Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Published by UPN Veteran Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 3 (2011): Network And Security" : 8 Documents clear
ARSITEKTUR, KEAMANAN DAN PASAR WIMAX

Kurniawan, Helmi, Pulungan, Reza ( Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.157 KB)

Abstract

WiMAX (Worldwide Interoperabilitas untuk Microwave Access) adalah standar IEEE 802.16 Broadband Wireless Access (BWA). Ini adalah revolusi terbaru dalam teknologi BWA yang telah menarik perhatian banyak kalangan industri nirkabel. Keuntungan utama dari WiMAX adalah kemampuannya untuk menyediakan akses broadband ke daerah-daerah di mana sulit memiliki infrastruktur kabel. WiMAX menawarkan akses broadband yang fleksibel biaya efektif dan efisien. IEEE 802.16-2004 standar diumumkan September 2004 berfokus pada BWA tetap. Banyak industri telah meluncurkan produk mereka berdasarkan standar ini. Namun, berbagai kerentanan keamanan telah ditemukan dalam standar yang mengarah ke berbagai intrusi. Sebuah banyak meratifikasi standar IEEE 802.16e juga dikenal sebagai Mobile WiMAX telah diterbitkan untuk mengatasi masalah ini tetapi perangkat belum dirilis. Makalah ini menggambarkan ikhtisar WiMAX, menguraikan komponen arsitektur fundamental untuk WiMAX dan menjelaskan Masalah Keamanan WiMAX. Selanjutnya berbagai arsitektur protokol standar 802.16, IEEE 802.16 dan Pasar WiMAX.

PERBANDINGAN MODEL ARIMA PADA DATA SPASIAL TRAFIK INTERNET AGREGAT

Soesetijo, Sis, Budimulyono, Febrianto ( Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya, Surabaya ) , Purnama, Lukas Hadi ( Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya, Surabaya ) , Santoso, Welly Wellandow ( Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya, Surabaya ) , Setiawan, Hendrik ( Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya, Surabaya )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.12 KB)

Abstract

Pengukuran data spasial trafik internet dilakukan secara agregat selama 46 hari dengan mengambil 4 lokasi pengukuran trafik internet di kampus Universitas Surabaya yaitu Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Teknik, Perpustakaan dan Kampus Ubaya Ngagel. Pemodelan trafik ini merupakan model trafik internet harian menggunakan model ARIMA (Auto Regressive Integrated Moving Average) dengan validasi model menggunakan qqplot dan uji distribusi normal pada residu model. Oleh karena trafiknya merupakan trafik harian, maka terdapat 184 model ARIMA pada ke-empat lokasi pengukuran trafik tersebut. Hasil pertama yang diperoleh bahwa model ARIMA(1,1,2) merupakan model ARIMA yang umum (sering muncul) pada pemodelan di empat lokasi traf

OPTIMALISASI RADIUS SERVER SEBAGAI SISTEM OTENTIKASI DAN OTORISASI UNTUK PROSES LOGIN MULTI APLIKASI WEB BERBASIS PHP

Yuliansyah, Herman

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.218 KB)

Abstract

Protokol RADIUS merupakan suatu aturan yang mendukung berbagai mekanisme metode untuk mengirimkan data pengguna yang sensitif dari dan ke server otentikasi. Dalam konteks penganggulangan bencana memungkinkan mengembangkan banyak aplikasi sistem informasi dan teknologi informasi. Oleh karena pengembangan itu tidak di rancang untuk saling terintegrasi, maka memungkinkan terjadi duplikasi informasi pengguna sehingga dengan optimalisasi radius server untuk proses login multi aplikasi web berbasis PHP menjadi suatu solusi alternalif mempermudah pengelolaan pengguna pada banyak aplikasi yang terpisah. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan sistem otentikasi dan otorisasi untuk proses login multi aplikasi web berbasis PHP dengan mengoptimalkan penggunaan dari radius server. Metodologi yang digunakan adalah studi pustaka, perancangan sistem yang meliputi perancangan arsitektural dan desain topologi jaringan, serta implementasi sistem. Sistem yang di buat meliputi 4 bagian, yaitu bagian yang pertama adalah konfigurasi radius server menggunakan aplikasi FreeRADIUS. Bagian yang kedua adalah konfigurasi web server sehingga dapat berkomunikasi dengan radius server. Bagian yang ketiga adalah pengembangan dan implementasi aplikasi pengelolaan pengguna berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Bagian yang keempat adalah pengujian sistem otorisasi dan otentikasi pengguna pada beberapa aplikasi yang berbeda. Hasil dari penelitian ini adalah pengguna pada beberapa aplikasi web berbasis PHP dapat diintegrasikan pengelolaannya dengan membangun sistem otentikasi dan otorisasi dengan radius server menggunakan aplikasi FreeRADIUS. Proses optimalisasi radius server sebagai sistem otentikasi dan otorisasi ini dapat membuat pengguna hanya akan memiliki satu akun tunggal untuk beberapa aplikasi yang berbeda.

RANCANG BANGUN SISTEM PENCEGAHAN PENYUSUPAN PADA JARINGAN KOMPUTER BERBASIS CYBEROAM

Rizal, Mufti

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.841 KB)

Abstract

Peningkatan kebutuhan manusia terhadap teknologi informasi memicu meningkatnya kebutuhan sistem komputer dalam memenuhi kebutuhan dimaksud. Salah satunya adalah peningkatan penggunaan jaringan komputer, untuk menunjang kebutuhan yang meningkat terkadang mendorong penambahan perangkat jaringan komputer bahkan penambahan kapasitas bandwidth sebagai solusi tanpa memperhatikan lalu lintas data dan informasi pada jaringan komputer itu sendiri, sehingga menjadi percuma mengingat kenyataan yang terjadi yakni banyaknya penggunaan jaringan komputer untuk kebutuhan yang tidak diperlukan termasuk adanya penyusupan ke dalam jaringan komputer.

ANALISIS PERFORMA WIRELESS DISTRIBUTION SYSTEM KONFIGURASI STAR DAN MESH UNTUK HOTSPOT AREA

Subardono, Alif, Nugroho, Lukito Edi ( Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ) , Sumaryono, Sujoko ( Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.957 KB)

Abstract

Salah satu perubahan utama di bidang telekomunikasi adalah penggunaan teknologi wireless. Jaringan dapat bekerja dengan efektif dan memberikan produktivitas terbaik, jika secara terus menerus dapat melayani pemakainya. Diperlukan pemilihan berdasarkan pemilihan komputer, aplikasi software dan infrastruktur, termasuk di dalamnya konfigurasi jaringan yang digunakan. Selain harus berfungsi dengan optimal, maka terdapat kebutuhan untuk kinerja (performance). Untuk memperluas cakupan area hotspot salah satunya menambah Access Point dengan sistem WDS, dimana diharapkan adalah membangun dan menganalisa jaringan WDS dengan konfigurasi star dan mesh, serta memilih konfigurasi WDS yang sesuai dengan situasi dan kondisi setempat. Penelitian dilakukan dengan merancang, membangun, menguji, dan mengambil data jaringan wireless untuk hotspot serta menganalisis perbandingan konfigurasi star dan mesh. Hotspot terbatas hanya bisa dipasang pada 2 AP WDS, sehingga pilihan konfigurasi star dan mesh bisa dipakai, di mana throughput yang dihasilkan pada konfigurasi star lebih baik dibandingkan dengan konfigurasi mesh. Performa konfigurasi star lebih baik dibandingkan dengan mesh. Didapatkan throughput maksimal sebesar 139,1 kbps.

STUDI KELAYAKAN DISASTER RECOVERY PLAN PADA INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER (STUDI KASUS JARINGAN KOMPUTER UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Rachmaningrum, Nilla, Falahah, Falahah ( Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik, Universitas Widyatama )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.264 KB)

Abstract

Disaster recovery plan (DRP) adalah rencana yang disiapkan organisasi untuk membantu organisasi pulih setelah terjadi musibah atau bencana. Penyebab musibah bervariasi, mulai dari fenomena alam hingga akibat perbuatan manusia, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Pada bidang teknologi informasi, penyebab dapat lebih spesifik misalnya kegagalan infrastruktur , kekeliruan operator, hingga serangan virus. Tingginya kebergantungan organisasi pada infrastruktur teknologi informasi menyebabkan perlunya dipertimbangkan DRP di bidang infrastruktur jaringan komputer. DRP perlu dibuat dengan tepat dan optimal, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan organisasi. Untuk itu, diperlukan studi awal untuk melihat kelayakan organisasi atas kebutuhan adanya DRP. Pada penelitian ini dilakukan studi kelayakan diperlukannya DRP pada infrastruktur jaringan komputer, dengan studi kasus pada jaringan komputer Universitas Widyatama. Studi kasus dilakukan dengan menginventarisir kondisi infrastruktur jaringan serta mengamati tingkat kebergantungan sivitas akademika dan proses bisnis di Universitas Widyatama terhadap infrastruktur jaringan komputer. Hasil studi menujukan bahwa rendahnya tingkat kesadaran pengamanan data terhadap bencana, dari sebagian besar pengguna, yang diikuti oleh tingginya tingkat kebergantungan terhadap ketersediaan layanan jaringan komputer. Inventarisir kondisi infrastruktur jaringan juga menunjukan belum adanya tendensi dan kesiapan dalam menghadapi bencana. Hasil akhir penelitian merekomendasikan perlunya disiapkan sebuah DRP untuk infrastruktur jaringan komputer untuk membantu pihak manajemen menyelamatkan informasi penting di saat terjadi bencana.

ANALISIS KINERJA BEBERAPA ALGORITMA LOAD BALANCING

Kurniawan, Helmi, Pulungan, Reza ( Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.672 KB)

Abstract

Load balancing adalah proses peningkatan kinerja paralel dan sistem terdistribusi melalui redistribusi beban antara prosesor [1] [5]. Dalam tulisan ini penulis menyajikan analisis kinerja berbagai algoritma load balancing berdasarkan parameter yang berbeda, mempertimbangkan dua load balancing khas pendekatan statis dan dinamis. Hasil analisis menunjukkan bahwa statis dan dinamis kedua jenis algoritma dapat memiliki kemajuan serta kelemahan satu sama lain. Memutuskan jenis algoritma yang akan dilaksanakan akan didasarkan pada jenis aplikasi paralel untuk memecahkan. Tujuan utama dari makalah ini adalah untuk membantu dalam desain algoritma baru di masa depan dengan mempelajari perilaku berbagai algoritma yang ada.

OPTIMASI PROTOCOL OPEN SHORTEST PATH FIRST PADA DISASTER RECOVERY DATA CENTER

Fadilah, Rijal, Djumhadi, Djumhadi ( Program Studi Teknik Informatika, STMIK Balikpapan )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2011): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.739 KB)

Abstract

Data center pada infrastruktur jaringan komputer dan komunikasi data yang diterapkan di bidang industri baik jasa maupun barang memiliki peran vital sekaligus strategis untuk menentukan keberlanjutan proses produksi. Salah satu bentuk ancaman yang mungkin saja terjadi dan mengganggu keberlanjutan proses produksi tersebut bisa disebabkan oleh bencana alam. Sehingga untuk menjamin keberlanjutan proses produksi tersebut perlu upaya penanganan yang komprehensif terhadap data center baik sebelum, sedang maupun setelah terjadi bencana alam. Pembentukan peta jaringan menggunakan routing protocol open shortest path first dilakukan dengan tiga tahapan yakni, setiap router mengenali seluruh tetangganya, router saling bertukar informasi serta router menghitung jarak terpendek ke setiap tujuan. Dengan menggunakan protocol open shortest path first yang disimulasikan pada proses routing jalur komunikasi data center sebagai tulang punggung penyimpanan, pemeliharaan, dan membuat kumpulan data tersedia untuk kegunaan yang diharapkan berkelanjutan dan atau untuk aktifitas masa datang, semestinya dapat menjamin tiga pilar utama dalam ciri khas manajemen teknologi informasi yakni : terkoneksi, serba cepat, terintegrasi

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Semnasif 2016 Vol 1, No 1 (2015): Informatika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence Vol 1, No 5 (2013): Network And Security Vol 1, No 4 (2013): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2013): Computation And Instrumentation Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology Vol 1, No 1 (2013): Information System and Application Vol 1, No 5 (2012): Geoinformatic And GIS Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2012): Network And Security Vol 1, No 1 (2012): Computation And Instrumentation Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application Vol 1, No 4 (2011): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2011): Network And Security Vol 1, No 2 (2011): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2011): Computatinal Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2010): Network And Security Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2010): Computatinal Vol 1, No 6 (2009): E-Democracy Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application Vol 1, No 4 (2009): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2009): Network And Security Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2009): Computatinal Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application Vol 1, No 4 (2008): Network And Security Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2008): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2008): Computational More Issue