cover
Filter by Year
Jurnal Al Bayan
ISSN : 14115743     EISSN : 25491636
Jurnal Al-Bayan adalah jurnal yang di terbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Ar-Raniry. Al-Bayan mengangkat tema-tema seputar ilmu-ilmu Dakwah dan Sosial. Redaksi Jurnal Al-Bayan menerima artikel ilmiah terkait pengembangan Islam ditinjau dari berbagai aspek (humaniora, sosial budaya, hukum, filsafat, pendidikan, leadership, community development, bimbingan dan konseling, psikologi, komunikasi, jurnalistik dan berbagai dimensi lain) yang dapat dikorelasikan dengan isu dakwah terkini.
Articles
80
Articles
PENEMBAKAN DI KANTOR MAJALAH CHARLIE HEBDO

Nikmah, Salimatun

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.262 KB)

Abstract

Terorisme merupakan tindak kejahatan yang mengatasnamakan Islam. Media gencar memberitakan mengenai isu terorisme yang berkembang sampai saat ini. Media di Indonesia pun tak ketinggalan memberitakan isu terorisme. Salah satunya peristiwa penembakan di kantor majalah Charlie Hebdo Perancis yang menyita perhatian media untuk memberitakannya. Kontruksi pemberitaan pada setiap media akan berbeda-beda, begitu juga dengan ideologi yang dipakai media tersebut. Dalam hal ini, koran Kompas sebagai media yang mengedepankan independensi dalam pemberitaan pun mempunyai kontruksi pemberitaan untuk menggiring pemahaman pembaca dalam pemberitaan. Penelitian ini menguraikan wacana yang tersembunyi oleh Koran Kompas mengenai pemberitaan aksi terorisme di kantor Majalah Charlie Hebdo. Kata Kunci : terorisme, konstruksi, wacana, media cetak, kompas

KEILMUAN MUBALLIGH DI KOTA BANDA ACEH

Chairawati, Fajri, Muluk, Chairul

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.718 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Keilmuan Muballigh di Kota Banda Aceh”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan adanya berbagai macam corak pemikiran para muballigh dalam menyampaikan pesan dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keilmuan muballigh di Kota Banda Aceh khususnya di mesjid-mesjid Kopelma Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah responden sembilan orang. Lokasi penelitian di Kopelma Darussalam yaitu di mesjid Jami’ Darussalam, mesjid Tgk. Chik di Lamnyong, mesjid Fathun Qarib, dan mesjid Baitul Muttaqin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi keilmuan muballigh di Kota Banda Aceh ada dua tingkatan yaitu kompetensi muballigh tingkat sangat memuaskan dan kompetensi muballigh tingkat memuaskan. Penyajian materinya meliputi perkataan yang disukai Rasul dalam menyampaikan rukun khutbah. Tiga nasehat dari Rasulullah kepada seorang laki-laki yang bertanya kepadanya. Pandangan Islam terhadap musibah. Strategi menghadapi perang pemikiran (Al-Ghazwul Fikri), proses dialog. Hamba yang disayang Allah, proses dialog. Jangan mudah percaya kepada orang kafir. Perbedaan sunah dan bid’ah. Mencintai Rasulullah dengan baik dan benar. Memperingati maulid Nabi penekanannya terhadap kecintaan kepada Rasulullah SAW. Sedangkan referensi yang di pedomani oleh para muballigh di Kota Banda Aceh khususnya di mesjid-mesjid Kopelma Darussalam diantaranya adalah Al-Qur’an, hadits Rasulullah (Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah). Kitab tafsir meliputi tafsir Quraish Shihab, tafsir Al- Wasith, tafsir Mafatihul Ghaib, tafsir Al-Kabir, tafsir Bahrul Madid fi Tabsiral-Qur’an Al-Majid, tafsir Qurtubi, tafsir Al-Qasimi. Selain itu kitab Ulumul Qur’an meliputi kitab Al-Itqan fi ‘Ulum Al-Qur’an. Syarah hadist di antara kitab Syarah Nawawi, Fathul Bari, Riyadhus Shalihin, dan software Maktabah Syamilah. Pembahasan sejarah meliputi kitab Nabawiyah, sedangkan pembahasan ibadah berupa kitab Al-Umm. Buku 100 tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah, majalah Tarbawi, situs internet berupa Islam.com dan IslamWeb.net, serta bahan ceramah orang lain, baik waktu ceramah berlangsung maupun lewat youtube. Kata Kunci: Keilmuan, muballigh

LARANGAN ISIS DI INDONESIA DALAM PEMBINGKAIAN KORAN REPUBLIKA EDISI AGUSTUS 2014

Nursetio, Muhammad Bagus

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.273 KB)

Abstract

Larangan gerakan ISIS di Indonesia merupakan tindakan awal yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam mengantisipasi aksi teror dan pengekrutkan masyarakat Indonesia untuk “berjihad” atau “berperang”di Irak dan Suriah. Larangan terhadap gerakan ISIS di Indonesia ini, memuncul beragam reaksi di tengah-tengah masyarakat baik yang pro maupun kontra. surat kabar harian Republika merupakan surat kabar yang berskala nasional, bernafaskan Islam dan mempunyai kebijakan tersendiri dalam mempublikasikan berita-beritanya. Penelitian ini bertujuan mendapatkan pengetahuan seputar bingkai media dalam hal ini bingkai media koran Republika terhadap berita larangan ISIS di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Pasca dilakukan analisis dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerland Kosciki, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa bingkai media koran Republika terhadap berita larangan ISIS di Indonesia lebih menonjolkan kepada gerakan ISIS sebagai gerakan yang memunculkan cara pandang sepihak terhadap Islam sebagai agama yang mengajarkan kekerasan dan aksi teror bagi umat Islam di seluruh dunia pada umumnya dan khususnya negara Indonesia serta tidak sesuai dengan asas Pancasila sehingga sangatlah tepat untuk dilarang berkembang biak di Indonesia. Kata Kunci : Bingkai Media, larangan ISIS, Koran Republika

HEGEMONI IDENTITAS NASIONAL DALAM BUKU TEKS SEJARAH INDONESIA PADA MASA ORDE BARU

Nurrahmi, Febri

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.549 KB)

Abstract

Pemerintah Orde Baru menanamkan kesadaran nasional dengan melalui wacana identitas nasional. Identitas nasional tersebut dimunculkan melalui buku teks mata pelajaran sejarah untuk menciptakan kesamaan historis sebagai satu bangsa. Tujuan dari kesamaan historis adalah membentuk perasaan senasib. Penulis mencoba menguraikan beberapa contoh mitos politik yang terdapat dalam teks sejarah nasional dengan menggunakan metode cross-reference. Penulis menemukan bahwa buku teks sejarah sebagai media massa tradisional menjadi instrumen hegemoni pemerintah Orde Baru guna memunculkan perasaan senasib sehingga menerima identitas sebagai satu bangsa. Namun identitas nasional yang dimunculkan tidak merepresentasikan budaya Indonesia secara keseluruhan tetapi cenderung pada kebudayaan Jawa (Jawa-sentris). Kata Kunci: Hegemoni, Identitas Nasional, Buku Sejarah

TALKSHOW RADIO SEBAGAI PROGAM FAVORIT PENDENGAR (STUDY TERHADAP PROGAM “FRIDAY TALKSHOW” PADA RADIO SIARAN RUMOH PMI)

wati, rusna, habibah, ummi

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.03 KB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media massa elektronik yang menggunakan sistem audio (suara) tertua yang masih berkembang dan digunakan oleh masyarakat sampai dengan sekarang, dikeranakan ekonomis, mudah dijangkau, bisa didengar dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan waktu dan tempat yang khusus. Stasiun radio banyak menyajikan progam-progam acara salah satunya talkshow. Dimana talkshow merupakan suatu obrolan atau perbincangan yang menyampaikan suatu informasi oleh narasumber yang dipandu seorang pembawa acara atau penyiar yang nantinya akan ada sesi tanya jawab baik itu secara tatap muka (face to face) atau telepon (by phone). Dalam upaya pencapaian progam talkshow untuk menjadi salah satu progam favorit bagi pendengar maka produser dan penyiar radio harus bekerja sama dalam merancang serta memberikan ide topik berbincangan semenarik mungkin dengan memancing isu dan pertanyaan yang disampaikan bagi pendengar serta menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, supaya para pendengar radio bisa bertanya langsung kepada narasumber tersebut melalui sms atau telepon. Kata Kunci: Talkshow, Radio, Progam Favorit Pendengar

PESAN-PESAN DAKWAH DALAM HADIH MAJA

Fakhri, Fakhri, Faizin, Muhammad

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.038 KB)

Abstract

Abstrak Pesan-Pesan Dakwah dalam Hadih Maja didalamnya berbicara mengenai salah satu Kebudayaan Aceh dalam bentuk sastra yang memiliki berbagai pesan. Maja-Maja (moyang-moyang) dahulu menggunakan Hadih Maja sebagai salah satu panutan hidup selain al-Qur’an, hadits, ijmak dan qiyas. Namun saat ini keberadaan sudah mulai pudar dan jarang dipergunakan oleh generasi-generasi muda sekarang, padahal dalam Hadih Maja sangat banyak nilai-nilai dakwah atau mauizatul hasanah terkandung didalamnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui nilai dakwah apa saja yang terkandung dalam Hadih Maja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis isi. Dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan observasi. Kemudian data yang telah diperoleh dipisahkan dan langkah terakhir adalah pengolahan yakni dengan cara deskriptif analisis. Dan dapeat ditarik kesimpulan bahwa ada Hadih Maja yang mengandung pesan atau nilai dakwah baik itu secara langsung maupun tidak langsung, dari aspek aqidah, akhlaq, pendidikan, sosial, ekonomi, politik, hukum dan budaya. Salah hal yang menarik adalah terkait kebudayaan Aceh dalam bentuk Hadih Maja dapat direalisasikan sebagai sarana dakwah dengan menggunakan pendekatan metode dakwah cultural dan dapat dikenal oleh generasi-generasi Aceh selanjutnya. Kata Kunci: Pesan Dakwah, Hadih Maja, Budaya lokal

PERAN ULAMA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MASYARAKAT PENAMBANG EMAS ILEGAL DI KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA

Mahlil, Mahlil

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.407 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran ulama dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat penambang emas tradisional, untuk mengetahui bagaimana metode apa saja yang digunakan ulama dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat penambang emas tradisional, mengetahui faktor apa saja pendukung dan penghambat ulama dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat penambang emas tradisional di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif pengumpulan data dengan wawancara mendalam kemudian dideskripsikan secara detil. Teknik analisis data menggunakan Teori Interaktif Miles dan Hubberman. Hasil penelitian adalah Bahaya dari praktik penambangan yang tampak secara langsung adalah perambahan hutan sebagai lokasi penambangan, dan secara tidak langsung adalah bahaya dari penggunaan bahan kimia berbahaya berupa merkuri. Peran Dan Medote Yang Digunakan Ulama Dalam Melakukan Pembinaan Para Ulama tersebut berperan dalam melakukan pembinaan kepada para penambang tradisional, output dari peranan para Ulama ini berbeda-beda sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Faktor Pendukung Dan penghambat yang dihadapi ulama faktor pendukung dalam melakukan pembinaan adalah adanya dukungan pendaan dalam majlis ta’lim oleh MPU Aceh Jaya dan Dukungan fasilitasi pembinaan oleh pemerintah Kecamatan.

KOMUNIKASI INTERPERSONAL USTAD DAN USTAZAH DALAM PROSES MEMBIMBING SANTRI UPAYA MEMBERIKAN PEMAHAMAN AGAMA PADA ANAK DI TPA AL-MUKHAYYARAH

Anita, Nur, Furqany, Syahril, AR, Baharuddin

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.091 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaiman komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh ustad dan ustazah pada TPA Al-Mukhayyarah dalam hal membimbing santri dalam upaya memberikan pemahaman agama. Anak dalam hal ini adalah santri perlu dibimbing dan dibina agar pemahaman agamanya kuat. Sehingga anak-anak mempunyai pemahaman untuk melakukan ibadah dan mempunyai ketahan untuk membentengi diri dari pengaruh zaman yang semakin canggih. Penelitian ini menggunakan metode kualitati deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data Model Miles dan Hubberman. Hasil peneelitian menunjukkan bahwa ada berapa proses yang dilakukan oleh ustad dan ustazah dalam membimbing santri seperti pembinaan akhlah, peningkatan prestasi anak, ajakan dan pendampingan, keteladanan, memberi peringatan, reward, dan punishment, Pemahaman bacaan Al-quran, kelancaran bacaan shalat fardhu. Dalam hal membimbing santri juga memiliki beberapa hambatan adalah anak-anak yang tidak tidur siang, atau tidak cukup tidur, sehingga mengantuk saat mengaji, anak yang murung karena sering dimarahi oleh orang tuanya, sehingga perlu bimbingan khusus untuk membangkitkan semangatnya kembali. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Membimbing, Santri, Pemahaman Agama.

PANDANGAN ISLAM TENTANG KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI KELOMPOK PENYANDANG DISABILITAS

Ridho, Miftahur

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 1 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.291 KB)

Abstract

The aim of this paper is to understand dynamics of social welfare from an Islamic standpoint. Both texts and historical record of Islam show that Islam put people with disabilities in an honorable position, and set a range of regulation to elevate their dignity. Based on Islamic perspective, this group must be treated equally as their normal counterpart. Hence, the distribution of social welfare should be based on the worth and dignity of people with disabilities. Provision of social welfare to people with disabilities, therefore, must be assessed proportionally. Assuming that every person with disabilities has the same needs tends to transform social welfare provision into oppressive forms. Keywords: Social welfare, Islam, disabilities.

HUBUNGAN PELATIHAN DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN CIRCLE K CABANG MAKASSAR

aswar, aswar

Jurnal Al Bayan Vol 23, No 1 (2017)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication (UIN Ar-Raniry)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.286 KB)

Abstract

Persoalan sumber daya manusia (kemampuan komunikasi) yang kurang handal dalam mengelolah dan memberikan pelayanan kepada pelanggan akan mengakibatkan ketidakpuasan pada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bentuk dan isi materi pelatihan dengan kemampuan komunikasi serta melihat hubungan kemampuan komunikasi karyawan dengan kepuasan pelanggan di Circle K Cabang Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada karyawan Circle K Cabang Makassar. Penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatakan metode penelitan mixed method dengan tehnik kualitatif dan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 102 karyawan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data dan teknik korelasi produk momen. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa antara materi dan bentuk pelatihan memiliki hubungan dengan kemampuan komunikasi di dalam membentuk sikap dan perilaku serta menambah pengetahuan di dalam melayani pelanggan. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan komunikasi karyawan dengan kepuasan pelanggan dengan kofesien korelasi P-value 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dengan tingkat hubungan sebesar 78,8% yang dikategorikan kuat.. Disimpulkan bahwa pelatihan dengan memperhatikan bentuk dan isi pelatihan sangat berarti terhadap kemampuan komunikasi yang memiliki hubungan dengan kepuasan pelanggan. Diharapkan adanya pelatihan yang terkhusus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, sehingga karyawan dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin di dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Kata Kunci: pelatihan, kemampuan komunikasi, kepuasan pelanggan. Abstract The issue of human resources (communication skills) are less reliable in the manage and provide service to customers will result in customer dissatisfaction. The purpose of this research was to determine the relationship of form and content of the training material with the ability to see the relationship of communication and communication skills of employees with customer satisfaction at the Circle K Makassar Branch. The research was conducted in Makassar Branch Circle K employees. Research field (Field Research), using the mix method research methods with qualitative and quantitative techniques. The number of samples in this study were 52 employees. Data were collected through interviews and questionnaires. Then analyzed the data using triangulation techniques and product moment correlation technique. Observations and interviews showed that between matter and form relationships with training in communication skills in shaping attitudes and behaviors as well as increase knowledge in serving customers. Furthermore, the results also demonstrate the ability of employee communication with customer satisfaction with cohesion correlation P-value of 0.000 is less than 0.05. It was concluded that training with attention to the form and content of the training is very meaningful to the communication skills that have relationships with customer satisfaction. It is expected that training, particularly in view to improve communication skills, so employees can deliver the best possible service in the boost customer satisfaction. Keywords: training, communication skills, customer satisfaction.