cover
Contact Name
Nanang Fakhrur Rozi
Contact Email
nanang@itats.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wiwikwidyo@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal IPTEK
ISSN : 26207745     EISSN : -     DOI : -
Jurnal IPTEK - Media Komunikasi Teknologi Diterbitkan secara berkala setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan Desember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS). Jurnal ini memuat hal-hal yang berkaitan dengan bidang Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Perkapalan, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Desain Produk, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris (diutamakan).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 20, No 2 (2016)" : 10 Documents clear
ANALISA BREAK EVEN POINT DAN NET PRESENT VALUE BERDASARKAN INPUT TARIF YANG BERLAKU DI KLINIK KESEHATAN AL - JADID SURABAYA Mollah, Kalam
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.712 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.26

Abstract

Yayasan Nur Fadila yang beroperasi di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Surabaya, Malang, Kediri dan Semarang selama ini berfokus pada pengembangan pondok pesantren dengan berbasis pada pembelajaran ilmu agama islam dan pengetahuan umum. Namun untuk saat ini Hidayatullah mengembangkan klinik kesehatan bagi masyarakat sekitar pondok pesantren. Sebagai salah satu gedung yang baru beroperasi di lingkungan pondok, maka klinik perlu melakukan analisis ulang tentang tarif yang berlaku pada saat ini. Adapun metode yang dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah metode Break Even Point dan Net Present Value dengan suku bunga sebesar 12%. Dalam penyelesaiannya dengan metode BEP maka akan dimasukkan tarif yang berlaku saat ini. Dari analisa ini diperoleh tarif pada kondisi BEP sebesar Rp 36.919. Dengan cara trial and error pada cash flow melalui pendekatan Net Present Value yaitu dengan menjumlahkan tarif kelas pada kondisi Break even Point dengan asumsi kenaikan x% dari tarif normal pada kondisi BEP sehingga diperoleh Net Present Value yang lebih besar dari nol. Sehingga diperoleh hasil tarif kelas yang dicari pada kondisi NPV adalah sebesar Rp 92.298,-.
APLIKASI KEBUTUHAN MAKANAN DAN MINERAL PADA ANAK PENDERITA DIARE BERBASIS ANDROID saurina, nia
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.665 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.34

Abstract

Diare sering kali dianggap sebagai penyakit sepele, padahal menurut catatan WHO sebanyak 6 juta anak meninggal setiap tahun karena diare yang terjadi di negara berkembang. Berdasarkan hasil survei Sub Direktorat Diare dan Infeksi Saluran Pencernaan (ISP) Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Angka Kesakitan Diare untuk semua umur tahun 2010 adalah 411 per 1.000 penduduk, sedangkan pada tahun 2012 sebesar 214 per 1.000 penduduk. Diare dapat menyebabkan anak mengalami malnutrisi bahkan kematian. Sampai saat ini belum adanya penelitian yang khusus membahas mengenai kesehatan terutama bagi anak, dan di implementasikan pada smartphone. Padahal 50 persen pemilik smartphone di Indonesia menjadikan smartphone sebagai peralatan telekomunikasi utama. Bahkan smartphone memiliki total penetrasi pertumbuhan pada tahun 2016 mencapai 37,1 persen. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi untuk memberikan informasi kepada orang tua yang memiliki anak usia 4 – 6 tahun dan sedang menderita diare. Dari aplikasi ini user dapat mengetahui variasi makanan yang dianjurkan maupun pantangan makanan selama anak diare. Selain itu aplikasi ini juga dapat memberikan informasi kebutuhan makanan dan mineral yang dibutuhkan sesuai dengan jenis diare yang diderita anak.
VARIASI ARUS DAN SUDUT PENGELASAN PADA MATERIAL AUSTENITIC STAINLESS STEEL 304 TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN STRUKTURMAKRO Setyowati, Vuri Ayu; Suheni, Suheni
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.69 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.40

Abstract

ABSTRACT            Welding is the common method for joining material used in construction and industrial applications. Variable of welding process is the most important factor affected into the mechanical properties of welded materials.  This study used Shielded Metal Arc Welding (SMAW) as welding method. SMAW method use flux to protect the metals. Sample preparations were done to make the V groove using 45ᵒ and 60ᵒ as angle of welding. Variations of heat input also were used as 75A, 85A, and 95A. Characterization of mechanical properties was analyzed by tensile test and macroscopic analysis showed the different area after welding. Based on the following experimental result, the highest ultimate tensile strength was obtained by sample  prepared 45ᵒ of V groove angle and 85A of current which is 518 N/mm² and got 449 N/mm² of  yield strength. Increasing current caused the wider weld pool in the sample surface and showed clear grove shape of welded sample. ABSTRAKPengelasan merupakan metode penyambungan material yang secara umum digunakan dalam  bidang konstruksi maupun aplikasi di industri. Parameter pengelasan perlu diketahui karena berpengaruh terhadap sifat mekanik yang dihasilkan material setelah proses penyambungan Pada penelitian ini, proses pengelasan yang digunakan adalah Shielded Metal Arc Welding (SMAW). Pengelasan SMAW menggunakan fluks sebagai pelindung logam. Preparasi sampel dilakukan dengan pembuatan sudut pengelasan/sudut kampuh 45ᵒ dan 60ᵒ.  Arus pengelasan bervariasi sebesar 75A, 85A, dan 95A. Karakterisasi sifat mekanik diperoleh dari pengujian tarik dan pengamatan makro untuk mengetahui perubahan daerah yang berbeda setelah dilakukan pengelasan. Berdasarkan hasil pengujian, spesimen benda uji dengan sudut pengelasan 45ᵒ besar beban maksimal (σu) terjadi pada arus 85 A yaitu sebesar 518 N/mm² dan memiliki tegangan luluh paling tinggi yaitu  449 N/mm². Kenaikan arus pengelasan menyebabkan weld pool yang lebih besar dan permukaan penampang samping terlihat jelas bentuk kampuh sampel pengelasan.
Perbaikan Metode Rekomendasi Diskusi Pemrograman dengan Normalisasi Identifier Menggunakan Lingua::IdSplitter Rozi, Nanang Fakhrur; Siahaan, Daniel Oranova; Baskoro, Fajar
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.255 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.42

Abstract

Situs tanya-jawab Stack Overflow telah sering digunakan sebagai acuan oleh programmer. Informasi atau solusi dalam proses pengembangan perangkat lunak dapat dicari dengan bantuan mesin pencari pada situs. Namun, perbedaan dalam gaya penulisan, terutama pada penulisan identifier program, sering menyebabkan rekomendasi (pencarian) menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan programmer. Beberapa programmer menulis identifier dalam bentuk singkatan sementara yang lain tidak sehingga menurunkan kinerja rekomendasi. Penelitian ini mengadopsi Lingua::IdSplitter untuk menormalkan identifier pada data diskusi Stack Overflow. Proses normalisasi dilakukan dengan memisahkan identifier yang terdiri atas komposisi term serta memperluas singkatan yang ada pada identifier ke bentuk penuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa normalisasi identifier menggunakan Lingua::IdSplitter hanya mampu meningkatkan performa sistem rekomendasi ketika identifier dengan unsur singkatan mendominasi pada data diskusi.
PERANCANGAN DAN ANALISIS KEKUATAN FRAME SEPEDA HIBRID “TRISONA” MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR setyono, bambang
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (958.464 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.43

Abstract

Sepeda hybrid trisona adalah sepeda yang digerakkan oleh tiga sumber gerak, yaitu gerak manual oleh engkol kaki, gerak motor pneumatik udara bertekanan, dan gerak motor listrik.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis kekuatan frame dengan variasi beban pengemudi mulai dari 0 – 95 kg menggunakan software autodesk inventor. Dengan menggunakan fitur Stress Analysis yang dilengkapi dengan metode finite element analysis (FEA), dapat diketahui luaran berupa von misses stress, displacement, dan safety factor. Frame hasil rancangan berdiameter 1 inchi, material dari mill steel. Panjang frame = 1200 mm, lebar =  180 mm, tinggi = 618 mm. Hasil analisis simulasi pada beban maksimum 95 kg besar tegangan von misses stress tertinggi terjadi di bagian rangka sambungan rangka dengan head tube sebesar 103,9 MPa. Displacement maksimum terbesar pada rangka tengah penyangga tempat duduk 0,2382 mm dan terkecil sebesar 0 MPa pada sambungan rangka dengan head tube. Safety factor minimum yang diperoleh dari analisa tersebut adalah sebesar 1,99 terjadi di sambungan rangka dengan head tube di bawah dan maksimum adalah 15 terjadi di sambungan rangka dengan head tube atas. Dengan kondisi angka keamanan tersebut maka desain frame sepeda trisona tersebut aman.Kata kunci : sepeda hybrid trisona, frame, von misses stress, displacement, angka keamanan 
APLIKASI SISTEM PERINGATAN TABRAKAN PADA KAPAL BERBASIS DATA GPS MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY Sarena, Sryang Tera; Adhitya, Ryan Yudha; Handoko, Catur Rakhmad; Rinanto, Noorman
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.586 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.48

Abstract

Automatic Identification System (AIS)  is an important equipment in ship for giving ship’s information to other ships or harbour. Unfortunately, there is still no ship collision warning system included in AIS. Hence, an application of ship collision early warning system based on Global Positioning System (GPS) data is proposed in this paper. Here, the zero-order sugeno fuzzy logic is used to process the ships speed and position data. The output of this warning system are recommended ships speed and heading direction to prevent the ship collision based on IMO (International Maritime Organization) regulation. The object used is a ship prototype equiped with GPS. The testing is held in four position of the ship prototype againts static object. The positions are -45o, -25o, 25o dan 45o. The testing results yield 100% accuracy to the IMO regulation of the head on situations case.
PENERAPAN KONSEP LINE BALANCING UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA YANG OPTIMAL PADA SETIAP STASIUN KERJA PADA PT. HM. SAMPOERNA Tbk Prabowo, Rony
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.25

Abstract

Teknik keseimbangan lintasan diperlukan dalam proses produksi, tanpa adanya keseimbangan lintasan dalam stasiun kerja maka proses produksi tidak akan berjalan secara efektif dan efiasien. Dalam proses produksinya PT. HM. Sampoerna Tbk. dihadapkan pada permasalahan keseimbangan lintasan yaitu kurangnya efisiensi pada stasiun kerja, sehingga direncanakan untuk menetukan lintasan produksi yang optimal sehingga pembebanan pada setiap stasiun kerja akan lebih merata dan mengurangi waktu menganggur. Metode yang digunakan adalah metode pengukuran waktu kerja dengan jam henti (stop watch) dan metode bobot posisi (Method Ranked Positional Weight). Data yang dianalisis adalah waktu yang diperlukan oleh operator untuk menyelesaikan produksi rokok dan jumlah output rate untuk produk rata-rata yang dihasilkan untuk menetapkan waktu siklus ideal. Kemudian kedua data diatas dianalisis dengan menggunakan metode bobot posisi, hingga didapatkan waktu produksi dan efiasiensi lintasan yang optimal serta stasiun kerja yang optimal pula. Hasil analisis menyatakan bahwa penggunaan metode keseimbangan lintasan, perusahaan dapat mencapai efisiensi lintasan sebesar 68,54% dan mengurangi ketidakseimbangan (balance delay) sebesar 42,02% dari 73,48% menjadi 31,46% Dan target produksi sebanyak 240box/hari dapat terpenuhi.
Supporting Docs (Cover, Table of Contents, Editorial) Editor, IPTEK
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.422 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.51

Abstract

PERBAIKAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN LEAN-SIGMA DI PT. AUTOKORINDO PRATAMA, GRESIK Hariastuti, Ni Luh Putu; Cahya, Rony Nur
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.858 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.21

Abstract

PT. Autokorindo Pratama Gresik adalah sebagai salah satu produsen velg truck dan bus di Indonesia. Penelitian ini menitiberatkan pada penggabungan konsep lean manufactur dan konsep six sigma  yaitu lean sigma untuk memperbaiki kualitas. Tools lean sigma yang dipakai pada penelitian ini adalah Value Stream Mapping, pareto chart, fishbone diagram, dan Failure Mode and Effect Analysis. Dari hasil penelitian diperoleh waste terkritis yaitu waste defect, waste motion, dan transportation dan waste waiting pada proses produksi disc, rim, ring, assy, dan paint. Dalam penelitian ini jenis waste defect tertinggi adalah dimensi part tidak sesuai pada proses expanding yang terdapat pada proses produksi rim dengan jumlah defect 1900 unit. Dan waste transportation adalah jarak antara proses assy dengan proses paint sejauh 100 m. Dengan perbaikan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan meminimalisasi terjadinya waste defect, waiting, motion, dan transportation.  Kata Kunci  : Waste, Lean Sigma,Value Stream Mapping, Pareto Chart, Fishbone Diagram, dan Failure Mode and Effect Analysis.
APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ( Studi Kasus Hotel Grand Banjarmasin ) bertolini, vicky
Jurnal IPTEK Vol 20, No 2 (2016)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (906.012 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.32

Abstract

Pada saat ini Indonesia  mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan sehingga pembangunan di segala bidang berjalan dengan segala dinamika tersendiri. Tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi memerlukan sarana dan prasarana untuk mengakomodasi berlangsungnya usaha usaha tersebut. Permintaan yang cukup tinggi maka akan timbul masalah masalah pula dalam bidang konstruksi yaitu masalah ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan tenggat waktu penyelesaian proyek, ketersediaan bahan akan konstruksi tersebut, ketersediaan akan energi yang dibutuhkan untuk merealisasikan proyek tersebut dan ketersediaan akan ruang kerja dalam proyek tersebut.Tantangan kedepan dalam dunia usaha adalah di wajibkan setiap produk atau pelayanan jasa dapat mencapai standar yang baik dengan dicapai melalui pemenuhan waktu yang cepat dan biaya yang rendah. Karena dasar tersebut maka studi dengan mengunakan value engineering (VE) atau yang sering disebut rekayasa nilai adalah solusi yang baik karena dalam rekayasa nilai bertujuan sebagai upaya pemecahan masalah secara terstruktur dan kreatif. Pembangunan gedung berlantai 4 yang akan digunakan sebagai hotel dengan luas bangunan mencapai 2840m2 dengan beberapa fungsi tambahan seperti ruang rapat, ruang serba guna dan restoran yang terintergrasi dalam 1 bangunan maka memerlukan perencanaan yang matang agar setiap fungsi yang disyaratkan dapat terpenuhi. Rencana Angaran Biaya sebesar Rp. 16.005.296.755,00 untuk pembangunan gedung pada tahap perencanaan akan dilakukan studi peningkatan nilai dengan Value Engineering Method. Tahap yang dilakukan pada studi VE seperti  tahap pra studi, tahap informasi, tahap analisis fungsi, tahap kreatif, tahap evaluasi, tahap pengembangan, tahap presentasi, tahap implementasi maka diperoleh bahwa faktor paling tinggi yang dapat dilakukan efisiensi adalah pekerjaan mekanikal dan elektrikal serta pekerjaan aristektur. Pekerjaan M/E melalui studi VE didapat penghematan sebesar 10,8% dari total nilai pekerjaan tersebut pada nilai pembangunan bangunan tersebut dengan asumsi 10 tahun pemakaian. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10