cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
MAGISTRA
ISSN : 20872305     EISSN : 26152282     DOI : -
Core Subject : Education,
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar (Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar) dan Keislaman.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2018): MAGISTRA" : 5 Documents clear
DISEMINASI BAHAN AJAR IPA BERVISI SETS Farda, Ummu Jauharin; Rinjani, Ersila Devy
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 9, No 2 (2018): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.64 KB) | DOI: 10.31942/mgs.v9i2.2542

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendiseminikasikan pengembangan bahan ajar cetak IPA bervisi SETS yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) dari empattahap yang disederhanakan menjadi tiga tahap, yaitu; (1) pendefinisian (define), (2)perancangan (design), dan (3) pengembangan (development). Subyek penelitian inisiswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 03. Teknik pengumpulan datamenggunakan wawancara, tes, observasi, angket. Teknik analisis datamenggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik bahan ajarcetak IPA bervisi SETS adalah menggabungkan antara materi sumber daya alamdengan unsur-unsur Science, Environment, Technology, and Society. Hasilpengembangan bahan ajar cetakvalid dan efektif. Skor validasi dalam kategorisangat baik. Skor keefektifan bahan ajar cetak terlihat dari hasil belajar, ketuntasanhasil belajar, peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas peserta didik.Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian pengembangan pembelajaranIPA SD bervisi SETS, disarankan; bahan ajar cetak IPA bervisi SETS dalamkompetensi sumber daya alam telah dikembangkan dengan hasil valid dan efektif,maka perlu dilakukan uji coba dalam skala lebih luas dan guru dapat menggunakanbahan ajar cetak IPA bervisi SETS sebagai suplemen untuk proses pembelajaran.Kata Kunci: Diseminasi, Bahan Ajar IPA, Visi SETSAbstractThe goal of this research is to disseminate the improvement of IPA printedteaching material in Science, Environment, Technology, Society (SETS) visionwhich fulfill valid criteria and effective. The method in this research is Researchand Development (R&D). Actually it has four steps but we simplify it become threesteps, they are define, design, and development(R & D). Actually it has 4 steps butwe simplify become 3 steps, they are devine , design, and development. The subjectof this research is fourth grader student of SDN kalibanteng kidul 03. Thetechnique of data collection using interview, test, observation, questionnaire. Thecharacteristic of IPA printed teaching material in sets vision is combining betweennatural science material with elements of science, environment, technology, andUmmu Jauharin F, Ersila Devy R Diseminasi Bahan Ajar IPA...2 MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018society. The result of printed teaching material is valid and effective. Validationscore in very good category. The effectiveness score of printed teaching materialcan be seen in learning result, learning complitenees, learning improvement,teacher and student activity. Based on the result and discussion in the research oflearning improvement of IPA in SETS vision in natural resource, competencealready improved with valid and effective result, so it need to be tried in widerscale and teacher can used IPA printed mterial in SETS vision as suplement forlearning process.Keywords: dissemination, IPA teaching material, SETS vision
TRIPUSAT PENDIDIKAN SEBAGAI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN BAGI ANAK Agustini, Ni Made Sri
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 9, No 2 (2018): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.513 KB) | DOI: 10.31942/mgs.v9i2.2543

Abstract

AbstrakTripusat pendidikan adalah tiga pusat pendidikan yang terdiri dari lingkungan pendidikankeluarga, sekolah dan masyarakat yang secara bertahap dan terpadu mengemban suatutanggung jawab dalam pengembangan teori pembelajaran pada anak. Lingkungan keluargayang merupakan lingkungan pertama dan dianggap sebagai peletak dasar pendidikan anakyang sekaligus awal dari pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya serta sangat berperandalam pembentukan kepribadian. Pendidikan di sekolah mempunyai dasar, tujuan, isi, metodedan syarat-syarat lain yang disusun secara sistematis dalam bentuk kurikulum dan dianggapsebagai peletak dasar pengetahuan ilmiah. Pada pendidikan di masyarakat, seorang anak akanmerealisasikan sejumlah teori pendidikan dan pengajaran yang pernah diajarkan dalamlembaga pendidikan sebelumnya. Anak akan mengaktualisasikan dan melibatkan diri dalamlingkungan masyarakat. Penerapan tripusat pendidikan sangat mempengaruhi pengembanganteori pembelajaran pada anak yang dilaksanakan secara terpadu dapat menjadikan anakmemiliki kepribadian yang utuh dan bertanggung jawab. Anak akan memilikiprofesionalisme yang merupakan modal utama untuk terjun ke masyarakat. Oleh karena itu,tripusat pendidikan merupakan suatu rangkaian sistem yang terpadu dalam melaksanakanproses pendidikan yang dapat mengantar peserta didik untuk mencapai kedewasaannya yangdapat berguna bagi nusa dan bangsa.Kata Kunci: Tripusat Pendidikan, Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran, Anak.AbstractThree-centered education is three center education which consist of family educationenvirontment, school and society which gradually and integrated carrying out a responsiblein improvement of learning theory for children. Family is the first environment andconsidered as basic of children educaation at once the early education which can they takenext and having role in personality formation. Education in school has basic, goal, content,method and other requirements which are set systematically in curriculum and considered asbasic of scientific knowledge. Education in society, a child will realize some education theoryand their learning that they get from their previous education. Children will actualized andinvolving themselves in society environtment. The implementation of three-centerededucation is very influencial the improvement of learning theory on choldren whichconducted integratedly can make the children will have profesionalism as main capital totake part on society. Therefore, three-centered education is an integrated series system inconducting education process which can take the learners reach their maturity and usefullfor their nation.Keywords: three-centered education, institution of learning theory improvement, children
PENDIDIKAN LITERASI BERBASIS NILAI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR; STUDI ANALISIS NOVEL SEBELAS PATRIOT Susilowati, Desy Nursalena
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 9, No 2 (2018): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.52 KB) | DOI: 10.31942/mgs.v9i2.2544

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan hasil analisis nilai-nilai yang telahditemukan dalam novelSebelas Patriot sebagai bahan literasi membaca yang mendidikbagi siswa (2) Mendeskripsikan relevansi nilai-nilai dalam novelSebelas Patriot dengannilai-nilai karakter sebagai bahan literasi membaca yang mendidik bagi siswa SekolahDasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan kepalasekolah, guru dan siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi,wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagaiberikut: (1) Novel Sebelas Patriot mengandung nilai karakter yang meliputi religius, jujur,toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan,cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabat/komunikatif, cinta damai, gemarmembaca, dan tanggung jawab; (2) Relevansi nilai-nilai yang terkandung dalam novelSebelas Patriot dengan nilai karakter.Kata Kunci: Pendidikan Literasi, Berbasis NilaiAbstractThe goals of this study are : (1) describing the result of analysis values are found in novel“ sebelas patriot” as educated literacy material for student. (2) describing the relevancevalues in novel “ sebelas patriot “ with character values as educated literacy material forelementary school student. The kind of this reseaceh as descriptive qualitative. Thisresearch involving the headmaster, teachers and fifth grade student. The data is obtainedby observation, inteview and documentation. Based on the result of this research, can beconcluded as follows : (1) novel “ sebelas patriot “ contains character values that cover :religious, honest, tolerance, dicipline, hard work, creative, independent, curious,nationalism, love the country, appreciate the achievement, friendship/communicative,peace, love reading, and responsible. (2) the relevance values in novel “ sebelas patriot“ with character values.Keyword : Literacy eduation, value based
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CLT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA AKTIF BAHASA INGGRIS BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BERBAHASA Widagdo, Arif
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 9, No 2 (2018): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.957 KB) | DOI: 10.31942/mgs.v9i2.2545

Abstract

AbstrakBerbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris yang sangat penting dalamkomunikasi lisan yang berkualitas dari sisi konten kalimat dan karakter (kesantunan) berbahasa.Penelitian ini berawal dari permasalahan mahasiswa PGSD FIP UNNES (sekitar 70%)memiliki kemampuan berbicara (speaking) bahasa Inggris yang masih kurang bagus. Tujuandari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa melaluimodel Communicative Language Teaching (CTL) dalam proses kegiatan pembelajaran matakuliah bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CommunicativeLanguage Teaching dapat meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa dalam proseskegiatan pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris di PGSD yang berbasis konservasi nilainilai karakter (berbahasa). Indikator active speaking (keaktifan berbicara secara aktifkomunikatif). Dalam proses pembelajaran, keterampilan active speaking menjadi fokus utamapenelitian tindakan ini, dimana desain pembelajaran melibatkan empat kompetensikomunikatif yaitu: kompetensi gramatikal, kompetensi sosiolinguistik, kompetensiwacana/discourse, dan kompetensi strategi. Dilihat dari hasil penilaian siklus I ada peningkatanrara-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu 68,77 pada siklus I meningkatmenjadi 76,38. Dan hasil penilaian siklus II menunjukan adanya peningkatan rara-rata kelasyang cukup signifikan, dimana nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 76,38 pada siklus IImeningkat menjadi 82,20.Kata Kunci: Bahasa Inggris, CLT, Active Speaking, Nilai Karakter BerbahasaAbstractSpeaking is one of skills in English which very important for spoken communication, contentside of sentence and speak in character (politeness). This research start from problem of PGSDstudent in FIP UNNES (around 70%) have lack of English skill. The goal of this research is toimprove the competence of student’ active speaking through communicative languangeteaching (CLT) model in learning process of English course. The result show that theimplementation of communicative languange. Teaching can improve the competence ofstudent’s active speaking in English course of PGSD based on conservation of character valueArif Widagdo Penerapan Model CLT...65 MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018( speak in ). Indicator of active speaking skill become main focus in this action research, wherethe learning design involving four communicative competencies, they are : grammatical,socialinguistic competence, discourse competence and strategy competence. Seen by the resultof cycle I, there is improvement score in class average. Average score on pra treatment is68,77, on cycle 1 increase become 76,38. And the result of scoring on cycle II shows the isimprovement on significant average, where class average score on cycle I is 78,38 on cycle IIincrease become 82,20Keywords: English, CLT & active speaking, character values in language
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING PADA SISWA KELAS V Bikhurin’in, Oktafina; Husna, Asma’ul; Martanti, Fitria
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 9, No 2 (2018): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1001.328 KB) | DOI: 10.31942/mgs.v9i2.2546

Abstract

AbstrakPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnyamata pelajaran IPS melalui model pembelajaran circuit learning. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Wonoyoso Pringapus kecamatanPringapus Kabupaten Semarang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yangberjumlah 16 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitiandilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,dan wawancara. Hasil penelitian sebagai berikut: kondisi awal pra siklus menunjukkanbahwa rata-rata hasil belajar siswa yaitu 33,4 dan belum ada siswa yang tuntas mencapainilai KKM (70), siklus I nilai rata-rata hasil belajar meningkat 45,9 dengan ketuntasanklasikal 6,2% karena hanya 1 siswa yang tuntas mencapai KKM (70), dan pada siklus II nilairata-rata hasil belajar meningkat lagi dengan rata-rata hasil belajar 83,1 dan ketuntasanklasikal mencapai 81,2% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Berdasarkan perolehantes formatif yang terus mengalami peningkatan tiap siklus tersebut, dapat disimpulkan bahwahasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan model circuit learning pada siswakelas V MI Wonoyoso Pringapus.Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Circuit LearningAbstractThe goal of this classroom action research is to improve the students learning resultespecially on IPS lesson through circuit learning model. This research is classroom actionresearch which conducted in MI Wonoyoso Pringapus, kecamatan Pringapus, KabupatenSemarang and the subjects are 16 students of fifth grade, consist of 12 male students and 4female students. This research conducted in 2 cycles, each cycle consist of planning,implementation, observation and reflection. Technique of data collection using test,observation, and interview. The result of this research as follow : early condition beforecycle show that the average of students’ learning result was 33,4 and no one reached thecompleteness (70), cycle 1 the average score of learning result increased become 45,9 withclassical completeness 6,2% because only one student reached the completeness (70), and oncycle 2 the average score increased again with the learning result was 83,1 and classicalcompleteness until 81,2% and this research can be said success. Based on the test formativeresult which always increase in every cycle, can be concluded that the learning result of IPSUpaya Meningkatkan Hasil Belajar …89 MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018Oktafina B., Asma’ul H., FitriaM.can be increased by the use of circuit learning model for fifth grade in MI WonoyosoPringapus.Keywords : learning result, IPS, circuit learning model

Page 1 of 1 | Total Record : 5