cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
ISSN : 24608424     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMB) adalah jurnal akademik yang diterbitkan oleh Program Studi S1 Manajemen Universitas Mercubuana. Tujuan JIMB adalah untuk mempromosikan pemikiran inovatif di bidang manajemen serta bidang terkait lainnya. Jurnal ini berfokus terutama untuk mempromosikan hasil penelitian yang berkaitan dengan lingkungan bisnis di Indonesia. Jurnal berfokus pada topik-topik berikut: Manajemen Umum, Manajemen UMKM, Manajemen Bisnis Global, Strategi Kompetitif, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Operasi dan Logistik, Manajemen Rantai Pasokan, Kewirausahaan, Inovasi, dan Perilaku Organisasi.
Arjuna Subject : -
Articles 159 Documents
STRATEGI PEMASARAN MELALUI IDENTIFIKASI FAKTOR PENTING YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI MOBIL GREAT NEW XENIA DI WILAYAH JAKARTA SELATAN Soecahyadi, Soecahyadi; Sari, Alvita
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v5i1.5622

Abstract

Kondisi pasar otomotif yang bergejolak tidak menjadi kendala yang berarti untuk penjualan multi purposes vehicles (MPV) yang di bundel dengan harga lebih rendah.PT. Daihatsu Astra Motor Daihatsu memperkenalkan produk terbaru mereka Great New Xenia termasuk mobil kelas low dan mid-end. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan faktor penting yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan membeli mobil Daihatsu Great New Xenia, serta menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka meningkatkan penjualan. Faktor penting yang menjadi minat konsumen dalam membeli mobil Daihatsu Great New Xenia adalah dinamakan faktor Features yang terdiri atas mobil yang memiliki fitur-fitur yang lengkap, desain keseluruhan sangat menarik, kemudahan dalam mengoperasikan kendaraan baik yang manual maupun yang matic serta kemudahan metode atau cara pembayaran yang ditawarkan dealer kepada para calon pembeli.Strategi pemasaran yang perlu dilakukan oleh PT. Astra Daihatsu Motor, Tbk dalam rangka meningkatkan penjualan adalah dengan Melakukan berbagai kegiatan promosi yang mengedepankan Features kendaraan.
PERAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN OJEK ONLINE Nugroho, Arissetyanto
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v4i3.5609

Abstract

Layanan ojek telah bertransformasi dari ojek yang ada dipangkalan, menjadi ojek yang dapat dipanggil melalui aplikasi teknologi. Fenomena ini yang disebut dengan ojek berbasis online. Melalui aplikasi teknologi, konsumen dapat memperoleh kemudahan dengan memesan dimanapun dan kapanpun saja, konsumen juga memperoleh penanda lokasi yang akan memudahkan driver ojek online untuk mendatangi lokasi konsumen, selain itu juga aplikasi ini memberikan kemudahan interaksi antara perusahaan ojek online, driver, dan juga konsumen. Di dalam penelitian ini, beberapa variabel yang diuji adalah variabel promosi, keamanan, tingkat kepercayaan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan ojek online. Variabel ini dipilih karena aplikasi yang dimanfaatkan oleh ojek online menyampaikan banyak informasi promosi kepada pelanggan melalui sistem yang disediakan dari teknologi tersebut, selain itu karena layanan ini adalah layanan baru maka tingkat keamanan dan kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang penting untuk diuji dalam hubungannya terhadap loyalitas pelanggan ojek online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiga variabel dependen yaitu promosi, tingkat kepercayaan, dan keamanan memengaruhi loyalitas pelanggan, namun ada variabel sentral yaitu promosi yang memengaruhi keamanan dengan menyampaikan berbagai hal-hal yang dapat meningkatkan pemahaman untuk layanan ojek online. Keamanan ini kemudian merupakan prasyarat untuk bisa meningkatkan kepercayaan konsumen, yang akhirya dapat memengaruhi konsumen mencoba dan kemudian melakukan repeat order atau mau menggunakan layanan tersebut kembali. Data penelitian dilakukan dengan survei kepada 100 responden, selanjutnya data di bootstrap hingga mencapai 500 sampel dan analisa Structural Equation Modelling dilakukan dengan menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian menyampaikan bahwa hubungan tidak langsung dari variabel promosi memengaruhi keamanan, memmengaruhi tingkat kepercayaan dan kemudian tingkat kepercayaan akhirnya bisa memengaruhi loyalitas. Jalur ini adalah jalur yang paling signifikan memengaruhi loyalitas pelanggan ojek online.
MANAJEMEN RANTAI PASOK PRODUK BERAS RI1 ORGANIK ( STUDI KASUS PT. SWASEMBADA ORGANIS ) Fauziya, Lia; Sitorus, Ediyanto
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v4i3.5614

Abstract

PT. Swasembada Organis merupakan perusahaan yang belum pernah melakukan pengukuran kinerja secara sistematik menggunakan sistem pengukuran kinerja atau metode tertentu. Seiring berjalannya waktu banyak masalah yang terjadi di PT. Swasembada Organis yaitu mengalami masalah dalam kinerja supply chain nya, bahan baku yang di dapat dari supplier mengalami kendala sehingga mengakibatkan terlambatnya supply bahan baku perusahaan, sehingga berdampak kepada supply ke KFC yang terlambat. Di karenakan hal yang demikian sehingga kinerja supply chain managemnet nya tidak baik, sehinga perlu diadakan penelitian yang membahas tentang pengukuran kinerja supply chain management. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur performa mana yang bermasalah dalam kinerja supply chain tersebut, dan kemudian menentukan strategi yang paling tepat untuk perbaikan kedepannya. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengukur performa supply chain adalah Supply Chain Operations Reference (SCOR). Pengukuran performansi dalam penelitian ini juga didukung oleh metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan diolah menggunakan alat sintesis atau software yaitu Expert Choice 2000. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis menggunakan metode AHP, yang menjadi alternative strategi atau pengukur kinerja utama adalah Stabilitas Produksi, Lead time pemenuhan pesanan, Keakuratan Persediaan, Kinerja Pengiriman dan Memenuhi Kebutuhan Pelanggan.
KAJIAN PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA PEMBIAYAAN SINDIKASI SKIM MUSYARAKAH MUTANAQISHAH Saratian, Eko Tama Putra; Mulyowahyudi, Alugoro; Kurniasih, Augustina
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v5i1.5629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan blue ocean strategy pada pembiayaan sindikasi skim musyarakah mutanaqishah di Bank Syariah X. Adapun identifikasi masalah pada penelitian yaitu ketatnya persaingan di Industri Perbankan dan adanya fluktuasi pertumbuhan pembiayaan. Strategi yang saat ini digunakan mengacu pada konsep marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence), namun dibutuhkan strategi baru untuk menjauh dari persaingan yang ketat tersebut. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan analisis data melalui observasi dan in-depth interview dari sumber partisipan internal dan eksternal Bank Syariah X dengan tingkat jabatan manajerial. Hasil penelitian menunjukkan competing factors pada pembiayaan sindikasi skim musyarakah mutanaqishah yaitu, Harga (Pricing), Service Level Agreement (SLA), Manajemen Relasi, Account Holder, Account Executive dan Jaringan Kantor. Dalam pemenuhan rangkaian syarat untuk menentukan ide blue ocean strategy yang layak secara komersial, pembiayaan sindikasi skim musyarakah mutanaqishah dapat memberikan manfaat kepada pembeli, menekan harga, dan pengadopsian strategi yang baik, namun belum dapat menekan biaya secara signifikan.
ANALISIS PERHITUNGAN NILAI OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) SEBAGAI DASAR UNTUK PERBAIKAN DI MESIN HIGH PRESSURE DIE CASTING MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS PADA PT ASTRA OTOPARTS TBK DIVISI NUSAMETAL) Winarto, Winarto; Ediyanto, Ediyanto
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v5i1.5630

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya biaya lembur sebesar Rp 4,28 milyar di mesin HPDC selama periode Januari – Oktober 2014 di mana menurut perhitungan PPIC kapasitas produksi mencukupi tanpa adanya lembur. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja mesin High Pressure Die Casting (HPDC) di PT Astra Otoparts Tbk Divisi Nusametal apakah sudah mencapai perusahaan kelas dunia sesuai visi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik analisis secara kuantitatif menggunakan metode analisis nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE). Dari hasil perhitungan nilai OEE akan dibandingkan dengan standar nilai OEE untuk perusahaan level dunia. Di samping itu juga dianalisis secara kualitatif menggunakan identifikasi six big losses penyebab terjadinya downtime di proses HPDC. Data penelitian merupakan data Laporan Harian Produksi untuk periode Januari sampai dengan Desember 2014. Dari hasil perhitungan data diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai OEE di mesin HPDC adalah 61,60% yang berarti PT Astra Otoparts Tbk Divisi Nusametal belum masuk perusahaan level dunia. Berdasarkan identifikasi six big losses, breakdown mesin menyumbang downtime sebesar 51%, diikuti setup and adjustment sebesar 26%, production rejects sebesar 17%, dan small stops sebesar 6%. Berdasarkan kategori OEE, downtime loss berkontribusi terbesar atas terjadinya downtime mesin yaitu sebesar 77%, diikuti quality loss sebesar 17%, dan speed loss sebesar 6%.
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Sektor Real Estate, Properti, dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016) Oktaviarni, Fakhrana; Murni, Yetty; Suprayitno, Bambang
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v4i3.5618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, kebijakan dividen, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor real estate, properti, dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga didapat 22 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil yang ditunjukkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa rasio profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Assets (ROA), likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR), kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR), dan ukuran perusahaan yang diproksikan dengan logaritma natural total aset berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangankan leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI KERJA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN Paijan, Paijan; Bernadetha, Suzan; Widayati, Catur; Anggi, Anggi W.
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v4i3.5619

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan kedisiplinan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada Koperasi Berkah Makmur. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, namun kedisiplinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Uji Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa 62,4% kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kedisiplinan, sedangkan sisanya sebesar 37,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham dengan Metode Diskriminan Springate pada Industri Migas di Pasar Saham Indonesia Arief, Harefan
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v5i1.5625

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana perubahan harga saham selalu menjadi perhatian utama bagi setiap investor bila dibandingkan dengan pembayaran dividen oleh emiten, karena tingkat pengembalian yang berasal dari pergerakan pasar modal dapat memberikan hasil yang sangat tinggi, dan dapat berlangsung kapan saja (menit dan jam) atau pada hari hari kedepannya.. Meski secara signifikan juga memungkinkan investor bisa menderita kerugian (capital loss) ketika melakukan transaksi di pasar modal.Kinerja perusahaan yang tinggi akan berimplikasi pada harga saham perusahaan yang juga akan tinggi di pasar saham. Tujuan dari hasil penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa factor fundamental yang diwakili oleh rasio keuangan menggunakan model Diskriminan Springate terhadap pergerakan harga saham sector pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data perusahaan sector pertambangan Sub sector Minyak dan Gasdi BEI selama tahun 2013-2017.Berdasarkan hasil perhitungan di dapat hanya 2 variabel yang berpengaruh terhadap Harga Saham yaitu Variabel Rasio Laba ditahan terhadap Total Asset.dan variabel Rasio Sales terhadap Total Asset dan secara simultan semua variabel tidak berpengaruh terhadap harga saham
ANALISA KINERJA PDAM TIRTA KAHURIPAN, KABUPATEN BOGOR DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD Gani, Abdul
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v4i3.5612

Abstract

Hasil pengujian CFA (Confinmantory Factor Analysis) sebagaimana ditampilkan pada gambar berikut, bahwa nilai MSA (Measure of Sampling Adequacy) sebesar 0,731 lebih besar dari nilai yang disyaratkan sebesar 0,50 Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah sampel yang dilakukan adalah representatif. Sedangkan berdasarkan hasil uji realibilitas sebagaimana ditampilkan pada tabel dibawah ini terlihat nilai “ Cronbach’s Alpha nya sebesar 0,798. Hal ini menunjukan bahwa indicator/ variabel atas jawaban responden adalah “ handal/ realibel” atau stabil. Bahwa hasil pengolahan data kinerja Perspektif Pelanggan secara total dinilai kinerja kepuasan pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Bogor dinilai Cukup Baik. Hal ini dilihat dari total indeks kepuasan pelanggan mencapai 3,24. Kinerja tersebut diperoleh dari aspek i) Kulitas Produksi, ii) Distribusi, iii) Rekening Air, iv) Meter Air dan v) Aspek Pelayanan Pengaduan. Responden memberikan nilai tertinggi pada Indeks aspek pelayana Rekening Air (3,61) dan Nilai indeks terendah responden menilai pada Aspek Pengaduan Pelayanan Pelanggan (3,24). Bahwa berdasarkan data penambahan jumlah sambungan baru dibandingkan dengan total sambungan, dapat kita simpulkan bahwa kemampuan PDAM dalam menjaring pelanggan baru PDAM Kabupaten Bogor cukup baik . Hal ini dilihat dari adanya peningkatan jumlah sambungan air minum yaitu 8.698 sambangan baru di tahun 2014 dan menjadi 11.111 sambungan pada tahun 2015 atau tingkat kemampuan menarik sambungan baru mencapai 8,34%.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT NIPSEA PAINT AND CHEMICALS di JAKARTA) Sutrisno, Atik Mustafidah
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v5i1.5626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan direktif, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. NIPSEA PAINT AND CHEMICALS di Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden dan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Karena itu, analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel Gaya Kepemimpinan Direktif dan Disiplin Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan pada PT NIPSEA PAINT AND CHEMICALS JAKARTA. Hal ini dibuktikan dari hasil uji simultan (Uji F) dan hasil Uji Parsial (Uji t) juga menunjukkan nilai signifikan dari dua variabel bebas yang mendukung hipotesa. Oleh karena itu hasil uji dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Gaya Kepemimpinan Direktif dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Nipsea Paint And Chemicals Jakarta.

Page 1 of 16 | Total Record : 159