cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23379049     EISSN : 25024671     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun, pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015)" : 14 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERBASIS VISUAL BASIC (VBA) SPREADSHEET EXCEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI POTENSIAL OSILATOR HARMONIK SEDERHANA Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media berbasis visual basic (VBA) spreadsheet excel dalam membelajarkan materi potensial osilator harmonik dan menganalisis  pengaruh penggunaan media tersebut terhadap penguasaan konsep dan mahasiswa fisika. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang tanggapan mahasiswaterhadap implementasi media berbasis visual basic (VBA) spreadsheet excel pada materi potensial osilator harmonik.Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan rancanganNonrandomized Groups Posttest-Only. Uji hipotesis menggunakan uji U MannWhitney yang terdapat pada program SPSS.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) penguasaan konsep potensial osilator harmonik sederhana bagi mahasiswa yangmemperoleh pembelajaran menggunakan media berbasis visual basic spreadsheet excel lebih  tinggi secara signifikan dibandingkan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran tanpamenggunakan media berbasis visual basic spreadsheet excel dan (2) pembelajaran dengan menggunakan media berbasis visual basic spreadsheet excel dapat menumbuhkan motivasi  belajar mahasiswa pada materi potensial osilator harmonik sederhana.Kata Kunci: spreadsheet excel, penguasaan konsep, potensial osilator harmonik sederhana
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH MATERI GEOMETRI NON EUCLIDES UNTUK MELATIHKAN 14 BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF Adamura, Fatriya; Masfingatin, Titin
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi yang  meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop).Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Madiun  semester genap tahun akademik 2013/2014 yang sedang memelajari mata kuliah Sistem  Geometri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar validasiketerbacaan, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh dosen, lembar pengamatan  aktivitas mahasiswa, tes hasil belajar, dan angket respon mahasiswa. Analisis data dilakukanpada setiap data yang diperoleh dengan instrumen penelitian.  Kesimpulan yang didapatkan adalah perangkat pembelajaran berdasarkan masalah materi  geometri non Euclides yang baik dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan4D yang dimodifikasi. Hal ini karena perangkat pembelajaran yang telah didapatkan dinyatakan  valid oleh para validator dan memenuhi kriteria: (1) aktivitas mahasiswa efektif, (2) kemampuan dosen mengelola pembelajaran baik, (3) tes hasil belajar sensitif, valid, dan reliabel, dan (4) respon mahasiswa positif. Perangkat pembelajaran berdasarkan masalah materigeometri non Euclides yang dihasilkan meliputi: (1) Satuan Acara Perkuliahan (SAP), (2) Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), dan (3) Tes Hasil Belajar (THB).Kata kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran berdasarkan Masalah, Materi Geometri non Euclides, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IIS 3 SMAN JAYALOKA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Rakhmawati, Idha
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Biologi di kelas Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada XI IIS 3  sebagai mata pelajaran peminatan belum sepenuhnya menerapkan pendekatan saintfik,  sehingga siswa kurang aktif, motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran, dan menyebabkan rendahnya kemampuan mengamati, menanya, mencoba, mengumpulkan  informasi dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  motivasi dan minat terhadap pembelajaran setelah diterapkan pembelajaran denganpendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sasaran  dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 SMAN Jayaloka tahun pelajaran  2014/2015 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, angket dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif  kualitatif. `Dari data siklus terakhir didapatkan hasil bahwa secara umum proses  pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah terlaksana dengan baik. Respon  motivasi siswa terhadap pembelajarn tergolong baik yaitu aspek attention (perhatian),  relevance (relevansi), convidence (percaya diri), dan satisfaction (kepuasan) berturutturut yaitu 3,72; 3.72; 3.60 dan 3.92. Respon minat siswa terhadap pembelajaran  tergolong baik yaitu aspek attention (perhatian), relevance (relevansi), convidence  (percaya diri), dan satisfaction (kepuasan)  berturut-turut adalah 3,86; 3,77; 3,93 dan  4,01. Perolehan tes hasil belajar menunjukkan bahwa ketuntasan siswa mencapai  ketuntasan96,15%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  pembelajaran biologi yang menerapkan pendekatan saintifik pada kelas XI IIS 3 dapat  dilaksanakan dengan baik dan mampu meningkatkan minat, memotivasi  dan hasil  belajar.Kata kunci: Pendekatan saintifik, minat, motivasi, hasil belajar
IbM KELOMPOK TANI SEJAHTERA YANG MENGHADAPI VIRUS KERITING PADA TANAMAN CABAI RAWIT(Capsicum frutescens L.) DI DESA KEDUNG PADANG, REJOSO, NGANJUK Utami, Sri
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyakit keriting pada tanaman cabai merupakan masalah pelik yang dirasakan para petani cabai di Desa Kedung Padang dan sekitarnya. Penyakit ini ditularkan oleh hama Thrips  sp yang mengakibatkan tanaman cabai keriting sehingga tidak menghasilkan buah secara maksimal. Kelangkaan dan tingginya harga pupuk kimia membuat petani cabai mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Dampak negatif dari penggunaan pupuk kimia terhadap  kesehatan dan keseimbangan lingkungan kurang disadari oleh petani cabai. Masalah-masalah  diatas mendorong peneliti untuk melakukan penerapan ipteks bagi masyarakat.  Tujuan dan target luaran IbM adalah; (1) menumbuhkan kesadaran akan bahaya  pemakaian insektisida kimia secara berlebihan bagi penurunan kesuburan tanah dan  keseimbangan ekosistem; (2) penyuluhan dan pembuatan Insektisida biji mahoni yang dapat  mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan bermanfaat sebagai pupuk daun;  (3) menurunkan biaya produksi melalui pemakaian insektisida botani; (4) meningkatkan hasil  panen cabai rawit.  Metode yang digunakan dalam IbM adalah menggunakan pendekatan penyuluhan dan workshop pembuatan insektisida dari biji Mahoni serta aplikasi langsung pada lahan pertaniantanaman cabai seluas ¼ hektar milik Ibu Sumiatun dan Bapak Sumidi anggota Kelompok Tani Sejahtera di Desa Kedung Padang, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.  IbM direncanakan dilaksanakan selama 12 bulan dengan rencana kegiatan dan prosedur kerja sebagai berikut; (1) pembuatan sampel produk insektisida biji mahoni; (2) penyuluhan bahaya insektisida kimia dan pembuatan insektisida biji mahoni; (3) aplikasi insektisida bijimahoni pada ¼  hektar lahan pertanian cabai rawit sebagai percontohan. Penyuluhan pada nomor 2 belum cukup dan harus diikuti aplikasi riil ke lapangan karena warga petani tidak akanpercaya tanpa ada bukti nyata yang dapat dilihat secara langsung.  IbM telah dilaksanakan selama 11 bulan yaitu Januari-Nopember 2014. Kegiatan yang  telah dilaksanakan antara lain; (1) pembuatan sampel produk insektisida biji mahoni; (2)aplikasi insektisida biji mahoni pada ¼  hektar lahan pertanian cabai rawit sebagai percontohan. Penyuluhan bahaya insektisida kimia dan pembuatan insektisida biji mahoni.Keywords :cabai keriting, insektisida mahoni, kelompok tani sejahtera.
POTENSI TAHAPAN STRATEGI PQ4R DIKOMBINASIKAN PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA Ramdiah, Siti
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran yang menunjukkan ke arah teaching of thinking belum maksimal  dilaksanakan bagi sebagian guru-guru di Indonesia. Berdasarkan berbagai hasil kajian diperolehinformasi bahwa keadaan tersebut sangat memprihatinkan, padahal keterampilan berpikir  tersebut sangat penting untuk kehidupan pada abad 21 ini, sebagai kecakapan hidup siswa untuk  mengatasi permasalahan kehidupan yang semakin kompleks. Oleh sebab itu, pemberdayaan  keterampilan berpikir dapat dilakukan dengan latihan-latihan berpikir. Tulisan ini merupakan  salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, dengan menerapkan strategi  pembelajaran PQ4R dikombinasikan peta konsep untuk meningkatkan keterampilanmetakognitif dan berpikir kritis siswa. Strategi pembelajaran PQ4R dikombinasikan peta konsep  memiliki 7 tahapan yang memiliki karakteristik proses pengulangan informasi dan pengkodeankonsep dalam struktur kognitif sehingga  siswa memperoleh pembelajaran yang bermakna.  Kata Kunci: PQ4R, peta konsep, keterampilan metakognitif, berpikir kritis
MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I Lusiana, Restu; Andari, Tri
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan  menggunakan model pembelajaran Guide Inquiry pada mata kuliah Struktur Aljabar I Materi Grupoida. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa mata kuliah Struktur Aljabar I merupakan salah satu mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah lainnya, sehingga mata kuliah ini  penting untuk dipahami oleh mahasiswa. Penggunaan model pembelajaran Guide Inquiry dalam  pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menarik minat mahasiswa dalam mengikuti dan  memahami materi Grupoida, karena dalam model pembelajaran ini (Guide Inquiry)  menekankan pada kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah umum melalui latihan  pemecahan masalah, praktek membentuk dan menguji hipotesis secara mandiri. Dalam model  Guide Inquiry dosen hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Penerapan model  pembelajaran Guide Inquiry diharapkan dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa sehingga  dapat mendorong mahasiswa untuk mempelajari materi pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan pendekatan pengembangan 4-D  Thiagarajan, dkk.. Pendekatan Thiagarajan terdiri dari 4 tahap yang dikenal dengan pendekatan  4-D (four D pendekatan). Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap  perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran  (disseminate).  Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI  Madiun Semester V. Model pengumpulan data melalui  angket dan tes. Beberapa data yang  diperoleh pada pelaksanaan ujicoba perangkat pembelajaran meliputi aktivitas mahasiswa,kemampuan dosen mengelola pembelajaran, kemampuan mahasiswa dalam memahami materi,  tes hasil belajar, dan respon mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang telah didapatkan  dinyatakan valid oleh para validator dan memenuhi kriteria yaitu aktivitas mahasiswa efektif,  kemampuan dosen mengelola pembelajaran baik, kemampuan mahasiswa dalam memahami  materi baik, tes hasil belajar sensitif, valid, dan reliabel, serta respon mahasiswa positif. Perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Guide Inquiry yang dihasilkan meliputi Satuan Acara Perkuliahan (SAP),  Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), dan Tes Hasil Belajar  (THB) pada mata kuliah Struktur Aljabar I materi Grupoida. Kata Kunci:   Model Pembelajaran Guide Inquiry, Struktur Aljabar I
PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH MULTIETNIS Bahtiar, Bahtiar
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan multikultural menawarkan pengajaran yang mengakomodasi perbedaan dalam  wadah yang harmonis, toleran dan saling menghargai. Wujud pendidikan multikultural diantaranya dengan penerapan pembelajaran kooperatif yang berbasis pada keberagaman  keragaman etnis, yakni pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai heterogenitas, pluralitas dan  keragaman etnik, yang diharapkan menjadi pilar bagi keharmonisan bermasyarakat di Kota Ternate. Karena itu, pada sekolah multietnis perlu dirancang pembelajaran kooperatif yang tidak  hanya memudahkan bagi siswa memahami materi pelajaran, tetapi juga mampu meningkatkan  kesadaran siswa agar berprilaku humanis, pluralis dan demokratis. Pembelajaran Think Pair  Share (TPS) sintaksnya memberi peluang untuk meningkatkan aktivitas siswa, interaksi  antarsiswa, serta dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam pelajaran biologi. Sedangkan  pembelajaran Reading Guestioning and Answering (RQA) diharapkan dapat memaksa siswa  membaca dan memahami isi bacaan, serta menemukan isi bacaan yang substansial atau sangat  substansial. Perpaduan pembelajaran TPS dan RQA yang diterapkan pada sekolah multietnis di Kota Ternate, khususnya jenjang SMA, memiliki potensi untuk: (1) mengembangkan sikap  sosial siswa, dan (2) meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran Biologi.  Kata kunci :  Pembelajaran kooperatif, TPS , RQA, sikap sosial,  pemahaman konsep. siswa multietnis
MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I Lusiana, Restu; Andari, Tri
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.072 KB) | DOI: 10.25273/jems.v3i1.245

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan menggunakan model pembelajaran Guide Inquiry pada mata kuliah Struktur Aljabar I Materi Grupoida. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa mata kuliah Struktur Aljabar I merupakan salah satu mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah lainnya, sehingga mata kuliah ini penting untuk dipahami oleh mahasiswa. Penggunaan model pembelajaran Guide Inquiry dalam pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menarik minat mahasiswa dalam mengikuti dan memahami materi Grupoida, karena dalam model pembelajaran ini (Guide Inquiry) menekankan pada kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah umum melalui latihan pemecahan masalah, praktek membentuk dan menguji hipotesis secara mandiri. Dalam model Guide Inquiry dosen hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Guide Inquiry diharapkan dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa sehingga dapat mendorong mahasiswa untuk mempelajari materi pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan pendekatan pengembangan 4-D Thiagarajan, dkk.. Pendekatan Thiagarajan terdiri dari 4 tahap yang dikenal dengan pendekatan 4-D (four D pendekatan). Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate).  Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Madiun Semester V. Model pengumpulan data melalui  angket dan tes. Beberapa data yang diperoleh pada pelaksanaan ujicoba perangkat pembelajaran meliputi aktivitas mahasiswa, kemampuan dosen mengelola pembelajaran, kemampuan mahasiswa dalam memahami materi, tes hasil belajar, dan respon mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang telah didapatkan dinyatakan valid oleh para validator dan memenuhi kriteria yaitu aktivitas mahasiswa efektif, kemampuan dosen mengelola pembelajaran baik, kemampuan mahasiswa dalam memahami materi baik, tes hasil belajar sensitif, valid, dan reliabel, serta respon mahasiswa positif. Perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Guide Inquiry yang dihasilkan meliputi Satuan Acara Perkuliahan (SAP),  Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), dan Tes Hasil Belajar (THB) pada mata kuliah Struktur Aljabar I materi Grupoida.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH MULTIETNIS Bahtiar, Bahtiar
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.607 KB) | DOI: 10.25273/jems.v3i1.241

Abstract

Pendidikan multikultural menawarkan pengajaran yang mengakomodasi perbedaan dalam wadah yang harmonis, toleran dan saling menghargai. Wujud pendidikan multikultural di antaranya dengan penerapan pembelajaran kooperatif yang berbasis pada keberagaman keragaman etnis, yakni pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai heterogenitas, pluralitas dan keragaman etnik, yang diharapkan menjadi pilar bagi keharmonisan bermasyarakat di Kota Ternate. Karena itu, pada sekolah multietnis perlu dirancang pembelajaran kooperatif yang tidak hanya memudahkan bagi siswa memahami materi pelajaran, tetapi juga mampu meningkatkan kesadaran siswa agar berprilaku humanis, pluralis dan demokratis. Pembelajaran Think Pair Share (TPS) sintaksnya memberi peluang untuk meningkatkan aktivitas siswa, interaksi antarsiswa, serta dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam pelajaran biologi. Sedangkan pembelajaran Reading Guestioning and Answering (RQA) diharapkan dapat memaksa siswa membaca dan memahami isi bacaan, serta menemukan isi bacaan yang substansial atau sangat substansial. Perpaduan pembelajaran TPS dan RQA yang diterapkan pada sekolah multietnis di Kota Ternate, khususnya jenjang SMA, memiliki potensi untuk: (1) mengembangkan sikap sosial siswa, dan (2) meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran Biologi.
PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERBASIS VISUAL BASIC (VBA) SPREADSHEET EXCEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI POTENSIAL OSILATOR HARMONIK SEDERHANA Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.222 KB) | DOI: 10.25273/jems.v3i1.246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media berbasis visual basic (VBA) spreadsheet excel dalam membelajarkan materi potensial osilator harmonik dan menganalisis pengaruh penggunaan media tersebut terhadap penguasaan konsep dan mahasiswa fisika. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang tanggapan mahasiswa terhadap implementasi media berbasis visual basic (VBA) spreadsheet excel pada materi potensial osilator harmonik.Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan rancanganNonrandomized Groups Posttest-Only. Uji hipotesis menggunakan uji U Mann Whitney yang terdapat pada program SPSS.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) penguasaan konsep potensial osilator harmonik sederhana bagi mahasiswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media berbasis visual basic spreadsheet excel lebih tinggi secara signifikan dibandingkan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan media berbasis visual basic spreadsheet excel dan (2) pembelajaran dengan menggunakan media berbasis visual basic spreadsheet excel dapat menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa pada materi potensial osilator harmonik sederhana.

Page 1 of 2 | Total Record : 14