cover
Contact Name
Nanang Fakhrur Rozi
Contact Email
nanang@itats.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wiwikwidyo@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal IPTEK
ISSN : 26207745     EISSN : -     DOI : -
Jurnal IPTEK - Media Komunikasi Teknologi Diterbitkan secara berkala setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan Desember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS). Jurnal ini memuat hal-hal yang berkaitan dengan bidang Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Perkapalan, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Desain Produk, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris (diutamakan).
Articles 87 Documents
Implementasi Service Quality pada Pelayanan Distribusi Ikan di Kabupaten Sidoarjo Sulistiyowati, Wiwik; Hartati, Verani; Fitrani, Arief Senja
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.4

Abstract

Dengan meningkatnya kebutuhan akan ikan segar bagi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya, maka dinas terkait yaitu Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo berusaha memperbaiki kualitas pelayanan distribusi dari produsen yaitu petani UKM Ikan yang berada di Sidoarjo sampai kepada tangan konsumen akhir yaitu rumah tangga. Kualitas merupakan faktor kunci yang membawa keberhasilan bisnis, pertumbuhan, dan peningkatan posisi bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan distribusi ikan di Pasar Ikan dan atribut yang mempunyai nilai negatif tertinggi.Sehingga untuk mengetahui kualitas pelayanan distribusi ikan di pasar ikan tersebut dengan menggunakan atribut Physical Distribution Service Quality. Service Quality (kualitas layanan) merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan.Hasil penyebaran kuesioner didapatkan data atribut yang mempunyai nilai negatif tertinggi adalah atribut Atribut A.2 yaitu penyediaan informasi mengenai ketersediaan ikan yang terdapat pada dimensi availability sebesar -0.04269.
Studi Kinetika Adsorbsi Nilai Besi pada Air Sumur Menggunakan Karbon Aktif dari Ampas Kopi Huda, Hairul; Ardi, Zulminadan; Johansyah, Adam Ari
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.9

Abstract

Kandungan besi (Fe) di dalam air sumur dapat menimbulkan gangguan kesehatan, bau yang kurang enak, menyebabkan warna kuning pada dinding bak kamar mandi serta bercak-bercak kuning pada pakaian. Salah satu cara untuk menurunkan kandungan besi (Fe) yaitu dengan teknik adsorbsi dengan menggunakan karbon aktif dari ampas kopi. Pembuatan karbon aktif ampas kopi terdiri atas proses preparasi sampel, karbonisasi, aktivasi dengan HCl 0,1 M, pencucian, dan pengayakan. Karbon aktif ampas kopi dengan lama perendaman HCl 0,1 M selama 48 jam, suhu karbonisasi 400 ºC selama 90 menit, serta pengayakan telah memenuhi standar mutu kualitas karbon aktif menurut SNI 06-3730-1995 dengan kadar air 11,89%, kadar abu 9,2%, rendemen 62,06% dan daya serap iod 761,4 mg/g. Karbon aktif  yang telah telah memenuhi standar kualitas ini dapat menurunkan kandungan besi di air hingga mencapai 0,060 ppm dari kandungan besi awal 13,652 ppm dengan efisiensi 99,56% dari waktu kontak terbaik yaitu 24 menit serta memiliki nilai daya serap adsorpsi maksimum sebesar 0,929 mg/gram dengan konstanta Langmuir 1,000. Penentuan orde dilakukan dengan metode regresi linear  menggunakan persamaan orde nol, satu dan dua. Orde reaksi terjadi pada orde 1.
Front Cover IPTEK Vol. 19 Iss. 2 Rozi, Nanang Fakhrur
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.2

Abstract

Rancang Bangun Mesin Pengering Jamur Kuping dengan Menggunakan Metode Fuzzy Logic Hamid, Abdul
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.5

Abstract

Hal terpenting pasca panen jamur kuping adalah pengeringan jamur kuping. Pengeringan jamur kuping ada dua cara, yaitu secara alami dan buatan. Pengeringan secara alami sangat tergantung dengan cuaca. Di Indonesia curah hujan pada bulan Oktober sampai April sangat tinggi, bahkan bisa turun hujan sampai berhari-hari. Dari kondisi tersebut pengeringan ini tidak efektif sehingga diperlukan sebuah mesin pengering yang dapat mengeringkan jamur kuping tanpa tergantung cuaca dan dapat dikontrol suhu dan kelembaban didalam mesin pengering sesuai set point yang diinginkan. Pengeringan buatan ini menggunakan heater, blower, dan kipas sirkulasi udara. Heater berasal dari elemen setrika sebagai sumber panasnya. Blower berfungsi untuk menyebarkan udara panas kedalam ruang pengering dan kipas sirkulasi mengeluarkan udara kering didalam ruang pengeringan. Pengontrol dari mesin pengering ini menggunakan mikrokontroler AVR Atmega 32 dengan menggunakan metode fuzzy logic. Pembacaan suhu dan kelembaban dilakukan oleh Sensor SHT11 dimana komunikasi sensor ini menggunakan cara 2 wire serial interface yang menggunakan serial clock input (SCK) dan serial data (DATA). Pengeringan menggunakan mesin pengering memiliki waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan pengeringan alami. Pengeringan secara alami berlangsung antara 7-8jam, sedangkan pengeringan dengan mesin pengering hanya 4-5jam.
Desain Hybrid Panel Surya Tipe Monocrystalline dan Thermal Kolektor Fluida Air Mustofa, ; Magga, Ramang; Arifin, Yusnaini
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.762 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan menguji hybrid panel surya type monocrystalline daya 60 Wh pada laju aliran fluida 0,027 kg/s. Dari hasil beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa panel monocrystalline menyerap panas yang besar dibandingkan dengan yang jenis polycrystalline pada kondisi cuaca yang sama. Jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka suhu permukaan panel akan semakin tinggi yang berimplikasi menurunnya efisiensi elektrik dan/atau konversi energi panas menjadi energi listrik akan berkurang. Oleh karena itu dibutuhkan media pendingin yang saling menguntungkan. Artinya dengan menhybrid dengan sirkulasi fluida (T) pada photovoltaic (PV) atau PVT, akan mempertahankan bahkan meningkatkan efisiensi elektrik PVT meskipun efisiensi thermal pada artikel ini masih perlu ditingkatkan. Disamping itu, arus yang dihasilkan lebih besar jika dengan PVT dibandingkan PV, sementara tegangan listrik cenderung tetap. Efisiensi elektrik maksimum PVT yang dihasilkan adalah sekitar 18,87% dengan suhu air panas sekitar 49oC, sementara yang PV adalah 10,89%. Ada peningkatan sekitar 8% yang menunjukkan hasil yang signifikan.
Pemurnian Ethanol Secara Destilasi Dengan Penambahan Garam KCl Sato, Abas; Rahardianto, Adi; Santoso, Andy Bagoes
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.3

Abstract

One of the methods of ethanol mixture separation is distilation with addition of potassium chloride salt as entrainer. The aim of this research is to determine the effect of salt additiont and the reflux ratio, to ethanol product concentration, and also determine the best operating condition of the highest ethanol concentration in the distillation product.  The material used in the research are ethanol, potassium chloride and water. Equipment used is a series of sieve tray type distillation tower in diameter of 2.5 inch. Variable used in this research are: potassium chloride salt addition (0; 5; 10) grams/liter of alcohol solution, the concentration of ethanol feed (10; 50; 90) weight percent and  reflux ratio (0,5; 1; 1.5 ), the fixed variable are  ethanol feed in 4th tray, the flow rate (1250 ml/min), destillation time (120 minutes), and the number of sieve tray (11 trays). The research were carried out by introducing ethanol in specific concentration into the feed storage and reboiler and also potassium chloride into the salt storage. The reboiler is heated until evaporation of ethanol occur and distillation were carried out. Ethanol as product of distillation are measured its volume and concentration. The result is that the highest ethanol concentration is 98% by concentration of  feed  (50-90)%, addition of potassium chloride salt of 10 g rams/ liter, and  reflux ratio of 1.5.
Pemanfaatan Aquatic Macrophytes dalam Mengolah Limbah Cair Kantin Kampus
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.6

Abstract

Kantin merupakan salah satu sumber penghasil limbah cair yang termasuk dari greywater. Limbah cair kantin dapat mencemari lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian adalah mengukur kemampuan tumbuhan Eichhornia crassipes dan Lemna minor dalam menurunkan bahan pencemar dalam limbah cair dari kantin kampus. Penelitian dilakukan selama 12 hari dengan menggunakan sistem batch reactor. Sampel penelitian diambil dari bak penampung limbah cair kantin . Data yang analisis adalah data parameter awal dan akhir Biochemcial Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), Total suspended solids (TSS), nitrogen dari limbah cair kantin. Penelitian menggunakan aquatic macrophytes, yaitu Eichhornia crassipes dan Lemna minor. Hasil penelitian diperoleh bahwa Eichhornia crasseipes memiliki efisiensi penurunan konsentrasi BOD, COD, nitrogen, dan TSS pada limbah cair kantin kampus sebesar 76,44%; 80,97%; 75%; 76% sedangkan Lemna minor memiliki efisiensi sebesar 64,57%; 71,69%; 47%; 64%
Analisis Pemanfaatan Sumber Daya Energi Alternatif Sebagai Energi Terbarukan untuk Mendukung Subtitusi BBM Kholiq, Imam
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.406 KB) | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.12

Abstract

Energi merupakan kebutuhan dasar manusia, yang terus meningkat sejalan dengan tingkat kehidupannya. Bahan bakar minyak/energi fosil merupakan salah satu sumber energi yang bersifat tak terbarukan (non renewable energy sources) yang selama ini merupakan andalan untuk memenuhi kebutuhan energi di seluruh sektor kegiatan. Kekayaan sumber daya energi di Indonesia, yaitu tenaga air (Hydropower), panas bumi, gas bumi, batubara, gambut, biomassa, biogas, angin, energi laut, matahari dan lainnya dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif, menggantikan ketergantungan terhadap bahan bakar minyak, yang semakin terbatas baik jumlah dan cadangannya. Bahan bakar minyak memegang posisi yang sangat dominan dalam pemenuhan kebutuhan energi di dalam negeri. Harus disadari saat ini Indonesia telah mengimpor minyak mentah maupun bahan bakar minyak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Krisis energi yang melanda dunia berdampak, tingginya harga minyak mentah dunia, berpengaruh langsung terhadap kegiatan perekonomian. Kekayaan sumber daya energi, khususnya sumber energi baru dan terbarukan yang kita miliki, perlu dipikirkan untuk dimanfaatkan sebagai energi alternatif, menggantikan dan mengurangi peran bahan bakar minyak dalam konsumsi energi di Indonesia. Dalam rangka itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Universitas wijaya Putra melakukan penelitian dengan kegiatan Analisis Pemanfaatan Sumber Daya Energi Alternatif Untuk Penyediaan Energi Masyarakat di Indonesia, sebagai bahan kebijakan pengelolaan pemanfaatan sumber daya energi yang ada. EnergiTerbarukan Untuk mendukung subtitusi BBM.
Sistem Aplikasi Penjadwalan Ruang Kuliah dengan Metode Integer Linier Programming pada Fakultas Teknologi Informasi ITATS Kurniawati, Anita Theresia
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.10

Abstract

Peningkatan jumlah mahasiswa di Fakultas Teknologi Informasi yang tidak diimbangi dengan penambahan ruang kuliah, mengakibatkan  permasalahan pada penjadwalannya. Apalagi selama ini penjadwalan ruang kuliah dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu lama dan pengalokasian ruang kuliah yang kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,  akan dirancang sistem aplikasi penjadwalan dengan menggunakan metode Integer Linier Programming. Sistem aplikasi penjadwalan yang dibuat, menggunakan bahasa pemrograman Bolland Delphi 7 dan database My SQL. Sistem aplikasi penjadwalan ini menghasilkan nilai optimasi dengan tingkat prosentase penggunaan ruang kuliah yang efektif dan efisien. Sedangkan tingkat akurasi dari program mencapai 94,28% dibandingan dengan penjadwalan secara manual.
Kajian Faktor Resiko dan Pengelolaan Kejadian Kecelakaan di Fasilitas Offshore Hess (Indonesia Pangkah) Ltd. Caroline, Jenny; H, Didied Widhi
Jurnal IPTEK Vol 19, No 2 (2015)
Publisher : LPPM Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.iptek.2015.v19i2.7

Abstract

Penerapan teknologi di dalam industri minyak dan gas dapat membawa dampak bahaya terhadap keselamatan kerja manusia, pencemaran lingkungan dan kerusakan pada aset. Kajian risiko wajib dilakukan khususnya di fasilitas anjungan lepas pantai dengan mengidentifikasi risiko kemungkinan potensi kejadian kecelakaan yang berakibat terjadinya kondisi keadaan gawatdarurat. Penentuan kajin resiko ini menggunakan metode Hess Quanlitative Risk Matrix dan Incident Priority Tool untuk mendapatkan tingkatan resiko. Hasil kajian risiko kejadian ditemukan ada 8 potensi kejadian resiko kecelakaan di fasilitas anjungan lepas pantai. Risiko yang dikategorikan risiko rendah ada 3 risiko menengah ada 4, dan risiko signifikan ada 1. Tidak ada kejadian kecelakaan yang masuk kategori tinggi. Rekomendasi dari penelitin ini adalah tindakan prioritas perlu ditentukan dalam mengambil langkah sebelum, saat terjadi, setelah kejadian kecelakaan. Mengambil tindakan prioritas adalah sebagai bagian dari penerapan manajemen krisis dan keadaaan darurat. Perlu dipertimbangkan adanya kegiatan audit untuk mengevaluasi sistem manajemen krisis dan tanggap darurat serta program didalamnya.