cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23379049     EISSN : 25024671     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun, pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017)" : 6 Documents clear
Pengembangan LKS IPA untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Susilo, Abas; Atun, Sri
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.868 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i1.1781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan dan (2)  keefektifan LKS IPA dengan pendekatan guided inquiry untuk meningkatkan ketrampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Prosedur pengembangan mengacu langkah-langkah dari Borg & Gall yang meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf, validasi dan revisi, uji coba terbatas dan revisi, uji coba lapangan dan penyempurnaan produk, dan diseminasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) LKS IPA dengan pendekatan guided inquiry dengan kelayakan menurut penilaian ahli nilai rata-rata sebesar 4,16 dengan kategori ?Baik?, dan guru serta teman sejawat nilai rata-rata ? 4,2 dengan kategori ?Sangat Baik?. LKS IPA dengan pendekatan guided inquiry mampu meningkatkan ketrampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitis siswa SMP kelas VII.
Analisis Kemampuan Memori Mahasiswa Prodi Pendidikan Sains Pada Materi Tata Nama Senyawa Kompleks Fajri, Luluk
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.123 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i1.1782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan memori mahasiswa Prodi Pendidikan Sains pada materi tata nama senyawa kompleks; 2) mengidentifikasi pengaruh kemampuan memori mahasiswa prodi pendidikan sains pada materi tata nama senyawa kompleks. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan memori dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kompleks dibagi menjadi 3, yaitu kemampuan memori tinggi, sedang dan rendah, a) subyek dengan kemampuan memori tinggi menunjukkan kecenderungan memiliki kemampuan memori yang cukup dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kimia dengan perolehan nilai 97 untuk subyek 1 dan nilai 70 untuk subyek 2; b) subyek dengan kemampuan memori sedang menunjukkan kecenderungan memiliki kemampuan memori yang kurang dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kimia dengan perolehan nilai 60 untuk subyek 3 dan nilai 47 untuk subyek 4; c) subyek dengan kemampuan memori rendah menunjukkan kecenderungan memiliki kemampuan memori yang sangat kurang dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kimia dengan perolehan nilai 34 untuk subyek 5 dan nilai 27 untuk subyek 6, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memori mahasiswa dalam penyelesaian tata nama senyawa kompleks yaitu kurangnya perhatian mahasiswa serta faktor pribadi, yaitu minat, motivasi dan emosi mahasiswa.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik Kelas III SDN Payungan 01 Wahyuningsih, Anik
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.387 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i1.1783

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model pembelajaran Matematika Realistik kelas lll SDN Payungan 01 kwcamatan kaliwungu Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian tindakan kelas yaitu peserta didik kelas lll SDN Payungan 01 yang berjumlah 20 peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian melalui model pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan asil belajar matematika materi pecahan pada peserta didik  kelas lll SD Negeri Payungan 01. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran matematika dengan meningkatnya hasil belajar matematika pada peserta didik. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes matematika peserta didik yang menunjukkan adanya peningkatan, yaitu pada siklus 1 menunjukkan nilai rata ? rata kelas mencapai 71,25 dan ketuntasan klasikalnya 65 %. Pada siklus ll nilai rata-rata kelas naik menjadi 78,25 dan ketuntasan klasikal juga meningkat menjadi 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi pecahan melalui model pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada peserta didik kelas lll SDN Payungan 01 taun pelajaran 2016/2017.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Bagi Siswa yang Mengalami Hambatan Belajar Matematika Basori, Lisaiha Rodiyya; Jailani, Jailani
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.4 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i1.1784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika, dan (2) mendefinisikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Semmel, D.S. dan Semmel, M.I. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, yang ditunjukkan oleh klasifikasi secara kualitatif adalah ?sangat baik? untuk dosen ahli 1 serta ?cukup? untuk dosen ahli 2; praktis, yang ditunjukkan oleh hasil penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori ?sangat baik? untuk RPP dan ?baik? untuk LKS, hasil penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu berada pada kategori ?baik?, dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa di atas 90%; dan efektif ditinjau dari hasil tes akhir siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 70,58%.
Pengembangan Modul Biologi Molekuler Berbasis Learning Cycle 7E untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Nugroho, Anwari Adi; Hanik, Nur Rokhimah; Harsono, Sri
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.942 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i1.1780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul biologi molekuler berdasarkan Learning Cycle 7E untuk siswa pendidikan biologi dan untuk mengetahui validitas dan kepraktisannya. Studi elaborasi menggunakan metode Borg & Gall yang dimodifikasi, yaitu pengumpulan informasi dan penelitian, perencanaan, pengembangan awal dari produk, pengujian lapangan awal, revisi produk utama, pengujian lapangan utama, revisi produk operasional. Subyek tahapan uji lapangan utama dalam penelitian ini adalah siswa Semester VII Biologi Pendidikan FKIP Univet Bantara Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul biologi molekuler berdasarkan Learning Cycle 7E valid dan praktis (feasible). Dalam uji kelayakan dilakukan validasi pakar termasuk validasi ahli material (skor 87.50%, kategori baik), validasi ahli bahasa / keterbacaan (skor 95,83%, kategori sangat baik), validasi modul ahli (skor 86, 25). %; kategori bagus). Hasil validasi praktisi (dosen) terhadap modul pembelajaran penilaian skor adalah 87,66% (praktisi 1) dan 88,33% (praktisi 2). Penilaian validasi dan praktisi ahli dari semua modul menyediakan kategori yang berkualitas dan praktis. Validasi modul untuk siswa diperoleh skor 84,25% dengan kualifikasi dan kategori praktis yang baik. Kepraktisan itu menunjukkan bahwa modul biologi molekuler yang berbasis pada Learning Cycle 7E layak untuk dilaksanakan.
Pengaruh Penerapan Multiple Intelligences dengan Model PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Septiana, Kartika Gita; Ikhsan, Jaslin
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.219 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i1.1785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil sebelum dan sesudah pembelajaran IPA dengan menerapkan multiple intelligences dengan model Problem Based Learning dan besar pengaruh penerapan multiple intelligences dengan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA baik terhadap pemahaman konsep, maupun terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP N 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo pada semester kedua Tahun ajaran 2013/2014.. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, teknik angket digunakan untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan siswa, dan teknik tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan Bunyi sebelum dan sesuadah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan multiple intelligences dengan model problem based learning dalam pembelajaran IPA baik terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan berpikir kreatif. Hal ini ditunjukan dari perolehan hasil analisis uji hipotesis paired sample t tes bahwa nilai Sig.(2.tailed) yang diperoleh sebesar 0,000. Selain itu, berdasarkan nilai effect size meemberikan informasi bahwa penerapan multiple intelligences dengan model PBL dalam pembelajaran IPA memberikan pengaruh yang tinggi. Hal ini ditunjukan dari nilai effect size sebesar 2,39 untuk pengaruh penerapan multiple intelligences terhadap pemahaman konsep, dan 4,4 untuk pengaruh penerapan multiple intelligences terhadap pemahaman konsep.

Page 1 of 1 | Total Record : 6