cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Sains)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Journal of Computer Engineering , System and Science (CESS) merupakan media publikasi artikel hasil penelitian, gagasan pemikiran, kajian teori dan konseptual bidang teknologi informasi. Jurnal ini dikelola oleh unit ICT Universitas Negeri Medan dan terbit 2 kali setahun pada bulan januari dan juli.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017" : 7 Documents clear
SIMULASI PERHITUNGAN TARIF PADA PEMANDU WISATA BERBASIS PERANGKAT BERGERAK Kurniawan, Dwi Ely
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/cess.v2i1.4482

Abstract

Batam merupakan destinasi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dengan wilayah kepulauan. Namun, biaya yang tak terduga ketika seorang wisatawan mengunjungi satu objek lokasi wisata seperti biaya perjalanan, biaya masuk dan fasilitas wisata sering menjadi masalah, sehingga wisatawan harus menyesuaikan budget. Sistem pemandu yang ada biasanya hanya menampilkan informasi wisata saja. Oleh karena itu, selain informasi mengenai jalur perlu adanya pemandu dengan fitur perhitungan biaya perjalanan untuk menuju suatu objek wisata. Perhitungan biaya perjalanan berdasarkan jalur transportasi umum dengan pemilihan jalur terdekat. Jalur transportasi umum dipetakan dengan mengimplementasikan teori graf dari titik-titik objek wisata. Graf yang digunakan adalah graf berarah dan memiliki suatu bobot jarak antar lokasi tujuan. Pemilihan sistem yang dirancang menggunakan perangkat bergerak dengan memanfaatkan fitur Google Maps API.  Metode pengembangan aplikasi menggunakan konsep waterfall dengan pengujian sistem stress testing untuk melihat kinerja perangkat bergerak (android) dapat berjalan dengan baik. Hasil perancangan, sistem mampu melakukan simulasi perhitungan tarif perjalanan berdasarkan input data dari pengguna sehingga dapat memperkirakan total biaya perjalanan.
SIMULASI PERANCANGAN SISTEM JARINGAN INTER VLAN ROUTING DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Sulaiman, Oris Krianto
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/cess.v2i1.4965

Abstract

Pada era teknologi ini hampir semua kebutuhan menggunakan jaringan internetsebagai media untuk membantu kegiatan apapun, pengguna jaringan internet saat ini yangterbanyak adalah di area kampus atau universitas, mulai dari proses belajar mengajar, absensionline , KRS online, e-learning, dan lain-lain yang seluruhnya membutuhkan akses internet,jaringan di campus ini dikenal dengan nama campus area network dimana system jaringancampus disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan, salah satu system jaringan yang yangmempermudah dalam pengelolaan campus area network ini adalah dengan menggunakan systemjaringan inter vlan routing, sehingga penanganan jaringan akan dapat efisien, adapun studi kasusuntuk penggunaan inter vlan routing ini akan disimulasikan berdasarkan topologi jaringan yangada di Universitas Negeri Medan (UNIMED)
PERANCANGAN BANDWIDTH LIMITER PADA SMK NEGERI 1 PULAU RAKYAT BERBASIS MIKROTIK Lestari, Dwi; Widarma, Adi
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/cess.v2i1.7178

Abstract

Abstrak— Jaringan komputer dalam dunia komunikasi data secara global dalam hal ini meliputi semua backbone baik itu backbone utama maupun tidak yang tentu saja banyak melibatkan ISP-ISP, menggunakan transport protocol TCP sebagai dasarnya. Dengan menggunakan TCP sebagai transport protocolnya tentu saja semakin tinggi jumlah pengguna jasa menyebabkan semakin tingginya jumlah trafik dalam jaringan yang tentu saja akan banyak terjadi congesti karena penumpukan traffk dalam jaringan tersebut, untuk itu peneliti melakukan perancangan bandwith limiter yang dikhususkan untuk SMK Negeri 1 Pulau Rakyat, pada pembuatan sistem ini penliti menggunakan aplikasi winbox sebagai konfigurasi antara mikrotik dengan spdeedy andromax M2S. Keywords— Bandwith Limiter, Mikrotik, Komputerisasi
ENKRIPSI DATA DENGAN ALGORITMA KRIPTROGRAFI NOEKEON Lubis, Aidil Halim
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/cess.v2i1.4966

Abstract

Dalam kemajuan teknologi komputer saat ini berkembang sangat cepat seiring dengan makin kompleksnya sistem komputer dan kemampuan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain dengan adanya jaringan. Distribusi file menggunakan jaringan antar komputer yang bersifat rahasia sangat memerlukan teknik untuk mengamankan file tersebut. Oleh karena itu diperlukan teknik pengaman dengan menggunakan algoritma kriptografi. Salah satu algoritma kriptografi adalah algoritma noekeon. Algoritma ini termasuk dalam algoritma blok cipher. Dengan algoritma ini data akan dienkrip sehingga aman untuk di distribusikan dalam jaringan.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU PADA ANAK DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER Ritonga, Eli Rosmita; Irawan, Muhammad Dedi
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/cess.v2i1.7179

Abstract

Abstrak— Sistem pakar merupakan program Artificial Intelligence yang menggabungkan basis pengetahuan dengan mesin inferensi. Ini merupakan bagian perangkat lunak spesialisasi tingkat tinggi, yang berusaha menduplikasi fungsi seorang pakar dalam satu bidang keahlian tertentu. Sistem pakar memprediksi penyakit paru pada anak ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mendiagnosa penyakit paru pada anak sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan ciri-ciri penyakit yang terdapat pada anak tersebut. Didalam penerapan sistem pakar ini dibantu dengan metode Dempster Shafer. Dempster Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions and plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Atas dasar tersebut maka akan dibuat sistem yang dapat membantu user untuk dapat mendiagnosa penyakit paru pada anak sesuai dengan gejala-gejala yang terdapat pada anak yang terserang penyakit. Keywords— sistem pakar, diagnosa, penyakit paru anak, dempster shafer
ANALISIS KEAMANAN DATA PADA BLOCK CIPHER ALGORITMA KRIPTOGRAFI RSA Azmi, Fadhillah; Erika, Winda
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/cess.v2i1.4967

Abstract

Komunikasi adalah proses dasar dari pertukaran informasi. Efektifitas komunikasikomputer secara umum adalah melalui internet atau beberapa saluran komunikasi lainnya.Tujuan utama tulisan ini adalah berdasarkan pada analisis hasil yang diberikan Weinermengatakan bahwa jika private key d digunakan dalam algoritma kriptografi RSA kurang darin292, maka sistem tersebut kurang aman. Di sini penulis menganalisa pada hasil yang diberikanoleh Weiner dan mencoba untuk meningkatkan range dari private key d sampai n0.5. Karena nadalah perkalian p dan q, yang mana bilangan relative prima. Sehingga mempengaruhi kinerjaenkripsi algoritma yang lebih aman.
MEMBANGUN APLIKASI PERHITUNGAN PPH21 MOBILE ANDROID FASILITATOR VALIDASI WAJIB PAJAK PRIBADI Musa, Kartini
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/cess.v2i1.4533

Abstract

Dalam era teknologi informasi dan komunikasi inter networking saat ini, semua orang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di berbagai tempat. Melalui media internet, manusia dapat memperoleh  dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja dalam waktu singkat. Hal inilah yang melandasi untuk Membangun Aplikasi Perhitungan PPh21 Mobile Android fasilitator validasi Wajib_Pajak_Pribadi (selanjutnya singkat WPP), yang dapat memberikan konstribusi pada masyarakat WPP pengguna android mobile guna pengecekan (Validasi) pemotongan pph21 yang dilakukan oleh instansi atau perusahaan tempat berkerja terhadap upah/gaji  yang mereka terima, apakah terjadi kesalah dalam pemotongan. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur, studi banding website yang ada di internet mengenai aplikasi dan jurnal terkait serta observasi langsung  ke beberapa kantor pajak wilayah DKI : jakarta selatan, utara, barat, timur dan pusat.Melakukan wawancara kepada beberapa orang staff karyawan serta orang-orang dilingkangan tempat tinggal penulis yang menerima upah ditempat mereka berkerja yang ada pemotongan PPh21. Hasil yang diperoleh berupa Rancangan aplikasi perhitungan PPh21. Penelitian yang dilakukan tersebut memberikan masukan mengenai implementasi aplikasi perhitungan Pajak Penghasilan (PPh21) Android Mobile.

Page 1 of 1 | Total Record : 7