Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Published by UPN Veteran Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application" : 17 Documents clear
SISTEM PAKAR BERBASIS WEB PENENTU PASAL TINDAK PIDANA NARKOTIKA

Juwairiah, Juwairiah, Fauziah, Yuli ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta ) , Afriliana, Yustina Eva ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.834 KB)

Abstract

Narkotika merupakan zat yang sangat berbahaya bagi manusia, dan orang yang terkait kasus narkotika juga akan mendapatkan hukuman sesuai dengan UU No.22 Tahun 1997. Masalah hukum tindak pidana narkotika dalam UU tersebut cukup kompleks sehingga sulit bagi orang awam untuk mengerti dan memilah pasal-pasal yang mengatur kasus hukum. Sehingga perlu ada sebuah aplikasi sistem pakar untuk membantu memahami dan memilah pasal-pasal yang terlibat dalam kasus hukum. Pengembangan sistem pakar ini mengunakan metode forward chaining, yaitu proses memulai pencarian dari premis atau data menuju pada kesimpulan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall (air terjun), bahasa pemrograman yang digunakan PHP, basis data Mysql dan menggunakan Macromedia Dreamweaver. Tujuan dari sistem pakar ini adalah untuk menentukan pasal-pasal KUHP yang terlibat dalam sebuah kasus pidana narkotika. Hasil akhir yang didapat berupa pasal pidana yang terlibat, bunyi dan sanksi pidana dari pasal tersebut.

PENERAPAN TEKNOLOGI SEMANTIC WEB UNTUK MENENTUKAN PILIHAN JALUR BIS TRANS JOGJA

Wicaksono, Indra Aji Setyo, Charibaldi, Novrido ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta ) , Jayadianti, Herlina ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (986.405 KB)

Abstract

Trans Jogja adalah upaya Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk meningkatkan pelayanan publik khususunya pada sektor transportasi darat dikawasasn perkotaan DIY dengan berbasis bis, mengganti sistem setoran menjadi sistem pembelian pelayanan bis yang berhenti di halte-halte khusus yang mirip dengan busway Trans Jakarta. Namun persoalan muncul jika pencarian mengenai informasi bis Trans Jogja harus sesuai dengan pengetahuan masing-masing pengguna. Pada penelitian ini, pengetahuanpengetahuan mengenai data jalur bis Trans Jogja disimpan ke dalam model ontologi berbasis Web Ontology Language. Software yang digunakan untuk membangun sistem ini meliputi Protégé, NetBeans, Jena API sebagai library-nya. Bahasa pemrograman menggunakan Java Server Page (JSP) dan bahasa query menggunakan SPARQL.

PENYELESAIAN KNAPSACK PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

Diah KW, Kartini, Fadhli, Mardhiah ( Jurusan Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau Pekanbaru ) , Sutanto, Charly ( Jurusan Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau Pekanbaru )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.66 KB)

Abstract

Keterbatasan wadah yang digunakan saat memilih barang yang akan dibawa merupakan perhatian utama pada kasus distribusi dari sekian banyak barang yang harus di distribusikan, yang masing-masing memiliki berat dan harga. Permasalahan ini dinamakan Knapsack Problem. Untuk menyelesaikan masalah ini, banyak algoritma yang dapat digunakan. Salah satunya yakni Algoritma Genetika. Algoritma ini bekerja dengan sebuah populasi yang terdiri dari individu-individu, yang masing-masing individu merepesentasikan sebuah solusi yang mungkin bagi persoalan yang ada untuk selanjutnya mengalami proses seleksi, pindah silang dan mutasi sehingga didapatkan populasi baru yang memberikan solusi yang mendekati solusi optimal. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa C.

PENGEMBANGAN APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEKERJAAN DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Kaswidjanti, Wilis, Charibaldi, Novrido ( Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta ) , Mallisa, Datu Lestari ( Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.178 KB)

Abstract

Suatu pekerjaan menuntut keahlian tertentu, demikian juga pekerjaan di bidang teknologi informasi. Pekerjaan merupakan salah satu cita-cita mahasiswa setelah menyelesaikan studinya. Tolak ukur awal seorang mahasiswa itu akan dapat mencapai suatu cita-cita tergantung kepada hasil studi yang sudah didapatkan. Bagi setiap mahasiswa yang menempuh suatu pendidikan di perguruan tinggi, nilai merupakan suatu investasi. Disinilah tersirat suatu korelasi antara nilai yang didapat ketika menempuh suatu pendidikan dengan tutuntan suatu pekerjaan. Berdasarkan hal tersebut dibangun suatu aplikasi pendukung keputusan untuk menentukan pekerjaan khususnya di bidang teknologi informasi. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metodologi waterfall. Aplikasi ini dibangun untuk menangani pengelolaan data-data pengguna, pekerjaan, matakuliah, data-data akumulasi total relasi dengan menggunakan metode AHP dengan prinsip pembobotan direct data entry serta himpunan fuzzy dengan menggunakan Fuzzy Tahani dan melakukan penentuan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang telah dimasukkan.

PENCARIAN DOKUMEN BERDASARKAN KOMBINASI ANTARA MODEL RUANG VEKTOR DAN MODEL DOMAIN ONTOLOGI

Hadhiatma, Agung

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.494 KB)

Abstract

Selama ini pencarian dokumen (information retrieval) pada mesin pencari adalah berdasarkan kata kunci (keyword) sebagai input untuk proses pencarian. Ada banyak metode yang digunakan untuk proses pencarian ini, antara lain: term weighting, boolean model dan vector model. Hasil dari pencarian dokumen dengan menggunakan metode ini kadang belum tentu sesuai yang diinginkan, meskipun dalam dokumen yang diperoleh tersebut sudah mengandung kata kunci dalam masukan keyword. Salah satu penyebabnya adalah adanya berbagai konsep domain pengetahuan yang berbeda dalam kata kunci yang sama (problem semantik). Penelitian ini bertujuan meningkatkan ketepatan mesin pencari dalam pencarian dokumen agar hasil pencarian dokumen lebih mendekati dengan kebutuhan pengguna. Studi kasus yang digunakan adalah untuk sumber pustaka digital pewayangan. Pencarian dengan input kata kunci menggunakan model ruang vektor dan pencarian secara semantik menggunakan model domain ontologi. Pencarian dengan input kata kunci menggunakan indeks dokumen berdasarkan pembobotan/term weighting sedangkan pencarian secara semantik menggunakan indeks dokumen berdasarkan metadata domain ontologi. Domain ontologi tersebut merupakan ekstraksi pengetahuan dari dokumen. Pada pencarian semantik akan dimunculkan pilihan kombinasi kata kunci pada konsep domain yang berbeda. Kombinasi kata kunci tersebut merupakan perluasan pada kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

CLUSTERING ARTIKEL BERITA BERBAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN UNSUPERVISED FEATURE SELECTION

Langgeni, Diah Pudi, Baizal, ZK Abdurahman ( Program Studi Ilmu Komputasi, Fakultas Sains Intitut Teknologi Telkom, Bandung ) , Firdaus A.W., Yanuar ( Program Studi Ilmu Komputasi, Fakultas Sains Intitut Teknologi Telkom, Bandung )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.066 KB)

Abstract

Meningkatnya penggunaan internet telah memicu pertumbuhan dan pertukaran informasi menjadi jauh lebih pesat dibandingkan era sebelumnya. Volume berita elektronik berbahasa Indonesia semakin bertambah besar dan menyimpan informasi yang berharga di dalamnya. Pengelompokkan berita berbahasa Indonesia merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah mencerna informasi penting yang ada di dalamnya. Clustering dapat digunakan untuk membantu menganalisis berita dengan mengelompokkan secara otomatis berita yang memiliki kesamaan. Pada text clustering terdapat suatu permasalahan yaitu adanya fitur – fitur yang berdimensi tinggi. Diperlukan metode Feature selection untuk mengurangi dimensi fitur ini. Feature selection memiliki kemampuan mengurangi dimensionalitas suatu data sehingga dapat meningkatkan performansi clustering. Ada beberapa pendekatan sebagai teknik dari implementasi feature selection, salah satunya adalah filter based feature selection. Pada penelitian ini, dilakukan analisis perbandingan metode feature selection antara Term contribution dan Document Frequency. Metode-metode feature selection tersebut diterapkan secara filter feature selection. Pada akhir pengujian, dapat dibuktikan bahwa metode Term contribution lebih baik daripada Document Frequency karena memperhitungkan frekuensi kemunculan term pada suatu dokumen dan jumlah dokumen yang dimiliki term tersebut, sehingga term yang terpilih adalah term yang khas atau bersifat diskriminator. Hal ini dapat meningkatkan performansi clustering dokumen berdasarkan precision dan entropy.

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENGENALAN TEKS MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

Manik, Ngarap Im

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.832 KB)

Abstract

This paper discusses application program design for character recoqnition with size font that medley to maximize accuration. Image processing method usually with used that is grayscaling, thresholding, filtering, segmentation, and streching. To the effect of method that is subject to be update image so as simple. This paper approach character recoqnition with use fuzzy logic. By marks sense this approaching, fonts on text can be recognized one about one bases characteristic that its proprietary. Output programs that resulting as text that readily been processed more and of examination that is done, letters recoqnition system one by one have accuration as 96,67%. on standard document recoqnition, increase that accuration resulting as big as 96,13%.

E-ELEARNING CERDAS DENGAN PERSONALISASI MENGGUNAKAN TEKNIK DATA MINING DAN DECISION SUPPORT SYSTEM (Penelitian pada elearning-ujb.net Universitas Janabadra Yogyakarta)

Aribowo, Agus Sasmito

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.747 KB)

Abstract

E-learning kini merupakan fasilitas penting dalam dunia pendidikan yang akan menaikkan kualitas pendidikan dan menciptakan atmosfir akademik. E-learning bermanfaat untuk memberikan layanan pendidikan dan meningkatkan proses belajar-mengajar secara lebih baik. Permasalahan yang ada adalah bagaimana meningkatkan kunjungan dan keramahan sarana e-learning tersebut bagi penggunanya, terutama mahasiswa. Personalisasi e-learning adalah sebuah strategi dimana sistem e-learning akan mampu melayani pengguna sesuai kebutuhannya. Dengan kata lain situs e-learning tersebut akan tampil dan menyapa pengguna seolah-olah tahu keinginan, kebutuhan dan apa-apa yang ingin diperoleh setiap pengguna. Walaupun jumlah pengguna sistem tersebut banyak maka system e-learning dengan personalisasi tetap akan tampil dinamis sesuai kebutuhan dan karakter tiap pengguna. Sistem tersebut akan bekerja sebagaimana sistem e-learning pada umumnya. Sistem akan mengamati perilaku dari pengguna dan dicatat dalam database. Pengamatan dan pencatatan sistem elearning meliputi topic materi belajar, diktat, buku dan bahan kuliah digital apa saja yang sering diakses oleh seorang pengguna. Data pengamatan tersebut akan dianalisis menggunakan teknik data mining dan dilakukan proses perangkingan menggunakan teknik decision support system (DSS). Sehingga pada kunjungan berikutnya seorang pengguna akan disapa oleh system dengan perekomendasian berupa buku, bahan diktat, atau bahan kuliah yang sesuai berdasarkan hasil kesimpulan proses data mining dan DSS terhadap perilaku pengguna pada kunjungankunjungan terdahulu. Diharapkan cara ini akan meningkatkan kedekatan system terhadap pengguna, memberikan kesan system tersebut ramah terhadap pengguna dan mengerti kebutuhan dan keinginan pengguna. Sehingga elearning akan makin diminati dan akan memunculkan ketergantungan pengguna terhadap system elearning tersebut.

PENERAPAN TEKNOLOGI SEMANTIC WEB PADA APLIKASI PENCARIAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS:PERPUSTAKAAN FTI UPN ”VETERAN” YOGYAKARTA)

Charibaldi, Novrido ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta ) , Jayadianti, Herlina ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (999.75 KB)

Abstract

Perpustakaan Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Yogyakarta menyimpan banyak koleksi pustaka seperti buku, jurnal, skripsi atau tesis, dan laporan kerja praktek, namun persoalanpun muncul dapatkah informasi pustaka tersebut dikelola secara semantis sehingga nantinya pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan persepsi dan tingkat pengetahuan yang dimilikinya untuk mencari koleksi pustaka. Dalam penelitian ini, pengetahuan koleksi perpustakaan disimpan dalam bentuk ontology berbasis Web Ontology Language yang memiliki class Jurusan, Koleksi, Penulis dan Penerbit. Model ontology yang dibangun diimplementasikan untuk aplikasi berbasis web menggunakan Protégé 3.4, NetBeans IDE 6.5.1 dengan bahasa pemrograman Java Server Pages (JSP), Jena API sebagai library pendukung, dan bahasa query SPARQL.

SISTEM PAKAR DIAGNOSA AWAL KANKER SERVIKS DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

Rumaisa, Fitrah, Rijayana, Iwan ( Jurusan Teknik Informatika Universitas Widyatama ) , Nurafianti, Tanti ( Jurusan Teknik Informatika Universitas Widyatama )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.351 KB)

Abstract

Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Diharapkan dengan sistem ini, orang awam dapat menyelesaikan masalah tertentu baik ‘sedikit’ rumit ataupun rumit sekalipun ‘tanpa’ bantuan para ahli dalam bidang tersebut. Sedangkan bagi para ahli, sistem ini dapat digunakan sebagai asisten yang berpengalaman. Aplikasi yang dikembangkan ini bertujuan untuk menentukan jenis gangguan pada wanita mulai umur 17 tahun dengan hanya memperhatikan gejalagejala yang dialami. Dengan menggunakan metode Certanty Factor (CF), didapatkan nilai Kemungkinan gangguan yang dialami pasien.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Semnasif 2016 Vol 1, No 1 (2015): Informatika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence Vol 1, No 5 (2013): Network And Security Vol 1, No 4 (2013): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2013): Computation And Instrumentation Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology Vol 1, No 1 (2013): Information System and Application Vol 1, No 5 (2012): Geoinformatic And GIS Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2012): Network And Security Vol 1, No 1 (2012): Computation And Instrumentation Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application Vol 1, No 4 (2011): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2011): Network And Security Vol 1, No 2 (2011): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2011): Computatinal Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2010): Network And Security Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2010): Computatinal Vol 1, No 6 (2009): E-Democracy Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application Vol 1, No 4 (2009): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2009): Network And Security Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2009): Computatinal Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application Vol 1, No 4 (2008): Network And Security Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2008): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2008): Computational More Issue