Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Published by UPN Veteran Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
Articles 46 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application" : 46 Documents clear
PENGEMBANGAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK PERUSAHAAN RITEL

Ernita, Halida, Kusuma, Wisnu Ananta ( Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (IPB) )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.007 KB)

Abstract

Ritel memiliki peranan penting dalam proses pendistribusian produk dan jasa dari produsen ke konsumen. Ritel membutuhkan pengaturan informasi bagi konsumen dan produsen mengenai produk dan jasa yang tersedia dan yang diperlukan. Perubahan yang cepat pada lingkungan ritel saat ini, menuntut pengusaha untuk lebih cerdas dan tanggap terhadap perubahan tersebut. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah sistem yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. ERP merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan proses bisnis perusahaan sehingga dapat merampingkan aktivitas perusahaan, memfasilitasi interaksi antar unit bisnis, dan memberikan kemudahan untuk mengakses informasi. Dipicu oleh perkembangan e-commerce saat ini, fungsi pada ERP juga mengalami penambahan  yaitu adanya interaksi bisnis secara elektronik. Pada Penelitian ini dikembangkan sebuah sistem Enterprise Resource Planning untuk perusahaan ritel dimana fungsi-fungsi dalam sistem ini disesuaikan dengan  kebutuhan e-commerce. ERP ini akan dibangun dengan pendekatan berorientasi objek dan memanfaatkan design pattern  Model View Controller (MVC)  pattern.

APLIKASI PENGISIAN PULSA ELEKTRONIK SATU KARTU MULTI OPERATOR

Cahyana, Nur Heri

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.408 KB)

Abstract

Penjualan pulsa secara elektonik saat ini menunjukkan kenaikan yang luar biasa, dikarenakan adanya kebutuhan pemakaian pulsa setiap hari oleh masyarakat yang sekarang telah menjadi kebutuhan. Sistem penjulan pulsa model elektronik memudahkan pemakai untuk memperoleh pulsa dengan cepat.Aplikasi pengisian pulsa elektronik merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan fasilitas layanan sms. Layanan sms dimanfaatkan sebagai sarana bertransaksi dari reseller ke agen penjual pulsa. Pada agen penjual pulsa terdapat sebuah sms server yang digunakan untuk mengolah isi pesan singkat (SMS) dari reseller yang sudah terdaftar. SMS yang telah diolah akan dikirimkan ke operator seluler untuk selanjutnya operator seluler akan mengisiskan pulsa ke nomor tujuan yang dimaksud. SMS server ini terhubung ke masing-masing operator seluler yang ada, sehingga reseller hanya membutuhkan satu kartu untuk melakukan transaksi. Metodologi yang dilakukan dalam pengembangan sistem atau pembangunan perangkat lunak yaitu metodologi pengembangan sistem RAD (Rapid Application Development) dengan kerangka pengembangan GRAPPLE (Guidelines for Rapid Application Engineering) yang merupakan aksi-aksi  yang dilakukan dalam tiap segmen.Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi / program komputer yang dapat membantu, mempermudah dan memperlancar agen penjual pulsa dalam melakukan transaksi pengisian pulsa model elektronik hanya dengan satu kartu.

ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE (STUDI KASUS: ROEMAH SOETERA BATIK DAN BORDIR)

Rudy, Rudy, Wahyudiarti, Retno ( Jurusan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara ) , Megaputri, Victorano ( Jurusan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara ) , Wihardani, Ratih ( Jurusan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.38 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ialah melakukan analisa pada sistem penjualan  yang sedang berjalan dan  melakukan perancangan e-commerce pada Roemah Soetera Batik dan Bordir yang terletak di daerah Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan metode analisis dengan menggunakan analisis kesempatan pasar, dan melakukan perancangan dengan menggunakan perancangan model bisnis, antarmuka pelanggan, komunikasi pasar dan rancangan implementasi. Hasil yang dicapai adalah aplikasi penjualan berbasiskan web yang dapat memperluas pangsa pasar, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Roemah Soetera Batik dan Bordir dengan mengimplementasikan sistem e-commerce dapat meningkatkan penjualan sehingga memperoleh hasil yang lebih maksimal dan meningkatkan daya saing. 

M-NINGBK: APLIKASI BIMBINGAN KARIER UNTUK SISWA SMP DENGAN PONSEL

Prasetyaningrum, Tri

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.909 KB)

Abstract

Pada makalah ini, akan dipaparkan rancang bangun aplikasi m-NingBK©. Aplikasi ini terdiri dari empat aplikasi yang digunakan sebagai sarana pemberian bantuan layanan Bimbingan Konseling (BK) yang berjalan pada piranti mobile yaitu telepon seluler (ponsel). Empat aplikasi tersebut adalah aplikasi bimbingan belajar, aplikasi bimbingan pribadi, aplikasi bimbingan sosial dan aplikasi bimbingan karier. Pada makalah ini, hanya akan dibahas aplikasi "m-NingBK©: Bimbingan Karier" yang dirancang khusus untuk anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode pendekatan yang dipakai adalah pendekatan gabungan antara multimedia interaktif dan psikologi pendidikan. Oleh karena itu, proses rancang bangun yang dilakukan adalah bahan-bahan dari satuan layanan bimbingan karier digitalisasikan, divisualisasikan secara bijaksana dan dibuat interaktif. Cara ini dimaksudkan agar siswa bukan hanya mendengar dan melihat tetapi juga "melakukan" secara maya. Terdapat lima komponen multimedia yang dipakai pada aplikasi "m-NingBK©: Bimbingan Karier" yaitu teks, gambar/grafik, audio/suara, animasi dan video. Empat menu disediakan oleh aplikasi ini yaitu menu potensi diri, menu karier, menu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dan menu tentang. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash Profesional 8 dan Adobe Flash Lite 2.1. Aplikasi ini diujicobakan dengan emulator Nokia N70, Handset Nokia N 73 Music Edition dan Sistem Operasi Symbian.

PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN BERBASIS WEB PADA KANTOR BPN (BADAN PERTANAHAN NASIONAL) KABUPATEN BADUNG

Sofyan, Herry, Fauziah, Yuli ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta ) , Negara, I Gede Yoby ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.83 KB)

Abstract

Proses pendaftaran permohonan bukti hak atas tanah (sertipikat) sering kali menjadi hal yang sangat menjemukan bagi sebagia masyrakat. Hal ini dikarenakan proses pengurusan yang dianggap terlalu lama dan kurang informatif. Hal tersebut dikarenakan masih banyak kantor-kantor BPN yang ada di kabupaten dan kota yang melakukan proses pembuatan sertipikat secara manual, seperti misalnya pada kantor BPN Kabupaten Badung, Bali. Hal ini mengakibatkan sulitnya masyarakat untuk memperoleh informasi tentang pertanahan, pendaftaran permohonan bukti hak atas tanah (sertipikat) dan informasi tentang tanah mereka secara detail sebelum sertipikat tanah mereka diakui secara hukum. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dikembangkan sebuah aplikasi layanan pertanahan pada kantor BPN berbasis web. Pengembangan aplikasi ini menggunakan yang umum digunakan yaitu metode waterfall dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan memanfaatkan software pendukung Macromedia Dreamweaver dan untuk DBMS digunakan MySQL.Aplikasi layanan pertanahan berbasis web ini diharapkan dapat membantu untuk memudahkan para pegawai di kantor BPN khususnya BPN Kabupaten Badung, Bali untuk melayani pemilik tanah dalam memperoleh informasi tentang pertanahan, informasi proses pendaftaran permohonan sertipkat dan informasi perkembangan proses pengurusan sertipikat yang sedang berjalan hingga sertipikat selesai dibuat yang telah memiliki ketetapan hukum.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN MAKANAN CEPAT SAJI MELALUI INTERNET DENGAN MULTI OUTLET

Supriyanto, Antok, Kirana, Bre Sukma ( Jurusan / Program Studi Sistem Informasi, STIKOM Surabaya. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya (STIKOM Surabaya) )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.276 KB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi belakangan ini, banyak sekali dimanfaatkan baik oleh pelajar, masyarakat umum, bahkan para produsen yang ingin meningkatkan pelayanan dan memperluas jangkauan pemasaran.Hal ini juga merambah pada produsen makanan, khususnya restoran waralaba yang semakin menjamur di Indonesia. Selama ini untuk melayani konsumen, salah satu produsen  memanfaatkan saluran telpon untuk menerima pesanan dari konsumen. Tentunya pelayanan melalui saluran telpon ini mempunyai berbagai kekurangan yang tentunya dapat mengurangi kepuasan konsumen. Diantaranya konsumen hanya mengetahui nomer telpon outlet tertentu yang lokasinya sangat jauh dari konsumen padahal ada outlet yang lebih dekat dengan konsumen, hal ini tentu tidak menguntungkan konsumen karena akan menerima pesanan lebih lama dikarenakan jarak outlet yang jauh dari konsumen.  Untuk memperbaiki kekurangan tersebut, tampaknya produsen ingin memanfaatkan kelebihan internet yang akhir – akhir ini mewabah di Indonesia. Dengan menggunakan sistem pemesanan makanan cepat saji melalui internet dengan multi outlet ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang sering dikeluhkan oleh konsumen. Konsumen cukup memesan makanan yang diinginkan melalui web yang disediakan dengan mengklik  menu yang tersedia. Kemudian menu yang telah dipesan oleh konsumen dikirimkan ke server. Setelah itu server akan mengolah data pesanan dan dengan menggunakan algoritma jarak terpendek dan mengirimkan email kepada outlet yang terdekat dengan konsumen untuk melayani pesanan tersebut. Kemudian outlet yang lokasinya lebih dekat akan mengirimkan pesanan kepada konsumen sehingga pesanan tersebut dapat diterima konsumen lebih cepat. Untuk pembayarannya dilakukan setelah pesanan tiba ke alamat konsumen.

PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAKANAN SEHAT BERBASIS SMS

Pratomo, Awang Hendrianto ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.238 KB)

Abstract

Short Message Service (SMS) merupakan salah satu layanan teknologi selular yang ada pada teknologi GSM (Global System for Communication). SMS telah menggantikan metode pengiriman teks konvensional, sepertisurat dan telegram. Keunggulan SMS diantaranya adalah biaya yang murah, waktu kirim cepat serta adanya jaminan bahwa pesan akan sampai jika nomor yang dituju aktif. Semakin meluasnya jaringan operator baik GSM maupun CDMA membuat sinyal dapat diterima dengan cukup baik sampai ke daerah yang jauh.Kebutuhan akan menu makanan yang memenuhi standar kesehatan sangat diperlukan. Setiap orang memiliki standar kecukupan gizi yang berbeda berdasarkan atas berat badan dan tinggi badan masing-masing. Dengan kompleksnya perhitungan komposisi gizi dari menu makanan tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang dapat membantu pemilihan menu makanan sehat tersebut. Memanfaatkan metode sistem pengambilan keputusan dan sistem komunikasi berbasis SMS maka dapat kita bangun suatu aplikasi pengambilan keputusan dalam pemilihan komposisi makanan sehat berbasis SMS,

PENERAPAN OBJECT RELATIONAL MAPPING PADA ENTERPRISE RESOURCE PLANNING

Savitri, Dian Indah, Kusuma, Wisnu Ananta ( Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (IPB) )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.17 KB)

Abstract

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan suatu aplikasi integrasi yang difokuskan untuk mengotomasi seluruh  aktivitas infrastruktur dalam suatu perusahaan. Sistem ERP menggabungkan proses bisnis antara perusahaan dan pelanggan, perusahaan dengan supplier, dan proses perhitungan finansial perusahaan. Semua proses bisnis yang tergabung mengakses pada sebuah basis data yang terpusat.Sistem manajemen basis data yang banyak digunakan pada aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) adalah basis data relasional, sedangkan pengembangan aplikasi skala enterprise sebagian besar menerapkan konsep berorientasi objek. Dengan demikian terdapat ketidaksesuaian antara basisdata relasional dengan aplikasi yang menggunakan konsep berorientasi objek. Ketidaksesuaian tersebut antara lain terkait dengan aspek granularity, subtypes, identity, association,  dan navigasi data.Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap rancangan aplikasi Retail ERP. Ditemukan ketidak sesusian yang meliputi tiga aspek, yaitu aspek identitas, asosiasi, dan navigasi data. Untuk mengatasi ketidaksesuaian tersebut, diimplementasikan konsep Object Relational Mapping (ORM). Setiap objek yang akan dipetakan menjadi tabel-tabel pada basis data relasional dibungkus oleh suatu interface dengan menerapkan konsep design pattern. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan integrasi dengan lapisan aplikasi.Implementasi ORM ini dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: pemetaan Data Transfer Object dengan menghilangkan paradigma ketidaksesuaian antara basis data relasional dengan pemrograman berorientasi objek, membuat fungsi-fungsi akses data dengan mengimplementasikan DAO pattern, menyederhanakan fungsi akses data dengan memanfaatken konsep design pattern, membuat skema basis data, dan menyatukan lapisan persistensi dan lapisan aplikasi.Implementasi konsep ORM terbukti dapat menghilangkan ketidaksesuian  tersebut. Selain itu penerapan ORM yang dilengkapi dengan design pattern membuat sistem ERP menjadi lebih mudah untuk dikembangkan.

MANAJEMEN PERUBAHAN, TANTANGAN IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT

Prayitno, Edy

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.801 KB)

Abstract

Kegagalan implementasi e-government tidak lepas dari kesalahan manusia, para pelaku e-government, dalam menyikapi perubahan sistem, dari sistem sebelumnya ke sistem e-government yang baru. Makalah ini mencoba menyampaikan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi resistensi yang muncul akibat ketidaksiapan para pelaku e-government terhadap perubahan sistem. Ini penting karena ketidaksiapan menerima perubahan sistem seringkali menjadi penyebab ditolaknya implementasi e-government. Tidak merasa memiliki sistem baru (e-government) karena tidak terlibat dalam perencanaan; anggapan bahwa penerapan e-government akan mengganggu kebiasaan-kebiasaan; dan pikiran-pikaran negatif lainnya bisa menjadi hambatan pelaksanaan e-government.Dengan mengetahui penyebab atau alasan-alasan penolakan terhadap perubahan sistem e-government, maka bisa dilakukan upaya manajemen perubahan yang lebih baik, sehingga penerapan e-government bisa berhasil seperti yang diharapkan.

APLIKASI SMS PENGINGAT IBU HAMIL

Rustamaji, Heru Cahya, Kaswidjanti, Wilis ( Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta ) , Laninda, Laninda ( Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.143 KB)

Abstract

Short Message Service (SMS) merupakan salah satu layanan teknologi selular yang ada pada teknologi GSM (Global System for Communication). SMS telah menggantikan metode pengiriman teks konvensional, seperti surat dan telegram. Keunggulan SMS diantaranya adalah biaya yang murah, waktu kirim cepat serta adanya jaminan bahwa pesan akan sampai jika nomor yang dituju aktif. Semakin meluasnya jaringan operator baik GSM maupun CDMA membuat sinyal dapat diterima dengan cukup baik sampai ke daerah terpencil.  Aplikasi SMS Pengingat Ibu Hamil diharapkan dapat memberikan informasi penting yang cepat, tepat, akurat dan murah kepada ibu hamil. Layanan ini disampaikan setiap minggunya mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil mulai dari awal kehamilan sampai pada proses kelahiran bayinya dengan tujuan untuk kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta janinnya.Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode penelitian waterfall. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan cara bertanya langung pada dokter dan melalui website. Teknologi pembangunan sistem beserta interfacenya menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan pengolahan basis datanya menggunakan MySQL.Pengiriman pesan melalui sms gateway dengan cara mengambil data pada database yang akan dikirimkan ke ponsel penerima menggunakan AT command dengan PDU(Protokol Data Unit) untuk selanjutnya diterima oleh server atau SMS Center yang kemudian diteruskan ke ponsel tujuan. Dari SMSC dapat diketahui apakah suatu pesan berhasil atau gagal dikirimkan. SMSC mengirimkan pesan ke nomor ponsel tujuan yang aktif sekaligus akan mengirimkan pesan balasan ke nomor ponsel pengirim bahwa pesan telah terkirim.


Filter by Year

2008 2008


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Semnasif 2016 Vol 1, No 1 (2015): Informatika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence Vol 1, No 5 (2013): Network And Security Vol 1, No 4 (2013): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2013): Computation And Instrumentation Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology Vol 1, No 1 (2013): Information System and Application Vol 1, No 5 (2012): Geoinformatic And GIS Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2012): Network And Security Vol 1, No 1 (2012): Computation And Instrumentation Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application Vol 1, No 4 (2011): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2011): Network And Security Vol 1, No 2 (2011): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2011): Computatinal Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2010): Network And Security Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2010): Computatinal Vol 1, No 6 (2009): E-Democracy Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application Vol 1, No 4 (2009): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2009): Network And Security Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2009): Computatinal Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application Vol 1, No 4 (2008): Network And Security Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2008): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2008): Computational More Issue