POSITIF
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Articles 40 Documents
FUZZY INFERENCE SYSTEM SUGENO UNTUK EVALUASI KINERJA PELAYANAN PEGAWAI KANTOR CAMAT BATAM KOTA

Fajrin, Alfannisa Annurullah

POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Vol 3 No 2 (2017): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.239 KB)

Abstract

Dalam proses kinerja lembaga, ujung tombak karyawan menjadi yang pertama dalam proses pengabdian masyarakat. Kinerja yang dimiliki oleh masing-masing karyawan akan menunjukkan kualitas karyawan dalam menjalankan tugasnya. Ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kinerja yang dimiliki karyawan, perbaikan dan pemantauan kinerja bagi karyawan. Sehingga kepala karyawan bisa membuat keputusan memilih yang terbaik dari yang terbaik. Penilaian dilakukan terhadap orientasi pelayanan, integritas, disiplin dan kerja sama. Sejauh ini belum ada sistem yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar kinerja yang dimiliki oleh karyawan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan sistem pengambilan keputusan dengan menggunakan logika fuzzy dengan metode orde nol Sugeno untuk menilai kinerja pegawai di Tembesi, Kecamatan Sagulung untuk pengolahan data menggunakan MATLAB. Langkah pertama penyelesaian evaluasi kinerja karyawan dengan menggunakan metode Sugeno dalam menentukan variabel input dan variabel output yang ditetapkan dengan baik, langkah kedua adalah mengkonversikan variabel input ke dalam rangkaian fuzzy dengan proses fuzzifikasi yang menghasilkan keputusan keluaran variabel kinerja pelayanan karyawan (Competent / Fair No Competent).

Analisis Kesiapan Implementasi E-Learning Menggunakan E-Learning Readiness Model

Faslah, Ronny, Santoso, Harry Budi

POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Vol 3 No 2 (2017): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.641 KB)

Abstract

Keberhasilan penerapan e-Learning pada suatu perguruan tinggi dipengaruhi oleh banyak faktor.  Salah satu faktor tersebut adalah kesiapan perguruan tinggi untuk menggunakan e-Learning dalam proses belajar mengajar.  E-Learning Readiness (ELR) merupakan instrumen yang dikembangkan oleh Aydin dan Tasci untuk  mengukur tingkat kesiapan penerapan e-Learning di negara berkembang yang dikelompokkan dalam empat faktor yaitu teknologi, inovasi, manusia, dan pengembangan diri.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan implementasi e-Learning dalam proses belajar mengajar di Politeknik Hasnur.  Hasil penelitian menujukkan Politeknik Hasnur termasuk dalam kategori siap dalam menerapkan e-learning tetapi membutuhkan peningkatan pada beberapa faktor.

RANCANG BANGUN APLIKASI SMS GATEWAY UNTUK ABSENSI MENGGUNAKAN EMBARCADERO DELPHI XE7 (STUDI KASUS : SMK NEGERI 4 BANJARMASIN)

Faslah, Ronny ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1292.936 KB)

Abstract

SMS Gateway telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhan, dan penggunaan SMS Gateway ini juga dapat di terapkan pada instansi sekolah. Salah satu tujuan instansi sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan adalah meningkatkan disiplin siswa untuk menyiapkan mereka di dunia kerja. Dalam hal ini, indikator kedisiplinan di sekolah adalah kehadiran siswa atau yang disebut absensi. Karena itulah dibutuhkan suatu aplikasi SMS Gateway yang berfungsi menyampaikan informasi ketidakhadiran siswa-siswi kepada pihak orang tua.Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian terapan. Penelitian terapan ditekan pada pemanfaatan pengetahuan baru tersebut untuk keperluan yang lebih praktis dan diagmatis. Dan kemudian diterjemahkan ke bahasa pemprograman dengan membuat aplikasi database menggunakan Program Embarcadero Delphi XE 7.Dari hasil penelitian, perancangan dan implementasi Aplikasi SMS Gateway Untuk Absensi Siswa Pada SMK Negeri 4 Banjarmasin mampu memberikan konfirmasi ketidak hadiran siswa-siswi setiap hari melalui pesan singkat SMS yang langsung dikirimkan ke nomor handphone orang tua.

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BAHAN PRAKTIK DAN TOOLS PADA RUANG TRAINING AIDS DAN TOOLS STORE PRODI ALAT BERAT MENGGUNAKAN JAVA DAN MYSQL

Mantala, Ronny ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.151 KB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HANNAFIN DAN PECK

Pratomo, Adi ( Politeknik Negeri Banjarmasin ) , Irawan, Agus ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (997.38 KB)

Abstract

Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan model Hannafin dan Peck pada mata kuliah pemrograman web. Media pembelajaran interaktif pada penelitian ini dikembangkan menggunakan flash dan php sehingga memiliki tampilan dan animasi yang lebih interaktif. Dukungan basis data menggunakan MySQL dalam media belajar ini akan memudahkan sistem dalam mengelola dan menyimpan data.Media pembelajaran interaktif berbasis web ini terdiri dari materi pembelajaran pemrograman web berbasis multimedia mulai dari awal sampai akhir yang terbagi dalam beberapa kelompok materi. Pada setiap akhir kelompok materi akan diberikan penilaian dan evaluasi, dimana hasil penilaian dan evaluasi akan tersimpan dalam basis data. Diakhir materi siswa harus mampu menghasilkan sebuah produk berbasis web sebagai hasil akhir.Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode Research and Development yang dikolaborasikan dengan Model pembelajaran Hannafin dan Peck. Model Hannafin dan Peck merupakan model pembelajaran berorientasi produk, tahap-tahap dalam model Hannafin and Peck: tahap analisis keperluan, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. Penilaian dan evaluasi dilaksanakan dalam setiap tahap. Tahapan pada penelitian ini menerapkan metode pengumpulan data dengan cara survei menggunakan angket yang sebelumnya diuji menggunakan teknik validitas dan realibilitas. Hasil dari pengumpulan data dipergunakan sebagai acuan untuk membangun media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Perancangan sistem menggunakan metode OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dengan notasi UML (Unified Modelling Language) yang meliputi class diagram, usecase diagram, sequence diagram dan user interface Setelah pengembangan media pembelajaran dilakukan uji hipotesis berdasarkan kepuasan dari para pengguna. Proses penyimpanan dan pengolahan data menggunakan server MySQL yang didukung oleh script php sebagai penghubung antara aplikasi Flash dengan MySQL, dimana proses tersebut berjalan pada jaringan intranet.

SISTEM INFORMASI PRODUK DAN DATA CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH PADA PT. TRAVELLINDO LUSIYANA BANJARMASIN BERBASIS WEB

Rozaq, Abdul ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.35 KB)

Abstract

PENGEMBANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS ANIMASI PADA BPJS KETENAGAKERJAAN BANJARMASIN

Muhammad, Said ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.219 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan iklan layanan masyarakat yang mudah dipahami dan jelas dalam artian masyarakat dapat dengan mudah mengetahui jenis-jenis jaminan sosial bagi tenaga kerja pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin, dan diharapkan kedepannya lebih dari sebelum-belumnya dalam melakukan pemasaran dan promosi kepada masyarakat luas.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian terapan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa non statistik. Adapun metode pengembangan sistem yaitu System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pemeliharaan sistem.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya iklan layanan masyarakat berbentuk animasi 2 dimensi akan mengubah cara cara dari pihak BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin dalam menyampaikan informasi mengenai jaminan sosial yang ada. juga perlu melakukan perubahan-perubahan agar lebih cepat memahami suatu informasi yang disampaikan.

APLIKASI SISTEM BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN GAMMU, PHP DAN MYSQL (STUDI KASUS : KANTOR DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA BANJARMASIN)

Noor, Tajudin ( Politeknik Negeri Banjarmasin ) , Meyrisa, . ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.388 KB)

Abstract

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT KESEHATAN BERBASIS WEB PADA PT. ALFIN FANCA PRIMA

Heldiansyah, . ( Politeknik Negeri Banjarmasin ) , Indera, Rahma ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.981 KB)

Abstract

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA (STUDI KASUS: SDN 2 ANJIR SERAPAT TENGAH)

Irwandi, Agus ( Politeknik Negeri Banjarmasin )

POSITIF Vol 1, No 1 (2015): POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi
Publisher : POSITIF

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.768 KB)

Abstract

Page 1 of 4 | Total Record : 40