cover
Filter by Year
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Articles
166
Articles
PEMODELAN DAN ANALISIS GERAK PARABOLA DUA DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GUI MATLAB

Rajagukguk, Juniastel, Sarumaha, Chayani Sarumaha

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Gerak parabola merupakan gerak dua dimensi yang membutuhkan analisis yang akurat dalam memahaminya. Matlab merupakan salah satu aplikasi komputer yang dapat menghasilkan grafik dan simulasi menarik untuk penulisan laporan atau  naskah  ilmiah. Dengan berkembangnya penggunaan teknologi komputer dalam pembelajaran, penggunaan komputer untuk membantu siswa lebih mudah memahami konsep semakin banyak digunakan. Dalam penelitian ini telah dilakukan analisis gerak parabola dua dimensi dengan menggunakan bantuan GUI matlab. Analisis secara teori dari persamaan umum gerak dibandingkan dengan menggunakan GUI matlab. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa analisis dengan GUI matlab memudahkan dalam pembuatan grafik dan perhitungannya juga lebih akurat.

AKTIVITAS DI KELAS EKSPERIMEN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Siregar, Nurhijriyah Kam, Rugaya, Rugaya

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 3 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JULI - SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 dan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang  dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pertama tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test dengan jumlah 8 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen kedua observasi aktivitas belajar siswa dan penilain keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan aktivitas belajar serta keterampilan siswa menggunakan model  problem based learning meningkat setiap pertemuannya sehinga model pembelajaran problem based learning dapat berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa.

PEMBELAJARAN FISIKA DASAR DAN ELEKTRONIKA DASAR (ARUS, HAMBATAN DAN TEGANGAN LISTRIK) MENGGUNAKAN APLIKASI MATLAB METODE SIMULINK

Hutagalung, Siti Nurhabibah, Panjaitan, Melda

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 3 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JULI - SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembelajaran tentang fisika dasar dan elektronika dasar (Arus, Tegangan dan Hambatan  Listrik) selama ini menggunakan pemahamaan teori-teori fisika dan elektronika dasar, tanpa adanya pendampingan dalam bentuk model dan simulasi untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa. Ruang lingkup pembahasan yang ada dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran fisika dasar dan elektronika dasar pada materi listrik (arus, tegangan dan hambatan listrik), perancangan model simulasi menggunakan Matlab metode Simulink untuk listrik (arus, tegangan dan hambatan listrik). Dalam penelitian ini ada beberapa tujuan yang hendak dicapai antara lain adalah memberi pemahaman kepada Mahasiswa dalam pembelajaran fisika dasar dan elektronika dasar menggunakan software Matlab simulasi Simulink. memberikan pendampingan pengajaran materi fisika dasar dan elektronika dasar pada materi listrik (arus, tegangan dan hmbatan listrik) dengan aplikasi program Matlab dengan metode simulink.

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH AUTENTIK SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 SEI SUKA T.A 2016/2017

Berutu, Sari Malum, Harahap, Mara Bangun

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to determine the effect of learning model Effects of Problem Based Learning Model Against Authentic Problem Solving Skills Students On Main Material Newtons Law Class X Semester Sma Negeri 1 Sei Suka T.A 2016/2017. This research is a quasi-experimental. The population in the study were all students of class X Semester SMA N 1 Sei Suka consisting of 5 classes. Sampling was done by cluster random sampling by taking two classes of fifth grade were randomly ie class X MIA 2 as an experimental class of 40 persons and class X MIA 3 as the control classes of 40 people. The instrument used to determine student learning outcomes is the achievement test in the form of essay test with the number of 10 questions. Based on the analysis of data obtained pretest and posttest results of both classes of normally distributed and come from a homogenous group. Postes results obtained an average grade experiment using the model of Problem Based Learning at 83.65 with a standard deviation of 7.98 and in the control group gained an average post-test score of students at 70.95 with a standard deviation of 8.62. Postes data normality test results for an experimental class obtained Lhitung

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016

Harahap, Syahrizal, Siregar, Alkhafi Maas

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This research is aimed to investigate the effect of problem-based learning (PBL) on student s learning outcome in heat temperature topic in the second semester of grade X SMA Nil Medan A. Y. 2015 2016. Ihis research is a quasi experimental population of all class X SMA Negeri 1 I Medan, which consists of ten classes. Samples were taken two classes are determined by random cluster sampling technique . X-9 as the experimental class and class X-10 as the control class . The results were obtained value-average pretest experimental class 24,58 and the control class 22.58. After the study was completed, given the posttest and average values obtained 73.13 experimental class and control class 68,87. It can be concluded that there is a significant influence of problem based learning on students learning outcome in heat temperature m grade X SMA Nil Medan T.P. 2015 2016.

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2016/2017

Simamora, Rekina Natalia, Simatupang, Sehat

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adalah uji t. sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017.

EFFECT ON INQUIRY LEARNING MODEL STUDENT LEARNING OUTCOMES OF THE SUBJECT MATTER OF TEMPERATURE AND IN CLASS X CALORIFIC SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN A.Y 2016/2017

Rina, Rina, Purwanto, Purwanto

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 1 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to determine the effect of inquiry learning model to the learning outcomes of students in the subject matter of temperature and heat in SMA Swasta Imelda Medan A.Y. 2016 / 2017. Type this research is quasi experiment. The population in this study were all students of class X Semester II, which consists of three classes. Sampling was done by cluster random sampling. By taking two classes of third grade at random, that is class X-l as the experimental class using inquiry learning model and a class X-2 as the control class using conventional learning, each of which amounted to 32 people. The instrument used was a test of student learning outcomes that are 20 questions in the form of multiple choice and activity observation sheet. Hypothesis testing using t test with level α = 0,05. Result initial testing with pre-test values obtained average pretest experimental class is 48.28, and the average value pretest control class is 44.53. Pretest data testing through the second sample normality test showed normal distribution. In the homogenous eity test obtained Fcount = 108 and = 2.37 Ftable so Fhitung < Ftable then both samples come from a homogenous ous group. The results of data analysis of test two parties obtained tcount = 1.962 < ttable = 1,999 so that Ho accepted to mean both classes of the samples had the same initial capability. The average value postes experimental class and control class = 71.41 = 62.50. The results oft test analysis of the obtained t = 3.835 and ttable = 1.667 so thitung > ttable then Ho rejected and Ha accepted means there is significant influence inquiry learning model to the learning outcomes of students in the subject matter of temperature and heat in the tenth grade second semester SMA Swasta Imelda Medan A.Y 2016/2017.

PEMBELAJARAN FISIKA DASAR DAN ELEKTRONIKA DASAR (ARUS, HAMBATAN DAN TEGANGAN LISTRIK) MENGGUNAKAN APLIKASI MATLAB METODE SIMULINK

Hutagalung, Siti Nurhabibah, Panjaitan, Melda

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembelajaran tentang fisika dasar dan elektronika dasar (Arus, Tegangan dan Hambatan  Listrik) selama ini menggunakan pemahamaan teori-teori fisika dan elektronika dasar, tanpa adanya pendampingan dalam bentuk model dan simulasi untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa. Ruang lingkup pembahasan yang ada dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran fisika dasar dan elektronika dasar pada materi listrik (arus, tegangan dan hambatan listrik), perancangan model simulasi menggunakan Matlab metode Simulink untuk listrik (arus, tegangan dan hambatan listrik). Dalam penelitian ini ada beberapa tujuan yang hendak dicapai antara lain adalah memberi pemahaman kepada Mahasiswa dalam pembelajaran fisika dasar dan elektronika dasar menggunakan software Matlab simulasi Simulink. memberikan pendampingan pengajaran materi fisika dasar dan elektronika dasar pada materi listrik (arus, tegangan dan hmbatan listrik) dengan aplikasi program Matlab dengan metode simulink.

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON DI SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN T.A 2015/2016

Dahlia, Dahlia, Sahyar, Sahyar

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 4 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober-Desember 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to investigate the effect of problem-based learning (PBL) model on student??s problem-solving skills in force and Newton??s law subject matter at  class VIII SMP N.1 Pegajahan A.Y 2015/2016. This research was a quasi experimental with population eight grade students, which consisted six classes and the sample consisted two classes: class VIII-5 used problem-based learning (PBL) model and VIII-2 used conventional learning, each class consist 33 students. Instruments was essay test form with number about 10 items. The gain value of problem-solving skills in experimental class used problem-based learning model was 0.41 included in the moderate category, and class used conventional learning was 0.28 included in the low category. Proved from hypothesis test, problem-solving skills applied problem-based learning model was better than conventional learning in class VIII semester II at SMP in force and Newton??s law subject matter.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS DI KELAS XI SEMESTER 1 MA AL-WASHLIYAH TANJUNG BERINGIN T.P 2016/2017

SIREGAR, ULFAH HASANAH, Haryadi, Jafri

JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 1 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum Dan impuls di kelas XI semester 1 MA Tanjung Beringin Serdang Bedagai T.P 2016/2017Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain two group design pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI MA Al- Washliyah Tanjung Beringin terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan cluster random sampling dengan jumlah sampel penelitian 2 kelas yaitu XI IPA.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas XI IPA.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang.Dari analisa data pretes diperoleh rata ?? rata kelas eksperimen yaitu 8,1 sedangkan kelas kontrol 6,83. Data postes diperoleh siswa rata ?? rata kelas eksperimen yaitu 15,5 sedangkan di kelas kontrol 13,2.  Uji normalitas pretes pada kelas eksperimen diperoleh L0 < L ( 0,156 < 0,161). Sedangkan pada pretes kelas kontrol L0 < L ( 0,1438 > 0,161), nilai kritis uji liliefors n = 30 adalah L = 0,161, uji normalitas pada postes kelas ekperimen  L0 < L ( 0,0951 < 0,161) sedangkang pada kelas kontrol L0 < Ltabel (0,0971 < 0,161). Dari data tersebut dapat disimpulkan pretes dan postes kelas ekperimen dan pretes kelas kontrol berdistribusi normal karena L0 < L. Uji homogenitas dari dua kelompok kelas pretes diperoleh Fhitung  < Ftabel (1,15<1,86). Dan kelas postes Fhitung  < Ftabel (1,03<1,86) maka data penelitian berasal dari populasi yang homogeny karena Fhitung  < Ftabel. Untuk analisis data uji t pada pretes ?? ttabel < thit < ttabel atau ?? 2,002 < 1,763 < 2,002 berarti H0 diterima sedangkan pada postes diperoleh thitung = 3,06 > ttabel = 1,671 berarti Ha diterima dan H0 ditolak, berarti adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tps menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa MA Al-Washliyah Tanjung Beringin Tahun ajaran 2016/2017.

Issues
All Issue Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018 Vol 4, No 3 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JULI - SEPTEMBER 2018 Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018 Vol 4, No 1 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET 2018 Vol 3, No 4 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober-Desember 2017 Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April-Juni 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2017 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli-September 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2015 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2016 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2015