Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Published by UPN Veteran Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application" : 13 Documents clear
KONSEP INFERENSI PADA MODEL PENGETAHUAN BERBASIS TERNARY GRID

Erdani, Yuliadi

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.2 KB)

Abstract

Mesin inferensi dari sistem pakar bertugas melakukan pencarian aturan-aturan yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan atas fakta-fakta masukan yang diberikan oleh pengguna. Kualitas dan kinerja mesin inferensi bertanggung jawab terhadap kualitas keputusan yang dihasilkan dan efisiensi proses inferensi yang dilakukan. Kesalahan-kesalahan dalam proses inferensi dapat berakibat fatal karena keputusan yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh orang pakar, selain itu kesalahan-kesalahan tersebut dapat mengakibatkan sistem pakar masuk ke dalam situasi yang tidak menentu atau tidak berakhir (endless loop/hang).Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, maka telah dikembangkan konsep inferensi yang dapat mengatasi kesalahan-kesalahan pada proses inferensi dan meningkatkan efisiensi proses inferensi itu sendiri. Metoda yang digunakan adalah dengan cara mengoptimalkan aturan-aturan terlebih dahulu dan selanjutnya memainkan (matching) fakta-fakta masukan kepada aturan-aturan yang sudah optimal tersebut. Optimasilasi aturan dilakukan dengan cara mengeliminasi beberapa aturan yang redundan dan kritis. Konsep inferensi tersebut selanjutnya dapat diimplementasikan pada mesin inferensi (inference engine). Dari beberapa contoh kasus yang diberikan, terlihat bahwa proses inferensi ini dapat menghasilkan keputusan dengan benar tanpa melakukan iterasi yang lama, sehingga prosesnya efisien. 

TEKNIK PERAMALAN TINGKAT PENJUALAN DENGAN JARINGAN SYARAF TIRUAN

Mulyana, Sri

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.392 KB)

Abstract

Tingkat penjualan merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan dalam usaha perdagangan. Pada penelitian ini telah dikembangkan teknik peramalan tingkat penjualan berbasis jaringan syaraf tiruan (JST) dengan metode propagasi balik.Tingkat penjualan berbasis JST yang dikembangkan terdiri 6 neuron masukan yang merupakan nilai parameter yang berpengaruh pada tingkat penjualan dan 1 neuron keluaran yang merupakan tingkat penjualan hasil prakiraan. Parameter-parameter tersebut meliputi : cuaca, tingkat hari libur (dalam 1 minggu), ada dan tidaknya event/kegiatan yang diselenggarakan di kota tempat restoran tersebut berada, banyaknya menu spesial yang ditawarkan, biaya iklan yang dikeluarkan dan frekuensi iklan di media. Adapun luaran sistem adalah tingkat penjualan yang dicapai restoran tersebut selama 1 minggu.Dalam penelitian ini digunakan 90 data penjualan dengan 80 data digunakan untuk pelatihan dan 10 data digunakan untuk pengujian. Dari hasil pengujian terhadap 10 data penjualan, JST dengan metode propagasi balik diperoleh tingkat penyimpangan rata-rata sebesar 3.3 %

SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK IDENTIFIKASI JENIS DAN PENYAKIT PADA BUNGA MAWAR

Yuwono, Bambang, Fauziah, Yuli ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta ) , Setyaningsih, Yenny Rachma ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.341 KB)

Abstract

Pengaruh perkembangan ilmu komputer telah menjamah berbagai bidang, contohnya saja pada bidang pertanian, kedokteran, militer, perkantoran, perusahaan, dan lain-lain. Mengingat semakin pesatnya perkembangan teknologi yang semakin maju khususnya dibidang komputer, maka banyak orang yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu.Tidak ketinggalan juga termasuk dalam bidang pertanian , komputer telah masuk didalamnya sebagai alat bantu untuk mengerjakan suatu pekerjaan ataupun melakukanidentifikasi suatu tanaman tertentu yang memudahkan pekerjaan manusia.Sistem pakar ini menggunakan metode “Waterfall” dalam perancangan dan pengembangannya. Website ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP dan database MySQL. Sedangkan jenis representasi pengetahuan yang digunakan adalah rules dengan menggunakan forward chaining. Melalui sistem ini, user dapat mengidentifikasi jenis bunga mawar berdasarkan ciri-ciri yang dimasukkan oleh user dan mengidentifikasi penyakit berdasarkan gejala-gejala yang menyerangnya. Sistem juga mempunyai kemampuan untuk menambah, mengupdate, serta menghapus ciri dan gejala pada bunga mawar beserta hasil konsultasi yang dilakukan oleh admin

PENYAJIAN INFORMASI TEMPORAL MENGGUNAKAN METODE FUZZY SYSTEM PADA MESIN DATABASE SPASIAL

Suhendar, Suhendar

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.878 KB)

Abstract

Selain pengelolaan basis data kuantitatif yang sangat kompleks, terdapat tiga aspek penting yang perlu diselesaikan melalui penelitian ini terkait dengan permasalahan penyajian informasi kependidikan di Kota Bekasi, Pertama belum tersedianya sistem yang bermanfaat sebagai pengelola informasi kondisi dan potensi kependidikan yang lengkap, valid dan termutakhirkan. Kedua belum tersedianya sistem yang bermanfaat sebagai metode dalam membantu menyederhanakan proses pengambilan keputusan. Ketiga belum tersedianya sistem yang bermanfaat sebagai penyaji yang mengintegrasikan antara informasi temporal (per-tahun ajaran) dan spasial (sebaran objek sekolah di masing-masing wilayah). Oleh karena itu, pendekatan fuzzy system yang diimplementasikan ke dalam sistem berbasis komputer diharapkan akan mampu membantu menyelesaikan dan mengatasi permasalahan tersebut dalam cara yang berbeda tetapi mudah dipahami.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sistem  yang dikembangkan menggunakan pendekatan fuzzy mampu menganalisa dan menyajikan informasi aktual profil pendidikan di kota Bekasi. Prototipe sistem yang dikembangkan dapat memudahkan untuk melakukan pemanipulasian data serta penelusuran informasi, didukung oleh basis data fuzzy dan informasi spasial, sistem yang dikembangkan dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk menyederhanakan proses pengambilan keputusan berbasis data fuzzy menggunakan metode fuzzy system pada mesin database spasial berbasis bahasa pemrograman delphi, melalui sistem ini para pengambil kebijakan difasilitasi sehingga dengan mudah dapat menentukan, merubah, dan menambah aturan-aturan sebagai bentuk rekomendasi yang harus dilakukan dalam rangka perencanaan dan pengembangan pengelolaan pendidikan dalam bentuk informasi temporal (per-tahun ajaran) dan spasial (peta lokasi masing-masing sekolah). Melalui sistem ini, informasi akan selalu mengalami perubahan (diperbaharui) secara otomatis setiap periode tahun tertentu sesuai dengan entri data, situasi dan kondisi masing-masing sekolah.

PEMANFAATAN pOWL UNTUK IMPLEMENTASI ONTOLOGY

Suteja, Bernard Renaldy, Ashari, Ahmad ( Elektronika dan Instrumentasi Universitas Gadjah Mada )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.663 KB)

Abstract

Ontology web language merupakan semantic web language untuk merepresentasikan knowledge berbasis web. Walaupun telah banyak tersedia inteface application program dan tools untuk OWL, namun sebuah framework untuk parsing, storing, querying, manipulating, serving and serializing OWL knowledge berbasis web yang dengan mudah dapat dikembangkan untuk aplikasi web hingga saat ini masih belum tersedia. pOWL adalah sebuah platform untuk membangun web semantic yang berjalan dalam bahasa pemrograman PHP, sehingga dapat digunakan sebagai framework untuk membangun aplikasi web semantic.

IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT MATA PADA MANUSIA BERBASIS PEMROGRAMAN CLIPS

Effendy, Nazrul, Wikatmono, Febry ( Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada ) , Hasan, M. Haekal ( Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada ) , Suteresna, Nandan ( Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.393 KB)

Abstract

Seperti kita ketahui penyakit mata pada manusia ada bermacam-macam seperti Glaukoma, Hordeolum, Kalazion, Katarak, Konjungtivitis, Entropion. Penyakit mata adalah penyakit yang berbahaya, bila tidak segera didiagnosa dan diobati maka dapat menimbulkan kebutaan pada mata ataupun timbul penyakit lainnya. Penyakit mata tersebut dapat didiagnosa melalui gejala-gejala yang timbul yang diderita oleh manusia tersebut ataupun melalui gambaran klinisnya. Dengan menggunakan sistem pakar maka penyakit mata tersebut dapat didiagnosa dan diobati secara tepat dengan prinsip pembentukan basis aturan dan pembangunan komponen dilakukan pada lingkungan pengembangan, sedangkan lingkungan konsultasi digunakan sebagai sistem konsultasi oleh orang yang bukan ahli ataupun yang sudah ahli.Sistem pakar sebagai sistem yang mengadopsi kepakaran manusia ke dalam komputer dan memiliki kedudukan strategis sebagai sistem yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan di bidang kedokteran. Sulitnya menentukan jenis penyakit karena rumitnya berbagai gejala yang mengiringinya, dapat dibantu dengan merepresentasikan gejala suatu penyakit ke dalam suatu bahasa pemrograman komputer (Wardana, 2008). Pada penelitian ini, dikembangkan suatu metode untuk mediagnosa 26 jenis penyakit mata berdasarkan 53 jenis gejala , gambaran klinis yang mengiringi serata pengobatan yang sesuai. Lingkungan pengembangan sistem pakar pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman CLIPS.

REKAYASA PENGETAHUAN PAKAR BERBASIS ATURAN UNTUK IDENTIFIKASI KERUSAKAN HARDWARE

Yuhendra, Yuhendra

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.726 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan  pengalihan keahlian dari seorang pakar ke komputer dan kemudian dipindahkan lagi ke orang lain (non expert). Teknologi yang mampu mengadopsi proses dan cara pikir manusia yaitu teknologi kecerdasan buatan, salah satunya adalah Sistem Pakar atau Expert System. Dalam melakukan proses rekayasa pengetahuan, pakar dibantu oleh perekayasa sistem (knowledge engineer). Proses rekayasa pengetahuan pakar berbasis aturan untuk identifikasi kerusakan hardware PC  terdiri dari merancang, membangun, pengkodean dan pengujian sistem. Sistem ini dibuat dengan menggunakan pemograman Visual Basic 6.0. Basis pengetahuan dan aturan  dimasukkan dan disimpan dalam  suatu database. Untuk mengontrol mesin inferensi (inference engine) digunakan  metode  forward chaining dengan teknik breadth first search. Metode ini adalah pendekatan yang dimotori oleh data (data driven).Proses pengujian dilakukan dengan sistem mengajukan beberapa pertanyaan kepada Pemakai atau User. Setiap aturan dan kerusakan akan diuji pada masing-masing simpul dan  level, kemudian sistem akan mencari kesimpulan pada knowledge base jenis-jenis kerusakan yang telah dijawab. Dari  hasil pengujian ini menunjukkkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dan mampu memberikan pemecahan permasalahan atas macam, jenis ciri-ciri dan saran layaknya seorang pakar (expert) dibidangnya dalam memberikan nasehat seputar permasalahan hardware PC.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN DI SMU DENGAN LOGIKA FUZZY

Hafsah, Hafsah, Rustamaji, Heru Cahya ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta ) , Inayati, Yulia ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.15 KB)

Abstract

Salah satu peran SPK dibidang pendidikan yaitu pada proses pengambilan keputusan untuk pemilihan jurusan siswa di SMU, yang sifatnya dapat membantu pengambil keputusan dalam memberikan alternatif–alternatif putusan jurusan yang tepat bagi siswa, dimana hasil keputusan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membantu guru dalam mengambil keputusan.Untuk mendukung hal tersebut diatas maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan dukungan terhadap proses penentuan jurusan yang tepat untuk siswa di SMU. Proses penentuan jurusan ini dengan cara mempertimbangkan kemampuan, bakat dan minat siswa terhadap suatu jurusan, dengan menggunakan logika fuzzy. Logika fuzzy berfungsi melakukan pemrosesan terhadap faktor kepastian dan ketidakpastian. Secara umum logika fuzzy dapat menangani faktor ketidakpastian secara baik sehingga dapat diimplementasikan pada proses pengambilan keputusan. Model logika fuzzy bekerja dengan menggunakan derajat keanggotaan dari sebuah nilai, kemudian digunakan untuk menentukan hasil yang diinginkan, berdasarkan aturan-aturan yang telah ditentukan.Sistem pendukung keputusan penjurusan siswa SMU ini dibangun dengan menggunakan Borland Delphi version 7.0 dan Microsoft Access 2003 sebagai databasenya, sehingga diharapkan dapat memberikan keputusan yang tepat dengan hasil yang terbaik dalam proses penentuan suatu jurusan.

PEREDAMAN OSILASI GETARAN PADA SUATU SISTEM DENGAN PEMODELAN PEGAS-DAMPER MENGGUNAKAN KENDALI LOGIKA FUZZY

Effendy, Nazrul, Kurniawan, Singgih I ( Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada ) , Putri K, Intan ( Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada ) , Utami, Nor Agny Susetyo ( Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.031 KB)

Abstract

Osilasi pada sistem yang tidak diharapkan sangat mengganggu terutama untuk efek kenyamanan yang dirasakan oleh manusia. Sistem yang dimodelkan dengan pegas-damper akan mempunyai respon ketika diberi gaya luar. Respon tersebut adalah osilasi dari sistem yang akan  membutuhkan waktu untuk mencapai keadaan steady state. Jika respon steady state bisa dipercepat dengan menghilangkan osilasi dari sistem seoptimal mungkin maka getaran dapat direduksi. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilihan bahan yang memiliki koefisien pegas-damper yang sesuai. Tentu saja ini akan membutuhkan cost yang tinggi. Sistem pengendali logika Fuzzy akan mengontrol aktuator yang berupa pegas yang memberikan gaya yang berlawanan dengan pegas pada sistem. Respon pada pegas aktuator didasarkan pada respon output sistem yang dijadikan input Fuzzy Logic Controller dan kemudian mengontrol aktuator sehingga akan mendapatkan respon steady state dengan respon waktu yang diharapkan.

PENGEMBANGAN BASIS PENGETAHUAN (KNOWLEDGE BASE) BERBASIS TERNARY GRID

Erdani, Yuliadi, Rokhim, Ismail ( Politeknik Manufaktur Negeri Bandung )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.676 KB)

Abstract

Sebagai bagian dari sistem pakar, basis pengetahuan memiliki peranan yang cukup penting dalam mengorganisir pengetahuan-pengetahuan yang diberikan oleh orang pakar dalam bentuk data. Pada sistem pakar berbasis aturan, pengetahuan yang disimpan dalam bentuk aturan dan fakta akan mengalami kesulitan ketika harus diubah ke bentuk data. Demikianpun ketika data harus diubah kembali ke bentuk aturan dan fakta. Hal inilah yang mengakibatkan menurunnya kualitas informasi dari suatu pengetahuan atau bahkan mengakibatkan kesalahan informasi, sehingga pengetahuan yang dimaksud memiliki makna yang sama sekali lain dengan yang diharapkan oleh orang pakar.Pada basis pengetahuan berbasis Ternary Grid, kelemahan-kelemahan tersebut dapat diatas dengan mengeliminasi kesalahan-kesalahan yang ada pada aturan-aturan dan fakta-fakta yang diberikan oleh orang pakar. Meskipun tidak semua masalah dapat diatasi dengan Ternary Grid, namun sebagian besar masalah yang berkaitan dengan kesalahan-kesalahan informasi dapat dihilangkan sehingga kinerja pengetahuan meningkat.Makalah ini membahas tentang pengembangan basis pengetahuan berbasis Ternary Grid sebagai bagian dari sistem pakar dalam bentuk database. Database yang dikembangkan merupakan implementasi konsep basis pengetahuan berbasis Ternary Grid yang telah diakui baik dalam lingkup nasional maupun internasional sebagai salah satu model pengetahuan. Selain itu diulas pula dengan jelas proses transformasi dan ekstraksi dari data ke pengetahuan dan sebaliknya dalam format Ternary Grid. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar kesalahan-kesalahan informasi dapat dieliminasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2008 2008


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Semnasif 2016 Vol 1, No 1 (2015): Informatika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence Vol 1, No 5 (2013): Network And Security Vol 1, No 4 (2013): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2013): Computation And Instrumentation Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology Vol 1, No 1 (2013): Information System and Application Vol 1, No 5 (2012): Geoinformatic And GIS Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2012): Network And Security Vol 1, No 1 (2012): Computation And Instrumentation Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application Vol 1, No 4 (2011): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2011): Network And Security Vol 1, No 2 (2011): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2011): Computatinal Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2010): Network And Security Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2010): Computatinal Vol 1, No 6 (2009): E-Democracy Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application Vol 1, No 4 (2009): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2009): Network And Security Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2009): Computatinal Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application Vol 1, No 4 (2008): Network And Security Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2008): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2008): Computational More Issue