?? Denpasar)

Rosdiana, Anisa

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.294 KB)

Abstract

Penumpang memiliki peran sentral selaku pembuat keputusan untuk menggunakan maskapai penerbangan. Namun pertumbuhan jumlah penumpang Air Asia mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena reputasi Air Asia yang kurang baik. Melalui upaya kinerja harga, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pertumbuhan penumpang Air Asia.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran kinerja harga pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (2) gambaran reputasi Air Asia pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (3) gambaran keputusan menggunakan pada penumpang maskapai penerbangan Air Asia (4) pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan masakapai penerbanganAir Asia.Objek dari penelitian ini adalah penumpang Air Asia dengan rute Bandung ‚?? Denpasar, adapun metode penelitiannya menggunakan deskriftif dan verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Populasi sebanyak 214.450 orang diambil sample penelitian sejumlah 100 orang. Simple Random Sampling khususnya Cluster Sampling merupakan teknik pengambilan sample yang penulis pilih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Untuk mengukur besarnya pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan maskapai penerbangan, digunakan teknik analisis data path (analisis jalur). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan kinerja harga dinilai oleh penumpang cukup tinggi. Reputasi dinilai cukup tinggi, sedangkan keadaan keputusan menggunakan maskapai penerbangan secara umum dinilai cukup tinggi. Besarnya pengaruh kinerja harga terhadap reputasi adalah cukup tinggi sebesar 60,8%. Besarnya pengaruh kinerja harga terhadap keputusan menggunakan maskapai penerbangan adalah cukup tinggi sebesar 75,8%. Besarnya pengaruh reputasi terhadap keputusan menggunakan maskapai penerbangan adalah cukup tinggi sebesar 69,3%. Sedangkan pengaruh kinerja harga terhadap reputasi dan keputusan menggunakan maskapai penerbangan berpengaruh secara simultan signifikan. Hasil penelitian, maka perlu diadakannya usaha dalam peningkatan kinerja harga yang sesuai dengan harapan penumpang termasuk dalam kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan reputasi perusahaan sehingga penumpang memutuskan untuk menggunakan maskapai penerbangan Air Asia

ANALISIS MODEL VIRTUAL BRAND COMMUNITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK SABUN PEMBERSIH WAJAH

Septiana, Dini

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12746.389 KB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi lndonesia terus berkembang didukung oleh berbagai sektor industri, salah satunya industri kosmetik dan toiletries. Banyaknya jenis produk perawatan pribadi yang ditawarkan berpengaruh pada kenaikan pangsa pasar industri kosmetik dan follefdes. Salah satu produk kosmetik dan forlefnes yang mengalami perkembangan pesat adalah sabun pembersih wajah. Berbagai merek produk sabun pembersih wajah mendorong adanya persaingan produk dalam memperebutkan konsumen. Tahun2A12 Ponds merupakansalah satu merek sabun pembersih wajah yang memperoleh pangsa pasar rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perkembangan teknologi mendorong Ponds lebih kreatif dan efisien dalam mempengaruhikonsumen untuk menggunakan produk. Oleh karena itu, agar dapat bersaing dengan merek lain, maka Ponds melakukan strategi pemasaran melalui viftual brand community sebagai upaya menarik perhatian konsumen, menjalin hubungan, dan berkomunikasi antara perusahaan dan konsumen, sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk Ponds.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh virtual brand community terhadap keputusan menggunakan. Virtual brand communr$ yang merupakan variabel bebas (X) yang terdiri dari dimensi consciousness of kind, ritual dan tradisi, serta sense of moral responsibiltty. Sedangkan variabel terikat(dependent variable) adalah keputusan menggunakan (Y) yang terdiri dari dimensi pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan saluran pembelian, penentuan waktu pembelian, dan jumlah pembelian. Jenis penelitian yangdigunakan adalah deskriptif verifikatif, dan metode yang digunakan adalah explanatory suruey dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 100 responden.

PENGARUH ON THE JOB TRAINING TERHADAP KUALITAS HUMAN CAPITAL SERTA IMPLIKASINYA PADA PENDAPATAN KARYAWAN

Marlina, Lina

JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.571 KB)

Abstract

Human capital sebagai penggerak suatu perusahaan selayaknya mendapat perhatian dari manajemen supaya selalu dinamis menghadapi tantangan bisnis yang ketat. Penurunan kualitas human capital di PT Pindad Persero Bandung dalam waktu tiga tahun terakhir menjadi perhatian peneliti untuk mencari tahu penyebab serta mendapatkan solusinya.  Terkait permasalahan tersebut, pengembangan human capital yang berkaitan dengan on the job training dijadikan variabel yang menyajikan alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas on the job training, human capital dan pendapatan karyawan dengan dikontrol oleh variabel jenis kelamin, pendidikan dan masa kerja. Pengaruh on the job training terhadap human capital; pengaruh on the job training terhadap pendapatan; dan pengaruh human capital terhadap pendapatan karyawan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dan eksplantori survei dengan menggunakan teknik proportionate random sampling terhadap 323 karyawan PT Pindad Persero yang terdistribusi secara proporsional. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan diolah dengan bantuan SPSS.22.00. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa on the job training, human capital dan pendapatan karyawan dengan dikontrol oleh variabel jenis kelamin, pendidikan dan lama kerja sudah dilakukan dengan efektif. On the job training berpengaruh positif signifikan terhadap human capital; on the job training berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan; dan human capital berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan karyawan PT Pindad Persero.