Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Published by UPN Veteran Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology" : 5 Documents clear
PERANCANGAN VISUALISASI KERIS 3D DENGAN LAYANAN AUGMENTED REALITY CLOUD-RECOGNITION

Wibowo, Argo, Indriasari, Theresia Devi ( Magister Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta ) , Anindito, Kusworo ( Magister Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.772 KB)

Abstract

Salah satu obyek budaya tradisional yang populer adalah keris. Senjata tradisional ini memiliki bentuk yang indah. Pengetahuan masyarakat mengenai keris semakin berkurang, hal ini karena media yang digunakan untuk memperkenalkan keris yang kurang menarik dan sulit diperoleh. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media baru untuk memperkenalkan keris kepada masyarakat luas. Pengguna dapat dengan mudah memindai ponsel mereka pada media yang disediakan dan memperoleh data tentang keris. Obyek keris akan dibuat virtual sehingga dapat dikenal dengan cukup menarik oleh masyarakat. Obyek keris akan dimodelkan secara 3 dimensi, lalu digabungkan dengan pola penanda. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality maka diharapkan dapat menggabungkan obyek keris secara virtual dengan pola penanda pada media promosi. Pembuatan Augmented Reality obyek keris ini memanfaatkan fitur-fitur dari layanan Vuforia, AutoCad123D, dan Unity Game Designer. Vuforia menyediakan fitur pengenalan pola Augmented Reality secara remote. Autocad123D menyediakan layanan pemodelan 3D dengan baik. Unity game designer menyediakan layanan untuk menggabungkan kedua layanan Vuforia dan Autocad123D. Dengan menggunakan layanan tersebut maka akan didapatkan aplikasi yang cukup ringan, mengurangi beban komputasi pada client, menjadi lebih ramah memori, dan kemudahan dalam memperbarui aplikasi di pihak client.

STUDI PENDAHULUAN SISTEM CERDAS BERBASIS CLOUD UNTUK MENGELOLA PASOKAN ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN KONSEP TEKNOLOGI SMART GRID DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Utomo, Denny Trias

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.614 KB)

Abstract

Masalah keterbatasan energi listrik adalah problem nasional. Oleh sebab itu Pemerintah RI perlu menuangkannya pada UU dan PP. Dengan berkembangnya teknologi informasi di Indonesia, para ilmuwan melakukan riset untuk mengelola penggunaan energi listrik menggunakan teknologi Smart Grid. Teknologi Smart Grid ini mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dengan teknologi pada sistem tenaga listrik. Tulisan ini disusun sebagai karya tulis ilmiah yang berisi studi pendahuluan tentang konsep pengembangan teknologi smart grid di Indonesia dengan studi kasus pada kampus Politeknik Negeri Jember.  Berdasarkan studi pendahuluan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknologi smart grid di Politeknik Negeri Jember sangat perlu untuk dilakukan karena efisiensi biaya dari penggunaan energi listrik tersebut harus dilakukan, disamping itu seluruh fasilitas dan sarana teknologi informasi dan komunikasi di Polije ini sudah sangat mendukung.

PENERAPAN MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA HARIAN UMUM RADAR BANYUMAS

Surya Saputra, Dhanar Intan, Utami, Ema ( )Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Sunyoto, Andi ( Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.796 KB)

Abstract

Cloud computing menerapkan suatu metode komputasi, yaitu kapabilitas yang terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (service) sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya, ahli dengannya atau memiliki kendali terhadap infrastuktur teknologi yang membantunya. Peningkatan inovasi dan kreativitas pada sebuah produk adalah suatu kewajiban, salah satunya adalah inovasi pada sebuah media cetak (koran) untuk dapat menarik perhatian para pembaca. Pembaca koran biasanya akan tertarik pada sebuah headline news sebuah berita yang sangat menonjol, namun itu sudah hal yang biasa. Penambahan konten digital pada sebuah media surat kabar semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, seperti koran digital, website surat kabar dan berbagai jenis inovasi lainnya. Inovasi terbaru yang diharapkan dapat menarik perhatian pembaca adalah penerapan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR merupakan integrasi elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara waktu nyata (data real-world) dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata serta dapat diterapkan pada perangkat mobile. Penggabungan teknologi smartphone dengan AR menggunakan metode markers complex untuk mengenali objek sangat memungkinkan menghasilkan sebuah konten Mobile Augmented Reality (MAR), sehingga pada ponsel akan menghadirkan keterangan tentang berita tersebut atau bahkan menampilkan gambar, suara dan video. Pembaca cukup mengaktifkan aplikasi, kemudian mengarahkan smartphone ke objek gambar atau headline news dan dari objek tersebut akan muncul gambar dan animasi atau video serta audio pendukung lainnya. Penerapan MAR akan semakin memudahkan pihak redaksi ketika berbasis cloud computing, dimana konten yang dibuat dan diunggah oleh pihak redaksi dapat ditampilkan serta diakses oleh pembaca siapa saja dan kapan saja dengan terkoneksi internet.

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SERVER UNTUK SISTEM KOMPUTASI AWAN DI INTRANET KAMPUS INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM

Ginting, Ady Aprilita, Virgono, Agus ( Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi ITTelkom, Bandung ) , Irawan, Budhi ( agv@stttelkom.ac.id )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.997 KB)

Abstract

Penggunaan internet yang begitu pesat sekarang ini membuat internet menjadi begitu dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Internet tidak lagi digunakan untuk sekedar mencari berita maupun sebagai bisnis, namun juga digunakan sebagai media komunikasi dengan pengguna lain seperti dalam situs-situs jaringan sosial misalnya Facebook, Twitter, dan lain lain. Namun, penggunaan internet yang seperti itu masih kurang optimal karena internet juga dapat digunakan untuk menyimpan data pribadi yang dengan mudah dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh pengguna tersebut dalam membentuk diskless society. Konsep ini  yang mendasari munculnya teknologi komputasi awan atau yang lebih dikenal dengan istilah Cloud Computing. Dengan adanya teknologi ini maka pengguna dapat bebas bergerak (mobile) dengan data pribadi yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan server sistem komputasi awan di intranet kampus dengan tujuan kemudahan perancangan, implementasi dan mengukur performansi server tersebut agar bisa didapat karakteristik dari sistem ini. Dipilih aplikasi komputasi awan layanan word processing yang dirasa paling dibutuhkan oleh sebagian besar client dibandingkan dengan aplikasi lain. Client dapat mengakses aplikasi word processing pada server melalui web browser secara intranet. Client tidak perlu melakukan instalasi apapun pada device (computer atau laptop) mereka. Dengan adanya aplikasi word processing pada server tersebut, client dapat membuat dokumen, mengubah ataupun meng-upload dokumen mereka dan akan tersimpan dalam storage server sehingga mengurangi beban kapasitas penyimpanan dokumen tersebut dalam harddisk pada device client. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi editor teks berbasis komputasi awan bisa diterapkan di lingkungan kampus ITTelkom dengan performansi yang memuaskan.

APLIKASI E-SERVICES BERBASIS CLOUD COMPUTING

Fauziah, Yuli

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.114 KB)

Abstract

Penggunaan internet sebagai salah satu teknologi komputasi meningkat dan telah merambah ke semua kalangan dan mampu menyediakan layanan  dalam proses bisnis yang sering disebut sebagai e-services. Permasalahan diperoleh dalam pengolahan jaringan sistem komputer. Apabila terdapat suatu perubahan pada aplikasi internet yang digunakan pada server jaringan lokal, maka data harus diinstal ulang dan disesuaikan kembali. Teknologi cloud computing merupakan teknologi dimana sebagian besar proses dan komputasi terletak di jaringan internet sehingga memungkinkan pengguna dapat mengakses layanan yang diperlukan dari manapun dan kapan pun. Dalam kenyataannya setiap perusahaan sebagian besar telah memiliki website, namun hanya sebatas sebagai media promosi saja. Untuk mengembangkan ke ranah e-services, maka perlu dibangun loncatan arsitektur informasi yang lebih. Beberapa permasalahan tersebut menjadi dasar pemikiran untuk merancang suatu model arsitektur teknologi informasi menggunakan arsitektur teknologi informasi berbasis cloud computing.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Semnasif 2016 Vol 1, No 1 (2015): Informatika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence Vol 1, No 5 (2013): Network And Security Vol 1, No 4 (2013): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2013): Computation And Instrumentation Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology Vol 1, No 1 (2013): Information System and Application Vol 1, No 5 (2012): Geoinformatic And GIS Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2012): Network And Security Vol 1, No 1 (2012): Computation And Instrumentation Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application Vol 1, No 4 (2011): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2011): Network And Security Vol 1, No 2 (2011): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2011): Computatinal Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2010): Network And Security Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2010): Computatinal Vol 1, No 6 (2009): E-Democracy Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application Vol 1, No 4 (2009): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2009): Network And Security Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2009): Computatinal Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application Vol 1, No 4 (2008): Network And Security Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2008): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2008): Computational More Issue